Riam Saluopa, Air Terjun Terindah Di Dunia Dengan 12 Tingat

Air Terjun Saluopa mempunyai keunikan tersendiri, yang tidak dimiliki air terjun lain di Indonesia, bahkan dunia. Air terjun yang juga mempunyai julukan Air Luncur ini terdiri dari dua belas tingkat, dimana di setiap tingkat terdapat kolam kecil.

Air Terjun Saluopa mempunyai keunikan tersendiri, yang tidak dimiliki air terjun lain di Indonesia, bahkan dunia. Air terjun yang juga memiliki julukan Air Luncur ini terdiri dari dua belas tingkat,
Air Terjun Saluopa. Image via: backpackerjakarta.com

Air terjun ini dijuluki dengan sebutan Air Luncur Saluopa, sebab Air Terjun mempunyai sumber mata air dari pegunungan setempat yang airnya meluncur deras dari puncak gunung dengan ketinggian sekitar 25 meter.

Terdapat kolam kecil pada setiap tingkatan teladas. Setiap kolam pada tingkatan itu, menampung air dari anutan teladas. Kolam mungil itu juga dapat dipakai oleh pengunjung untuk berenang atau sekedar berendam.

Unutk pengunjung yang ingin menjelajah seluruh bab dari penderasan ini, telah tersedia tangga watu untuk memudahkan para pengunjung menjelajahi ke seluruh tingkatan teladas.

Lokasi dari Air Terjun Saluopa yang berada di dalam hutan tropis. Ini mengharuskan pengunjung untuk berjalan ke dalam hutan menuju lokasi jeram berada. Selama perjalanan menuju lokasi, pengunjung mampu menikmati suasana hutan tropis dengan pepohonan yang lebat dan juga suara-suara alam.

Terdapat kolam kecil pada setiap tingkatan air terjun Saluopa
Kolam Air Terjun. Image via: parah1ta.com

Simak juga: Lokasi Wisata di sekitar Makkasar

Lokasi Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa Tepatnya berlokasi di di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Air terjun indah bertingkat 12 ini terletak di sebuah desa yang berjarak 12 KM arah barat kota Tentena.

Rute Menuju Air Terjun Saluopa

Rute menuju daerah wisata Air terjun Saluopa , secara keseluruhan rute mampu  diawali dari Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, kota palu. Butuh waktu 5-7 jam menuju Poso jikalau melewati jalur darat. Kalau ingin menggunkana jalur udara, bisa langsung dari Kota Makassar. SUdaha da penerbangan pribadi menuju Poso.

Selanjutnya dari Poso menuju Tentena, sekitar 1,5 sampai 2 jam. Menuju titik jeram butuh waktu sekitar setengah jam dari pusat Kota Tentena.

Mengamati keindahan air terjun Saluopa dari ektinggian pertengahan air terjun
Di pinggang Air Tejun. Image via: @gisellamukuan

Ketika dalam perjalanan dari Kota Tentena menuju riam, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan satu sisi Danau Poso. Sebagai catatan, Danau Poso merupakan danau terbesar ke-4 sekaligus terdalam ke-3 di Indonesia.

Jadi, mampu dibayangkan pesona yang dimilikinya. Sekilas tampak seperti pemandangan Danau Toba juga dari tepi jalan, tepatnya jikalau melaksanakan perjalanan di sekitar Kota Balige. Ada hamparan sawah luas yang berbatasan eksklusif dengan pantai danau.

berkumpul bersama teman di keindahana ir terjun saluopa sungguh memoriabel
Basah Bersama. Image via: @tana_poso

Simak juga: Air terjun Tancak, Jember

Jam Buka Air Terjun Saluopa

Wisata teladas mempesona bertingkat 12 ini dibuka setiap hari. Kunjungan wisatawan bsia dilakukan sejak pagi hari jam 08.00, hingga ditutup pada sore hari, jam 17.00.

Tiket Air Terjun Saluopa

Harga tiket masuk untuk mampu menikmati keindahan gerojokan Saluopa ialah Rp10,000. Harga tiket sama sepanjang pekan. Jadi tidak ada perbedaan antara hari kerja dan hari selesai pekan.

Fasilitas Air Terjun Saluopa

Di Kawasan Air Terjun Saluopa sendiri belum tersedia fasilitas penginapan. Namun untuk pengunjung dari luar daerah tetap bisa menginap. Hnaya saja pengunjung mesti mencari hotel yang terletak di Kota Tentena.

Daya Tarik Air Terjun Saluopa

  1. Air terjun bertingkat 12

Air Terjun saluopa memiliki tingkat sebanyak 12, menjadikannya mempesona
Air Terjun Bertingkat 12. Image via: @plw.official

Dari ketinggian 25 meter, mengalir indah Air Terjun Saluopa melintasi batuan gunung yang berjumlah 12 tingkat. Debit airnya pun cukup deras sehingga terlihat semakin anggun dan menakjubkan. Hutan tropis nan rimbun dan gemuruh suara debur teladas menyatu dalam simfoni keindahan alai.

Air Terjun Saluopa memiliki air yang sangat jernih dan bersih, sehingga batu-batuan yang di lewati oleh anutan jeram akan terlihat dengan jelas. Di sini juga terdapat tangga watu yang dapat dinaiki. Walaupun sudah terkena air hujan dan sudah berlumut tetapi tangga tersebut tidak licin.

Tangga watu tersebut selain mampu dipakai sebagai kanal menuju tingkatan-tingkatan air terjun, juga bisa dimanfaatkan sebagai spot foto. Jika beruntung, pengunjung dapat menyaksikan pelangi di antara ajaran riam. Ini bisa digunakan sebagai background foto.

Memanjat Tingkatan Air Terjun Saluopa bisa menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan sekaligus menantang.
Memanjat Tingkatan Air Terjun. Image via: @tana_poso

Simak juga: Pantai Sulamadaha, Ternate

  1. Lingkungan Alami

Di sekitar Air Terjun Saluopa, ini pengunjung akan mampu menemukan beraneka ragam fauna. Juga menikmati panorama alam berupa hutan tropis yang sangat indah dan masih asri dengan udara yang segar.

Karena lokasi ini berada di lingkungan hutan alami, Jangan lupa membawa bekal kuliner dan minuman yang cukup selama berkunjung ke Air Terjun Saluopa ini. Selain itu Anda jangan lupa juga membawa berbagai perlengkapan wisata yang diperlukan.

Saat menuju lokasi air terjun, pengunjung diajak untuk berjalan kaki untuk hingga di air terjun. Jarak yang pengunjung tempuh kurang lebih hanya sekitar 500 meter saja.

Mengunjungi Saluopa menyerupai sebuah perjalanan pencarian harta karun, lokasi dari Air Terjun Saluopa yang berada di dalam hutan tropis mengharuskan Anda untuk berjalan ke dalam hutan menuju lokasi dimana teladas berada.

Selama perjalanan menuju lokasi, Anda mampu menikmati suasana hutan tropis dengan pepohonan yang lebat dan juga suara-bunyi alam yang dihasilkan para binatang yang hidup disini.

  1. Festival Air terjun Saluopa

Bertempat di Panggung Kesenian Wera Saluopa, Festival Etnik Air Terjun Saluopa dibuka secara resmi oleh Bupati Poso pada awal bulan Juli.
Festival Air terjun Saluopa . Image via: posokab.go.id

Bertempat di Panggung Kesenian Wera Saluopa, Festival Etnik Air Terjun Saluopa dibuka secara resmi oleh Bupati Poso pada awal bulan Juli. Festival yang diprakarsai oleh masyarakat lokal pemerhati seni dan budaya ini merupakan aktivitas yang gres pertama kalinya digelar di Air Terjun Saluopa.

Kegiatan ini sebagai bentuk respon masyarakat terhadap laju perkembangan zaman untuk mengimbangi budaya-budaya aneh yang terbawa oleh teknologi modern.

Semua acara dalam festival ini nantinya akan diisi dengan aneka macam jenis aktivitas. Kegiatan tersebut utama nya yang berbasis pada seni, kreativitas kerajinan tangan, tari, bahasa serta ragam busana yang bercorak ntana Sintuwu Maroso.

Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain seperti lomba tari torompio, dero asli, musik karambangan, enggran (moloko), moganci (gasing) vocal group, menyanyi solo, olahraga lari marathon putra-putri dan dayung bahtera.

Fesival Air terjun Saluopa ini merupakan sarana untuk menggali budaya di Kabupaten Poso sekaligus ajang promosi obyek wisata dan juga dalam rangka mengajak seluruh komponen masyarakat untuk secara gotong royong terlibat aktif dalam menjaga lingkungan.

ada bnayak spot foto yang bsia menjaid pilihan untuk menghasilkan foto indah di air terjun saluopa
Spot Foto di Air Terjun. Image via: @pesonaairterjunindonesia

Simak juga: Benteng Tolukko, Ternate

Tips Mengunjungi Air Terjun Saluopa

  • Pergi pada Pagi Hari

Air terjun mempunyai kelebihan berupa pemandangannya yang indah, air yang masih jernih, serta kadar oksigen yang masih murni tanpa tercampur polusi. Untuk menikmati semua kelebihan tersebut, sebaiknya Sobat Pesona pergi pada pagi hari, yakni sekitar pukul 7 atau 8 pagi.

  • Perhatikan Cuaca

Hindari pergi ke kawasan wisata teladas saat demam isu penghujan. Hal ini untuk menghindari hujan jalan yang licin dan membahayakan dikala hujan. Selain itu, saat hujan, arus pedoman riam akan lebih deras dan untuk menghindari adanya air bah yang tiba secara tiba-tiba dari atas teladas.

  • Pakaian Ganti

Agar tidak masuk angin setelah berlama-usang bermain air dengan kondisi baju yang berair, sebaiknya ganti baju dengan pakaian yang kering bila Sobat Pesona sudah simpulan bermain air.

  • Alas Kaki Nyaman

Untuk kenyamanan kaki, sebaiknya gunakanlah sendal gunung dikala berwisata ke teladas. Memang, ada beberapa orang yang kadang mampu bertahan memakai sepatu sneaker atau sendal biasa ketika di air terjun, tetapi biasanya ganjal kaki tersebut akan berakhir dengan kondisi berair dan tidak nyaman.

Gerbang masuk bernuansa etnik dari Air Terjun Saluopa
Gerbang Air Terjun. Image via: @juned_steelgarage

Objek Wisata Dekat Air Terjun Saluopa

Hanya beberapa km dari Air terjun ini, terdapat Objek tempat wisata yang indah dan mempesona, yakni Danau Poso. Di Lokasi Ini pengunjung akan dimanjakan dengan perpaduan antara indahnya pasir berwarna kuning keemasan ditambah dengan air danau yang berwarna hijau kebiruan.

Masih di tepian danau Poso, dalam jarak 15 km dari Air Terjun Saluopa, terdapat gua Pamona. Meskipun berada sempurna di tepi danau, namun air danau tidak mampu masuk ke dalam Goa Pamona. Pada kurun kemudian, gua ini ialah kawasan Suku Pamona menyimpan jenazah para leluhurnya.

Demikianlah sedikit paparan mengenai keindahan Air terjun Saluopa Kupang. Semoga bisa kau jadikan rujukan liburan kamu ya.

Selamat berlibur!!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni