Pulau Rupat, Pesona Tersembunyi Di Negeri Junjungan

Pulau Rupat Bengkalis sejatinya merupakan sebuah pulau yang cukup besar dengan luasnya mencapai sekitar 1.500 KM persegi. Luas pulau Rupat bahkan lebih luas dari pada Pulau Bengkalis yang ketika ini merupakan sentra kota dan pemerintahan kabupaten.

Pulau Rupat Bengkalis sejatinya merupakan sebuah pulau yang cukup besar dengan luasnya mencapai sekitar 1.500 KM persegi
Pulau Rupat. Image via: riaumandiri.id

Pulau Rupat banyak menyimpan penorama dan pesona alam yang masih asri dan masih alami. Pengunjung bisa menemukan pemandangan sungai kecil yang mengalir tenang, sampai sungai besar yang membelah pulau.

Pemandangan pantai berpasir putih yang sanggup memanjakan serta menawan hati para pengunjung pun tersedia di pulau ini. Di Pulau Rupat banyak sekali pantai pantai yang belum di explore. Di Pulau Rupat ada pantai yang cukup dikenal seperti Pantai Rhu di Desa Teluk Rhu, Pantai Ketapang di Desa Sungai Cingam, Pantai Medang, dan lainnya.

Sambil menikmati suasana pantai yang hening, nyaman dan memesona pengunjung dapat beramah tamah dengan para nelayan. Nelayan di sekitar pantai, biasanya sedang memperbaiki jala. Dari pantai, pengunjung bisa melihat kesibukan nelayan yang sedang melaut di pantai tersebut.

camping tanjung medang pulau rupat
Camping di tanjung medang Pulau Rupat. Mage via: @fajar.tw_

Simak juga: wisata di Pekanbaru

Lokasi Pulau Rupat

Pulau rupat merupakan salah satu pulau besar di Kabupaten Bengkalis, provinsi Riau. Pulau rupat bahkan merupakan pulau yang lebih besar daripada pulauBengkalis, yangmenjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bengkalis.

Lokasi Pulau Rupat berbatasan eksklusif dengan 2 negara tetangga terdekat Indonesia adalah Singapura dan Malaysia. Bibir pantainya juga berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Akses Menuju Pulau Rupat

Jika pengunjung melewati terusan dari Laut, maka cara ini dapat menghemat waktu. Cara dari bahari yakni cara terbaik untuk melakukan Back Packer. Jika pengunjung berangkat secara rombongan, yang terbaik adalah menaiki kapal Carter Ferry.

Kapal bisa berlabuh eksklusif di Pantai Wisama Mutiara dan bisa pula menambah destinasi ke pulau kecil berpasir putih dengan air jernih adalah Pulau Beting Aceh.  agenda kapal Ferry dua kali sehari. Pertama di pagi hari sekitar jam 08.00 – 09.00. Jadwak kedua, di sore hari sekitar jam 15.00.

Berkuda di pantai Ketapang, pesisir utara pulau rupat .
Berkuda di pantai Ketapang. Image via: @bengkalisku

Kapal berangkat dari tanjung medang ke dumai. Waktu tempuh pelayaran ini 1 jam lebih. Tarif Ferry seharga Rp 100.000.

Ada juga alternatif lain, memakai Kapal Roro yang berangkat menuju Batu Panjang. Dalam operasi normal jumlah roro ada 2 unit yang di operasikan secara berlawanan arah. Kapal pertama berkapasitas 8 hingga 9 mobil dan Roro kedua berkapasitas 20 hingga 22 kendaraan.

Jam Buka Pulau Rupat

Pulau rupat meruakan pulau berpenduduk yang aktif, jadi tidak ada istilah jam buka tutup kunjungan. Pulau ini terbuka 24 jam.

Tiket Pulau Rupat

Mengenai tiket, berbeda beda tergantung pada objek yangakan dikunjungi di pulau yang luas ini. Kalau hanya memasuki pulau rupat, tidak ada pungutan Tiket, selain tiket kapal untuk transportasi.

Bersepeda di Pantai Lapin, salah satu pantai indah di pulau rupat.
Bersepeda di Pantai Lapin. Image via: @shellamajiid

Simak juga: Pesona Air Terjun Girimanik

Fasilitas Pulau Rupat

Sebagai sebuah pulau yang diproyeksikan untuk menjadi KEK Pariwisata, beberapa kemudahan sudah dibangun di pulau ini. Mulai dari rumah makan sampai penginapan. Walau kelas fasilitas tersebut belum kelas berbintang, namun paling tidak sudah mencukupi untuk menunjang kenyamanan selama kunjungan di pulau Rupat.

Daya Tarik Wisata Pulau Rupat

Seperti kami ceritakan di depan, pulau rupat adalah pulau yang sangat luas, maka terdapat banyak pilihan lokasi wisata di pulau ini. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Pantai Teluk Rhu

Jika datang berkunjung di pantai teluk Rhu pada dikala cuaca sedang erat,  ombak di pantainya bergerak tenang dan air maritim higienis. Dengan demikian pengunjung bisa menikmati untuk sekedar berenang, berjemur, bersantai bersama keluarga, memancing, atau berolahraga.

Sunrise teluk Rhu, salah satu pantai mempesona di pulau rupat
Sunrise teluk Rhu. Image via: @eko_feriyanto

Di dikala pagi hari, dikala sang surya gres terbit, pengunjung mampu melepas penat mandi di laut. Ombak mengayun-ayun, airnya sangat bersih. Di Pantai ini dikala sore hari cocok sekali untuk mancing ikan. Sepanjang mata memandang, pantai diselimuti dengan pasir putih.

Bila malam hari tiba, pengunjung mampu membeli ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Harga ikan relatif lebih terjangkau dan tidak membuat kantong kempes. Ikan yang disajikan biasanya masih segar dan sangat lezat. Untuk santapan malam sangat cocok ikannya dibakar, sehingga memunculkan rasa dan aroma yang mampu menambah rasa nafsu makan.

  1. Pulau Beting Aceh

Pulau pasir kecil dengan luas hanya sekitar 2 hektar ini sangat menarik. Hamparan pasir putih membentang di antara bahari yang berwarna kebiruan. Di tengah pulau terlihat gugusan pohon cemara laut berjejer.

beting aceh letaknya tdak seberapa jauh dari pulau rupat
Berdua di Beting Aceh. Image via: @genpi.bengkalis

Simak juga: Keseruan wahana Ocaria Batam

Bila cuaca sedang panas, pohon-pohon ini menjadi tempat pengunjung berlindung dari sengatan matahari. Ada fenomena unik di pulau tersebut. Pantainya yang berpasir putih akan mengeluarkan bunyi berderit ketika diinjak atau disentuh tangan. Orang menyebutnya Pasir Berbisik.

Beting artinya gundukan pasir memanjang, namun alasannya berlangsung lama kesannya membentuk sebuah pulau. Untuk namanya sendiri memang cukup ajaib. Konon pernah ada nelayan asal Aceh yang terdampar di sini. Karena itulah pada balasannya pulau ini dikenal sebagai Beting Aceh.

Selain pasir yang putih higienis, pengunjung juga bisa melihat pasir pantai yang bentuknya seperti tabrakan. Terlihat semakin manis di bawah genangan air laut yang tampak seperti cermin. Bagi yang tidak ingin kehilangan momen dan kenangan dikala berada di pulau ini mampu berfoto. Beting Aceh mempunyai spot foto yang indah yang tidak kalah dari lokasi lain di Pulau Rupat.

Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi Beting Aceh  ialah di sore hari, sekitar pukul 4 sampai 6 sore. Di jam-jam tersebut, pengunjung mampu melihat atraksi burung-burung migran yang melintasi pulau ini.

  1. Pantai Lapin

pesona Pantai Lapin di pulau rupat.
Pesona Pantai Lapin. Image via: @liakurnia.s

Pantai ini memiliki panjang 17 Km dengan air yang tenang. Pasir putih yang terhampar melandai menciptakan tempat dangkal menjadi panjang. Ini menciptakan orang bau tanah yang membawa belum dewasa tidak perlu khawatir jikalau mereka berenang agak ke tengah.

Luas pantai yang terhampar lebar, mendorong para pemilik penginapan ingin menciptakan lapangan sepak bola dan volly pantai. pada Pantai Lapin Wisatawan juga mampu melakukan aktivitas bermain Jet Sky dan Banana Boat.

Pada pantai ini terdapat beberapa permainan water Sport yang bisa dinikemati oleh pengunjung. Harga sewa kemudahan itupun relatif terjangkau. Misalnya untuk sewa Jet Sky selama 20 Menit di patok seharga 250.000 Ribu. Sedangkan Banana Boat 30 Ribu per orang.

Bagi Wisatawan yang suka berpetualang, juga mampu melaksanakan jelajah di pinggiran Pantai. Petian panai yang panjang itu  ditumbuhi hutan yang masih asri yang akan menemani petualangan dengan mengasyikkan.

  1. Festival Pulau Rupat

sampan hias di festival pulau rupat, merupakans alah satu kegiatan diantara banyak kegiatan menarik lainnya
Sampan Hias Festival Pantai Rupat. Image via: riau.go.id

Simak juga: Cantiknya Menara Siger

Festival Pantai Rupat yang merupakan acara tahunan Disparbudpora Kabupaten Bengkalis. Festival ini diselenggarakan di Pantai Pesona DesaTeluk Rhu kecamatan Rupat Utara. Kegiatan tahunan ini dihadiri ribuan warga Rupat utara maupun dari luar Rupat Utara.

Kehadiran masyarakat untuk menyaksikan sejumlah event yang digelar pada pekan raya tersebut. Diantaranya sejumlah perlombaan parade sampan hias, layang layang, perang bantal, lomba boat pancung, lomba mencari kepah dan hiburan masyarakat yang diikuti warga Rupat Utara.

Perlombaan ini menjadi daya tarik bagi masyarakat di luar Rupat datang meyaksikan perlombaan tersebut.

Jembatan Nyirih Selat Morong penghubung melintasi selat rasa sungai
Jembatan Nyirih Selat Morong. Image via: @rupat.go_international

Objek Wisata Dekat Pulau Rupat

Selain pulau rupat, kabupaten bengkalis juga mempunyai banyak objek wisata yang tidak kalah cantiknya.

Yang pertama Taman Laut Prapat Tunggal. Objek ini terletal 10 km dari ibu kota kabupaten. Di sepanjang jalan menuju pantai, di sebelah kanan dan kiri akan ditemukan rumah-rumah tradisional Melayu yang terbuat dari papan kayu.

Halaman rumah tradisional disusun dengan banyak sekali bunga dan tumbuhan lainnya. Ciri khasnya, rumahnya sangat terbuka tanpa pagar dan langsung terintegrasi dengan taman di sekitarnya. Ada perkebunan bakau, kelapa sawit, pinang dan lainnya.

Untuk yang tertarik dengan wisata religi, mampu mencoba mengunjungi Masjid Istiqomah. Bangunannya yang megah bisa membuat kau terpukau. Arsitektur dari masjid ini merupakan campuran dari arsitek gaya Melayu, Arab, dan Turki. Banyak pengunjung yang datang ke masjid ini dan mengabadikan momen dikala berada di masjid ini dengan berfoto di bab depan masjid.

Sekian dulu ihwal Pulau Rupat Bengkalis. Semoga anda bisa mengunjungi lokasi wisata yang indah di kemudian hari. Dijamin akan meninggalkan banyak kenangan indah.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni