Riam Cunca Wulang, Surga Tersembunyi Di Manggarai Barat

Nama Air Terjun Cunca Wulang mempunyai makna tersendiri. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia, Cunca dan Wulang sendiri berarti penderasan dan Bulan. Jadi nama itu berarti air Terjun Bulan. Entah maksudnya air yang berasal dari bulan, atau air yang indah, seindah bulan Purnama.

Nama Air Terjun Cunca Wulang memiliki makna tersendiri. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia, Cunca dan Wulang sendiri berarti air terjun dan Bulan. Jadi nama itu berarti air Terjun Bulan.
Air Terjun Cunca Wulang . Image via: backpackerjakarta.com

Air Terjun Cunca Wulang sendiri terdapat di daerah hutan Mbeilling. Cunca Wulang sendiri berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan bahari sehingga udara di sekitar niscaya lebih terasa sejuk.

Sekilas, teladas ini terlihat seperti Grand Canyon versi kecil dengan pemikiran sungainya berada diantara tebing bebatuan besar dan air terjunnya berada di atas batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan. Batu-batuan yang mengapit sungai ajaran jeram kondusif untuk dipanjat alasannya tidak tajam sisinya.

Banyak sekali wisatawan yang merasakan sensasi untuk loncat dari atas kerikil sampai yang dari ketinggian 6 meter ke bawah sungai. Untuk masalah loncat terutama dari titik yang tinggi tentunya harus dikonsultasikan kepada guide sebab saat animo kemarau air cenderung sedikit yang mengakibatkan nantinya bahaya bagi wisatawan sebab akan membentur dasar sungai.

Air terjun cunca wulang tampil unik berada di antara tebing batu
Diantara tebing Batu. Image via: phinemo.com

Simak juga: wisata di NTT

Lokasi Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang terletak di Desa Wersawe, Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Tempat wisata ini terletak kurang lebih 30 kilometer dari Labuan Bajo

Rute Menuju Air Terjun Cunca Wulang

Untuk menuju ke Air Terjun Cunca Wulang, pengunjung perlu menghabiskan kurang lebih 1 jam melintasi keindahan Pulau Flores yang tak terkira. Namun, pengunjung juga harus berhati-hati karena jalan yang ditempuh cukup berliku dan dilalui oleh kendaraan besar.

Perjalanan belum tamat hingga situ. Setelah mencapai perkampungan, pengunjung perlu berjalan kurang lebih 4 kilometer lagi untuk mampu mencapai permata biru tersembunyi Pulau Flores tersebut. Walau begitu, pengunjung wajib menyewa seorang pemandu perjalanan lokal untuk menembus hutan yang cukup lebat.

rute perjalanan menuju air terjun cunca wulang mengharuskan pengunjung untuk melintasi batuan
Melintasi Batuan. Image via: jalanjalanyuk.com

Pemandu tersebut nantinya juga akan menceritakan perihal kebudayaan masyarakat sekitar yang masih menanam cokelat dan vanilla sembari berjalan. Setelah melewati perjalanan yang cukup melelahkan, usaha akan terbayarkan dengan merasakan air segar di sekujur badan.

Berenang maupun meloncati batu-kerikil yang dialiri air berwarna biru tosca yang menyejukkan hati. Jangan lupa untuk mencoba meloncat di atas batu setinggi 4 meter dan rasakan kesegaran di wajah Anda.

Jam Buka Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Namun demikian tidak disarankan untuk berkunjung di ketika hari sudah gelap. Selain faktor kendala untuk menikmati keindahan panorama, juga alasannya adalah kurangnya penerangan di lokasi maupun di jalur menuju lokasi.

foto unik bisa diambild engan memanfaatkan kondisi unik dari air terjun cunca wulang
Foto unik. Image via: travelingwithtinae.com

Simak juga: Air terjun Ogi Flores

Tiket Air Terjun Cunca Wulang

Sebelum masuk ke area objek wisata Air Terjun Cunca Wulang, Anda diharuskan menyiapkan biaya retribusi sebesar Rp30.000 – Rp50.000, namun harga tersebut belum termasuk jasa pemandu lokal. Pemandu lokal yang ada merupakan orang orisinil Cunca Wulang. .

Fasilitas Air Terjun Cunca Wulang

Pengunjung tidak akan menemukan restoran di sekitar Air Terjun Cunca Wulang ini. Untuk itu, dianjurkan untuk membawa sendiri perbekalan seperti masakan dan minuman.

Agar lebih jelas mengetahui perihal seluk beluk teladas dan juga gua yang ada, pengunjung sebaiknya menyewa jasa penduduk lokal untuk dijadikan sebagai pemandu wisata. Bahkan terkandang penduduk lokal juga berbaik hati menyiapkan air kelapa muda atau makanan kecil dengan harga murah.

Daya Tarik Air Terjun Cunca Wulang

  1. Trekking

rute menantang dalam trekking menuju air terjun cunca wulang
Rute menantang. Image via: donatusrae

Dari lokasi parkir kendaraan, pengunbjung diwajibkan untuk memakai jasa pemandu. Untuk mendampingi keluar masuk hutan, dan mengikuti jalan setapak yang medannya cukup menguras tenaga, walaupun masih tergolong mudah.

Sepanjang jalan, pengunjung akan disuguhi pengetahuan baru. Mulai dari melihat tanaman vanilla dan coklat yang ditanam oleh penduduk lokal yang tentu jarang dilihat oleh pengunjung dari perkotaan.

Pemandu umumnya kaan bercerita, sambil berjalan. MIsalnya wacana petuah menarik ketika menelusuri hutan. Mereka bilang, jangan letakkan tangan di pinggang dikala terasa capek dan jangan minum ketika sedang berjalan jauh.

menyeberangi jembatan menjadi pengalmaan seru dalam trekking untuk emnuju air terjun cunca wulang
Menyeberangi jembatan. Image via: indonesia.tripcanvas.co

Simak juga: Taman Laut Olele

Pemandu di sini umumnya berjalan tanpa alas kaki, namun telapak kakinya lebih berpengaruh dibanding sol sepatu yang khusus dibuat untuk mendaki gunung. Terbukti dari pijakannya yang kuat, sedangkan sepatu pengunjung masih sering terperosok beberapa kali karena jalan yang licin.

Jika beruntung, pemandu akan mengajak bercerita soal filosofi hidup penduduk lokal. Misalnya tentang keyakinan sang pemandu yang percaya jikalau semua makhluk hidup di sekitar kita saling berkomunikasi satu sama lain.

Setelah puas bercerita sambil berjalan selama kurang lebih 45 menit, melompati watu demi kerikil, pengunjung akan hingga di Cunca Wulang. Tapi saat sudah hingga di atas, pengunjung akan dibuat terpesona dan  mematung alasannya keindahan teladas tersebut.

  1. Grand Canyon dari timur

tampilan bebatuan tebing di air terjun cunca wulang mengingatkan pada grand canyon
Grand Canyon. Image via: reservasiku.com

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang stabil dialiri air meskipun bebatuan asalnya yakni batu kapur. Lingkungan Air terjun Cunca Wulang memang dikelilingi oleh formasi bebatuan kapur yang kemudian membentuk beberapa tebing yang tinggi.

Alam milik Flores, Nusa Tenggara Timur memang cukup unik. Ia mampu menyuguhkan suasana savanna seperti di Afrika dan Eropa dalam waktu yang bersamaan. Namun untuk spot teladas ini, justru mirip grand Canyon..

Di sekeliling Air Terjun Cunca Wulang, pengunjung akan melihat bongkahan tebing yang dialiri gerojokan. Saatmengunjungi jeram ini, pengunjug akan diharuskan untuk berhati-hati alasannya terdapat dua buah tebing yang di mana jarak antara kedua tebing tersebut cukup sempit.

lompatan tebing di bebatuan air terjun cunca luwang seakan menjadi menu wajib bagi pengunjung
Lompatan tebing. Image via: @xanthedavies

Simak juga: Pantai Namalatu

Segala keringat yang menetes akibat perjalanan ke lokasi ini seperti terbayarkan lunas. Pemandangannya indah tiada dua. Untuk menutup perjalanan kali itu, mirip kata pemandunya, kurang afdhol jika tidak melompat ke Cunca Wulang dari salah satu tebing kerikil.

Tips Mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang

Tidak disarankan untuk mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang ketika sedang tiba ekspresi dominan hujan. Hal tersebut dikhususkan untuk keselamatan diri dan juga orang-orang tersayang.

Lagipula, kunjungan di musim hujan tidak akan dapat menikmati kesejukan Air Terjun Cunca Wulang alasannya hujan terus menerus. Ditambah lagi, kolam di bawah jeram akan bermetamorfosis kecoklatan sebab adanya lumpur yang terbawa.

Jembatan Lintasan Trekking menuju air terjun cunca Luwang.
Jembatan Lintasan Trekking. Image via: rodadanroti.com

Objek Wisata Dekat Air Terjun Cunca Wulang

Selain penderasan Cunca Wulang, manggarai barat juga memilki gerojokan Cunca Rami. Tempat wisata Air Terjun Cunca Rami cocok untuk para wisatawan yang ingin liburan ke tempat yang segar alasannya di jeram ini mampu bermain air sepuasnya. Selain itu, panorama alam di sekitarnya masih sangat asri dan udaranya pun sejuk sangat selaras dengan ajaran air terjun yang deras.

Bagi yang tertarik dengan wisata budaya, mampu mencoba mengunjungi Kampoeng Waerebo. Di desa wisata ini, pengunjung dapat belajar mengenai banyak sekali hal mengenai desa selagi menikmati pemandangan alam perbukitan di sekitarnya.

Demikian ulasan menarik mengenai objek wisata Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo, Flores NTT yang begitu mempesona dan seperti dengan Green Canyon Pangandaran. Semoga goresan pena dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat untuk Anda.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni