Resort Giri Tirta Kahuripan, Kolam Renangnya Elok Banget!

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6272″
data-slug=””>

4.2
/
5
(
26

votes

)

Lokasi: Jalan Raya Wanayasa, RT/RW 13/04, Taringgul Tonggoh, Purwakarta, Jawa Barat 41174

Map: Klik Disini

HTM: Rp.25.000, Kolam Renang Rp.60.000

Buka Tutup: 08.00 – 17.00 WIB

Telepon: (0246) 8541414, 0877-7879-3168

Resort Purwakarta

Secara geografis, posisi Purwakarta terbilang strategis alasannya dikelilingi sejumlah kabupaten yakni Kabupaten Karawang, Subang, Bandung Barat serta Cianjur.

Purwakarta juga menjadi titik temu 3 koridor lalu lintas utama adalah Purwakarta – Bandung, Purwakarta – Jakarta dan Purwakarta – Cirebon. Karena itulah kabupaten ini dahulu dijadikan sebagai tempat Karesidenan Jawa Barat.

foto by instagram.com/relixapip

Selain strategis, kabupaten ini juga dianugerahi alam dengan pesona yang luar biasa, sehingga selain memiliki sejumlah objek wisata budaya dan sejarah, Purwakarta juga mempunyai cukup banyak objek wisata alam.

Seperti wisata gunung, goa, jeram, pemandian air panas serta danau, baik danau alam maupun buatan (waduk/bendungan).

Potensi geografis dan keindahan alam itulah yang terus dikembangkan dengan menggarap tempat-daerah strategis yang masih belum dikelola dengan maksimal.

Utamanya di wilayah-wilayah pedesaan yang masih terbentang luas di sejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Pondoksalam, Pasawahan sampai Wanayasa.

foto by instagram.com/rackasheiza

Salah satu dari objek wisata baru tersebut yakni resort Giri Tirta Kahuripan yang berlokasi di Kecamatan Pasawahan.

Meski masih seumur jagung, objek wisata ini langsung membetot perhatian masyarakat alasannya adalah memiliki daya tarik tersendiri yang tidak ditemui di kawasan-daerah wisata yang lain.

Daya tarik utama yang dimiliki resort ini yakni bak renang yang berada di atas ketinggian bukit sehingga disebut Skypool.

Mereka yang berkunjung ke resort ini, tidak hanya sekedar ingin berenang, tapi juga menikmati indahnya alam dari atas ketinggian, berburu spot foto serta segudang aktifitas menarik lainnya.

Dengan banyak sekali kelebihan yang dimiliki itulah, tidak berlebihan bila Giri Tirta Kahuripan mengusung tagline “Find The Difference”.

Juga bukan hal yang asing, kalau dalam waktu yang relatif singkat, resort ini dibanjiri wisatawan serta menjadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Purwakarta.

Selayang Pandang

foto by instagram.com/arnoldy33

Mengusung konsep agrowisata, Resort Giri Tirta Kahuripan dibangun dengan bentuk bangunan yang memadukan unsur Jawa dengan unsur modern sehingga tampak elegan dan menawan.

Lokasinya yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Purwakarta, membuatnya cukup gampang dijangkau sekaligus jauh dari hiruk pikuk dan bisingnya kota, sehingga suasana di sekeliling terasa tenang dan nyaman.

Suasana nyaman menjadi semakin terasa alasannya adalah daerah ini berada di atas ketinggian 500 mdpl yang membuat udara terasa sejuk.

Objek wisata ini menempati lahan seluas 26 hektar dan bangun di atas ketinggian bukit yang menciptakan udara di sekeliling terasa acuh taacuh dan segar serta kerap kali berselimut kabut.

Di atas lahan yang sangat luas itulah didirikan sejumlah bangunan rumah singgah alias penginapan dan aneka macam fasilitas wisata.

Bangunan penginapan tersebut berupa 5 unit villa berukuran 10 x 10 meter2, 6 unit cottage berukuran 8 x 8 meter2, 13 unit wooden house, 2 unit barak, ruang rapat, restoran, swimming pool, camping ground, lapangan futsal, kebun buah, kebun hewan mini, area outbond, playground dan sejumlah kemudahan lainnya.

foto by instagram.com/dede.maftuha

Secara administratif, destinasi wisata yang mengusung platform “Find The Difference” ini berada di Jalan Raya Wanayasa, RT/RW: 13/04, Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, 41174.

Untuk menuju ke lokasi wisata, pengunjung dari Jakarta tidak perlu menciptakan skema atau membuka google map, alasannya adalah memang sangat mudah dijangkau, baik memakai angkutan umum maupun kendaraan eksklusif dengan kanal jalan yang sangat elok.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, rute yang ditempuh mampu melewati Tol Cipularang dan exit di Tol Jatiluhur.

Belokkan kendaraan ke arah Pasar Rebo dan lanjutkan perjalanan sejauh 20 km menuju Wanayasa. Di kota kecamatan ini dapat Anda temukan jalan kecil dengan rambu petunjuk arah yang menuju ke lokasi Giri Tirta Kahuripan.

Wisatawan yang tiba dengan memakai angkutan umum, dapat memanfaatkan bus antar kota dan turun di Jatiluhur, tepatnya di akrab Rumah Makan Ibu Haji Ciganea atau Rumah Makan Sambel Hejo.

Turun dari bus, lanjutkan perjalanan dengan naik angkot nomor 04 jurusan Pasar Rebo dengan tarif Rp.5.000.

Di Pasar Rebo Anda harus ganti angkot berwarna kuning yang merupakan satu-satunya angkot yang menuju Wanayasa.

foto by instagram.com/meirevi_

Di Wanayasa, Anda harus memakai jasa ojek untuk sampai di alamat yang dituju, sebab tidak ada angkot yang menuju area resort. Tarif ojek cukup murah, hanya Rp.15.000.

Bagi wisatawan yang tidak ada rencana untuk menginap di tempat resort alasannya hanya ingin menikmati keindahan alam dan berenang di skypool.

Pastikan jam berkunjung Anda antara pukul 08.00 – 17.00, alasannya pada saat itulah tempat wisata ini dibuka untuk wisatawan yang bukan tamu resort.

Aktifitas Seru

Rasanya tidak berlebihan kalau daerah wisata ini mengusung tagline “Find The Difference”, sebab apa yang tersaji di Giri Tirta Kahuripan memang berbeda dari kawasan wisata lainnya, setidaknya kawasan wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Pengunjung tidak hanya dimanjakan oleh indahnya alam, tapi juga oleh akomodasi yang lengkap dan pelayanan yang diberikan.

foto by instagram.com/purwakartazamannow

Pelayanan prima tersebut sudah eksklusif dapat dirasakan begitu masuk pintu gerbang. Beberapa unit mobil wisata yang disebut “Mobil Senyum” telah siap untuk mengantar para pengunjung berkeliling area agrowisata yang ada di Giri Tirta Kahuripan.

Dengan menggunakan kendaraan beroda empat itulah pengunjung akan diantar ke kebun buah, kebun hewan mini, area outbond, playground dan daerah-kawasan yang lain.

Di kebun buah, dapat dijumpai beberapa jenis flora buah-buahan, seperti buah manggis, mangga, belimbing, pepaya serta tanaman buah-buahan yang lain.

Tidak hanya sekedar melihat, pengunjung juga dapat memetik dan menikmati buah tersebut dengan gratis sepanjang dimakan di daerah. Selain itu juga terdapat taman anggrek serta green house yang berisi banyak sekali jenis tanaman bunga.

foto by instagram.com/nuriyahr

Di area kebun hewan mini, terdapat beberapa jenis hewan yang ditempatkan di kandang-kandang dengan lokasi yang berjauhan antara kandang yang satu dengan yang lain.

Beberapa hewan yang menjadi koleksi dari daerah wisata ini diantaranya adalah rusa, monyet, siamang, beberapa jenis burung mirip merak dan abang renta serta kolam-kolam yang berisi buaya, ikan arapaima dan beberapa jenis ikan air tawar.

Nikmati pula keseruan memacu adrenalin dengan mengendarai ATV melintasi track yang cukup menantang atau meluncur di atas ketinggian dengan bermain flying fox.

Bagi yang gemar memancing, tersedia bak pancing dengan ukuran yang cukup luas.

Area outbond dan camping ground mampu dimanfaatkan oleh para pecinta alam, termasuk sebuah jembatan gantung sepanjang 100 meter yang bergoyang-goyang dikala dilewati.

foto by instagram.com/wirantihamid6

Hanya saja, untuk area outbond, fasilitasnya terkesan sangat sederhana dan belum digarap secara maksimal sebagaimana area outbond pada umumnya.

Aktifitas seru yang lain yakni bermain futsal di sebuah lapangan futsal yang telah disediakan serta menikmati sejumlah wahana permainan air mirip sepeda air atau sepeda belibis di sebuah bak yang luas.

Bagi pengunjung yang tiba bersama bawah umur tersedia area play ground dengan aneka macam jenis permainan bagi anak-anak serta seluncuran air yang bakal menciptakan anak-anak betah untuk berlama-usang di kawasan resort ini.

Diantara sekian banyak wahana dan akomodasi yang ada di Giri Tirta Kahuripan, satu yang dihentikan dilewatkan alasannya adalah memang menjadi ikon dari daerah wisata ini yaitu bak renang yang dinamakan Sky Pool.

foto by instagram.com/ravanarei

Disebut Skypool alasannya adalah lokasinya memang berada di atas ketinggian, sehingga pada saat berenang di bak ini serasa berenang di tempat yang dekat dengan langit.

Kedalaman kolam yang ada di Skypool Giri Tirta Kahuripan berbeda-beda, mulai dari 60 cm, 120 cm sampai dengan 230 cm.

Untuk memisahkan dan membedakan ketinggian bak, terpasang pagar dan jaring-jaring di dasar bak. Hal yang sama juga dilakukan untuk kolam anak, sehingga anak-anakpun mampu bermain dengan kondusif di dalam kolam.

Dengan lokasi yang berada di atas ketinggian serta penataan kolam yang begitu manis, menciptakan Skypool dan area di sekelilingnya menyuguhkan pemandangan yang instagramable saat dijadikan latar belakang foto.

Karena itulah banyak anak muda yang tiba ke Giri Tirta Kahuripan dengan tujuan untuk dapat berselfie ria.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki tempat wisata ini, harga tiket masuk di tahun 2020 masih belum berubah adalah sebesar Rp.25.000.

Dengan HTM tersebut, pengunjung sudah dapat menikmati fasilitas transportasi gratis dikala berkeliling di area wisata berupa kendaraan beroda empat wisata yang diberi nama “Mobil Senyum”.

Selain “Mobil Senyum”, hampir semua akomodasi yang ada di Giri Tirta Kahuripan harus ditebus dengan uang.

Pengunjung yang ingin berenang di Kolam Renang Skypool, dikenakan biaya suplemen sebesar Rp.50.000 pada weekdays dan Rp.60.000 pada weekend. Lapangan futsal ourdoor disewakan seharga Rp.125.000 perjam.

Arena bermain seluncur air bertarif Rp.10.000 per anak, wahana sepeda air atau sepeda angsa berbayar Rp.15.000 per 15 menit, ATV tarifnya Rp.30.000 per 15 menit, sedang bak pemancingan dihitung berdasarkan ikan yang diperoleh dengan satuan kg.

Fasilitas

Meski demikian ada juga sejumlah fasilitas dan wahana yang dapat dimanfaatkan dan dinikmati secara gratis mirip kamar mandi dan MCK, mushollah, playground, kebun buah dan kebun binatang mini.

Bagi pengunjung yang ingin bersantap, resort ini juga menyediakan restoran dengan hidangan yang bermacam-macam, mulai dari kuliner dan minuman khas Indonesia, oriental food sampai dengan menu-menu Eropa.

Bersantap sambil menikmati indahnya panorama alam tentunya akan lebih menambah selera makan.

Fasilitas terakhir yang merupakan fasilitas utama dari Giri Tirta Kahuripan sudah barang tentu penginapan yang terbagi atas 4 jenis, adalah villa, cottages, wooding house dan dormitory atau barak.

Harga sewa villa permalam pada hari-hari biasa sebesar Rp.2.250.000 sedang pada hari libur sebesar Rp.2.650.000.

Sewa cottages sebesar Rp.1.850.000 saat weekdays dan Rp.2.250.000 dikala weekend. Sedang wooding house untuk weekdays Rp.600.000 dan weekend Rp.700.000 permalam.

Pengunjung yang datang bersama rombongan besar yang ingin mengadakan acara outbond, gathering dan program-acara yang lain dapat menyewa dormitory/barak seharga Rp.7.000.000 pada hari biasa dan Rp.7.500.000 pada hari libur.

Barak ini dilengkapi dengan 30 termpat tidur susun dengan kapasitas sebanyak 60 orang.

Meski harga sewa penginapan yang ada di Giri Tirta Kahuripan ini relatif mahal, namun pelayanan yang diberikan dipastikan tidak akan mengecewakan.

Hal tersebut dapat dilihat dari sejumlah review positif dari mereka yang pernah menginap di tempat ini yang ditulis di sejumlah website wisata serta situs-situs yang mengupas perihal hotel dan penginapan, seperti traveloka, agoda, booking.com, serta yang lain.

Bukti lain bahwa tarif sewa kamar di Giri Tirta Kahuripan sepadan dengan layanan serta fasilitas yang diberikan yakni membludaknya tamu pada ketika weekend dan ekspresi dominan liburan.

Sehingga untuk bisa memperoleh kamar, harus booking terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya.

Untuk melaksanakan booking, tamu hotel mampu menghubungi contat person di no telepon (0246) 8541414 atau melalui WA di nomor 0877-7879-3168 serta lewat BB dengan PIN 5D1FE5DB.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni