Penangkaran Rusa Gresik

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11496″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Lokasi: Desa Kepuhteluk, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur 61182

Map: Klik Disini

HTM: Gratis

Telepon: 0878-9432-9286

Deer Farm

Rusa. Bukan nama masakan khas negara asal tim sepak bola Barcelona, Ensaladilla Rusa, melainkan hewan mamalia pemamah biak yang banyak diternakkan.

Deer farm atau penangkaran rusa ialah acara pelestarian dan pemanfaatan binatang tersebut untuk tujuan konservasi serta ekonomi. Lebih jelasnya, silakan mengunduh makalah yang berkaitan di internet. Bila tidak support di komputer, konversi file PDF itu ke Word terlebih dulu.

foto by instagram.com/madisaputtra

Tempat Sejenis

Di Indonesia sendiri, ada banyak daerah sejenis yang selain dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan itu, juga dijadikan sebagai destinasi wisata.

Pertama, Kampung Cai Rancaupas di Jalan Ciwidey – Patengan KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Berjarak 52 km dari restoran yang menyediakan Egyptian food di Kota Kembang.

Dalam Bahasa Sunda, Kampung Cai berarti Kampung Air, sedangkan Ranca Upas dapat diartikan sebagai daerah rawa yang ditumbuhi pepohonan upas.

Di sana, pengunjung akan menemui hamparan rumput luas, mirip Stadion Old Trafford di England, a four-season country. Tapi, bedanya ia dikelilingi oleh hutan lindung dan digunakan sebagai camping ground.

foto by instagram.com/bintangbinurika

Kaprikornus, di samping berinteraksi dengan binatang bertanduk tersebut, Anda juga bisa menikmati kemudahan Smart Camp Adventure dan outbound.

Kedua, Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu yang berlokasi di Desa Buanajaya, Tanjungsari, Bogor. Berjarak sekitar 81,6 km dari tempat wisata serupa di BNR (Bogor Nirwana Residence).

Zona wisata seluas 8,4 hektar ini telah ada sejak 1993, masih berada dalam tempat RPH Cariu, BKPH Jonggol serta KPH Bogor dan satu area dengan Curug Cipendeuy.

Di sana, anak-anak mampu berinteraksi pribadi dengan para rusa jinak. Itu bermanfaat untuk mengenalkan dan memberikan mereka wawasan ihwal hewan daripada hanya menonton kartun marsha di rumah.

Siapa tahu sesudah ini mereka ingin memiliki peliharaan. Misal, Sugar Glider yang dari pictures atau gambarnya sangat lucu dan aksesorisnya banyak dijual di PGS Solo.

foto by instagram.com/novia_andrian

Sepulang dari one day trip, silakan mampir ke Saung Bagus, restoran yang menunjukkan pemandangan sawah dan pegunungan, untuk membeli makan dan air minum.

Hanya berjarak 4 km dari objek wisata dan berada di jalan arah kompleks pemakaman Heaven Memorial Park. Atau, hunting rumah makan mie tarik laiker di Jakarta.

Selain kedua destinasi tersebut, penangkaran rusa juga bisa ditemui di Taman Soekasada Ujung, di Jalan Raya Taman, Desa Tumbu, Karangasem, Bali, sekitar dua jam dari Hotel Banyan Tree Ungasan.

foto by instagram.com/ferdi_beacksan

Ada lagi di tempat wisata Cikole, Pandeglang, Banten, provinsi yang memiliki Little Green Canyon alias Curug Putri Tahura dan beberapa tahun kemudian sempat terkenal akan batu kali maya.

Kemudian, Maliran Deer Feeding di Desa Jatilenger, Ponggok, Blitar yang berdasarkan laportan untuk memasukinya harus meminta izin pihak pengelola.

foto by instagram.com/mitamii.al

Lalu, terdapat Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman di Bandar Lampung, kota di pulau dengan kampus favorit, yaitu USU (Universitas Sumatera Utara), Taman Rusa di Sekupang, Batam dan yang akan dibahas kali ini di Kota Pudak, Gresik.

Berwisata Disini

foto by instagram.com/mitamii.al

Selain menawarkan panorama alam nan mempesona, Bawean Island juga menjadi habitat beberapa satwa endemik, termasuk Rusa Axis Kuhlii, jenis yang hanya dijumpai di pulau tersebut dan hampir punah.

Sebab, letaknya di ketinggian, di kaki Gunung Gadung, serta jauh dari pemukiman warga, yang mana bisa memberi ketenangan bagi mereka.

Deer farm seluas 4 hektar itu menampung sekitar 46 ekor rusa, dihitung semenjak 15 tahun silam, dengan jantan yang mempunyai tinggi badan 60-70 cm dan betina sekitar 25-47 cm. Guna menjaga kelestariannya, pengelola berupaya mengembangbiakkan melalui perkawinan antar-rusa.

foto by instagram.com/jawabaratbeautiful

Karakteristik mereka sendiri masih liar. Bahkan, kalau melihat bayangan manusia, mereka akan langsung lari, sehingga wisatawan tidak boleh mendekati atau memberi makan. Tapi, diperbolehkan mengambil gambar atau foto dari jarak tertentu.

Tidak mirip penangkaran lainnya, rusa-rusa tersebut juga diletakkan di dalam sangkar dan cuma orang-orang tertentu yang dapat memasukinya.

Namun, sekarang objek wisata itu telah ditutup sebab ada beberapa rusa yang direhabilitasi sebelum dilepasliarkan.

Di samping kawanan rusa, terdapat hewan lainnya, mirip babi kutil yang amat langka, babi bagong yang populer dengan adu bagongnya serta babi Jawa.

foto by instagram.com/leniwulandari__

Lokasi Dimana

Alamat Penangkaran Rusa Gresik ada di Desa Kepuhteluk, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kurang lebih 10 km dari Sangkapura.

Pada Gogle Maps, lokasi ada di titik koordinat 5°44’39.7″S 112°43’00.9″E. Jika hendak ke sana, sebaiknya menyewa travel dan pemandu yang berpengalaman sebab kemungkinan untuk tersesat sangat besar.

Harga Tiket Masuk

HTM (Harga Tiket Masuk) kawasan pelesir itu sendiri gratis, belum termasuk retribusi parkir. Info lebih lanjut silakan hubungi kontak yang tersedia.

Penangkaran Rusa Bawean sangat cocok dikunjungi saat Anda bosan dengan daily routine, baik kerjaan di kantor maupun urusan komunitas, mirip Pekalongan Community.

foto by instagram.com/mufit18

Dibanding hanya duduk-duduk sambil menonton Indonesian Idol, membaca berita revolusi Iran dan Iranian atau perihal kontraktor serta menghabiskan uang untuk belanja online, misalnya jilbab elzatta, helm NHK dan sebagainya di Lazada yang malah membikin mager.

Lumayan, bukan jadi tidak perlu ke peternakan rusa di Hokkaido, prefektur asal ramen Kuro Obi dan setiap dikala memastikan kondisi cuacanya lewat situs Holiday Weather biar mengetahui pakaian apa yang harus dikenakan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni