Penderasan Sikulikap Berastagi

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”5352″
data-slug=””>

4.9
/
5
(
7

votes

)

Lokasi: Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 20357

Map: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka Tutup: Senin – Minggu 06.00 – 20.00 WIB

Telepon: 0813-7506-3764

Objek Menarik

Kota Sumatera Utara merupakan sebuah daerah yang mempunyai banyak sekali obyek wisata menarik, ada buatan dan juga alami.

Salah satu obyek wisata alami yang dimiliki oleh Kota Sumatera Utara ini yaitu Air Terjun Sikulikap, letaknya di Berastagi, Martelu, Sumatera Utara, Indonesia.

Air Terjun Sikulikap ini tak kalah cantik dengan Air Terjun Sipiso-piso yang berada di Kota Sumatera Utara juga.

Foto By @rezizulfahmi

Air Terjun Sikulikap sangat menarik karena letaknya di tengah-tengah hutan Hujan Tropis Lebat. Selain itu, di sekitar kawasannya terdapat banyak kera gibon yang bebas berkeliaran.

Tempat wisata ini sangat indah dan menarik. Namun sayangnya mulai dilupakan oleh banyak orang. Padahal dahulu sangat terkenal dikalangan masyarakat umum.

Selain mulai dilupakan, Air Terjun Sikulikap juga sudah tak terurus. Hal tersebut dapat dilihat dikala Anda melaksanakan perjalanan ke lokasi wisata. Banyak terdapat kursi peristirahatan yang terbuat dari batu sudah berlumut dan tak terawat.

Walaupun demikian, menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di Air Terjun Sikulikap tak kalah menyenangkan dengan berlibur di banyak sekali objek wisata lainnya.

Karena Anda mampu memakai obyek wisata ini untuk melaksanakan kegitan barbeqyu yang tentunya yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga maupun sobat-teman.

Keindahannya

Foto By @jenatan_sianipar

Letak Air Terjun Sikulikap beralamat lengkap di Jalan Jamin Ginting Km.54, Desa Doulu, Berastagi, Martelu, Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia.

Air Terjun Sikulikap atau biasa juga disebut dengan nama lainnya adalah Sampure Sikulikap merupakan obyek wisata yang sangat indah dan eksotis.

Sampure Sikulikap ini mempunyai ketinggian sekitar kurang lebih 30 m, yang ajaran airnya bersumber dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan, salah satu daerah kawasan hutan lindung.

Air yang jatuh dari atasnya sangatlah deras, sampai menghantam keras watu-kerikil di bawahnya.

Bebatuannya kebanyakan berlumut sehingga cukup licin dan mampu terpeleset jika tidak berhati-hati. Banyak pengunjung yang tidak berani mandi di area ini karena selain itu derasnya airnya juga menciptakan wisatawan takut.

Foto By @oby_hardyansah

Rata-rata pengunjung yang berkunjung kesini tiba hanya untuk melihat keindahan jeram Sikulikap. Mereka bersantai dan berfoto sambil menikmati pemandangan yang ada.

Selain itu, disekitaran area ini terdapat hutan yang merupakan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) sehingga menambah keindahan alam disini.

Keindahan daerah wisata ini sangat eksotis ditambah lagi dengan adanya dinding kerikil yang cadas dan tentunya sangat memukau.

Dulu dinding tersebut digunakan para pecinta alam untuk aktivitas panjat tebing dan climbing. Di daerah ini juga terdapat pondok yang bentuknya melambangkan ciri suku Karo.

Tempat wisata ini berada di bawah jurang Penatapan dan merupakan salah satu tempat yang sangat terkenal di Berastagi.

Penatapan sendiri yaitu kawasan masakan yang biasa didatangi oleh para pengunjung yang ingin menikmati jagung rebus maupun bakar sambil sembari melihat monyet Gibon yang berkeliaran atau indahnya pemandangan bukit-bukit Berastagi.

Foto By @niar_wahyudi24

Walaupun letak wisata ini berada di bawah jurang, Anda tak perlu khawatir akan jalan masuk jalannya. Karena pemerintah sentra sudah merawat dengan baik rute untuk menuju daerah wisata tersebut.

Hal tersebut mampu dibuktikan dengan adanya pegangan pagar besi yang memudahkan Anda untuk turun kebawah dengan kondusif.

Selain dari itu jalanan yang dulunya curam juga sudah diaspal dan dibuatkan tangga oleh pemerintah setempat. Dipinggiran jurangnya juga sudah diberi pagar untuk keamanan.

Di obyek wisata ini pernah terjadi suatu kecelakaan yang menyebabkan luka ringan. Kejadian tersebut terjadi dikala dua orang pengunjung sedang melakukan trekking.

Foto By @rizqi_mulyadi7

Di tengah perjalanan mereka berdua berhenti alasannya adalah menerima spot foto yang sangat cantik.

Mereka berdua pun asyik berfoto ria. Tak usang kemudian salah satu diantaranya terpeleset sehingga dengan impulsif menarik tangan kekasihnya yang mengakibatkan mereka berdua jatuh ke dalam jurang. Tetapi alhasil diselamatkan oleh warga.

Anda jangan khawatir sebab peristiwa tersebut bukanlah alasannya adalah adanya misteri mistis melainkan disebabkan jalanan yang licin. Jika tak berhati-hati mampu menjadikan Anda terpeleset dan jatuh.

Rute Menuju Lokasi

Foto By @sucii_suryani

Apabila Anda ingin menghabiskan waktu libur di tahun 2020 ini, Air Terjun Sikulikap mampu menjadi salah satu destinasi yang layak buat dikunjungi.

Walaupun berada di wilayah hutan dan jurang, tak perlu khawatir akan rute perjalanannya. Karena Anda bisa hingga ke lokasi ini dengan jalan yang mampu dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bila dari di pusat kota Medan, Anda hanya perlu melakukan perjalanan menuju arah Martelu. Jika sudah sampai di gerbang perbatasan Kabupaten Deli Serdang dengan Kabupaten Karo, ikuti petunjuk menuju obyek wisata Air Terjun Sikulikap.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat denah atau peta pada link yang ada di awal artikel tersebut.

Foto By @swaresginting

Bagi yang membawa kendaraan jangan khawatir akan daerah parkir, alasannya adalah kendaraan tersebut mampu Anda titipkan di Penatapan yang ada disekitar pintu masuk gerojokan.

Dari Penatapan Anda hanya tinggal berjalan kaki untuk menuju lokasi Air Terjun Sikulakap. Jarak dari pintu masuk kurang lebih hanya sekitar 1 km dan harus melaksanakan trekking.

Saat melakukan trekking dari pintu masuk, Anda akan melewati hutan serta anak tangga. Perjalanan ini memerlukan waktu kurang lebih 15 menit.

Setelah melakukan trekking selama 15 menit, Anda sudah mampu melihat keindahan Air Terjun Sikulikap.

Harga Tiket Masuk

Untuk biaya masuk jeram tidak dipungut biaya sepeser pun. Artinya Anda mampu menikmati keindahan alam di daerah ini secara gratis.

Saran dan Tips

Foto By @bakti79_

Apabila sedang berlibur ke Air Terjun Sikulikap, Anda harus waspada akan jalanan yang dilalui. Karena rute yang akan dilewati cukup licin dan jalanan sudah berlumut.

Dan kalau ditengah perjalanan Anda bertemu dengan moyet Gibon, tak perlu takut dan lari sebab kera Gibon tersebut tidak berbahaya.

Monyet Gibon tersebut mampu diusir dengan gampang yakni hanya dengan hentakan kaki atau melemparkan masakan ke arahnya.

Jika sudah berada di lokasi wisata, Anda juga harus berhati-hati ketika sedang bermain alasannya adalah bebatuan kebanyakan sudah berlumut sehingga sangat licin.

Foto By @melalak

Disarankan juga untuk para pengunjung untuk memperhatikan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum pergi kesini.

Lebih baik tiba pada saat kemarau. Jika demam isu hujan deras, walaupun jalan sudah diaspal, dikhawatirkan akan terjadi longsor.

Bagi yang berlibur kesini diperlukan selalu menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara jangan membuang sampah sembarangan.

Hal ini dibutuhkan untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan bersama. Disarankan juga agar selalu membawa peralatan obat untuk mengatasi hal-hal yang tak diinginkan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni