Puncak Widosari, Menikmati Jogja Dan Pantai Selatan Dari Ketinggian 1.000 Mdpl

Puncak Widosari Kulonprogo mampu menjadi rekomendasi daerah wisata unik ketika berada di Jogja. Pengunjung mampu menikmati panorama keindahan dan ketenangan kota Jogja di atas bukit hijau ini. Area wisata yang juga sangat cocok untuk menenangkan pikiran dengan berteriak sekeras mungkin dari atas bukit.

Puncak Widosari Kulonprogo bisa menjadi rekomendasi tempat wisata unik ketika berada di Jogja. Pengunjung dapat menikmati panorama keindahan dan ketenangan kota Jogja di atas bukit hijau ini
Puncak Widosari. Image via: campatour.com

Konon katanya Gunung Widosari ini dulunya menjadi tempat pertapaan Pangeran Diponegoro. Puncak Widosari ini berada di ketinggian sekitar 1.017 mdpl.

Puncak Widosari sangat cocok untuk para pengunjung yang suka dengan suasana yang hening dan sejuk. Disini pengunjung juga bisa menyaksikan sunset maupun sunrise yang indah. Para pengunjung juga mampu menyaksikan gemerlap lampu kota Yogyakarta, Magelang serta Purworejo pada dikala malam hari.

Puncak ini juga cocok untuk pengunjung yang memiliki hobi fotografi. Puncak Bukit Widosari ini menyuguhkan hamparan hijau yang luas yang sangat menakjubkan. Ribuan pohon yang berada di bawah Puncak Bukit Widosari ini akan terpampang jelas kalau cuaca sedang tidak berembun.

Di siang hari, pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan garis pantai Laut Selatan yang terlihat jelas dari kejauhan. Warna alami yang begitu kontras dengan perpaduan langit biru dan hijaunya perbukitan begitu menyejukkan mata.

Puncak Widosari ini menyuguhkan hamparan hijau yang luas yang sangat menakjubkan.
Panorama yang luas. Image via: ksmtour.com

Simak juga: Ragam Wisata Kulon Progo

Lokasi Puncak Widosari

Alamat dari Puncak Widosari tepatnya berada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah spesial Yogyakarta.

Namun lokasi Puncak Widosari ini tidak mengecewakan jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Jarak dari Kota Yogyakarta ke Puncak Bukit Widosari kurang lebih adalah 38,9 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari sentra Kota Yogyakarta menuju Puncak Widosari sekitar 1 jam 17 menit.

Rute Menuju Puncak Widosari

Lokasi Puncak Widosari yang ini sangat gampang untuk dijangkau alasannya adalah jalan atau aksesbilitas dari dan menuju Puncak Bukit Widosari ini sudah layak dan cantik. Sampai di parkiran, pengunjung juga harus meniti anak tangga untuk sampai di Puncak Widosari.

Fasilitas Puncak Widosari lumayan lengkap bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Puncak Widosari, diantaranya adalah: Toilet umum, Tempat parkir, Musholla, Warung makan, Gazebo, Spot foto, dan Tempat duduk
Bangku Taman. Image via: @puriibie

Jika berangkat dari sentra Kota Yogyakarta, ke arah barat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian lurus terus melewati Jalan Wates, hingga di perempatan ke arah utara ke Jalan Ringroaad Barat, lurus terus sampai di perempatan ke arah barat ke Jalan Godean, sampai di perempatan ke arah utara Ke Jalan Gedongan – Tempel.

Jalan terus sampai di pertigaan ke arah barat melewati Jalan Daratan 3, hingga pertigaan ke arah utara lalu ke arah barat, lurus terus sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Kebon Agung lalu di pertigaan ke arah barat ke Jalan Raya Banjararum.

Kemudian lurus terus hingga ke Jalan Samigaluh – Loano, lalu hingga di pertigaan ke arah utara ke Jalan Tegalsari, ikuti terus jalan yang ada sampai kesudahannya hingga di Puncak Widosari.

Jam Buka Puncak Widosari

Lokasi wisata indah ini buka setiap hari. Mulai jam 06.00 sampai tutup jam 18.00.

Di siang hari, pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan garis pantai Laut Selatan yang terlihat jelas dari kejauhan.
Garis Pantai Selatan. Image via: piknikdong.com

Simak juga: Air terjun 2 tingat Curug Ciastana

Tiket Puncak Widosari

Harga tiket masuk Puncak Widosari sangat murah, pengunjung hanya dikenakan biaya adalah Rp 2.000,-/orang.

Sedangkan untuk biaya parkir di Puncak Widosari adalah Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil.

Fasilitas Puncak Widosari

Fasilitas Puncak Widosari tidak mengecewakan lengkap bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Puncak Widosari, diantaranya yaitu: Toilet umum, Tempat parkir, Musholla, Warung makan, Gazebo, Spot foto, dan Tempat duduk

Daya Tarik Puncak Widosari

  1. Pendakian Ringan

Pada jalur ini terdapat kurang lebih berjumlah 240 anak tangga.
Tangga ke puncak. Image via: raskitatrans.com

Seperti destinasi wisata perbukitan lainnya yang menyajikan keindahan alam di atas ketinggian, pengunjung harus berjalan kaki menaiki anak tangga hingga sampai ke puncak. Ada beberapa titik lokasi yang mampu dijadikan kawasan untuk beristirahat sejenak di sela-sela perjalanan menaiki tangga.

Pada jalur ini terdapat kurang lebih berjumlah 240 anak tangga. Meskipun butuh tenaga ekstra alasannya adalah jalurnya yang menanjak, namun begitu datang di puncak bukit, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam yang luar biasa indahnya.

Sebenarnya destinasi wisata ini sudah dibuka semenjak tahun 2012, namun ketika itu kanal jalan menuju ke puncak masih belum tertata dengan baik, sebab masih berupa jalan tanah yang licin dengan pagar bambu seadanya. Akses jalan yang sulit dan licin di isu terkini hujan menciptakan destinasi wisata ini kurang begitu dilirik.

Pembangunan dan pemugaran kawasan wisata ini mulai dilakukan pada bulan November 2017. Saat ini susukan jalan di lokasi wisata sudah cantik dengan tangga berundak dan pagar pengaman yang lebih memadai.

  1. Panorama Mempesona

Saat pagi hari pemandangan bukit akan terlihat jelas dari puncak meski dengan kabut yang tak begitu banyak.
Senja di Puncak Wonosari. Image via: jadwaltravel.com

Simak juga: Candi Tertua di Nusantara, Candi Jiwa

Di puncak Bukit Widosari, Kulonprogo, pengunjung akan disambut dengan panorama alam yang sangat menakjubkan. Hamparan bukit hijau yang menghiasi dan membentuk terasering, sungguh pemandangan alam yang tak bisa diungkapkan dengan rangkaian kata.

Sepanjang mata memandang terdapat keindahan bukit yang menawan. Suasana sejuk dan sedikit berkabut menyelimuti sekeliling bukit. Saat pagi hari pemandangan bukit akan terlihat terperinci dari puncak meski dengan kabut yang tak begitu banyak.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari Puncak Widosari yaitu eksistensi sebongkah batu raksasa yang sangat unik. Bongkahan kerikil tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pemandangan alam diatas puncak ini semakin unik. Pada ketika berada di puncak, pengunjung dapat melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, hingga bibir pantai maritim selatan.

Ada latar belakang bongkahan watu yang besar mengakibatkan angle yang elok. Namun pengunjung perlu berhati-hati saat melakukan pose alasannya adalah batu ini terdapat di ujung bukit. Inilah titik area yang sangat ditunggu untuk dipotret oleh para pengunjung yang datang ke bukit ini.

Dengan latar belakang bongkahan batu yang besar menjadikan angle yang cantik. Namun pengunjung perlu berhati-hati saat melakukan pose karena batu ini terdapat di ujung bukit.
Mempesona. Image via: dinpar.kulonprogokab.go.id

Tips Mengunjungi Puncak Widosari

Ada beberapa tips wisata buat pengunjung perhatikan dikala punya planning liburan ke Puncak Widosari:

  • Perhatikan cuaca

Waktu terbaik untuk liburan ke Puncak Widosari yakni dikala cuaca cerah, semoga mampu momen sunrise dan sunset yang sempurna.

  • Pastikan Kendaraan Fit.

Kondisi kendaraan dalam keadaan fit sangat penting, alasannya medan yang dilalui cukup menanjak dan berkelok, khas jalur perbukitan. Untuk kendaraan, sebaiknya naik sepeda motor.

  • Persiapan fisik

Penting juga memperhatikan kondisi fisik, penting alasannya setelah parkir kendaraan kau masih harus berjalan kaki menaiki anak tangga hingga sampai ke puncak.

  • Hati hati melangkah

Meskipun anak tangganya dilengkapi dengan pagar dan sling baja yang kuat, namun tetap harus ekstra hati-hati dikala menaiki anak tangga karena di kanan kirinya yaitu jurang yang curam.

  • Siapkan Batre

Pastikan HP-mu dalam keadaan full baterai agar acara foto-foto selfiemu tetap lancar, bawa power bank jika perlu.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari Puncak Widosari adalah keberadaan sebongkah batu raksasa yang sangat unik. Bongkahan batu tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pemandangan alam diatas puncak ini semakin unik.
Puncak kenangan. Image via: dbsmb.sv.ugm.ac.id

Simak juga: Curug Gomblang. dalam hangat pelukan Hutan Lindung

Objek Wisata Dekat Puncak Widosari

Seperti umumnya kabupaten sisi selatan Jogja, Kulon progoyana da di ujung barat juga memeilki pantai indah. Salah satunya yaitu Pantai Glagah. Salah satu keunikan pantai ini yaitu eksistensi Laguna. Laguna Pantai Glagah letaknya cukup jauh dari bibir pantai dan terpisah oleh lebarnya pasir pantai dan tumbuhan-tanaman yang tumbuh di sekeliling.

Selain pantai, kabupaten ujung barat ini juga memiliki penderasan tertinggi di Jogja. Yakni penderasan Sidoharjo.  Panorama alam yang tersaji demikian menyegarkan mata, sebab hamparan hutan khas pegunungan yang dipadu dengan sejuk udara, akan bisa melepas penat yang ada di pikiran.

Jangan lupa ajak, mitra, sobat, keluarga untuk datang ke tempat ini. Ingat, puncak bukit indah ini sudah menunggu Sobat Native jadi, jangan lupa datang ke sini ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni