Pulau Maratua, Pulau Terluar Untuk Ciptakan Kenangan Terindah

Pulau Maratua, Sebuah pulau kecil yang berada di selatan pulau tarakan dan berada di lautan sulawesi. Pulau yang berbentuk mirip karakter U ini mempunyai eksotisme dan keindahan yang sangat indah. Karakteristik dari pulau maratua hampir mirip dengan pulau Derawan.

Pulau Maratua, Sebuah pulau kecil yang berada di selatan pulau tarakan dan berada di lautan sulawesi.
Pulau Maratua. Image via: arcgis.com

Pulau Maratua ialah sebuah pulau kecil dengan penduduk sekitar 3.000 jiwa dan penduduk orisinil di pula maratua adalah suku bajo yang terbagi dalam 4 desa. Pekerjaan sehari-hari penduduk orisinil Pulau Maratua yaitu nelayan.

Daya tarik Maratua adalah laut. Di sana, pengunjung dapat berenang atau menyelam dan melihat berbagai jenis ikan, dari lion fish hingga pari putih. Saat permukaan air dangkal, penyu pun sering menampakkan diri.

Maratua itu elok dan unik. Di sini ada resort yang bagus, ada pemukiman warga orisinil Suku Bajo, memiliki aset wisata yang banyak. Ada juga gua-gua, danau. Yang sangat unik di Pulau Maratua yaitu Danau Ubur-ubur.

Berada di sebelah timur Pulau Kalimantan, Pulau Maratua dikelilingi pulau-pulau kecil seperti Pulau Sidau, Pulau Semut, Pulau Andongabu, Pulau Sangalan, Pulau Bulingisan, Pulau Nusa Kokok, Pulau Bakungan, Pulau Nunukan, Pulau Pabahanan, dan Gosong Pasir.

PUlau maratus memiliki perairan bening, sehingga bsia digunakan untuk menyelam dan melihat kehiduan penyu
meet and greet. Image via: batasnegeri.com

Simak juga: Wisata di Samarinda

Mitos Pulau Maratua

Bicara soal nama, Maratua berasal dari sebuah mitos perihal kisah ijab kabul. Dua keluarga yang akan melangsungkan pernikahan berkumpul di sebuah kapal. Karena tinggal di pulau berbeda, acara pernikahan berlangsung di Pulau Panjang.

Di tengah perjalanan dilema tiba. Yaitu tornado bahari yang disertai angin ribut dan ombak besar mengombang-ambingkan kapal. Akibat angin kencang besar itu kapal pun terdorong hingga ke karang dan pecah. Semua penumpang tenggelam.

Semua anggota keluarga tersebut menjadi pulau, anak perempuan yang hendak menikah tersebut menjadi Pulau Derawan dalam bahasa lokal artinya perawan, ibunya berubah menjadi Pulau Semama (mama) dan kakaknya berkembang menjadi Pulau Kakaban (abang).

Dari pihak laki-laki menjadi Pulau Sangalaki dan calon mertua perempuan menjadi Pulau Maratua.

bersantai di pulau maratua cocok dilakukan karena perairan yang bening dan tenang
Bersantai. Image via: @lukman_hakim2909

Lokasi Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan pulau terluar Indonesia yang berada di wilayah pemerintah Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini berbatasan langsung dengan Malaysia (Sabah) dan Filipina.

Pulau Maratua berada di selatan pulau tarakan dan berada di lautan sulawesi

Rute Menuju Pulau Maratua

Untuk menuju kepulau maratua sesungguhnya ada beberapa alternatif , bisa melali jalur bahari dan jalur udara. Untuk jalur bahari dari perjalanan dapt di mulai Dari kota Tarakan, pengunjung mampu naik pesawat dengan tujuan  Bandara Tanjung Redeb di Ka bupaten Berau.

Dari kota  Tanjung Redeb, pengunjung bisa  menyewa speed boat menuju ke  Pulau Maratua. Perjalanan dari tanjung redep menuju ke pulau maratua membutuhkan waktu yang agak usang, ialah sekitar 3 jam perjalanan maritim dengan kecepatan sedang.

Jalur yang kedua ialah jalur yang final-selesai ini banyak di gunakan oleh pengunjung, yaitu dengan jalur udara. Pada awal tahun 2015 ternyata para wisatawan yang mengunjungi kepulauan maratua meningkat drastis maka pemerintah kalimantan timur membangun bandara di kota maratua.

Resort apung di pulau maratua memebrikan kenangan etrsedniri ketika menginap di pulau ini
Resort apung. Image via: @wahyu.wardoyo

Simak juga: Pulau Tidung

Perjalanan mampu di mulai dari kota tarakan. Dari Bandara kota tarakan , pengunjung pribadi mampu memesan tiket penerbangan menuju bandara pulau maratua. penerbangan menujunbandara pulau maratua hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan pesawat perintis jenis cesna.

Jam Buka Pulau Maratua

Pulau maratua sebagai pulau yang hidup, dalam artian memiliki penghuni masyarakat lokal, maka pulau ini terbuka 24 jam untuk dikunjungi dan melakukan acara wisata.

Tiket Pulau Maratua

Untuk masuk ke pulau Maratua, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Gratis.

Namun ada biaya yang harus disipakan jika ingin menikmati keindahan Pulau ini, khududnya dengan cara menyelam. Biaya yang dikeluarkan untuk paket diving berkisar 650 ribu rupiah. Harga tersebut belum tersebut penyewaan baju selam.

Fasilitas Pulau Maratua

Sebagai wisata laut, pulau maratua juga seduh tersedia resort dan beberapa fasilitas. Jika pengunjung akan melaksanakan diving di pulau maratua disana sudah tersedia beberapa penyewaan peraltan diving dan menyelam.

Untuk menginap, di pulau maratua terdapat sebuah resort yaitu Maratua Paradise Resort.

Fasilitas di penginapan atau resort di pulau maratua tersebut sudah termasuk dengan pendingin ruangan, bathup dan akomodasi makan 3 kali dalam sehari. di maratua paradise resort juga terdapat penyewaan peralatan diving dan penyewaan kapal.

Aktivitas Menarik di Pulau Maratua

  1. Menyelam

menyelam di perairan sekitar pulau maratus yang ebning bisa bertemu dnegan gerombolan barakuda
Silaturahmi barakuda. Image via: ivacanza.co

Pulau Maratua memiliki keindahan terumbu karang yang indah bertipe fringing reefs, didominasi padang lamun dengan jenis Halodule uninervis, beranekaragam jenis ikan-ikan, dan hutan mangrove di sekitar pantai yang mampu ditemui hampir di setiap perkampungan Pulau Maratua.

Surga bawah maritim bagi para penyelam ini jadi tujuan utama penghobi selam seluruh dunia. Pulau Maratua memiliki  banyak spot diving. Dari sekian banyaknya, Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel spot. Ketujuh spot diving tersebut memiliki keunikan pemandangan tersendiri.

  • Jetty Dive Spot

Memasuki perairan Maratua di area Jetty Dive spot, para penyelam akan disuguhi pemandangan bermacam-macam jenis ikan mirip ikan buaya, kawanan ikan mandarin, harlequin shrimp, gurita biru, terumbu karang raksasa dan banyak lagi lainnya. Keanekaragaman hewan maritim yang bisa ditemui di Jetty Dive Spot menciptakan banyak penyelam yang datang kembali untuk kesekian kali.

Turtle point salah satu spot penyelaan di perairan pulau maratus, yang memberikan kesempatan besar untuk bertemu dnegan kura-kura di habitat aslinya
Turtle point. Image via: berau.prokal.co

Simak juga: Pulau Cubadak

  • Turtle Traffic spot

Sedangkan spot diving Turtle Traffic lebih didominasi dengan pemandangan penyu-penyu hijau yang lucu. Bukan hanya penyu hijau, jikalau beruntung para diver akan menemukan Hawksbill Turtles. Selain penyu, binatang-hewan laut yang mampu ditemui di area ini misalnya lobster, mantis shrimp, belut moray, dan warna-warni terumbu karang yang memesona.

  • Mid Reef

Spot diving Maratua di Mid Reef sering dikunjungi Hiu Thresher dan Nurse Shark. Pemandangan lainnya, para diver akan dimanjakan dengan para penyu-penyu menggemaskan, ikan pari, hawkfish, ikan kakatua, sekawanan kuda maritim, dan banyak lagi lainnya.

  • Eel Garden

Seperti namanya, Eel Garden alias taman belut laut banyak dijumpai di spot ini. Eel Garden membentang panjang pada dasar laut berpasir dan dikelilingi terumbu karang warna-warni. Di spot ini pun akan terlihat ikan-ikan tuna spanyol, sekawanan barakuda, dan beragam jenis terumbu karang.

  • Hanging Garden

Hanging Garden berbentuk mirip dinding vertikal yang menjadi rumah bagi beragam jenis terumbu karang dan ikan. Terumbu karang jenis black coral trees tumbuh dengan subur pada dinding-dinding vertikal Hanging Garden. Mereka tumbuh bersembunyi di balik karang besar. Pada bab luar dinding vertikal tersebut, diver bisa menemukan hiu dan penyu berenang-renang dengan bahagia.

Cabbage Garden spot penyelam paling
Cabbage Garden. Image via: asiadivingvacation.com

  • Cabbage Garden

Karakter spot diving yang satu ini seperti ibarat Hanging Garden. Ikan-ikan kecil yang hidup di antara terumbu karang bersembunyi di balik Cabbage Garden. Spot ini pun dikenal sebagai kawasan berkumpul para penyu-penyu.

Di antara spot diving lainnya, Cabbage Garden mampu dibilang spot paling kondusif untuk para divers pemula, atau yang gres pertama kali menyelam.

  • The Channel

Spot diving yang satu ini jadi spot paling menarik dan menantang di perairan Maratua. Di titik penyelaman ini, para divers bisa menjumpai banyak sekali jenis hiu seperti hiu kepala martil, hiu bubuk-abu, dan hiu moncong putih.

Yang perlu jadi perhatian, hanya divers dengan jam terbang tinggi yang mampu menyelami spot diving paling ekstrem di Maratua ini.

  1. Snorkeling

Snorkeling di pulau Maratua bahkan bsia dilakukan perairan yang sangat dekat dengan pantai
Snorkeling di Maratua. Image via: grid.id

Simak juga: Pulau Karimun Jawa

Diving memang menjadi andalan wisata Pulau Maratua, tapi jikalau belum mempunyai akta diving, snorkeling di maritim lepas Maratua pun membahagiakan. Berenang seharian sambil mencari nemo pun seru.

Waktu terbaik untuk snorkeling yaitu ketika sore hari menjelang senja. Biasanya, pada waktu tersebut, penyu berenang ke arah dermaga. Jika beruntung, mampu bertemu ikan pari juga. Jangan lupa siapkan kamera underwater untuk mengabadikan momen seru liburan bersama binatang-hewan bahari lucu di Maratua.

Mengenai persewaan alat snorkeling, biaya yang dikeluarkan berkisar 40 ribu rupiah per 12 jam

  1. Menikmati Pantai

Pantai pulau maratua yang Pantai yang damai dans epi sungguh menenangkan jiwa
Nusa hening. Image via: @jonny.melon

Selain dari keindahan dunia bawah bahari, pengunjung juga mampu menikmati indah serta tentram suasana senja di Pulau Maratua ini. Tentu saja bersantai di bibir pantai pada dikala senja menjadi salah satu hal yang wajib untuk pengunjung coba.

Bersantai dan berjemur di atas pantai Maratua mampu melenakan hati. Pasir putih yang lembut dengan pemandangan air laut berwarna biru mampu jadi alternatif acara yang menenangkan. Atau, sekadar duduk di tepi dermaga kayu sambil memandang maritim biru lepas. Penikmat keindahan bahari, pasti akan betah berlama-usang di sana.

Suasana tenang beserta dengan bunyi debur ombak yang menyapu seiring dengan kondisi air maritim yang sudah mulai pasang menawarkan suasana berbeda. Dengan suara angin yang bergemuruh tenang menjadi salah satu hal yang membuat waktu senja terasa berkualitas.

Menyatu dengan alam menjadi sesuatu yang akan pengunjung dapatkan di kawasan pantai pulau Maratua ini. Bilamana pengunjung mempunyai waktu lebih, menunggu lebih usang di pinggir pantai untuk menerima keindahan matahari terbenam juga bisa menjadi kegiatan yang menarik di Pantai Maratua ini.

Sunset Pulau Maratua terasa khsus, karena terpencil di tengah lautan luas.
Sunset Pulau Maratua. Image via: halimwiranata

Simak juga: Pulau Pisang

  1. Berburu Foto

Seperti semua lokasi wisata lain, memburu foto sudah menjadi hal wajib dalam kunjungan wisatawan ke sebuah lokasi. Apalagi jikalau lokasi premium dengan pemandangan unik seperti pulau terluar ini. Tentu akan sangat membanggakan jikalau di walls instagram mampu memajang foto-foto aktifitas yang dilakukan di pulau ini.

Dikarenakan dari pemandangan alam yang indah, tentu akan mudah menemukan spot pengambilan foto yang cukup unik di pulau ini. Selain soal lokasi, di dalam tempat Pulau Maratua ini pengunjung juga akan menerima momen-momen yang tak terduga yang sangat berharga untuk diabadikan di dalam foto.

dermaga ikonik pulau maratus, yang juga menjadi jalan untuk menuju resort terapung di sekitar pantai
Dermaga iconik. Image via: @meyz

  1. Kuliner

Rasanya, kurang lengkap jika liburan tanpa merasakan kelezatan masakan lokal. Pulau Maratua yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya memiliki kuliner yang enak. Dari banyaknya sajian makanan khas Kalimantan Timur, masakan mirip sate payau, ayam cincane, nasi bakepor, gance ruan, sambal raja, dan bubur pedas jadi masakan yang paling disukai wisatawan.

Gance Ruan termasuk paling terkenal di pulau ini. Gence Ruan merupakan olahan ikan gabus atau masyarakat lokal menyebut dengan nama ikan Haruan. Ikan ini dibakar di atas bara api dengan menggunakan bumbu tumis yang banyak. Lalu sesudah di bakar ikan ini biasanya akan dilumuri dengan sambal  goreng yang enak. Paling nikmat dimakan dengan nasi putih hangat sesudah lelah diving atau ber-snorkeling.

gance ruan, makanankhas kalimantan timur yang biasa disajikan di PUlau Maratua
Gance ruan. Image via: resepnusantara.id

Simak juga: Pulau Sabang

Objek Wisata Dekat Pulau Maratua

Sebagai sebuah pulau dalam formasi kepulauan di laut Sulawesi, pulau maratua tidak terasing sangat dari objek wisata lain. Tidak jauh dari pulau ini, ada pulau legendaris Pulau Derawan yang hanya berjarak  16 km perjalanan maritim. Ekosistem bawah maritim Pulau Derawan benar-benar masih sangat terjaga. Para warga sudah sadar betul tentang pentingnya hal itu.

Sedikit lebih jauh, ada pulau panjang dalam jarak 43 km perjalanan bahari. Daya tarik utama di Pulau Panjang yaitu hutan mangrove. Itu berarti wisatawan mempunyai kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengetahuinya. Namun selain itu menyelam juga cukup menyenangkan di pulau panjang ini.

Kaprikornus bagaimana dengan info seputar Pulau Maratua di atas? Semoga bisa menjadi panduan yang berkhasiat pada ketika lo berkunjung ke sana.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni