Pantai Teluk Awur, Menghadap Barat Menyongsong Arah Sunset

Teluk Awur ini terkenal sebagai spot melihat sunset di Jepara, tak heran setiap sorenya cukup banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Ada banyak acara yang bisa kita lakukan di Teluk Awur Jepara, diantaranya seperti jalan-jalan berkeliling pantai dan bermain kano.

Teluk Awur ini terkenal sebagai spot melihat sunset di Jepara. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di Teluk Awur Jepara, diantaranya seperti jalan-jalan berkeliling pantai dan bermain kano.
Pantai Teluk Awur. Image via: wisataterdekat.com

Sesuai namanya, Teluk Awur memiliki karakteristik pantai yang menjorok ke daratan dengan bentuk setengah bundar. Garis pantai Teluk Awur mampu dibilang cukup panjang, tapi jarak antara pantai dengan daratan cukup pendek.

Di pinggir pantai sudah terdapat penyewaan kano dan ban untuk bermain air di pantai. Ombak di pantai Teluk Awur juga cukup tenang, jadi aman saat mengajak bawah umur berlibur ke sini. Pengunjung yang datang pun bisa bebas bermain, berenang dan menikmati keindahan pantai.

Dalam tradisi lokal, selain sebagai salah satu tempat perayaan Pesta Lomban, pantai ini juga dipercayai punya daya magis. Dipercaya sebagai tempat mandi yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Di luar dari hal itu, pantai Teluk Awur sering pula dimanfaatkan sebagai tempat memancing.

Destinasi pantai Teluk Awur yang landai dengan ombak yang hening ini sangat cocok dipakai untuk berlibur bersama keluarga dan komunitas. Untuk wisatawan dari luar kota juga tidak perlu khawatir, alasannya adalah di erat pantai juga terdapat penginapan villa dan juga hotel.

saat musim liburan besar, pantai teluk awur juga akan mengalami Musim rame
Musim Ramai. Image via: antarafoto.com

Simak juga: 13 tempat eksotis di Jepara

Lokasi Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur terletak di desa Telukawur, kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Destinasi pantai yang banyak digemari sebagai tempat nongkrong ini hanya berjarak 4 km atau sekitar 30 menit dari sentra kota Jepara.

Rute Menuju Pantai Teluk Awur

Akses jalan menuju pantai Teluk Awur bisa dibilang sangat mudah dan lancar. Di sepanjang rute menuju pantai terdapat banyak penunjuk jalan yang mengarahkan sampai ke lokasi. Dari kota Semarang, pantai Teluk Awur berjarak sekitar 76,5 km atau sekitar 2,5 jam perjalanan.

Kalau dari kota Kudus, pantai teluk Awur berjarak sekitar 39,6 km atau 1 jam lebih perjalanan.

Kedua rute akan melewati jalan Kudus-Jepara, kemudian melewati pasar Pecangaan, lurus sampai perempatan jalan belok kiri ke arah jalan Sunan Mantingan. Jika pada perempatan tersebut pengunjung menentukan lurus maka akan menuju pantai Kartini.

Sedangkan kalau belok kanan akan menuju pantai Tirto Samudra Bandengan. Setelah melewati Sunan Mantingan lalu tetap lurus hingga ke Teluk Awur.

Sepeda, merupakans alah satu cara pengunjung unutk menikmati keindahan di pantai teluk awur
Sepeda di pantai. Image via: @gonzolboy

Jam Buka Pantai Teluk Awur

Pantai teluk awur terbuka 24 jam menerima kunjungan. Hal ini juga ditunjang dengan eksistensi kemudahan penginapan dan hotel di sekitar pantai.

Tiket Pantai Teluk Awur

Berbeda dengan Pantai Kartini dan Pantai Tirto Samudro Bandengan Jepara, pada hari biasa pantai Teluk Awur tidak memungut biaya. Namun khusus untuk hari tamat pekan dan libur besar, ada tiket sebesar Rp 2000.

Untuk biaya parkir kendaraan, untuk sepeda motor dikenakan Rp 2000, dan Mobil Rp 5.000.

Sedangkan biaya untuk kemudahan lain adalah, Biaya toilet untuk mandi dan bilas Rp 3.000, Sewa pelampung bebek Rp 10.000, dam Sewa ban renang Rp 10.000.

Pesona Teluk Awur kala sunset berpadu dnegan perahu yang merupakan milik warga lokal
Pesona Langit senja. Image via: pegipegi.com

Simak juga: Danau Purba, Danau Tolire

Fasilitas Pantai Teluk Awur

Potensi dan daya tarik Pantai Teluk Awur telah menarik minat pengusaha perhotelan dan investor untuk membangun hotel atau penginapan di sekitar pantai. Beberapa hotel dibangun untuk kelas, gaya dan konsep yang  berbeda untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung dan wisatawan.

Pengunjung akan dapat menikmati eksklusif suasana pantai yang berjarak hanya beberapa langkah dari kamar hotel mereka menginap. Selain itu suasana yang alami, damai dan nyaman juga akan lebih banyak dirasakan selama menginap di hotel tersebut.

asilitas pAntai Teluk Awur did esain untuk menyemankan pengunjung menikmati pantai
Fasilitas Hotel pantai. Image via: pegipegi.com

Hotel-hotel yang dibangun dengan konsep eksplorasi keindahan pantai dapat ditemukan di sekitar Pantai Teluk Awur. Hotel tersebut merupakan hotel kelas Bintang 3 dengan pelayanan standar internasional.

Ditunjang dengan berbagai fasilitas mirip bak renang, restoran, taman dan kawasan parkir serta kemudahan penunjung lainnya. Masing-masing hotel tersebut memiliki ciri khas dan gaya tersendiri dalam arsitektur bangunan, baik interior maupun eksteriornya.

Daya Tarik Pantai Teluk Awur

  1. Pantai yang menyenangkan

Pantai teluk awur cocok untuk wisata keluarga
Pantai menyenangkan. Image via: radarkudus.jawapos.com

Simak juga: Batas Barat Jogja, pantai congot

Pantai Teluk Awur memiliki karakteristik yang seperti dengan Pantai Bandengan, yakni pantai yang landai dengan hamparan pasir putih yang memukau. Ini memungkinkan pengunjung untuk berolah raga pantai di sana, mirip sepak bola pantai dan volley pantai.

Anak-anak juga mampu bermain pasir. Selain itu, dengan kedalaman pantai yang tidak terlampau dalam, serta ombak yang begitu hening. Para pengunjung mampu berenang di pantai ini dengan nyaman. Pantai Teluk Awur cocok sebagai wisata keluarga.

Hamparan pasir putih di pantai Teluk Awur sangat nyaman untuk digunakan duduk dengan beralaskan tikar bersama keluarga atau komunitas. Pengunjung mampu menikmati keindahan pantai sembari menunggu dan mengawasi belum dewasa bermain pasir disana.

Di sepanjang sisi pantai juga terdapat warung yang dilengkapi dengan tempat duduk dan gazebo. Sangat nyaman dan mudah untuk sekalian Makan. Mata pengunjung  akan dimanjakan dengan pesona eksotis pohon mangrove yang selain untuk penahan erosi juga sebagai peneduh di pantai Teluk Awur.

Cara lain menikmati panikmati teluk awur adalah dengan menyewa pelampung angsa atau ban. Atau bisa juga menyewa wahana mirip Flying Fish Boat, Banana Boat, dan Jet sky untuk mengarungi pantai.

  1. Pesona Sunset

Pesona Sunset pantai teluk awur.
Pesona Sunset. Image via: travelingyuk.com

Wisata Pantai Teluk Awur memang paling ramai dikunjungi wisatawan pada ketika sore hari untuk melihat keindahan matahari karam di lautan. Entah itu di saat hari libur maupun pada hari biasa. Para pengunjung dari berbagai usia tiba untuk menikmati keindahan yang dimiliki oleh objek wisata Pantai Teluk Awur ini.

Saat mentari mulai terbenam, Efek fatamorgana akan membuat langit barat di atas lautan Teluk Awur tampak berwarna jingga atau kuning kemerah-merahan. Ditambah lagi dengan semilir angin dan deburan ombak yang damai, sehingga membuat harmoni alam yang menenangkan pikiran.

  1. Mitos air Obat

Pantai yang berlokasi di Jalan Teluk Awur Tahunan, air pantainya sangat bersih, sampai dipercaya masyarakat sekitar mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.Karena mitos tersebut, jangan heran jika di sekitar pantai terdapat pemandian umum yang eksklusif menggunakan air pantai.

bentuk pantai teluk awur melengkung alamiah menyebabkan ombak yang jinak di pantai ini
Pantai melengkung. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Cinta Abadi di Puthuk Truno

Mitos itu tidak terlepas dari cerita terbunuhnya secara tragis raja Joko Wongso. Seorang raja di area itu yang lalaim, karena berniat memperistri perempuan yang sudah bersuami. Wanita itu yakni Roro Kuning, dengan suaminya Syekh Abdul Aziz.

Dengan seni manajemen yang disusun sepasang suami-istri yang tersolimi ini, merk aberhasil emebuat Raja Joko Wongso menjadi tertuduh kepetangan kerajaan musuh. Karena itu beliau dieksekusi dengan Ngawur tanpa persidangan di wilayah pantai. Pantai itulah yang sekarang disebut Teluk Ngawur. Teluk dari kata Takluk, dan Ngawur yang artinya gegabah.

  1. Tempat Memancing

Selain mendukung acara mandi, berenang, snorkeling dan berbagai wahana penyewaan bahtera, di pantai Teluk Awur juga menyediakan daerah atau spot untuk Anda yang hobi memancing.

Jika mendekati weekend atau hari libur maka pengunjung bisa mengajak komunitas untuk memancing bersama sembari menikmati semilir angin dan pesona pantai yang menenangkan pikiran.

Pesta Laut Lomban dis leenggarakan secara reguler di pantai teluk awur.
Pesta Laut Lomban. Image via: foto.tempo.co

  1. Festival Tradisional

Sama halnya pantai-pantai lain di Jepara, pada puncak pekan Syawalan atau satu ahad sehabis Idul Fitri di pantai Teluk Awur selalu diadakan Pesta Lomban atau perlombaan sedekah maritim. Pesta Lomban (bakda kupat) ini telah menjadi tradisi tahunan masyarakat Teluk Awur Jepara.

Tradisi ini sebagai bentuk ungkapan sukur atas kemenangan sehabis sebulan penuh berpuasa. Selain menjadi tradisi, Pesta Lomban juga difungsikan supaya banyak menarik para wisatawan.

Objek Wisata Dekat Pantai Teluk Awur

Di kabupaten jepara terdapat banya pilihan objek wisata. Salah satu yang terdekat dengan pantai Teluk Awur, yaitu Pantai Kartini. Berada sekitar 4 km di arah utara, nama Kartini diambil dari pahlawan R.A. Kartini. Kabarnya jaman dahulu R.A. Kartini beserta saudaranya sering bermain di pantai ini.

Pantai Kartini di dekat pantai teluk awur.
Pantai Kartini di akrab pantai teluk awur. Image via: jawapos.com

Simak juga: Danau terdalam se-Asean, Danau Matano

Pantai kartini ini juga cocok untuk bermain anak – anak, alasannya adalah memiliki wahana bermain dan pantainya yang hening. Salah satu Icon yang paling menonjol yakni bangunan Kura-kura Ocean Park beserta wahana didalamnya.

Sedikit lebih jauh ke utara, dalam jarak 19 km terdapat pantai Bondo. Tempatnya yang hening, teduh, dan sepi menciptakan semua orang yang memiliki tingkat kepenatan tinggi memilih daerah ini. Mereka ingin merasakan hidup tanpa kebisingan manusia.

Jika, penasaran seperti apa suasana pantai ini, ayo datang dan kunjungi langsung Pantai Teluk Awur.

Selamat Liburan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni