Pulau Tangkil, Pulau Resort Indah Di Teluk Lampung

Pulau Tangkil di lepas pantai Mutun, mempunyai hamparan pantai berpasir putih halus. Pantai pulau mempunyai Air maritim yang biru jernih. Pulau ini memiliki luas sekitar 12 hektar. Pemandangannya sangat indah, dengan banyak pepohonan di bagian belakang yang rimbun dan masih menghutan.

Pulau Tangkil Sebuah pulau resort wisata di teluk Lampung
Pulau Tangkil. Image via: infolpg.com

Pulau Tangkil di Lampung mampu dijadikan pilihan utama untuk berwisata di pantai. Pulau dilengkapi dengan ragam pilihan olahraga air yang menantang. Semua fasilitas wisata itu  menciptakan pengunjung berbondong–bondong tiba ke pulau ini.

Lokasi wisata dikala ini baru memanfaatkan lahan sekitar 3 hektar. Lokasi ditandai dengan gapura dari susunan kerikil. Di belakang gapura berderet pondokan. Objek wisata di Teluk Lampung ini menyediakan arena permainan bagi keluarga dengan ongkos murah meriah. Salah satunya yang mampu Anda nikmati yaitu sensasi parasailing yang hanya ada satu-satunya di Lampung.

Untuk menuju pulau Tangkil Anda mampu mempergunakan bahtera nelayan yang banyak terlihat di pantai mutun. Jarak tempuh memakai perahu dari Mutun ke Pulau hanya sekitar 10 menit.

Setelah berlabuh di pulau, pengunjung mampu menyewa pondokan. Setelah ganti pakaian, pengunjung pribadi bisa segera mencebur ke maritim. Airnya maritim biru jernih, ombak yang hening, dan pasirnya putih halus. Perairan pantai juga kondusif jikalau berniat berenang di maritim.

Spot foto Cantik di pulau Tangkil
Cantik di pulau. Image via: @annisafaudillaaa

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Lokasi Pulau Tangkil

Letak Pulau Tangkil Lampung berada di seberang pantai Mutun yang berada di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Rute Menuju Pulau Tangkil

Dari Kota Bandar Lampung sendiri berjarak sekitar 25 KM dan membutuhkan waktu 40 menit perjalanan saja apabila menempuhnya menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai mutun juga bersahabat dengan Kabupaten Pesawaran sehingga dari kabupaten tersebut sudah akrab jaraknya untuk menuju Pantai Mutun.

Jalan untuk menuju pantai ini pun sudah cukup baik, mulus, dan halus, sehingga dapat dilewati oleh kendaraan beroda empat maupun motor sekalipun.

Memasuki ke area gerbang pintu masuk menuju Pantai Mutun, jalanan akan sedikit tidak rata dan menyempit. Jalan ini berkisar 1 hingga 2 KM jauhnya sebelum kendaraan benar-benar akan mencapai dimana letak Pantai Mutun berada.

Setelah hingga di pantai mutun, pengujung mampu menyewa perahu untuk menyeberang ke pulau Tangkil. Biaya penyeberangan Rp 10.000 sekali jalan.

Santai di Ayunan Pulau Tangkil, salah satu fasilitas penunjang wisata di resort pulau ini
Santai di Ayunan. Image via: lampung.tribunnews.com

Jam Buka Pulau Tangkil

Pulau tangkil beroperasi 24 jam. Karena di pulau ini juga ada penginapan. Dengan dibuka nya pantai selama 24 jam, pengunjung yang menginap dapat menikmati pantai pada malam hari.

Tiket Pulau Tangkil

Untuk mencapai pulau tangkil pengunjung pertama harus membayar tiket perahu sebesar Rp 10.000. Setelah sampai ke Pulau, Pengunjung kembali membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Fasilitas Pulau Tangkil

Fasilitas yang tersedia di Pulau Tangkil ini bisa dibilang cukup lengkap. Berikut beberapa kemudahan yang tersedia mirip mushola, kamar mandi/MCK, pondokan untuk beristirahat. Ada juga Tangkil Resto yang menyediakan banyak sekali macam masakan.

Untuk pengunjung yang ingin bermalam di Pulau, tidak perlu resah. Di pulau juga menyediakan penginapan berupa tenda dengan tarif sewa sebesar Rp250.000 per malam dengan kapasitas 4 orang. Kalian pun bisa mencicipi nikmatnya alam terbuka di pulau Tangkil.

Pemandangan pulau tnagkil dilihat dari ketinggian melalui wahana parasailing
Dari ketinggian parasailing. Image via: tribunnews.com

Simak juga: Pantai Anyer Banten.

Aktivitas Menarik di Pulau Tangkil

Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana air yang lebih menantang. Pulau ini mempunyai kemudahan wahana air mirip banana boat, kano, bahtera donat, bahtera karet, banana boat, dan bahkan parasailing.

  1. Berenang

Air pulau tnagkilyang jernih, ideal untuk rnenag rekreasi sembari menikmati suasana
Bersiap renang. Image via: tribunnews.com

Layaknya pantai-pantai yang lain, pengunjung mampu berenang di pinggiran Pantai Pulau ini. Lokasinya yang berada di area Teluk Lampung, mengakibatkan air di Pantai Pulau tangkil ini lebih hening. Sangat cocok untuk membawa belum dewasa berenang di area pantai ini tanpa takut terhempas ombak.

Jika pengunjung dan keluarga tidak mempunyai ban pelampung untuk berenang, tidak usah kawatir. Pengelola pantai tangkil, menyediakan akomodasi penyewaan ban pelampung agar berenang menjadi lebih kondusif.

  1. Parasailing

parasailing pulau tangkil, satu satunya arasailing di provinnsi lampung
Parasailing pulau tangkil. Image via: infolpg.com

Wahana yang jadi primadona sekaligus pendekar daerah wisata ini yakni parasailing. Pengelola pulau tangkil mengatakan, ekspresi dominan pengunjung terhadap wahana ini sangat besar.

Parasailing adalah pilihan permainan air yang sungguh menantang, tapi juga digemari banyak orang. Sensasi seru dan menegangkan niscaya dirasakan setiap orang yang mencobanya. Pengunjung akan dibawa terbang tinggi dengan parasut yang ditarik ditarik speedboat berkecepatan tinggi.

Tapi jangan memaksakan diri jikalau takut ketinggian atau air yang dalam. Jika anda masuk dalam salah satu katagori itu lebih baik tidak perlu mencoba.

Menikmati keindahan Pulau Tangkil dari ketinggian dengan memakai parasailing selain memicu adrenalin, menciptakan pengunjung akan menyadari bahwa tidak perlu ke Bali untuk sekedar menikmati keindahan pantai. Cukup berlibur di Lampung dengan sejuta pesona keindahan wisata pantainya.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba naik parasailing cukup mengeluarkan biaya Rp 150.000 per orang. Maka pengunjung akan disuguhkan keindahan permukaan pantai dari ketinggian. Wahana ini sangat menarik, sebab hingga kini, hanya lokasi ini satu-satunya dan pertama di Lampung.

  1. Banana Boat

Banana boat pulau tangkil, menumbuhkan keseruan dalam kebersamaan team
Banana boat. Image via: lampung.antaranews.com

Simak juga: pesona Pantai Balangan bali.

Salah satu kegiatan air yang mustahil dilewatkan saat ke pantai yakni bermain Banana Boat. Permainan air yang menantang ini akan menguji adrenalin pengunjung. Dalam kegiatan ini pengunjung duduk di atas perahu karet berbentuk pisang akan ditarik dengan kencang oleh speed boat mengelilingi bibir pantai.

Menikmati semilir angin ditambah dengan percikan air segar yang dirasakan, akan menciptakan pengunjug ketagihan untuk bermain permainan ini. Cukup membayar Rp 150.000 untuk satu Banana Boat berisi 6 orang.

  1. Kano

Pantai Pulau tangkil juga memperlihatkan kesempatan bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi pantai dengan memakai kano. Dengan membayar sebesar Rp 30.000 untuk single dan Rp 60.000 untuk double per jamnya. Pengujung akan puas mengelilingi sekitar pantai sembari menikmati pemandangan yang indah.

Untuk menikmati acara air ini , pengelola memastikan aspek keselamatan dan keamanan selama bermain kano. Untuk itu setiap penyewa kano sekaligus diberikan jaket pelampung.

  1. Perahu donat

Perahu donat PUlau Tangkil. Cara lain meniimatia drenalin di indahnya pantai pulau
Perahu donat. Image via: proleevo.wordpress.com

Permainan Perahu donat yaitu salah satu aktivitas wisata pantai seru di pulau tangkil. Nama permainan berasal dari kudapan manis donat, karena bentuk perahu karet yang dipakai dalam permainan bentuknya mirip kudapan manis donat.

Wisatawan yang mencoba permainan Perahu donat akan menaiki sebuah bahtera karet yang bentuknya mirip donat. Kemudian perahu karet akan ditarik dengan speedboat berkeliling perairan pantai. Kapasitas akseptor dari satu perahu karet donut ini bervariasi. Tersedia perahu karet dari kapasitas 2 penumpang sampai 4 penumpang.

Baik untuk bahtera Donat yang berkapasitas dua orang dan empat orang, penumpangnya harus seimbang. Bagian sisi kanan dan kiri jumlah penumpang harus sama. Tujuannya untuk menjaga keseimbangan bahtera dikala ditarik oleh speed boat.

Posisi penumpang ketika menaiki perahu karet donat ini duduk terlentang sambil memegang tali yang melintang di depannya. Jarak antara tali pengikat bahtera karet donut dengan speedboat sekitar lima meter. Permainan perahu donat berlangsung sekitar 15 menit untuk satu kali putaran.

kano di pulau tangkil, cara menjelajah pantai dnegan tenang dan kontemplatif.
Kano. Image via: proleevo.files.wordpress.com

Objek Wisata Dekat Pulau Tangkil

Mengenai objek wisata yang terdekat dengan pulau tangkil, tentu saja ialah pantai Mutun. Pantai daerah start bahtera menuju pulau tangkil Pantai ini berjarak hanya 700 meter dari pulau tangkil. Selain sebagai titik start ke pulau, Pantai mutun juga mempunyai kemudahan wisata yang cukup lengkap. Di sana pengunjung mampu main pasir, main kano, bersantai di gazebo, sampai mencoba wisata masakan.

Pantai indah lain di erat lokasi wisata ini ialah Sari ringgung. Pantai yang berjarak 10 km ini populer dengan memiliki Pasir Timbul alami di tengah lautan. Di pinggir Pasir Timbul juga terdapat dermaga yang. Terdiri dari beberapa pondokan fasilitas kamar mandi dan WC Umum. Pasir timbul dapat dicapai dari pantai dengan menempuh menaiki bahtera sewaan dari dermaga Pantai Sari Ringgung.

Dari reviu kami ini mengenai pulau tangkil ini, tentu anda sudah bisa menduga-nerka bagaimana keseruan yang dirasakan jikalau berwisata ke sana. Jadi bila ada acara kunjungan Lampung, pastikan lokasi ini masuk dalam daftar lokasi tujuan berlibur.

 

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni