Pulau Bawah, Pulau Terindah Di Ujung Negara

Pulau Bawah ialah permata tersembunyi di barat Indonesia yang tak bisa dipandang sebelah mata. Situs info CNN menuliskan Anambas sebagai salah satu kepulauan tropis terindah di Asia. Pulau ini mempunyai tiga laguna. Sebuah lanskap alam yang jarang ditemukan di pulau-pulau tropis dunia.

Pulau Bawah adalah permata tersembunyi di barat Indonesia yang tak bisa dipandang sebelah mata. Situs berita CNN menuliskan Anambas sebagai salah satu kepulauan tropis terindah di Asia.
Pulau Bawah. Image via: marischkaprudence

Pulau yang bernama Pulau Bawah itu memiliki luas sekitar 300 hektar. Pulau tersebut akan dibatasi kunjungannya hanya untuk 70 orang untuk setiap kali kunjungan. Pulau bawah mempunyai tiga laguna dengan air yang bening sampai 13 pantai dengan pasir putih yang lembut.

Ada banyak acara menarik yang mampu dilakukan di Pulau Bawah. Pengunjung mampu menjajal olahraga air sampai trekking ke hutan melihat satwa liar di habitat aslinya. Apalagi Pulau Bawah punya 13 pantai perawan yang indah.

Selain itu, pengunjung juga mampu berkeliling ke pulau-pulau terdekat dan sebuah perkampungan para nelayan dengan perhiasan biaya tertentu. Pengunjung bisa berburu foto sepuasnya. Di daratan pulau, maupun di Under water.

Pulau bawah memiliki tiga laguna dengan air yang bening hingga 13 pantai dengan pasir putih yang lembut.
Pantaiyang nyaman. Image via: @himsaifanah

Lokasi Pulau Bawah

Pulau Bawah berada di jantung Pulau Anambas, Kepulauan Riau. Secara administratif, pulau ini Menjadi bagian dari Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau,

Pulau ini hanya bisa diakses melalui jalur bahari atau dengan memakai seaplane atau pesawat terbang yang mampu mendarat di bahari.

Rute Ke Pulau Bawah

Pulau Bawah bisa diakses lewat jalur maritim. Berangkat dari Tanjungpinang di Pulau Bintan, pengunjung mampu naik kapal feri menuju ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas yakni Tarempa. Kota ini terletak di Pulau Siantan.

Namun sebelum berangkat, ada baiknya mengecek terlebih dahulu agenda keberangkatan kapal. Kapal PELNI Bukit Raya contohnya, melayani rute Tanjung pinang-Tarempa namun hanya dua kali dalam sebulan. Perjalanannya mencapai 20 jam.

Pulau bawah hanya bisa diakses melalui jalur laut atau dengan menggunakan seaplane atau pesawat terbang yang bisa mendarat di laut.
Pesawat Ampibi ke Pulau Bawah. Image via: akurat.co

Namun kalau menggunakan kapal biasa yang berangkat tiap hari dari Tanjungpinang, perjalanan mampu ditempuh dalam waktu sekitar 10 jam. Begitu tiba di Tarempa, pengunjung harus mencarter kapal menuju Pulau Bawah dengan estimasi waktu tempuh 4-5 jam.

Tiket Pulau Bawah

Untuk masuk ke Pulau Bawah, tidak ada pungutan biaya. Pungutan baru harus dibayarkan saat akan menyewa bungalow di resort pulau ini.

Fasilitas Pulau Bawah

Pulau bawah memiliki Resort yang mengusung konsep eco-resort ini mempunyai 35 bungalow yang terdiri atas Garden Suite ($1780), Beach Suite ($1980), Overwater Bungalow ($2400), dan Deluxe Beach Suite ($2280).

Pulau bawah memiliki Resort yang mengusung konsep eco-resort ini memiliki 35 bungalow
Bungalow Pulau Bawah. Image via: akurat.co

Setiap bungalow dirancang dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan demi meningkatkan kenyamanan dan privacy para tamu. Bawah Island menyediakan buggy sebagai sarana transportasi dari kamar menuju lokasi-lokasi seputar resort seperti Grouper Bar dan Treetop Restaurant, Boat House, Aura Wellness Center, maupun jetty bercabang dua yang ikonis.

Bungalow tersebut mempunyai keunggulan dari posisinya masing-masing. Bila menginap di Overwater Bungalow, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan matahari terbit dan terbenam, seraya mengamati ikan-ikan yang bermain-main di bawah bungalow.

Sedangkan Beachfront Suite menawarkan kanal pribadi ke pasir putih dan pantai yang amat jernih. Anda bisa duduk-duduk santai dan berjemur sempurna di depan bungalow.

Daya Tarik Pulau Bawah

1. Ragam Aktivitas Menarik

Ada banyak hal yang bisa pengunjung lakukan di Pulau Bawah. Mulai dari olahraga air seperti snorkeling, menyelam, berenang, maupun mengayuh perahu canoe, bahkan mendaki bukit.
Trekking ke bukit. Image via: foresteract.com

Ada banyak hal yang mampu pengunjung lakukan di Pulau Bawah. Mulai dari olahraga air seperti snorkeling, menyelam, berenang, maupun mengayuh bahtera canoe, bahkan mendaki bukit. Pulau Bawah memiliki beberapa jalur trekking yang bisa pengunjung jajal.

Pengunjung juga bisa menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitarnya, bermain tenis, bermain volley pantai, bermain pasir, membaca buku di perpustakaan, melakukan permainan board games, menikmati matahari terbenam dari Treetop Restaurant, sampai mengikuti kelas yoga, pilates, dan reiki.

Di malam hari, pengunjung juga bisa melaksanakan stargazing dan night snorkeling bersama tim dari Bawah Reserve. Bila langit sedang cerah, pengunjung dapat melihat indahnya milky way di langit luas.

Dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, pengunjung dijamin tidak akan pernah bosan selama berada di sana. Tim Bawah Reserve senantiasa siaga melayani kebutuhan pengunjung.

2. SPA Tengah Laut

Salah satu highlight dari Bawah Reserve adalah layanan spa yang sangat baik. Divisi wellness dari Bawah Reserve secara khusus mendatangkan terapis dari berbagai wilayah di Indonesia
Anjungan SPA tengah maritim. Image via: akurat.co

Salah satu highlight dari Bawah Reserve yaitu layanan spa yang sangat baik. Divisi wellness dari Bawah Reserve secara khusus mendatangkan terapis dari berbagai wilayah di Indonesia setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Setiap terapis dibekali training lanjutan sehingga treatment yang mereka suguhkan akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para tamu. Untuk menyempurnakan sensasi pengalaman spa yang tak terlupakan, dekorasi interior wellness center bertajuk Aura ini dirancang dengan elemen bambu dan kayu yang sarat akan nuansa hangat, damai, dan rileks yang begitu membuai.

3. Kuliner

Treetop Restaurant menyajikan berbagai santapan yang menggugah selera mulai dari sarapan pagi hingga makan malam.
Treetop Restaurant. Image via: destinasian.co.id

Meskipun berada di pulau terpencil, bukan berarti pengunjung tidak dapat menikmati hidangan yang yummy sesuai dengan standar hotel bintang lima. Treetop Restaurant menyajikan aneka macam santapan yang menggugah selera mulai dari sarapan pagi sampai makan malam.

Para koki di Treetop Restaurant akan menyambut pengunjung dengan sederet menu harian yang bervariasi–tergantung pada persediaan bahan baku, hasil panen, serta hasil tangkapan laut di hari itu.

Bawah Reserve memiliki perkebunan sendiri sehingga sudah bisa dipastikan bahwa sayuran yang mereka olah sangat segar. Dan bagi para pencinta sajian laut, sajian catch of the day niscaya menjadi favorit.

Selain di Treetop Restaurant, pengunjung juga mampu menikmati santapan ringan di Grouper Bar maupun Boat House. Grouper Bar ini buka 24 jam, sehingga pengunjung tidak perlu repot berpikir harus membawa makanan dan minuman dari luar pulau alasannya Bawah Island siap menjamu sepanjang hari.

Pengunjung pulau bawah bisa menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitarnya, bermain tenis, bermain volley pantai, bermain pasir, membaca buku di perpustakaan, melakukan permainan board games, menikmati matahari terbenam dari Treetop Restaurant, hingga mengikuti kelas yoga, pilates, dan reiki.
Pantai yang hening. Image via: id.hotels.com

Objek Wisata Dekat Pulau Bawah

Selain pulau Bawah, Kepulauan riau juga punya pulau bagus lainnya, yaitu Pulau Putri. Pulau ini menyajikan pemanadangan yang indah, lengkap dengan aksesorisnya, pantai dengan pasir putih, bebantuan diantara air yang jernih dan tata pulau yang indah. katanya kolam Putri yang sunguh manis nan rupawan.

Bagi penyuka wisata sejarah, pulau yang paling sempurna dikunjungi di kepulauan Riau yaitu pulau penyengat. . Di pulau ini  terdapat beberapa peninggalan sejarah, di antaranya yaitu kompleks Istana Kantor, Masjid Raya Sultan Riau, makam-makam para raja, makam satria nasional Raja Ali Haji, dan terdapat pula benteng pertahanan di Bukit Kursi.

Anda sudah siap menjelajahi keindahan pulau privat yang glamor di Kepulauan Riau ini?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni