Qualcomm: Oppo Reno4 Paling Maksimal Memanfaatkan Fitur Snapdragon 720G

Jakarta, Tiffanytalksbooks.com – Menjelang peluncurannya di Indonesia 6 Agustus mendatang, satu per satu spesifikasi Oppo Reno4 mulai terungkap. Setelah diketahui desain perangkat, varian warna dan fitur kamera, kini vendor membeberkan chipset dan fitur AON Smart Sensor yang akan dibenamkan.

“Berbeda dengan versi Cina yang ditopang chipset Snapdragon 765, Oppo Reno4 versi Indonesia akan menggunakan Snapdragon 720G,” kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Berkat prosesor ini, Aryo mengklaim Oppo Reno4 akan mendapat peningkatan kinerja CPU sebesar 25,5 persen serta peningkatan performa GPU sebanyak 44,8 persen, dibandingkan perangkat terdahulu, Oppo Reno3 Pro.

Sama seperti produk-produk sebelumnya, Reno4 juga menyuguhkan teknologi kecerdasan buatan. Sejak kemunculan Reno Series, Oppo memang menitikberatkan pada prosesor yang mempunyai kemampuan komputasi Artificial Intelligence (AI) yang sangat baik.

“Mulai dari Reno pertama kami menggunakan Snapdragon 710, lalu di Reno 10x Zoom menggunakan Snapdragon 855, serta Reno2 menggunakan Snapdragon 730G, semua itu memiliki komputasi AI yang tinggi,” papar Aryo.

Fokus pada AI ini dikatakan Aryo dikarenakan target market Reno Series adalah anak muda yang menyukai teknologi kecerdasan buatan. Baik itu penerapan AI pada kamera, gaming, sampai interaksi sehari-hari dengan smartphone.

“Oppo Reno4 merupakan perangkat yang sangat memaksimalkan fitur yang ada di Snapdragon 720G. Karena tidak semua vendor mengaktifkan semua fitur yang ada,” ujar Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC dibuat dengan proses fabrikasi 8nm dan Low Power DDR4X Semiconductor. Dibandingkan dengan MTK P95 pada Reno3 Pro, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46% dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26% berdasar hasil tes Geekbench. Sementara itu, kinerja GPU meningkat sekitar 40% menurut hasil tes Manhattan.

Selain chipset, Aryo juga mengatakan Reno4 sudah mendukung VOOC 4.0. Dengan pengisian daya hingga 5V / 6A 30W, baterai kapasitas 4.015mAh pada Reno4 bisa terisi hingga 50% dalam waktu 20 menit dan 100% dalam waktu 57 menit. Syaratnya, pengguna harus menggunakan ekosistem VOOC.

“VOOC Flash Charge adalah sebuah ekosistem, dimana ada adapter, kabel, dan perangkat, yang harus terkoneksi satu dan lainnya. Tidak bisa hanya salah satunya saja, atau pakai third party,” tutur Aryo.

AON Smart Sensor

Jika dilihat sepintas, Oppo Reno4 terkesan membawa dua kamera selfie. Tetapi ternyata yang satunya itu bukan kamera, melainkan AON Smart Sensor. Perusahaan memutuskan untuk menerapkan AI-enhanced smart sensor untuk fitur Smart Spying Prevention, yang dibangun dengan memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas.

Sensor tidak hanya dapat digunakan dalam perlindungan privasi, tetapi juga dapat memperluas fungsi pada fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On.

Smart Spying Prevention
Ketika Reno4 menerima pesan, sensor pintar yang telah disempurnakan dengan fungsi kecerdasan buatan pada ponsel dapat mengidentifikasi hanya pemilik ponsel yang boleh membuka layar. Apabila ternyata bukan pemilik ponsel, maka konten notifikasi akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna.

Untuk lebih spesifik, algoritma pencegahan privasi ini dibangun selaras dengan perangkat keras berupa sebuah sensor yang canggih. Sensor ini akan secara otomatis menganalisa beberapa wajah dalam berbagai keadaan dan skala.

• Jika hanya 1 (satu) wajah yang terdeteksi, maka kamera utama akan dihidupkan untuk mengidentifikasi wajah pemiliknya sendiri; jika ya, maka akan ditampilkan seluruh pesan.

• Jika sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang (atau tidak ada orang) yang menghadap ke layar, maka pemberitahuan akan tetap ditampilkan tetapi konten tidak akan ditampilkan.

Smart Air Control
Reno4 merupakan ponsel Oppo pertama yang menghadirkan full-screen gestures ke lini seri ini. Smart Air Control memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat Reno4 tanpa menyentuh layar. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan ke bawah halaman pada beberapa aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar, yang sangat berguna pada situasi pandemi seperti saat ini guna mengurangi intensitas bersentuhan dengan layar.

Smart Always On Display
Oppo menerapkan fungsi yang akan meningkatkan pengalaman pengguna, seperti “Smart Always On Display”. Fitur ini dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus mengamati layar perangkat, sehingga layar tidak akan mati. Fitur ini membuat Reno4 lebih cerdas dan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Pada tingkat perangkat lunak, algoritma pencerahan khusus akan membuat sensor bekerja lebih baik pada cahaya rendah. Bahkan ketika tingkat pencahayaan lebih rendah dari 1 lux, Smart Sensor dengan penyempurnaan kecerdasan buatan dapat berfungsi sangat baik.

Sekarang, masih ada waktu satu minggu sebelum peluncuran Oppo Reno4 di Indonesia, dan mungkin spesifikasi keseluruhan akan terungkap sebelum peluncuran resmi. Tetapi sepertinya untuk harga, kita harus sabar menunggu sampai 6 Agustus.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni