Pantai Tanjung Bastian, Pantai Mempesona Di Sisi Utara Pulau Timor

Pantai Tanjung Bastian yaitu pantai dengan hamparan pasir putih di NTT. Rentangan pasir mencapai sekitar seratus meter dengan air bahari kristal. Bagi para pengunjung yang menyukai petualangan mampu mengunjungi Pantai Tanjung Bastian untuk menikmati panorama yang menakjubkan.

Pantai Tanjung Bastian adalah pantai dengan hamparan pasir putih di NTT. Rentangan pasir mencapai sekitar seratus meter dengan air laut kristal.
Tanjung Bastian. Image via: travelingyuk.com

Pantai Tanjung Bastian yakni nama yang telah dikenal semenjak kala ke-16. Sebuah tanjung di pantai, yang menyimpan sejuta cerita di masa lalu. Tempat ini menceritakan perjalanan masa kemudian insan, dengan latar belakang pegunungan Kolboki dan Bastian.

Saat berwisata untuk menikmati panorama yang menakjubkan di Pantai Tanjung Bastian, pengunjung  akan melihat apakah pantai masih perawan. Pengunjung juga akan melihat aktivitas menarik lainnya di sini, mirip pacuan kuda.

Beberapa orang menganggap trek di Pantai Tanjung Bastian sebagai salah satu trek pacuan kuda terindah di Indonesia. Makara, kalau bepergian ke Nusa Tenggara Tmur, jangan lewatkan pantai ini alasannya sangat layak untuk dikunjungi.

Tidak hanya mempunyai alam yang erat, pantai ini juga ditempati oleh penghuni yang ramah. Mereka menyambut semua wisatawan dan meyakinkan mereka bahwa Pantai Tanjung Bastian yakni pantai yang kondusif.

Pantai Tanjung Bastian sepanjang 100 meter lebih.
100 meter lebih. Image via: pesona.travel

Simak juga: 9 Lokasi Indah di Timor Tengah Selatan

Lokasi Tanjung Bastian

Pantai Tanjung Bastian indah ini, terletak di Wini, Kelurahan Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabuaten Timur Tengah Utara, NTT.

Lokais wisata ini  berjarak sekitar 67 kilometer dari pusat Kota Kefamenanu, Ibu kota Timor Tengah Utara.

Rute Menuju Tanjung Bastian

Lokasi pantai tanjung Bastian strategis, bisa ditempuh dengan bus, travel agent, atau bahkan motor. Dari kecamatan Wini, pengunjung bisa pergi ke pantai sekitar 5 km ke arah timur. Wini sendiri berbatasan pribadi ke Timor Leste. Kondisi ini menciptakan pantai menjadi salah satu tujuan wisata potensial di Nusa Tenggara Timur.

Jika ingin merasakan tantangan berpetualang, pengunjung bisa menuju Pantai Tanjung Bastian dengan sepeda motor. JIka memulai perjalanan dari Kota Kefamenanu, diharapkan sekitar satu jam. Jalan menuju pantai berkelok-kelok dan sempit.

Sunset indah dengan siluet pepohonan di pantai Tanjung Bastian
Sunset Tanjung Bastian. Image via: lifestyle.okezone.com

Pemandangan di sepanjang jalan terasa segar dan menawan. Ketika mendekat ke pantai, Pengnjung mulai melihat bukit berbatu terjal yang mengapit jalan. Menurut penduduk setempat, sisi barat bukit berbatu berbatasan dengan Timor Leste.

Perbukitan membentang di sepanjang jalan dan ini akan memberi sensasi yang berbeda.

Jam Buka Tanjung Bastian

Pantai Tanjung bastian ini terbuka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Dengan demikian pengunjung bisa bebas mengatur jadwal perjalan-nya menyesuaikan dengan kunjungan ke objek-objek lain di Pulau Timor.

Senja dan kuda di Pantai Tanjung Bastian.
Senja dan kuda di Tanjung Bastian. Image via: @echifrans

Simak juga: Hutan Bonsai yang Misterius

Tiket Tanjung Bastian

Pengunjung pantai Tanjung Bastian dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.000. Dengan tiket yang tergolong murah ini, pengunjung mampu bebas menikmati keindahan Pantai Tanjung Bastian sepuasnya.

Fasilitas Tanjung Bastian

Nmaun sayangnya Beberapa akomodasi umum seperti fasilitas mandi basuh kakus belum tersedia dengan memadai. Bangunan WC dan kamar mandi umum yang tersedia di lokasi wisata tersebut belum bsia berfungsi maksimal, karena duduk perkara ketersediaan air higienis.

Padahal, Pengunjung yang berwisata di lokasi Tanjung Bastian membutuhkan akomodasi mirip kamar mandi. Karena sesudah berenang di laut, pengunjung ingin mandi membersihkan air asin dan endapan garam.

Daya Tarik Tanjung Bastian

  1. Pantai yang Indah

Pantai Tanjung Bastian yang indah.
Pantai yang indah. Image via: backpackerindonesia.com

Dari kejauhan eksotisme pantai sudah terlihat begitu indah dipandang mata. Dengan gugusan bukit-bukit terjal yang membentang sepanjang bibir pantai Tanjung Bastian kelihatan seperti berada dalam bingkai bebatuan yang sangat potensial untuk dijadikan lokasi panjat tebing.

Pantai Tanjung Bastian juga dipenuhi semak berduri dan pohon asam. Daerah menjadi teduh sebab pohon ini tumbuh dengan baik. Di beberapa kawasan, ada banyak cottage. Pengunjung dapat beristirahat di sana untuk sementara waktu.

Perpaduan perbukitan, pasir putih dan trek pacuan kuda di Pantai Tanjung Bastian menjadi salah satu tujuan wisata alternatif saat Anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur. Waktu terbaik untuk menikmati Pantai Tanjung Bastian yakni dikala-ketika matahari terbenam datang.

  1. Spot Foto yang indah

Spot Foto indah di bebatuan karang pantai tanjung Bastian.
Spot Foto indah. Image via: @nttadventure

Simak juga: Di antara celah Batuan Air Tagepe

Pantai yang terletak di perbatasan Republik Indonesia dan District Oecuse Republik Timor Leste ini menawarkan beberapa spot terbaiknya untuk diabadikan dalam kamera. Untuk menghasilkan foto yang ciamik, bidikkan lensa kamera ke atas kerikil karang besar yang terletak tepat di bibir pantai.

Pantai Tanjung Bastian juga ditumbuhi dengan berbagai pohon di tepi pantai. Di bawah salah satu pohon yang berdaun cukup lebat, ada tempat duduk terbuat dari kayu yang mampu pengunjung manfaatkan untuk berfoto. Pemandangan Pantai Tanjung Bastian pun terlihat tepat dari sini.

Tidak hanya dipenuhi hamparan pasir putih yang lembut, Pantai Tanjung Bastian juga mempunyai area yang dipenuhi dengan bebatuan berwarna putih dan tekstur halus. Bidikkan lensa dengan fokus yang terbagi ke bebatuan putih dan pemandangan hamparan bahari biru menawarkan warna kontras dan foto yang tepat.

Waktu paling tepat mengunjungi Pantai Tanjung Bastian yakni menjelang matahari terbenam. Matahari yang turun perlahan dan tertutup bukit serta warna jingga yang ditinggalkan di langit memberikan imbas foto yang dramatis.

Apalagi kalau pengunjung mengambil foto dari balik pohon yang dengan otomatis menunjukkan siluet ranting-rantingnya.

  1. Arena Pacuan Kuda

Sirkuit Kuda tepi pantai di pantai tanjung
Sirkuit Pacuan Kuda. Image via: betantt.com

Tiba di Pantai Tanjung Bastian, pengunjung akan disajikan bundaran besar yang dilapisi oleh kayu-kayu putih. Ada panggung penonton di selatan trek pacuan kuda. Jalur ini terkenal sebagai Trek Pacuan Kuda Tanjung Bastian.

Event balap kuda ini digelar secara rutin 3 – 4 setahun. Saat program digelar, kerumunan penonton membanjiri panggung. Suasana menjadi begitu besar hati. Tapi, dikala tidak ada acara, trek bermetamorfosis relatif sepi.

Bila menonton dari pantai terbuka, maka latar belakang pemandangannya ialah formasi gunung terjal yang anggun. Sementara itu, pilihan lainnya yang tak kalah menarik yaitu, penonton bisa menikmati atraksi kuda pacu dari kejauhan, yaitu berada di atas Gunung Bastian.

Arena pacuan kuda itu pun sangat strategis, alasannya berada persis di jalur perlintasan kendaraan asal Timor Leste, baik dari Distrik Oekusi menuju Dili maupun sebaliknya. Karena itu, para penonton yang hadir untuk menyaksikan pacuan kuda, bukan hanya warga setempat, tetapi juga berasal dari negara Timor Leste.

Terdampar di Pasir indah pantai tanjung Bastian.
Terdampar di Pasir. Image via: @androshevchenko

Simak juga: Air Terjun 7 tingkat, Oehala

Objek Wisata Dekat Tanjung Bastian

Selain pantai yangn indah, kabupaten timor tengah Utara juga mempunyai dataran tinggi yang tidak kalah indah. Salah satunya yaitu Bukit Tuamese merupakan wisata alam di Timor Tengah Utara, tepatnya di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu.

Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari sentra kabupaten Timor Tengah Utara dalam waktu sekitar 2,5 jam. Dari atas bukit, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan bahari dan bukit-bukit kerikil lain. Saking indahnya, area ini biasa dijadikan lokasi foto pre-wedding.

Ada juga permandian Oeluan. Wisata alam di Timor Tengah Utara ini merupakan sebuah pemandian umum berasal dari sumber mata air alami. Terletak di jalan trans Kupang-Atambua, menjadikan Oeluan mudah dijangkau bahkan dengan kendaraan umum mirip ojek. Berjarak kurang lebih 30 menit dari sentra kabupaten Timor Tengah Utara.

Demikianlah ulasan nativeindonesia.com ihwal keindahan yang disajikan oleh Wisata Alam Pantai Tanjung Bastian, Kabupaten Timur Tegah Utara, NTT. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, sobat untuk menikmati wisata yang satu ini.

Rame-rame lebih seru.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni