Sate Taichan, Masakan Gres Yang Merebut Hati Pencinta Kuliner

Sate taichan sempat meraih popularitas tinggi di tahun 2016. Peminat sate taican masih terus meningkat, bahkan  sampai dikala ini. Hal itu terbukti dari banyaknya kedai atau pedagang kaki lima yang menjual sate taican.

Sate taichan sempat meraih popularitas tinggi di tahun 2016. Peminat sate taichan masih terus meningkat, bahkan  hingga saat ini. Hal itu terbukti dari banyaknya kedai atau pedagang kaki lima yang menjual sate taichan.
Sate Taichan. Image via: resepkoki.id

Sate taichan sendiri adalah sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang. Hidangan ini berawal dari pedagang kaki lima di daerah Senayan, Jakarta.  Dan kini menyebar hingga seluruh Indonesia.

Berbeda dengan sate ayam kebanyakan yang biasa disajikan dengan bumbu kacang. Sate taican hadir dengan embel-embel sambal cabe rawit yang pedasnya bikin minta ampun. Kombinasi rasa sate ayam yang gurih dan sedikit asin berpadu dengan rasa pedasnya sambal. Rasanya semakin kompleks dengan pelengkap perasan jeruk limo.

Sate taican kini dapat dengan gampang ditemui di beberapa lokasi khususnya di Jakarta. Uniknya sate taican selalu dijual pada malam hari menjelang subuh. Salah satu sentra sate taican adalah di Senayan, tepatnya di di depan pintu gerbang Stadion Gelora Bung Karno, Jalan Plaza Barat.

Ada lebih dari sepuluh penjual sate taican di lokasi tersebut.

Sate Taichan tambah lesat jika diisi perasan jeruk nipis.
Memeras Jeruk Nipis. Image via: inionline.id

Simak juga: 11 lokasi kuliner hits di Jakarta

Pembuatan Sate Taichan

Berbeda dengan sate ayam tradisional, yang dibumbui terlebih dahulu sebelum dibakar, sate Taican dibakar dalam kondisi minim bumbu.

Sebelum dibakar, daging ayam yang sudah ditusukkan dengan sebilah bambu ini diberi taburan garam serta olesan sedikit minyak. Sate dibiarkan polos lalu disajikan dengan guyuran sambal rawit yang super pedas.

Sambal disajikan sebagai pendamping pada saat sate telah matang.

Sejarah Sate Taichan.

Ada beberapa versi mengenai awal mula kemunculan sate taichan, walaupun kebenaran tersebut belum terkonfirmasi. Konon awalnya, ada seorang pasangan muda-mudi. Sang pria berasal dari Jepang sementara perempuan orisinil Indonesia.

Mereka ingin membeli sate di kawasan Senayan, Jakarta, pada kisaran tahun 2012. Pria Jepang itu mengaku tidak suka dengan bumbu kacang khas Madura yang menjadi bumbu sate di warung makan tersebut.

Ia pun berinisiatif untuk membakar sendiri daging ayam mentah yang sudah ditusuk dengan lumuran garam dan jeruk nipis, tanpa kecap dan sambal. Setelah matang, dia meminta sambal ke pedagang tersebut sebagai pendamping sate.

Sate Taichan Dibakar tanpa dicelup Bumbu.
Dibakar tanpa Bumbu. Image via: food.detik.com

Ketika sang pedagang sate menanyakan apa sate yang sedang beliau bakar, laki-laki Jepang itu menjawab “sate taichan” saja, tanpa tahu alasan di balik pemilihan nama tersebut.

Versi lain dari kemunculan sate taican ialah kehadiran ekspatriat Korea Selatan yang sering makan sate ayam di sebuah warung sate, masih di tempat Senayan, Jakarta. Karena sudah sering makan di warung tersebut, ekspatriat tersebut jadi saling kenal dengan pemilik warung.

Pria Korea Selatan pun kemudian mengajari pemilik warung cara lain menciptakan sate yang menjadi cikal bakal sate taican. Saat itu, bumbu yang dipakai yakni semua irisan bumbu seperti cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam.

Belakangan, bumbu iris tersebut kemudian dihaluskan sehingga menjadi sambal pendamping daging sate polos.

Rekomendasi Tempat Makan Sate Taichan

Berikut ini yakni daftar 5 daerah makan sate taichan yang nge-hits dan menjadi favorit di kalangan muda hingga yang renta.

  1. Kedai Uncle Do Sate Taichan

Suasana lega di Kedai Uncle Do Sate Taichan
Kedai Uncle Do Sate Taican. Image via: @satetaichan

Simak juga: Ayam Betutu, Wisata Lidah di Bali

Kedai sate taichan wilayah Tebet ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan termasuk dikala jam makan siang. Ini alasannya banyak yang menyukai rasa sate taican milik Kedai Uncle Do Sate Taican.

Nama menum-menunya juga unik. Ada Pasta Taichan, Sayap Sayap patah, Sate Kulit Taichan Pedes Manis, Sate Taican Pedes Manis. Semua sajian tadi rasanya pedas nonjok. Kalau tak ingin terlalu pedas, Anda bisa pesan sate original.

Kedai Uncle Do Sate Taichan, beralamat di  Jl. Tebet Raya No. 38C

  1. Sate Taichan

Ada banyak cabang gerai Sate Taichan yang tersebar di beberapa wilayah di Jakarta dan Tangerang. Totalnya mencapai 30 gerai.

Sate taican di warung berjaringan ini terbuat dari daging ayam yang dibakar dan diberi bumbu. Bumbunya terbuat dari paduan cabe merah, cabe rawit, air jeruk limau, dan garam. Sehingga rasanya dijamin pedas segar. Tersedia juga sate sayap ayam taican.

Sate Taichan Bintaro beralamat di Jl. Bintaro Taman Barat Blok J1 No. 7 Bintaro Jaya Sektor 1.

  1. Sate Taichan MPE

Aneka macam Menu Sate Taichan MPE
Menu Sate Taican MPE. Image via: zomato.com

Kedai sate taichan yang satu ini sangat hits di wilayah Kelapa Gading. Bukanya sore hingga malam.

Selain sate taican, ada menu pedas lainnya seperti D’Lekerz Taichan. Yaitu sate taican yang terbuat dari daging dada ayam dengan dua pilihan rasa. Ada juga D’Geuliz yang terbuat dari dada ayam berbumbu manis hingga Ketekz yang terbuat dari sayap ayam.

Jangan khawatir bagi yang tak suka pedas. Karena ada dua pilihan sambal di sini, sambal pedas dan sambal manis.

Sate Taichan MPE berlokasi di  Jl. Raya Kelapa Hybrida, Blok RA3 No. 23-24, Kelapa Gading, Jakarta Utara

  1. Sate Taichan “Goreng”

Sate Taichan goreng ditampilkan unikd engan tambahan Mozzarella.
Sate Taican Mozzarella. Image via: pergikuliner.com

Simak juga: Kerak Telor, Megecap RasaSejarah Di Jakarta

Kedai sate taichan ini selalu ramai pengunjung. Apalagi di selesai pekan. Selain sate taican ayam, ada banyak pilihan sate lainnya. Mulai dari sate kulit, sate usus, sate telur puyuh sampai sate kikil.

Semuanya tersaji dengan sambal khas sate taican yang pedas nendang. Andalannya Taichan Mozzarella. Sate taican nya berselimut lelehan keju mozzarella yang mulur. Selain itu, banana nugget di sini juga jadi favorit pengunjung.

Sate Taichan “Goreng” beralamat di  Jl. Tebet Raya No. 70, Tebet, Jakarta Selatan.

  1. Sate Taichan Bang Kumis

Makan malam di Sate Taichan Bang Kumis.
Makan malam di Sate Taichn Bang Kumis. Image via: near-place.com

Di wilayah Sunter ada kedai sate taichan ini punya saus sambal yang beragam. Salah satunya hits di akhir tahun kemudian. ate taichan saus telur asin.

Selain kreasi telur asin, kedai ini juga sediakan sate taican sambal matah Bali dan sate taican mozzarella. Sate taican di sini terbilang murah. Harganya mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 30.000.

Sate Taichan Bang Kumis, beralamat di Jl. Danau Sunter Utara Blok R76, Sunter, Jakarta Utara.

  1. Sate Taichan 87 Bang Ocit

Gerobak sate taichan yang berlokasi di Jalan Asia Afrika ini memberikan seporsi sate taican dengan sambal yang ekstra pedas. Ketenaranya pun tidak usah diragukan lagi, aneka macam orang yang rela antre untuk menyantap sate putih yang pedas ini.

Selain alasannya adalah populer pedas, daging sate yang dijual di sini juga empuk dan tidak busuk anyir. Bagi kau penggemar kulit ayam, kamu juga akan merasa puas sebab kulit ayam yang dijual di sini sangat juicy.

Sate Taichan 87 Bang Ocit beralamat di Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Jam buka: 21.00 – 03.00 WIB

  1. Sate Taichan Kemang BRO RIO

Sate Taichan Selera Pedas di BRO RIO
Selera Pedas di BRO RIO. Image via: satetaichankemangbrorio

Simak juga: CItarasa Abad 15 di Jogja, Gudeg

Buat kamu penyuka sambal pedas yang bisa membakar tenggorokan, kedai sate taichan di Jalan Kemang Rayaini ialah jawabannya. Sebabnya, sebelum dibakar sate taican di kedai ini dilumuri sambal terlebih dahulu, kemudian diguyur lagi dengan sambal.

Agar rasanya semakin nikmat, pengunjung bisa menambahkan perasan jeruk nipis.

Sate Taichan Kemang BRO RIO beralamat di Jl. Kemang Raya No.24, RT.3/RW.2, Bangka, Mampang Prpt., Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730. Jam buka: 18.00 – 01.30, 18.00 – 02.00, 18.00 – 03.00 WIB.

  1. Sate Taichan “Mpe” Gading

Buat pengunjung yang kebetulan ada di area Kelapa Gading yang ingin mencari sate taichan, tidak perlu jauh-jauh ke kawasan Selatan. Di Jalan Raya Hybrida ada kedai sate taican yang memiliki rasa pedas yang nendang.

Tak hanya itu, sate ayam yang dijual di kedai ini juga memiliki rasa gurih yang pas jadi enak sekali dipadukan dengan sambal yang pedas. Tapi jikalau bukan pecinta kuliner pedas, di sini juga mampu memesan beberapa sajian sate lain yang mempunyai rasa asam bagus, seperti sate tulang ayam atau sate d’geuliz.

Sate Taichan “Mpe” Gading beralamat di Jl. Raya Kelapa Hybrida Blok RA3 No. 23-24, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jam buka: 18.00 – 00.00 WIB.

  1. Warung Taichan – KMS Foodcourt

Sate kulit, salahs atu variase pelengkap dari sate Taichan
Sate kulit. Image via: id.pinterest.com

Warung Taichan – KMS Foodcourt. Image via:

Jika sedang berjalan-jalan di sekitar Jakarta Barat, jangan lupa mampir ke KMS Foodcourt. Sebab, di sini pengunjung akan menemukan bermacam-macam masakan enak, dari mulai sushi hingga sate tatichan.

Salah satu kedai sate taican yang cukup populer di KMS Foodcourt yaitu Warung Taichan. Sama mirip kedai sate taican pada umumnya, di sini kau juga mampu memesan sate campur, sate kulit, hingga sate daging dengan harga mulai dari Rp 2.500 per tusuk.

Salah satu kelebihannya, di sini kamu juga bisa mencicipi empuknya daging bersamaan dengan kekenyalan kulit yang bikin ketagihan. Tak hanya itu, rasa sambalnya yang pedas juga menjadi daya tarik tersendiri.

Warung Taichan – KMS Foodcourt beralamat di KMS Foodcourt, Jl. Budi Raya No. 2B, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jam buka: 11.00 – 23.00 WIB.

Demikian rekomendasi kawasan-tempat favorit untuk mencicipi Sate Taican di Jakarta. Selamat menikmati petualangan Rasa.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni