Penderasan Sigura Gura, Pesona Jeram Tertinggi Di Indonesia

Dengan ketinggian mencapai 250 meter, Air Terjun Sigura gura merupakan yang tertinggi di Indonesia. Angka ini mengalahkan Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payakumbuh (150 meter) yang berada di Sumatera Barat.

Dengan ketinggian mencapai 250 meter, Air Terjun Sigura gura merupakan yang tertinggi di Indonesia.
Air Terjun Sigura Gura, Image via: Dhenis Gaming

Dihiasi tebing-tebing di sekelilingnya serta tumbuhan liar menciptakan Air Terjun Sigura-gura ini terlihat eksotis meski dari kejauhan, bahkan suara dentuman air yang mengalir deras turut menyejukkan pendengaran. Aliran air ini rupanya bersumber dari Sungai Asahan, sementara Sungai Asahan sendiri berasal dari Danau Toba.

Kawasan Sigura-Gura tidak hanya sebatas gerojokan manis ataupun bendungan saja. Tetapi lebih dari itu, tempat sigura-gura mempunyai landscape alam yang menawan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan objek wisata Danau Toba menciptakan riam ini selalu ramai dikunjungi.

Siapapun yang berkunjung pastinya akan merasakan sensasi sejuk sehingga bisa menjadikan tubuh dan pikiran kembali fresh. Dari kejauhan, Air Terjun Sigura-gura akan terlihat mirip penderasan raksasa. Bahkan dari kejauhan pun, suara dentuman airnya akan terdengar dengan terang.

Di bawah air terjun Sigura gura nana gagah perkasa
Di bawah air sigura gura. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Bukit Indah di Medan

Lokasi Air Terjun Sigura Gura

Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Lokasi ini merupakan dataran tinggi di pinggiran Danau Toba.

Jika dihitung dari kota medan Air Terjun Sigura GUra berjarak sekitar 250 km dari pusat Kota Medan.

Rute Menuju Air Terjun Sigura Gura

Untuk sampai di tempat wisata Air Terjun Sigura-Gura, pengunjung yang berada di Kota Medan perlu melaksanakan perjalanan menuju Kabupaten Toba Samosir. Jarak antara Kota Medan dan Kabupaten Toba Samosir sekitar 250 km.

Pengunjung yang dari luar sumatera utara bisa menuu ke medan terlebih dahulu. Baik melalui jalur udara maupun maritim. Jalur bahari bermuara di Pelabuhan belawan. Sedangkan jalur udara, bermuara di Badara Kuala Namu.

Menara pengamatan Air tejun sigura gura utnuk menikmati kemegahana ir terjun dari kejauhan
Menawa pengamatan. Image via: Muhammad Rizki

Para pengunjung mampu memakai kendaraan eksklusif ataupun kendaraan umum seperti bus dengan tujuan Kabupaten Toba Samosir. Selama di perjalanan, para pengunjung disuguhi pemandangan Danau Toba yang sangat indah alasannya adalah memang jalur yang ditempuh berada di tepi kawasan Danau Toba.

Jam Buka Air Terjun Sigura Gura

Tidak jam operasional pasti di lokasi ini. Jadi bsia dikatakan Air terjun Sigura Gura buka 24 jam, namun perlu dipertimbangkan jika igin mengunjungi gerojokan ketika sudah malam, terutama dari sisi keamanan alasannya adalah kurang-nya fasilitas penerangan.

Tiket Air Terjun Sigura Gura

Untuk memasuki kawasan riam sigura gura, pengunjung dikenakan pungutan Rp 10.000 per pengunjung.

 

Bendungan besa runtuk pembangkit tenaga listrik yang lokasinya di sekitaran air terjun Sigura gura
Bendungan Sigura-Gura. Image via: annisa diah

SImak juga: Bukit Wairinding

Fasilitas Air Terjun Sigura Gura

Untuk masalah fasilitas, di obyek wisata Air Terjun Sigura-gura pengunjung bisa menemukan beberapa kemudahan yang mampu dimanfaatkan ketika anda berlibur kesana dengan teman-teman atau keluarga. Tersedia Lahan parkir yang lumayan luas dan juga memadai. Selain itu juga tersedia sejumlah toilet umum.

Terdapat juga sejumlah Warung atau daerah makan. Di sekitar area sebelum obyek wisata ini anda mampu menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual kuliner dan minuman dengan harga terjangkau.

Pada beberapa titik, terdapat Gazebo. Dengan dibangunnya beberapa gazebo di Air Terjun Sigura-gura, pengunjung bisa dengan santai duduk-duduk sembari menikmati pemandangan penderasan raksasa yang mengalir dengan derasnya, view pepohonan dan tanaman atau bahkan burung-burung liar yang berterbangan.

Daya Tarik  Air Terjun Sigura Gura

  1. Panorama Air terjun

Pesona Air terjun Sigura gura, cocok untuk lata rfoto instagramable
Pesona Sigura gura. Image via: picuki.com

Air Terjun Sigura-gura memang mengalir dengan debit yang sangat deras. Air yang mengalir dan menjadi Air Terjun Sigura-Gura ini bersumber dari Sungai Asahan. Yang mana air Sungai Asahan ini berhulu di Danau Toba.

Memasuki tempat penderasan, Pengunjung akan merasakan udara yang sejuk alasannya adalah banyaknya pepohonan rindang yang mengelilingi Air Terjun Sigura-gura. Kawasan Sigura-Gura merupakan wilayah yang dilalui Pegunungan Bukit Barisan.

Pegunungan Bukit Barisan adalah rangkaian gunung yang membentang dari ujung utara di Provinsi Aceh hingga ujung selatan di Provinsi Lampung pulau Sumatera. Rangkaian pegunungan ini mempunyai puncak tertinggi yaitu Gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi.

Kawasan Sigura-Gura juga merupakan daerah yang dilalui oleh Pegunungan Bukit Barisan. Oleh sebab itu, landscape alam kawasan Sigura-Gura sangat indah dengan kontur alam berbukit-bukit dan terdapat pula lembah, tebing kerikil, jurang, celah gunung maupun daerah hutan yang hijau.

  1. Berburu Foto

Berburu Foto di bawah air terjun Sigura gura
Berburu foto di Sugura gura. Image via: harian.analisadaily.com

Simak juga: Kebun Teh Gunung Gambir

Berfoto dengan latar belakang Air Terjun Sigura-gura pun tak boleh terlewatkan. Banyak diantara pengunjung yang datang, yang memanfaatkan momen liburan di area air terjun ini dengan berfoto-foto dengan background penderasan dan pemandangan alami sekitarnya.

Hanya saja, pengunjung harus berhati-hati menyusuri gerojokan ini alasannya masih banyaknya bebatuan yang terjal dan licin.

Untuk memperoleh foto yang maksimal, sebelum tiba wisata ke gerojokan, ada baiknya mengecek prakiraan cuaca terlebih dahulu untuk mengetahui mirip apa cuaca di hari itu. Usahakan untuk tiba dikala cuaca sedang cerah.

Biasanya kalau datang ke wisata gerojokan dikala sedang hujan atau sehabis hujan, pemandangan di sana akan sedikit berkabut sehingga tampilan foto kamu tidak akan terlalu jernih terlihat. Selain itu, cuaca yang hujan juga bisa menciptakan bebatuan di sekitar riam lebih licin sehingga kau harus ekstra berhati-hati.

  1. Olahraga luar ruangan

Arung jeram Sungai Asahan pada air limpahan dari air terjun sigura gura
Arung penderasan sunga Asahan. Image via: pedomanwisata.com

Selain bersantai menikmati kesegaran Air Terjun Sigura-gura, pengunjung mampu melaksanakan acara lainnya yang lebih menantang di sini, salah satunya arung penderasan. Sungai di sekitar daerah Air Terjun Sigura-gura mempunyai arus yang lumayan deras dengan kontur bebatuan yang membuatnya cocok untuk dijadikan daerah olahraga air yang menguji adrenalin ini.

Mengingat keindahan alam serta arus yang kuat, sungai di Air Terjun Sigura-gura kerap terpilih untuk daerah kompetisi arung riam, tidak hanya tingkat nasional tapi juga internasional. Tak jarang, nama peserta yang sudah terkenal turut memeriahkan perlombaan arung gerojokan ini.

Selain arung teladas, masih ada kegiatan lainnya yang tidak kalah menantang yaitu panjat tebing. Namun kegiatan ini terbilang berbahaya karena harus menaiki tebing bebatuan yang tinggi dan licin. Jika belum terlatih secara khusus, sebaiknya tidak mencoba kegiatan ini, sebab sangat beresiko.

Jalan berliku menuju ke lembah air terjun sigura gura
Jalan berliku menuju Sigura gura. Image via: mapio.net

Simak juga: Heha Sky View Jogja

  1. Berkemah

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan semasa liburan di daerah wisata Air Terjun Sigura-Gura adalah berkemah di sekitar lokasi teladas. Dijamin akan asik. Apalagi berkemah bersama keluarga atau sahabat-sobat dekat.

Usai berkemah ataupun usai berkunjung di daerah wisata ini, wajib bagi para pengunjung untuk menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan semoga daerah wisata ini tetap bersih, indah, nyaman, dan yang pasti tetap lestari.

Di tempat ini terdapat Bendungan Sigura-gura yang berjarak sekitar 20-an kilometer dari hulu Sungai Asahan. Inilah bendungan kedua terbesar di Indonesia sehabis Bendungan Sutami. Selain sebagai sumber irigasi lahan-lahan milik penduduk setempat, air bendungan buatan ini juga dimanfaatkan sebagai sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

tingginya air terjun sigura gura nampak gagah dalam rerimunan pohon menghijau
Tingginya Air terjun Sigura gura. Image via: brobali.com

Objek Wisata Dekat Air Terjun Sigura Gura

Lokasi wisata di Toba Samosir bukan hanya teladas sigura guar saja. Ada beberapa pilihan lain yang bisa menjadi objek embel-embel. Sehingga seperti kata pepatah, sekali angkat ransel2-3 lokasi terkunjungi.

Yang peratama, dalam jarak 54 km, terdapat Bukit Pahoda. Lokasi ini berada di areal perbukitan yang masih dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor. Bukit Pahoda ini cocok dijadikan tempat untuk selfie dengan latar belakang Danau Toba yang membentang luas. Bukan hanya utk selfie saja, namun Bukit Pahoda ini sering dipakai untuk aerosport.

Bagi yang terarik dengan wisata budaya, sedikit lebih jauh, adalah dalam jarak 61 km, terdapat Desa Adat Ragi Hotang. Mengunjungi Desa Ragi Hotang pengunjung mampu melihat rumah budbahasa dan konstruksi yang bernilai budaya tinggi. Disana terdapat 3 unit rumah budbahasa batak dan satu unit Sopo yang merupakan peninggalan leluhur warga setempat.

Demikianlah beberapa hal menarik Aur Terjun Sigura Gura yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk membawa kamera-mu untuk mengabdikan banyak sekali momen di aie terjun tertinggi di Indonesia ini.

Selamat berlibur.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni