Pendaki Pemula? Coba Hiking Ke Gunung Kencana, Pesona Alamnya Exotic Banget

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”43646″
data-slug=””>

4.7
/
5
(
3

votes

)

Alamat: Megamendung, Bogor, Jawa Barat

Map: Klik Disini

Buka: 24 Jam

No. Telp:

WhatsApp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 15.000

Parkir Motor: Rp. 15.000

Parkir Mobil:-

Foto by instagram.com/raihanrmdnz/

Untuk mampu memasuki tempat Gunung Kencana kamu perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu yakni sebesar 15ribu per orang. Jika membawa kendaraan eksklusif mirip motor, maka kau harus menitipkannya dan biayanya yakni 15ribu.

Kamu mampu menitipkan motormu di basecamp yang telah disediakan. Selain biaya masuk tempat, kau juga akan dikenai tarif simaksi Gunung Kencana yang dibanderol dengan harga sekitar 20ribu per orang.

Jalan Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/dwinazia/

Jika tertarik untuk menjajal Gunung Kencana sebagai pendakian pertamamu, maka untuk mengawali perjalananmu kamu bisa masuk lewat kawasan wisata Telaga Warna, Cisarua, Bogor.

Jarak tempuh dari Jakarta menuju daerah Cisarua mungkin akan memakan waktu selama 4 jam. Setibanya kamu di daerah Cisarua, belok ke kiri menuju Jalan Siliwangi, nantinya disana ada sebuah pos kecil. Nah, jarak dari pos ini menuju basecamp Gunung Kencana masih sekitar 8 kilometeran, dimana sepanjang jalan kamu bakal melalui jalanan berbatu.

Kalau nggak kau bisa pribadi saja menuju Kampung Lahan Cadangan (LC). Dimana kampung tersebut merupakan lokasi pemberhentian kendaraan terakhir sebelum kau memasuki area pendakian Gunung Kencana.

Ancer-ancer atau patokan untuk mampu sampai di daerah Kampung LC ini kau harus menemukan SD Kampung Cikoneng. Dimana lokasinya sempurna berada di pertigaan jalan sebelum Kampung Lahan Cadangan.

Waktu tempuh mendaki untuk mampu sampai di Puncak Gunung Kencana dari pos pendaftaran ialah sekitar 1 jam. Dimana nantinya kau akan menemukan dua pos pemberhentian saat menuju puncak.

Oiya, selain mendaki via Telaga Warna kamu mampu sampai di Puncak Gunung Kencana dengan melalui jalur Kampung Arab. Namun jika kau ingin jalur yang lebih mudah dijangkau better lewat Telaga Warna saja.

Fasilitas

Foto by instagram.com/netimulyatinm/

Beda dari puncak gunung pada umumnya yang mungkin sudah banyak didukung oleh beberapa kemudahan lain halnya dengan Gunung Kencana. Disini tak begitu banyak fasilitas yang bisa kau temukan.

Beberapa kemudahan yang bisa kau dapatkan disini diantaranya seperti pos pemberhentian. Untuk bisa sampai di puncak Gunung Kencana kau hanya akan menemukan total dua pos saja.

Buat kamu yang pengen beli cemilan ringan untuk bekal diatas nggak usah khawatir sebab disini sudah ada warung-warung kecil milik warga sekitar. Dimana kau bisa menemukan warung kecil ini di pos 1.

Foto by instagram.com/maulidyanabilaa_/

Fasilitas lain yang mampu kamu temukan disini yakni berupa camping ground. Dimana para pendaki yang ingin berkemah, disini sudah tersedia lahan cukup luas dimana mampu menampung puluhan tenda.

Oiya, kalau butuh air dan kebetulan stok persediaanmu habis, kau mampu turun ke pos atau basecamp untuk ambil, alasannya diatas puncak nggak ada sumber air yang bisa diambil.

Selebihnya, kamu mampu manfaatkan beberapa spot diatas puncak Gunung Kencana sebagai daerah untuk berpose dengan latar belakang pemandangan yang amat indah nan elok.

Pesona Gunung Kencana

Foto by instagram.com/zuliarhmwti_/

Bogor memang terkenal sekali dengan pesona alamnya, apalagi Puncak. Rasanya destinasi wisata tersebut hampir tidak pernah sepi didatangi oleh wisatawan dari berbagai macam penjuru.

Namun tahukah kau kalau Bogor juga punya destinasi wisata lain yang nggak kalah keren dan kece ialah Gunung Kencana. Iya, Gunung Kencana sejatinya bukanlah gunung mirip pada umumnya, melainkan hanyalah sebuah bukit.

Gunung Kencana ini mampu dijadikan sebagai destinasi wisata terutama untuk kamu yang suka dengan hal-hal menantan dan memacu adrenalin.

Gunung Kencana ini baru membuka jalur pendakian untuk umum semenjak tahun 2016 silam. Seiring berjalannya waktu puncak bukit ini semakin banyak dikenal orang.

Foto by instagram.com/_di.2/

Hal tersebut terjadi akhir penyebaran virus yang dilakukan oleh para pendaki dengan memamerkan momen mereka dikala berada di atas Puncak Gunung Kencana melalui sosial medianya masing-masing.

Gunung Kencana juga populer sekali ramah untuk didaki oleh para pendaki pemula. Mengingat ketinggian dari puncaknya tidak terlalu tinggi. Meskipun begitu objek wisata ini tetap bisa menunjukkan pesona alam yang amat cantik dan exotic.

Sebelum mendaki kau akan disugui oleh hamparan perkebunan teh hijau yang membentang luas. Hamparan perkebunan teh ini mampu menciptakan nuansa diatas puncak semakin sejuk dan adem.

Foto by instagram.com/indy_danisa/

Selain hamparan perkebunan teh, kau pun mampu menikmati megahnya pesona dua gunung ter-epic di Jawa Barat apalagi bila bukan Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Dari kejauhan kamu bisa melihat betapa besarnya kuasa Tuhan membuat Gunung Pangrango dan Gunung Gede yang amat gagah.

Perlu kamu ketahui juga bahwa kawasan perkebunan teh di Gunung Kencana ini ternyata banyak juga dimanfaatkan oleh para komunitas bikers untuk memacu adrenalin mereka dengan menjajal medan track yang cukup extrem ini. Biasanya daerah ini ramai dikunjungi oleh para bikers dikala tamat pekan tiba.

Foto by instagram.com/ayurzkyni_/

Tak sedikit juga para pendaki yang rela naik-turun gunung hanya demi mampu menikmati sunrise dan sunset diatas puncak Kencana. Spot Puncak Kencana ini memang cukup keren untuk menikmati pagi dan senja, apalagi kalau ditemani oleh orang-orang terkasih.

Pesona lain yang ditawarkan oleh Gunung Kencana ini yaitu berupa pemandangan Puncak Bogor dari atas ketinggian. Hawa sejuk khas pegununungan disini bisa membuatmu lebih relax, tenang dan fresh. Itulah mengapa daerah ini cocok banget buat dijadikan destinasi short escape dari hiruk pikuk Ibukota.

Sekilas Gunung Kencana

Foto by instagram.com/nursyifay_/

Gunung Kencana merupakan salah satu puncak bukit yang memiliki ketinggian tidak terlalu tinggi yakni hanya sekitar 1.802 mdpl. Tapi jangan salah meskipun ketinggiannya tidak seberapa tapi buat sampai ke puncaknya butuh effort yang besar, lho.

Karena medan pendakian Gunung Kencana ini bisa dibilang cukup extrem dan terjal, jadi jangan menyepelekan dulu. Saat awal mendaki kau akan disambut dengan jalur atau trek yang cukup menanjak, dimana orang sering menyebutnya sebagai Tanjakan Sambalado.

Tanjakan Sambalado ini memiliki panjang sekitar 100 meter dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Uniknya penamaan sambalado ini ternyata berasal dari kaki para pendaki yang akan terasa panas alasannya adalah keletihan melewati setiap anak tangga pada tanjakan ini.

Untuk meniti Tanjakan Sambalado ini kamu tidak perlu khawatir karena tanjakannya sudah dilengkapi dengan anak tangga yang terbuat dari bambu sehingga para pendaki mampu lebih mudah menaikinya. Meskipun sudah dibuat pijakan, namun kau harus tetap berhati-hati sebab tanjakannya bisa saja licin.

Untuk mampu mencapai puncak, kau harus meniti beberapa anak tangga terlebih dahulu. Setelah melalui pendakian yang cukup melelahkan, setibanya di puncak kau bakalan dibentuk kagum dan takjub dengan pemandangannya.

Kaprikornus buat kamu yang lagi pengen jajal atau gres punya hobi gres yakni hiking, cobalah untuk mendaki ke Gunung Kencana ini. Treknya cukup mudah dan ramah ditaklukkan oleh pemula sepertimu.

Tak perlu memakai rangers, sebab disini sudah banyak terdapat papan petunjuk jalan untuk kau mampu hingga diatas puncak Kencana. Oiya, meskipun trek dan ketinggiannya tidak sulit dilalui tetapi kau harus tetap memastikan bahwa kondisi tubuhmu dalam kondisi fit ya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni