Pulau Angso Duo, Pulau Mungil Nan Menawan Di Pariaman Sumbar

Pulau Angso Duo, sebuah pulau kecil nan indah yang mempunyai daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Pulau ini mempunyai keindahan bawah bahari mempesona dengan keanekaragaman terumbu karang. Ikannya juga bervariasi serta air lautnya yang jernih.

Pulau Angso Duo, sebuah pulau kecil nan indah yang memiliki daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara
Pulau Angso Duo. Image via: @genpipariaman

Meski tidak terlalu luas, di Pulau ini juga terdapat beberapa spot untuk sekedar melepas penat. Pengunjung bisa bermain ayunan yang tersedia di pantai tersebut, memejamkan mata. Menikmati bunyi debur ombak dan sejuknya angin pantai serta pelindungan dari rindangnya pepohonan.

Selain pondok kecil yang menawarkan paket tur, ada ragam pondok penduduk yang tertata rapi lengkap dengan kursi santai yang menunjukkan aneka kuliner. Kesegaran kelapa muda dan menu bahari, serta mie instan yang dimasak khas orang Minangkabau tentunya bakal menjadi sahabat yang lezat sambil menikmati keindahan pantai dan laut.

Bagi pengunjung yang hobi memancing, bisa membawa perlengkapan memancing ke pulau ini. Jika beruntung, pengunjung mampu berkesempatan mendapatkan ikan segar di sekitar pantai di Pulau Angso Duo. Nantinya, ikan segar tangkapan bisa dibakar dan dimakan bersama sahabat atau keluarga.

Pantai pasir nan lembut di pantai angso duo cocok utnuk dinikmati dengan santai
Pantai berpasir nan Lembut. Image via: @rozaaprilla93

Simak juga: Wisata sekitar Padang

Lokasi Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo termasuk dalam wilayah Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Kota Pariaman jauhnya sekitar 65 km dari kota padang. Sedangkan pulau Angso Duo letaknya sekitar 15 menit penyeberangan bahtera dari pantai pariaman.

Rute Menuju Pulau Angso Duo

Pengunjung bisa memulai perjalanan ke pulau Angso Duo menggunakan kereta api pagi. Dengan mengambil rute Stasiun Padang ke Stasiun Padang Pariaman. Jika tidak berkesempatan memakai moda transportasi publik ini mampu memakai sepeda motor, kendaraan beroda empat pribadi, serta bus umum tujuan kota Pariaman.

Setelah sampai stasiun final peberhentian di Padang Pariaman, otomatis sudah sampai Pantai Gondariah. Hanya membutuhkan berjalan kaki sampai daerah bahtera sebagai moda transportasi penyebrangan sampai ke Pulau Angso Duo.

Perjalan ke pulau membutuhkan biaya Rp 40.000 dengan waktu tempuh hanya 10-15 menit saja. Jam keberangkatan terakhir jam 15.00 dan jalur balik ke Pantai Gondariah pukul 18.00.

Ayunan Pantai pulau angso duo
Ayunan Pantai. Image via: @iciyusran

Jam Buka Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo buka setiap hari. Mulai buka  jam 08.00, hingga tutup pada jam 17.00.

Tiket Pulau Angso Duo

Untuk mampu menikmati keindahan pulau Angso Duo, pengunjung hanya perlu menyiapkan danat sebesar Rp25.000 saja. Harga tiket itu berlaku untuk weekday maupun weekend.

Jika ingin menikmati akomodasi tambahan mirip snorkeling Nah untuk bisa menikmati aktivitas snorkeling, biaya sewanya sebesar Rp25.000 juga.

Fasilitas Pulau Angso Duo

Fasilitas yang ada di Angso Duo pun terbilang lengkap. Selain penginapan, ada juga mushola, kawasan bilas, kamar mandi, dan bermacam-macam wahana permainan air. Pengunjung bisa coba menaiki donat dengan tiket Rp 30.000 dan juga banana boat dengan tiket Rp 25.000.

Aktivitas Menarik di Pulau Angso Duo

  1. Pulau mungil yang Indah

Pulau mungil nan cantik di sumatera barat, itulah pulau angso duo
Pulau mungil indah. Image via: @sumbartravel

Simak juga: Jernihnya air Taman Sungai Mudal

Memiliki luas sekitar 5,13 hektar, dengan 1,25 hektar yaitu hamparan pasir putih yang lembut, berjalan-jalan di pulau ini tidak akan terasa panas. Pasalnya, banyak pohon kelapa bangun yang rindang dan lebat.

Pulau Angso Duo merupakan satu dari enam pulau di pantai Pariaman yang jaraknya 2 mil dari tepi pantai Pariaman. Membutuhkan 15 menit perjalanan menggunakan boat atau kapal nelayan yang bisa kamu sewa dengan harga Rp 25.000 pulang-pergi.

Pengunjung mampu memilih bermain ayunan yang tersedia di pantai tersebut, memejamkan mata. Menikmati suara debur ombak dan sejuknya angin pantai serta pelindungan dari rindangnya pepohonan. Ini aktivitas bersantai yang menyenangkan tentunya.

Pulau Angso Duo sangat cocok buat sendiri maupun dengan keluarga yang ingin pergi berliburan atau sekedar melepaskan penat dari rutinitas pekerjaan.

  1. Pantai yang Menawan

pantai angso duo nan asri menenangkan hati
Pantai nan asri. Image via: @petnauni95

Sejak masih di perairan, sebelum mendarat di pulau, sebuah landmark Pulau Angso Duo berupa tulisan nama berwarna merah akan menyambut kedatangan pengunjug. Saat mendarat, kebersihan pantai di pulau tersebut akan membuat pengunjung terkagum-kagum.

Pantai berpasir putih dan landai aneka macam wisatawan ingin menelusuri keseluruhan pulau ini dengan semangat. Tidak begitu luas cukup waktu melihat apa sih yang ada di pulau ini. Namanya pulau niscaya ada kawasan hutan yang didominasi oleh pohon kelapa dan aru.

Jika bermain di pantai dengan ombak yang kecil sangat telapak kaki ini menginjak kelembutan pasir pantai yang sangat mensugesti perjalanan liburan singkat ini.

Seharian penuh mengelilingi Pulau Angso Duo sangat menyenangkan, ditambah dengan pemandangan sore hari yaitu sunset disekitar pantai. Lokasi spot terbaik juga ada di pantai ini untuk menyaksikan momen sunset itu.

  1. Wisata Religi

Kubur panjang pulau angso duo dikenla sebagai makans eorang pemuka agama sumatera barat
Kubur panjang. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Pesona embung Kledung

Ada satu lagi yang bikin menarik dan berbau misteri di Pulau Angso duo. Itu yakni adanya kuburan panjang yang menambah mistisnya aura Pulau Angso Duo. Kuburan yang memiliki panjang mencapai 6 meter dan ditutupi kain putih dengan ada dua kerikil nisan berukuran besar.

Menurut kisah dari masyarakat setempat, kuburan panjang merupakan makam seoarang guru dari ulama besar di Sumatera Barat. Ulama itu memiliki efek besar dalam penyebaran agama islam ialah Syekh Burhanuddin Ulakan, Padang Pariaman.

Kuburan panjang ini banyak didatangi oleh para wisatawan domestik lokal maupun internasional. Kini, kuburan panjang itu banyak dijadikan oleh masyarakat setempat untuk ritual keagamaan. Selain itu, di Pulau Angso Duo ini juga mempunyai surau (musala) yang beranama “Surau Tuanku” yang sering dijadikan tempat wisata keluarga juga selain tempat beribadah.

  1. Water Sport

Banana BOat Angso duo seru dilakukan bersama-sama rombongan perjalanan
Banana Boat Angso Duo. Image via: kataomed.com

Bagi mereka yang piawai berenang atau menyelam, perairan Pulau Angso Duo sangat pas dijadikan lokasi snorkeling. Cukup membayar 25 ribu rupiah untuk menyewa peralatan yang disediakan pihak pengelola.

Perairan dan terumbu karang yang masih manis memang menjadi salah satu penunjung wisata di pulau ini. Sangat direkomendasikan melaksanakan snorkeling di era hari cerah dan matahari bersinar terperinci.

Di Pulau ini, pengunjung mampu menikmati hidangan dan atraksi yang ada, mulai dari bermain Jet Ski, bermain Banana Boat, berselfie di spot yang dirancang unik dan menarik. Semuanya melengkapi aktivitas utama berupa bermain air dan snorekeling serta bermain pasir putih di pulau ini.

Perairan yang bening pulau angso duo ideal untuk renang dan snorkeling
Perairan yang Bening. Image via: @apri_putra

Simak juga: Derasnya Air terjun Sigura-Gura

Tips Mengunjungi Pulau Angso Duo

Ada beberapa hal kecil yang Kami ingin bagikan, sebagai  tips ketika liburan ke Pulau Angso Duo di Padang Pariaman Sumatera Barat ini.

Persiapan sun block sesuai dengan kebutuhan disana. Aktifitas banyak diluar pulau berarti banyak berafiliasi dengan sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit harus membawa sun block selama berada disana.

Perjalanan di Pulau Angso Duo sangat bekerjasama dengan wisata maritim. Kegiatan outdoor mirip mancing, diving, dan snorkeling bisa dilakukan. Persiapkan semua kebutuhan wisata ini untuk menunjang wisata yang anda di pilih disekitar pulau ini.

Sangat perlu untuk melihat kondisi cuaca yang ada pada saat mengunjungi pulau ini. Hindari pada ekspresi dominan hujan, pasang naik, dan cuaca tidak erat lainnya.

Taman kreatif di area pantai pulau angso duo karya dari pemuda lokal
Taman creativ angso duo. Image via: @arie_cako

Objek Wisata Dekat Pulau Angso Duo

Selain pulau angso duo, pantai Gandoriah yang menjadi spor penyeberangan sendiri ialah sebuah objek wisata juga. Terletak sekitar 100 meter dari sentra kota Pariaman, Pantai Gandoriah ada anjugan keren yang mampu dijadikan tempat selfi yang pemandangan eksklusif ke pantai lepas dengan background pulau-pulau yang indah.

5 km arah utara kota teradapat akomodasi Penangkaran Penyu. Bagi pengunjung yang ingin tiba kesini, bisa membawa keluarga tercinta. Untuk mengenal alam lingkungan, sekaligus bisa dijadikan tempat edukasi untuk belum dewasa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan peduli pada lingkungan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mempersiapkan kunjungan ke Pulau Angso Duo di Pariaman Sumatera Barat.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni