Pantai Tanjung Pasir, Pantai Indah Di Kota Tetangga Ibu Kota

Pantai Tanjung Pasir mempunyai pesona alam pantai yang memukau, dengan pasir dan pepohonannya. Dari bibir pantai pengunjung mampu melihat barisan pulau-pulau eksotis di kepulauan Seribu.

Pantai Tanjung Pasir tangerang hanay berjarak 25 km dari kota tangerang
Pantai Tanjung Pasir. Image via: tempatwisataindonesia.id

Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer dengan pasir yang halus. Hamparan pasir yang berwarna putih bahkan dapat terlihat dari daratan yang cukup jauh. Di Pantai ini, pengunjung mampu melihat barisan pulau-pulau manis nan eksotis.

Di sekitar area pantai banyak terdapat pepohonan hijau yang tumbuh subur. Adanya pepohonan tersebut menciptakan suasana di sekitar pantai menjadi terasa tenang dan sejuk. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik Pantai Tanjung Pasir.

Kebanyakan pengunjung tiba berkelompok atau bersama rombongan. Baik bersama rekan, sobat, maupun keluarga. Menikmati liburan di pantai ini dianggap wisata yang cukup murah, tak menguras kantong.

Pengunjung berkelompok tersebut memanfaatkan waktu berkumpul ini untuk mempererat keakraban. Mereka duduk bercengkerama dan makan bersama. Baik hidangan khas pantai maupun bekal yang dibawa. Acara kelompok seperti gathering, arisan atau perayaan pun juga dilakukan di pantai tanjung pasir.

Pantai tanjung pasir dikenal memilki pantai yangluas, hingga sangat memudahkan pengunjung untuk beraktivitas.
Pantai yang Luas. Image via: bersapedahan

Simak juga: Tempat wisata seru di Tangerang

Lokasi Pantai Tanjung Pasir

Wisata Pantai Tanjung Pasir ini sendiri berada di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Di Pantai ini, pengunjung mampu melihat pesawat take off dan landing di Bandara Soekarno-Hatta. Karena pantai ini hanya berjarak sekitar 5 km dari bandara.

Rute Menuju Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir berada 25 km dari Kota Tangerang. Terletak di sebelah Utara Jakarta dan Kabupaten Tangerang.

Akses jalan paling gampang menuju Tanjung Pasir yakni dari Bandara Soekarno Hatta. Pengunjung mampu masuk dari arah pintu belakang bandara Jl. Swadarma, sering juga disebut M1. Terus ikuti saja arah jalan itu ke Utara menuju Kampung Melayu.

Setelah hingga di Kampung Melayu, belok ke kanan dengan melihat petunjuk arah ke Tanjung Pasir. Ikuti saja Jl. Tanjung Pasir, jalannya agak sempit melewati perkampungan. B anyak empang di kiri kanan jalan. Setelah melewati jalan itu akan hingga di tempat wisata Tanjung Pasir berada di sebelah kiri jalan.

Pantai tanjung pasir dengan pasir yang landai yang berpohon
Pantai berpohon. Image via: viva.co.id

Jika dari arah Kalideres mampu juga menuju ke arah bandara. Sampai di Rawa Bokor tidak perlu masuk bandara tapi lewat pinggir saja menuju Kampung Melayu. Setelah sampai di Kampung Melayu arah jalan sama seperti di atas.

Jam Buka Pantai Tanjung Pasir

Pantai tanjung pasir, seperti umumnya pantai di erat kota besar, terbuka 24 jam untuk dikunjungi.

Tiket Pantai Tanjung Pasir

Pengunjung yang akan memasuki daerah wisata pesisir di Tangerang ini cukup membayar Rp. 5.000 untuk tiket masuk.

Jika membawa kendaraan eksklusif, pengunjung dikenakan biaya parkir Rp. 10.000 untuk roda dua dan Rp. 20.000 untuk roda empat.

Fasilitas Pantai Tanjung Pasir

Sebagai tempat wisata yangsangatd ekat dengan kota, fasilitas di pantai tanjung pasir tergolong lengkap. Tersedia tempat parkir yang pasti luas. Ada tersedia kamar mandi air higienis untuk bilas, mampu digunakan setelah bermain pasir atau setelah mandi air bahari.

Tersedia pula Mushola untuk sholat bagi mereka yang beragama Islam. Di sepanjang pantai ada payung pantai bisa disewa supaya tidak kepanasan.

Objek Menarik di Pantai Tanjung Pasir

  1. Pantai yang Indah

kompak bersama teman di pasir pantai tanjung pasir sungguh menyenangkan
Pantai yang Menyatukan. Image via: turtransjawa.id

Simak juga: Pulau Samalona, Sekeping Surga di Makassar

Jika dilihat dari atas, pantai Tanjung Pasir terlihat sebagai tanjung, ialah daratan yang menjorok ke maritim. Sedangkan, di bagian ujung tanjung terdapat teluk atau lautan yang menjorok ke daratan. Hal inilah yang menyebabkan Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga begitu unik jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Indonesia.

Keindahan pantai Tanjung Pasir mampu dilihat dari pemandangan yang luas dengan pantai yang mempunyai pasir halus berwarna putih higienis. Tidak seperti pantai lain yang hanya terlihat garis horizon jika dilihat dari kejauhan. Hamparan pasir putih di sekitar pantai ini bahkan terlihat dari kejauhan.

Dengan luasnya pasir pantai ini, maka pengunjung bisa bebas bermain dan menghabiskan waktu di bibir pantai. Di tepi pantai juga ada banyak pohon hijau yang tumbuh subur dan menambah suasana damai dan sejuk untuk pantai ini.

Keberadaan pepohonan pantai ini menarik minat pengunjung. Pengunjung bisa berteduh dari teriknya sinar matahari dikala berada di pantai. Kondisi ini mungkin cukup berbeda dengan pantai lain di Tangerang, Banten yang lainnya.

  1. Water Sport dan Memancing

water sport di tepi pantai
Water Sport. Image via: c.mi.com

Pantai Tanjung Pasir memiliki aneka wahana water sport. Di sini pengunjung dapat menjajal keseruan bermain olahraga air. Salah satunya wahana Banana Boat.

Pengunjung mampu mencicipi sensasi naik permainan ini. Pemain  akan naik banana boat ke tengah bahari berputar-putar melihat laut dari tengah. Setelah itu bersiap menghadapi tikungan tajam sampai jatuh ke laut. Tapi jangan khawatir sudah dilengkapi dengan pengaman khusus.

Perairan sekitar pantai merupakan tempat yang digemari para pecinta hobi memancing. Penghobi pancing mampu mencari spot-spot tertentu yang biasanya sudah ditandai sebagai area memancing. Bisa juga naik bahtera ke tengah perairan bahari untuk mendapatkan tangkapan yang diincar.

Beberapa tambak juga menjadi daerah beradu ketangkasan serta keberuntungan memancing bandeng dan kakap putih.

  1. Pulau Untung Jawa

menyeberang ke Untung Jawa dari pantai tanjung pasir
Menyeberang ke Untung Jawa. Image via: untungjawa.com

SImak juga: Pulau Rupat, pesona tersembunyi Negeri Melayu Tua

Ketika berkunjung di Pantai Tanjung Pasir, pengunjung  akan dengan mudah menjumpai kapal penumpang untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa di kawasan Kepulauan Seribu.  Biaya untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa terbilang terjangkau, yaitu hanya Rp 50.000 per orang.

Di pulau Untung Jawa, pengunjung mampu menemukan pantai yang indah, lengkap dengan pasir putih dan air laut yang biru nan super jernih. Selain itu, berada di pantai ini memastikan diri mencicipi kesejukan udara yang bebas dari polusi udara di perkotaan.

Ada banyak kegiatan seru yang dapat wisatawan lakukan di Pulau Untung Jawa. Mulai dari snorkeling, diving, bermain banana boat dan Jetski, bertualang di hutan bakau, sampai berkeliling dengan kapal menikmati keindahan panorama alam di Pulau Untung Jawa.

  1. Kuliner di Tanjung Pasir

Menikmati kuliner di warung tepi pantai tanjung pasir terasa istimewa ditemani suara debur ombak
Kuliner bahari di tepi bahari. Image via: kilaskementerian.kompas.com

Soal masakan banyak pilihan tidak perlu khawatir jika sedang lapar. Mulai dari masakan kaki lima hingga dengan kelas restoran tersedia. Tapi paling banyak menu masakan di jumpai di Tanjung pasir dari ikan.

Berbagai jenis masakan seperti ikan bakar, goreng dan sop ikan. Ada juga kepiting, kerang, udang dengan variasi masakan. Ikan yang dimasak umumnya masih segar, karena diambil eksklusif dari bahari setempat. Ini tentu menciptakan rasa ikan bakar di sini berbeda dari ikan di kota yang di beli di pasar.

Minuman juga banyak pilihan seperti air mineral, banyak sekali jenis minuman ringan mirip yang sering kita jumpai di warung pinggir jalan. Ada juga jus buah, es kelapa muda, teh cantik, kopi es cream. Dinatara semua minuman itu es Kelapa muda ialah primadona. Pantai dankelapa sekaan jodoh yang tak terpisahkan.

  1. Penangkaran Buaya

penangkaran buaya did ekat pantai tanjung pasir
Penangkaran buaya. Image via: aroengbinang.com

SImak juga: Air Terjun Girimanik, Pertapaan Eyang Semar

Taman Buaya Tanjung Pasir Tangerang merupakan daerah penangkaran berskala besar yang berada di Jl Raya Tanjung Pasir. Sebuah patung buaya berukuran besar ini terletak 20 m dari tepi Jalan Tanjung Pasir, berada di atas tugu lingkaran lumayan tinggi, di tengah-tengah jalan masuk dan jalan keluar Taman Buaya Tanjung Pasir.

Pengunjung mampu melihat dari seluruh tepian kandang tanpa perlu khawatir terkena panas matahari, alasannya adalah di sekeliling sangkar dinaungi oleh atap peneduh, dengan beberapa tempat duduk sederhana untuk sekadar melepas lelah sambil menikmati suasana.

Puluhan buaya tangkar berukuran sedang tampak tengah bermalas-malasanan di salah satu dari empat sangkar pemeliharan Taman Buaya Pantai Tanjung Pasir. Koleksi buaya di daerah ini jumlahnya mencapai 500 ekor lebih, dari yang masih kecil yang baru menetas dari telur hingga yang berumur 40 tahunan.

menjala ikan di pantai tanjung pasir saat senja
Nelayan Tanjung Pasir. Image via: jejakpiknik.com

Objek Wisata Dekat Pantai Tanjung Pasir

Selagi berkunjung ke Tangerang, tidak ada salahnya sekalian singgah ke tempat wisata lain di tangerang. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah Museum benteng heritage. Museum Sejarah eksistensi suku Tionghoa di Tangerang ini berjarak 22 km dari pantai.

Museum kebudayaan Indonesia-Tionghoa pertama ini, memiliki dua lantai. Lantai satu museum dijadikan sebagai restoran, kawasan gathering, penjualan suvenir, dan sebagainya. Sedangkan di lantai dua gres pengunjung mampu menemukan banyak sekali barang antik koleksi museum.

Alternatif lain yaitu Taman Gajah Tunggal. Taman yang berjarak 28 km dari pantai ini ialah ruang terbuka hijau kota. Taman Gajah Tunggal digunakan untuk acara rekreasi bagi warga Kota Tangerang. Taman dan juga playground yang lengkap dengan akomodasi, sangat memiliki kegunaan untuk menyalurkan kebutuhan warga Tangerang akan acara fisik yang bersifat rekreasi.

Demikianlah ulasan nativeindonesia.com perihal keseruan aktivitas di Pantai Tanjung Pasir Tangerang. Jangan lupa ajak keluarga, sobat, sahabat untuk menikmati wisata yang satu ini. Rame-rame lebih seru.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni