Pura Watu Bolong Lombok, Tak Kalah Dari Watu Bolong Tabanan

Pura Batu Bolong Lombok terletak di atas watu hitam besar yang berlubang di tengahnya. Deburan ombak yang cukup kencang menambah eksotisme Pura yang berhadapan dengan Selat Lombok ini.

Pura Batu Bolong Lombok, tak aklah indah dari keindahan pura batu bolong tabanan bali yang populer itu
Pura watu bolong lombok. Image via: pond5.com

Lokasi Pura Batu Bolong berada pada salah satu situs geologi pantai Batu Klayar. Sebuah pantai di selatan pantai Senggigi dengan teluk yang terbentuk dari batuan lava andesit-basalan. Lava itu warisan dari situs geologi daerah Geopark Rinjani Lombok.

Sesuai dengan namanya, Pura Batu Bolong mempunyai batuan menjorok ke arah laut yang berlubang. Layaknya sebuah teluk dengan terowongan di bawahnya. Lobang di batuan ini terbentuk alasannya adalah adanya abrasi bahari.

Objek wisata dan juga daerah ibadah ini terdiri dari dua buah bangunan pura. Kedua pura itu unik dan menjanjikan untuk dikunjungi. Yang pertama terletak di bawah pohon, berjulukan Pura Ratu Gede Mas Mecaling. Yang kedua berada di atas karang dengan tinggi sekitar 4 meter.

Dalam pura watu bolong lombok, terdapat beberapa patung yang diagungkan seperti Subali, Sugriwa, Rama, Laksmana dan patung Naga.

Naga, salah satu ornamen cantik di Pura Batu Bolong lombok
Naga Pura Batu Bolong. Image via: @tikalle

Simak juga: 12 objek indah di lombok.

Sejarah Pura Batu Bolong Lombok

Pura kerikil bolong kemungkinan dibangun tahun 1533. Sejarah keberadaan Pura Batu Bolong tak lepas dari perjalanan seorang pendeta Hindu dari Jawa Timur, Dang Hyang Dwijendra ke Pulau Lombok yang melakukan perjalanan dari Jawa dan Bali. Beliau kerap berpindah-pindah daerah.

Selain mengelilingi pantai selatan Pulau Bali, beliau melanjutkan peralanan spiritual ke daerah Bali Utara. Seperti Pura Pulaki sampai ke Pura Ponjok Batu, sebelum melanjutkan perjalanan menyeberang ke Pulau Lombok.

Di Pantai ponjok batu bleleng Dang Hyang Dwijendra disebutkan sempat menolong beberapa orang nelayan asal lombok yang perahunya karam dekat Ponjok Batu. Para bendega asal Lombok yang diselamatkan dia itu konon turut mengantarkan Dang Hyang Dwijendra yang juga disebut dengan nama Ida Peranda Sakti Wawu Rauh sampai ke Lombok dan menjejakkan kaki di Batu Bolong.

Patung Danghyang Dwi Jendra di depan pintu masuk menuju kawasan pura batu bolong lombok
Patung Dang hyang Dwi Jendra. Image via: @alfi.rahmadi

Lokasi Pura Batu Bolong Lombok

Lokasi pura ini sangat strategis terletak di Dusun Batu Bolong, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat.

Lokasi ini sekitar 5 menit dari kawasan pusat pariwisata Pantai Senggigi atau sekitar 20 menit dari sentra Kota mataram.

Rute Menuju Pura Batu Bolong Lombok

Perjalanan atau rute untuk sampai ke pura batu bolong lombok terbilang mudah, sebab letak pantai ini tidak jauh dari kota mataram. Pengunjung pura batu bolong mampu menempuh rute mataram menuju Ampenan, setelah datang atau hingga di Ampenan tinggal terus saja sampai karenanya tiba di tempat pantai Senggigi.

Dari pantai Senggigi pura batu boleng tinggal 5menit perjalanan saja. Lama perjalanan untuk tiba di pura kerikil bolong lomboki ini yaitu sekitar 30 hingga 60 menit saja.

Untuk menuju tempat wisata Pura watu bolong, pengunjung mampu memakai kendaraan eksklusif, angkutan umum bahkan agen travel yang menyediakan jasa wisata.

Memandang lautan bersama Sugriwa, salah satu patung yang dihormati dipura batu bolong lombok.
Memandang lautan bersama Sugriwa. Image via: @otranimrik

Simak Juga: Pura Ulu Watu di atas tebing.

Jam Buka Pura Batu Bolong Lombok

Sebagai kawasan peribadatan agama Hindu, pura ini buka 24 jam. Ini sesuai dengan tata cara persembahyangan agama Hindu yang kadangkala ada sesi menginap. Atau dalam bahasa lokal disebut mekemit.

Tiket Pura Batu Bolong Lombok

Untuk bisa menikmati keindahan Pura Batu Bolong Lombok para pengunjung hanya perlu membayar Rp 20.000.

Saat masuk ke Pura Batu Bolong kamu harus memakai kain berwarna kuning di pinggang. Tidak hanya itu, pengunjung juga harus menjaga kesopanan selama di dalam area Pura, karena sejatinya pura yaitu daerah untuk beribadah.

Selain itu, bagi para perempuan yang sedang berhalangan dihentikan memasuki area pura yang suci.

Daya Tarik Pura Batu Bolong Lombok

  1. Terletak Di Atas Batu Yang Berlubang

Lubang celah batu di bawah bangunan pura batu bolong.
Lubang kerikil, pura batu bolong. Image via: @yining0818

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pura Batu Bolong bangkit di atas batu hitam yang mempunyai lubang di bagian pesisir pantai. Lubang ini merupakan terusan jalan bagi para masyarakat lokal untuk mencari kayu di hutan Senggigi. Namun kini sudah sedikit orang yang menggunakannya.

Walau tidak berada di tengah bahari, namun karang yang menjorok ke tengah laut mengingatkan akan pura tanah lot di bali. Hanya saja bedanya jika pura tanah lot, menghadap ke pantai selatan, pura watu bolong lombok ini menghadap ke pantai barat. Ke arah selat bali.

  1. Sunset Yang Terlihat Jelas

Sunset pantai Batu Layar Pura Batu Bolong.
Sunset pantai Pura Batu Bolong. Image via: @santiparamesti

Simak juga: Pantai Bale Kambang.

Sebagaimana layaknya wisata pantai, sunset juga menjadi salah satu atraksi utama di pura watu bolong lombok ini. Kurang rasanya jika berwisata ke pantai tanpa menikmati pemandangan di periode matahari terbenam.

Dari atas pura, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan latar belakang Gunung Agung di Pulau Bali. Momen berharga ini selalu menjadi momen paling dinantikan-tunggu oleh para wisatawan yang ingin menikmati waktu istimewa pura Batu Bolong lombok ini.

Warna langir dan air laut berubah perlahan mengikuti warna matahari yang terlihat semakin jelas dengan warna oranye. Melihat bagaimana debur ombak semakin tinggi, ditambah dengan tenggelamnya matahari akan menciptakan perasaan damai dan takjub secara bersamaan. Inilah cara terbaik untuk menikmati sunset di pura ini.

  1. Nuansa Alam Yang Indah

Lingkungan sekitar pura batu bolong lombok yang indah.
Lingkungan yang indah. Image via: @yining0818

Jika diperhatikan dengan seksama, corak watu yang tersusun di pura ini membentuk struktur yang khas. Batu yang menjadi landasan pura berasal dari batuan lava andesit-basalan. Batu yang merupakan pembekuan dari lelehan lava dikala terjadinya letusan dasyat gunung Rinjani ribuan tahun lalu.

Di atas bebatuan, pengunjung mampu menemukan banyak pohon kaktus yang rimbun. Selain itu ada pula banyak sarang burung dari berbagai jenis burung menambah nuansa alam di sekitar Pura Batu Bolong.

  1. Situs bersejarah di sekitarnya

Jika berada di area Pura Batu Bolong pengunjung juga mampu menjangkau beberapa situs bersejarah lainnya. Usia dari bangunan bersejarah ini diperkirakan lebih dari seratus tahun.

Misalnya saja mirip Pura Menu, Pura Lingsar, Taman Mayura, Taman Narmada, dan makam batu layar.

Makam batu layar ni ialah makam seorang ulama, yang konon melaksanakan siar islam di wilayah lombok. Makam ini selalu ramai saat akrab dengan perayaan hari besar agama islam, seperti idul fitri dan maulid nabi.

  1. Atmosfer Spiritual Yang Mendalam

Aura khidmat dan mistis di pura batu bolong lombok
Atmosfer Khidmat. Image via: @hervinaldy

Simak juga: Danau tempe Sulawesi.

Tempat satu ini mempunyai fungsi sebagai kawasan peribadatan pagi umat Hindu sekitar Pulau Lombok. Sehingga tidak heran kalau saat kamu berkunjung ke kawasan ini akan mencicipi atmosfer spiritual yang cukup mendalam. Bahkan tidak seperti tempat lainnya, di sini kau akan merasakan tenang dan hening.

Objek Wisata Dekat Pura Batu Bolong Lombok

Setelah puas sepanjang sore menikmati keindahan pantai kerikil layar maupun keindahan warisan budaya di pura watu bolong lombok, pengunjung tidak harus segera kembali ke hotel. Ada beberapa kawasan wisata di erat sana, yang mampu dikunjungi saat senja menjelang malam, atau pada keesokan harinya.

Yang paling bersahabat tentu saja, pantai Sengigi. Pantai ini hanya berarak 5 menit perjalanan dari pantai kerikil layar, lokasi pura kerikil bolong. Pantai Sengigi sudah populer seluruh dunia sebagai salah satu pantai terindah di lombok. Pantai ini lengkap dengan aneka macam fasilitas wisata, seperti restoran dan penginapan yang bagus-anggun.

Sunset pantai Sengigi, pantai yang hanya 5 menit dari pura batu bolong lombok
Sunset Sengigi  dengan latar Gunung Agung bali. Image via: newsmedia.co.id

Jika bersedia melanjutkan sedikit lebih jauh, 14 km di selatan ada pantai ampenan. Pantai dengan nuansa kota bau tanah. Kota ini merupakan kota bau tanah lombok. Di sepanjang perjalanan menuju pantai terlihat beberapa bangunan dengan gaya kolonial. Dulu Pantai Ampenan sempat direncanakan sebagai pelabuhan yang menghubungkan Lombok-Bali dan menjadi sentra perdagangan yang cukup ramai.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Objek Wisata Pura Batu Bolong Lombok yang mampu kami informasikan di web nativeindonesia.com. Semoga bisa menginspirasi anda untuk mencoba berwisata ke Pulau Lombok. Semoga informasi yang kami berikan mampu bermanfaat untuk anda semua.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni