Piknik Sambil Mencar Ilmu Mengenal Satwa Di Jatim Park 2‎

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”3753″
data-slug=””>

4.4
/
5
(
28

votes

)

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

Map: Klik Disini

HTM: Weekend Rp.120.000 per Orang, Weekday Rp.90.000 per Orang

Jam Buka: 10.00 – 18.00 WIB

Telepon: (0341) 5025777

Siapa yang tidak suka berlibur? Apalagi, dikala dilakukan bersama dengan keluarga. Liburan akan lebih bermanfaat jikalau setelahnya ada sesuatu yang diambil sebagai sarana mencar ilmu. Nah, bagi yang tertarik liburan sekaligus mencar ilmu, Jatim Park 2 mampu dijadikan pilihan. Di sini, wisatawan akan diajak mengenal aneka satwa sekaligus bersenang-bahagia di aneka macam zonanya.

Untuk memasuki Jatim Park 2, setiap pengunjung memerlukan tiket masuk. Pembelian tiket masuk bisa dilakukan melalui 2 cara ialah online dan offline. Agar lebih mudah, pembelian tiket secara online sangat direkomendasikan, salah satunya melalui Traveloka Xperience. Di Traveloka Xperience pembelian tiket masuk juga bisa lebih untung sebab harganya yang jauh lebih murah. Kaprikornus, untuk pengunjung yang ingin menghemat bujet liburan, bisa cek harga tiket masuknya di sini sebelum berkunjung!

Kehadiran Jatim Park Group di Kota Batu

Kehadiran Jatim Park Group dalam mengembangkan industri pariwisata di Kota Batu, Jawa Timur memberi dampak yang sangat signifikan.

Sebanyak 8 objek wisata yang dibangun dan dikelola oleh perusahaan ini semuanya menjadi primadona wisata di Kota Batu bahkan di Jawa Timur.

Kedelapan objek wisata tersebut ialah Jatim Park 1, Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park), BNS (Batu Night Spectacular), Museum Angkut, Predator Park, dan Museum Tubuh.

Indikator untuk menilai besarnya efek dari daerah-daerah wisata yang berada di bawah managemen Jatim Park Group bisa dilihat dari banyaknya jumlah pengunjung yang membanjiri kedelapan destinasi wisata tersebut.

Dan membandingkannya dengan kawasan wisata lain yang ada di Batu.

Menurut data yang ada, pada hari-hari biasa jumlah pengunjung yang datang ke masing-masing daerah wisata tersebut rata-rata sebanyak 1.000 orang perhari.

Pada hari Sabtu dan Minggu sekitar 3.000 orang sedang pada musim liburan mirip Idulfitri, Natal dan Tahun Baru sekitar 4.000 – 5.000 orang pengunjung.

Batu Secret Zoo, gambar by @elinivana

Bandingkan dengan kawasan wisata lainnya yang ada di Batu, salah satu misal Coban Rais dan Batu Flower Garden yang hanya sekitar 120 orang pada hari-hari biasa, sekitar 500 orang pada weekend dan maksimal 4.000 pengunjung pada dikala lebaran.

Perbandingan jumlah pengunjung tersebut menjadikan asumsi bahwa terdongkraknya jumlah pengunjung di daerah-daerah wisata lain berkat kehadiran objek wisata yang dikelola Jatim Park Group.

Artinya, wisatawan yang tiba ke Kota Batu, tujuan utamanya yakni mengunjungi objek wisata garapan Jatim Park Group, gres lalu memanfaatkan waktu mereka yang tersisa untuk berkunjung ke objek-objek wisata yang lain.

Asumsi tersebut mungkin tidak sepenuhnya benar, namun dengan jumlah pengunjung yang tidak mampu dikatakan sedikit tersebut, layak kiranya jika Jatim Park Group disebut sebagai salah satu motor pelopor utama industri pariwisata di Kota Batu.

Karena hanya dari 8 objek wisata itu saja peredaran uang setiap harinya berkisar antara ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Diantara 8 objek wisata yang berada di bawah managemen Jatim Park Group, 3 diantaranya dikenal dengan nama Jatim Park 2.

Ketiga daerah wisata tersebut, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park, dikelompokkan menjadi satu karena dalam sistem penjualan tiket, ketiganya dijadikan satu paket.

Selain itu, pihak pengelola memang memberi identitas khusus dengan nama Jatim Park 2 untuk membedakan dengan daerah wisata yang berdiri sebelumnya yaitu Jatim Park 1.

Daftar isi

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni