Pantai Wedi Ireng

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6254″
data-slug=””>

4.7
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Pesanggaran, Banyuwangi, East Java 68488

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Operasional: 24 Jam

Nomor Telepon:

Tidak Ada Habisnya

Memang tidak habisnya jikalau kita berbicara perihal pantai di Kabupaten Banyuwangi. Kabupaten yang letaknya berada di ujung timur Pulau Jawa ini dan juga bersebelahan dengan Pulau Bali. Salah satunya yaitu Pantai Wedi Ireng.

foto by instagram.com/banyuwangiadventura

Banyak sekali pantai dengan panorama indah di Banyuwangi selain Wedi Ireng, sebut saja Pulau Merah dan Teluk Hijau. Pantai Wedi Ireng tentu saja tak kalah terkenal selain namanya yang penuh teka teki serta pemandangan nan indah.

Maka sempatkan membaca artikel ini ya alasannya kami dari tim jejakpikni.com akan membahas perihal destinasi wisata ini lengkap mulai sejarah dan asal ajakan, rute lokasi serta harga tiket masuk. Mari kita baca bersama ya.

Keindahan Potensi

foto by instagram.com/pantai.wediireng

Nama pantai Wedi Ireng sendiri bukan hanya terdapat di Banyuwangi tetapi ada juga di Kabupaten lain di Jawa Timur. Mereka diantaranya berada di Kabupaten Malang, Blitar, Tulungagung dan Gunung Kidul di Jogja. Meski memiliki nama sama tentu saja ketiganya terdapat perbedaan masing-masing.

Deskripsi dari nama Pantai Wedi Ireng sendiri yaitu wedi artinya pasir dan ireng memiliki arti hitam. Memang jika dibandingkan dengan Pulau Merah di sini kurang dikenal karena masih terbilang gres. Bahkan kanal yang dilewati nanti belum sebaik ke Pulau Merah.

Keindahan alami yang dimiliki Pantai Wedi Ireng memang masih sangat alami dimana pasir di sini mempunyai tiga warna. Ini yaitu keunikan tersendiri bagi pengunjung. Pasir putih di sini juga sangat halus serta terdapat pula pasir dengan warna kecokelatan.

foto by instagram.com/pantai.wediireng

Ombak di sini terbilang tidak cukup besar alasannya adalah banyak sekali wisatawan datang untuk bermain air seperti berenang dan snorkeling. Meski demikian di sini pernah terjadi peristiwa kecelakaan sampai menelan korban. Jadi kau wajib untuk berhati-hati ya.

Pantai Wedi Ireng berdasarkan beberapa masyarakat setempat juga mempunyai sebuah dongeng misteri. Bahkan beberapa mitos di sini juga masih berlaku. Tetapi kembali kepada diri sendiri bahwa kamu datang ke sini tidak mempunyai niatan buruk hanya sebagai daerah berlibur.

foto by instagram.com/pantai.wediireng

Selain memberikan pemandangan indah di sini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk para pengunjung. Tenang saja, kemudahan di sini tidak dikenakan biaya perhiasan alias gratis jadi mampu memakai sepuasnya. Tetapi bila ramai pengunjung maka harus rela antri ya.

Fasilitas yang pertama yaitu gazebo, di tempat ini biasanya dipakai para wisatawan untuk beristirahat bagi mereka yang tidak bermain. Dari panasnya matahari di sini tentu gazebo sangat membantu. Di sini kamu mampu melihat ombak bahari dan mendengarkan bunyi deburan ombak.

foto by instagram.com/dailyhijabtraveller

Ada juga kamar mandi umum yang cukup higienis. Tentu ini yaitu akomodasi yang wajib ada karena penting sekali bagi pengunjung. Ada juga penginapan di sekitar Pantai Wedi Ireng bagi pengunjung kalau bermalam di sini.

Selain itu ada juga fasilitas lahan parkir cukup luas jadi jika kau membawa kendaraan besar maka tidak perlu khawatir. Ada juga akomodasi kawasan persewaan alat olahraga air. Peraltan tersebut mirip alat untuk snorkeling.

Untuk menambah keingaintahuan kau wacana Pantai Wedi Ireng dengan lengkap maka bisa melihat beberapa video yang sudah pernah dipunggah oleh wisatawan dikala datang ke sini. Selain itu kau bisa memperkirakan bagaiman dan apa saja persiapan dikala diharapkan.

foto by instagram.com/banyuwangiadventura

Jangan lupa dikala datang ke Pantai Wedi Ireng ini untuk membawa peralatan foto ya. Karena mengambil gambar di pantai yaitu hal wajib untuk dilakukan. Pemandangan indah ini bisa dijadikan sebagai latar belakan foto kamu.

Kami dari tim jejakpiknik.com akan menawarkan sedikit tips untuk kau ketika akan pergi ke sini. Jangan lupa untun membawa bekal yang cukup sebab di sini sangat arang ditemui toko. Bekal tersebut mampu berupa kuliner kecil dan minuman.

Saat melewati daerah pelelangan ikan maka tidak ada salahnya kau membeli ikan. Ikan disini sangat murah dan mampu dijadikan sebagai lauk dikala sudah hingga di tempat tujuan. Tentu sangat mengasyikkan aben ikan di pinggir laut ya.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/banyuwangiadventura

Sangat gampang untuk menemukan Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi ini, tetapi untuk dapat samapi kau harus sedikit berjuang di perjalanan ya. Memiliki jarak sekitar 65 km dari sentra kota membuat kamu membutuhkan waktu selama empat jam.

Alamat lengkap tempat wisata ini berada di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Ada dua jalur yang bisa dipakai yakni dengan cara jalan kaki atau menyeberang menggunakan perahu.

foto by instagram.com/afifa_iman

Cari arah menuju kecamatan Jajag kemudian ikuti petunjuk di jalan menuju Pulau Merah. Dari sini lebih baik kamu mempersiapkan semua perbekalan mirip masakan kecil dan minuman. Karena sesudah tempat ini dilewati maka kamu tidak akan menemukan toko.

Mengapa mengambil arah menuju Pulau Merah sebab letak pantai ini memang berdekatan hanya berjarak sekitar 3 km. sebelum itu kamu juga akan melewati tempat lelang ikan. Setelah itu jikalau menemukan orang yang lewat maka jangan segan untuk bertanya.

foto by instagram.com/dunia.wisata_

Dari petunjuk rute jalan yang kami berikan diatas kalau kamu masih mengalami kesulitan maka bisa memakai titik koordinat. Titik koordinat tersebut pribadi mampu dihubungkan dengan GPS di hp kamu. Dari sini kau akan menerima peta atau denah online.

Cukup mudah, kau hanya perlu mendownload aplikasi Google Maps maka secara otomatis petunjuk jalan akan diberikan. Kamu hanya perlu mengikuti arah jalan kalau sudah diberikan. Oh ya, yang terpenting harus terhubung dengan jaringan internet dengan lancar ya.

Buka Jam Berapa

Di sini merupakan kawasan wisata dengan dibuka selama 24 jam jadi kau mampu menghabiskan seharian penuh di sini. Tidak perlu mengkhawatirkan ihwal jam berapa nantinya pantai ini di tutup. Bahkan kamu mampu bermalam dengan mendirikan tenda.

Harga Tiket Masuk

Sedangkan untuk biaya atau harga tiket masuk tidak dikenakan alias gratis. Liburan ke sini memang keputusan yang tepat alasannya selain pemandangan yang bagus juga ekonomis di dompet. Tidak perlu membayar tiket masuk.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni