Pantai Walakiri, Menari Bersama Bakau Di Keremangan Senja

Kesan pertama pada Pantai Walakiri ialah tentang hamparan pasir putih, formasi pohon kelapa dan cemara di pesisir pantai. Juga kesan kuat muncul dari kombinasi unik antara  biru bahari serta pohon bakau (mangrove) yang membentang di sebelah barat pantai.

Kesan pertama pada Pantai Walakiri adalah tentang hamparan pasir putih, deretan pohon kelapa dan cemara di pesisir pantai. Juga kesan kuat muncul dari kombinasi unik antara  biru laut serta pohon bakau (mangrove) yang membentang di sebelah barat pantai.
Pantai Walakiri. Image via: excellenttourstravel.com

Di Pantai Walakiri, pengunjung mampu berjalan menyusuri hamparan pasir putih yang ditemani dengan lambaian pohon kelapa di sekitar tepi pantainya. Air bahari yang biru, bersih dan jernih, sangat cocok untuk pengunjung yang gemar berenang.

Pengunjung mampu bermain air sepuasnya di pantai ini dan pastinya akan membuatlupa waktu. Di sebelah barat Pantai Walakiri terdapat rumpun bakau atau hutan mangrove. Terdapat juga pertanian rumput bahari di Pantai Walakiri ini.

Saat menginjakkan kaki di sana, mungkin terasa tidak ada yang istimewa. Namun apabila saat surut panorama Pantai Walakiri akan terasa sangat indah. Pohon bakau dan jajaran kelapa akan memberi keteduhan dan suasana nyaman saat pengunjung berjalan di tepian pantai.

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Sumba Timur yang biasanya sangat sepi, pantai ini cukup ramai sebab banyak pemukiman warga di sekitarnya. Pengunjung mampu menemukan warung-warung kecil yang menjual makanan ringan dan minuman.

Salah satu Keunikan dari Pantai Walakiri adalah dua jenis tekstur pasir yang berbeda. Kedua jenis pasir adalah antara pasir di tepi pantai dan pasir bekas air laut yang surut.
Pasir pantai. Image via: dakatour.com

Simak juga: 11 tempat wisata di SUmba

Lokasi Pantai Walakiri

Pantai Walakiri, secara administratif berada pada wilayah Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi ini Berada tak jauh dari sentra Kota Waingapu yakni sekitar 24 km dan mampu ditempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Rute Menuju Pantai Walakiri

Akses menuju Walakiri sangatlah gampang. Yaitu berada tak jauh dari jalan raya menuju arah Melolo, sebuah kecamatan yang cukup besar di Sumba Timur. Pengunjung dapat menyewa motor/ mobil dari Waingapu untuk menuju ke Walakiri dikarenakan susahnya transportasi umum dalam kota di Sumba.

Letak Pantai Walakiri tidak jauh dari pusat Kota Waingapu, yaitu sekitar 1 jam perjalanan. Jika keberangkatan dimulai dari Kota Waingapu, maka mampu menuju ke arah timur laut menuju Kambajawa, lalu akan melewati Jl Adam Malik dan belok kiri menujuJl. Prof. Yohanes ke Jl. R. Suprapto/Jl. Sutomo di Prailiu.

Sunset di pantai Walakiri tampak spesial dnegan adanya tanaman bakauyang eksotis
Sunset walakiri. Image via: referensiwisata.com

Setelah menjumpai beberapa belokan, menujuJl. Adi Sucipto ke Watumbaka. Dari sini dimulai perjalanan panjang, wisatawan akan melewati Jln. R. Suprapto, Jl. Gatot Soebroto, dan Jl. Gatot Soebroto.  Belok sedikit ke kanan danmenjadi Jl. Adi Sucipto.

Jam Buka Pantai Walakiri

Pantai Walakiri buka sepanjang hari sepanjang pekan.

Tiket Pantai Walakiri

Meski pantai ini semakin banyak dikunjungi wisatawan, khususnya pada final pekan, namun tidak ada tarif perorang yang diminta oleh warga setempat ataupun dari pihak Desa ketika mengunjungi pantai ini.

Khusus untuk wisatawan yang membawa kendaraan, hanya dikenakan biaya parkir. Yakni untuk mobil Rp 10.000 dan untuk motor Rp 5.000.

Pohonmenar dipantai walakiri tampail eme[esona sebagai ciri khas dari pantai ini
Dancing with tree. Image via: indonesiakaya.com

Simak juga: Danau Weekuri 

Fasilitas Pantai Walakiri

Keindahan alam pantai Walakiri, sayangnya belum ditunjang oleh akomodasi yang memadai seperti layaknya sebuah lokasi wisata. kekayaan yang dimiliki oleh daerah ini belum ditata secara baik dan tidak didukung akomodasi umum.

Kebutuhan toilet yang memadai dirasa sebagai salah satu kebutuhan fasilitas yang harus segera diadakan di pantai ini.

Daya Tarik Pantai Walakiri

  1. Aktivitas pantai

Air laut di pantai ini bening dan bersih, ditambah dengan ombak yang tidak besar sangat cocok dijadikan tempat berenang. Untuk berenang di Pantai Walakiri wisatawan harus melakukannya di pagi sampai siang saat laut pasang.
Bermian di pantai. Image via: awalnya

Air maritim di pantai ini bening dan higienis, ditambah dengan ombak yang tidak besar sangat cocok dijadikan tempat berenang. Untuk berenang di Pantai Walakiri wisatawan harus melakukannya di pagi hingga siang ketika bahari pasang.

Makara dikala berencana berenang di pantai ini, usahakan tiba pagi hari dan jangan lupa membawa perlengkapan renang, alasannya ditempat ini belum dijumpai penyewaan alat renang.

Salah satu Keunikan dari Pantai Walakiri ialah dua jenis tekstur pasir yang berbeda. Kedua jenis pasir ialah antara pasir di tepi pantai dan pasir bekas air maritim yang surut.

Pasir di tepi pantai memiliki tekstur mirip pasir pantai pada umumnya, adalah butiran-butiran berwarna putih gading, sedangkan pasir di area bekas maritim yang surut memiliki tekstur seperti bedak atau semen berair yang lalu kering dan mengeras.

Uniknya lagi, ada garis batas yang terang antara kedua jenis pasir tersebut.

  1. Spot Sunset

Sunset pantai walakiri sungguh spsial dan tiada duanya.
Sunset walakiri. Image via: dakatour.com

SImak juga: Danau purna Towuti

Saat berlibur ke pantai, tentu menanti sunset adalahs alah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Selain tentunya soal pasir putih dan kejernihan lautnya . Pantai Walakiri ini merupakan spot yang tepat untuk menikmati sunset.

Perpaduan cahaya matahari yang indah ditambah dengan kondisi atau suasana pantai yang menenangkan. Kombinasi 2 hal itu memaksimalkan rasa nyaman pengunjung pada dikala menikmati fenomena alam ini.

Ditambah lagi dengan pasir pantainya yang halus dengan siluet cahaya matahari yang terbentur dengan pohon-pohon mangrove yang ada di bibir pantai. Sebuah pengalaman menarik bagi pengunjung untuk mampu menikmati keindahan alam yang ada di dalam Pantai Walakiri ini.

Satu hal yang pastinya tidak boleh dilewatkan ialah pemandangan matahari saat terbenam di mana perpaduan antara langit senja dan siluet pohon mangrove terlihat begitu manis dan artistik. Semburat jingga perlahan digantikan oleh gelap, sekejap mata Pantai Walakiri berubah kolam lukisan dengan pohon mangrove sebagai modelnya.

  1. Pohon Menari

3 pohon Penari pantai walakiri enjadi spot fotografi favorit
3 Penari. Image via: referensiwisata.com

Di ketika air surut, pengunjung akan dengan mudah menerima penampakan pohon mangrove yang ada di bibir pantai tersebut. Pengunjung  mampu menghampiri pohon tersebut, dan bisa juga menjadi salah satu konten foto yang menarik.

Ketika bahari surut, pengunjung mampu berjalan jauh dari tepi pantai  seraya menikmati keindahan mangrove lebih akrab, mangrove di sana ada yang besar dan kecil. Uniknya mangrove yang kecil, rantingnya kecil-kecil dan daunnya belum terlalu rimbun, rantingnya meliuk-liuk seakan-akan pohon mangrove ini sedang menari.

Karena dari bentuk pohonnya yang unik, menambahkan unsur artistik dari hasil foto yang diambil. Seperti menggambarkan sebuah keindahan alam yang memilki abjad berpengaruh. Hal itu diperkuat dengan dampak cahaya yang ada di lokasi ini.

Ranting pohon itu tumbuh tidak lurus, tapi meliuk-liuk. Kala air maritim surut, panorama ‘pohon menari’ terlihat makin maksimal. Perpaduan suasana air maritim yang surut dengan ‘pohon menari’ menyajikan pemandangan yang menawan.

Parade kuda pantai walakiri digelar dalam uapcara peringatan hari penting
Parade kuda walakiri. Image via: venuemagz.com

Simak juga: Pulau kembang Kalimantan

Objek Wisata Dekat Pantai Walakiri

Selainantai eksotis ini di sumba timur juga terdapat Bukit Warinding. Bukit ini salah satu destinasi top di Sumba Timur. Selain alasannya lanskap perbukitannya yang paling megah di antara bukit yang lain, aksesnya gampang dan sangat akrab dari Waingapu. Semilir angin perbukitan yang sesekali menyapa semakin membuat pengunjung betah berlama-usang di sini

Di ujung paling timur wilayah sumba timur, terdapat pantai Watuparunu. Pantai ini memiliki ciri khas tebing watu berlubang yang unik. Bentuk tebingnya yang meliuk-liuk sangat anggun dipandang mata. Waktu datag terbaik yaitu saat surut. Untuk  mampu berjalan melewati lubang tebing Pantai Watuparunu.

Kaprikornus bagaimana dengan berita seputar Pantai Walakiri di atas? Semoga bisa menjadi panduan yang memiliki kegunaan pada saat lo berkunjung ke sana.

Walaupun sudah bermain-main serta bersenang-bahagia di pantai ini, alangkah baiknya kita tetap menjaga kebersihan dari pantai ini. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila keindahan pantai ini akan hilang balasan sampah yang menumpuk.

Selalu jaga kebersihan kawasan ini dan selamat beraktifitas.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni