Selain Kurma, 10 Oleh Oleh Khas Arab Ini Recommended Untuk Dibawa Pulang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66409″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Kurma menjadi yang paling sering dibeli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari Arab Saudi. Ketika menjelang momen penting seperti di ketika ibadah haji, permintaannya akan semakin terus meningkat.

Walau bisa dijumpai dengan gampang di Indonesia, namun banyak orang-orang percaya bahwa kurma yang didatangkan langsung dari Jazirah Arab mempunyai kualitas lebih manis.

Namun bantu-membantu, bukan hanya kurma oleh-oleh satu-satunya yang mampu dibawa pulang untuk orang-orang di rumah. Kamu juga mampu mengkombinasikannya dengan 10 oleh-oleh khas Arab Saudi dibawah ini!

1. Sajadah

Foto By @shanty_dquilts

Sajadah yang banyak dijajakan di sekitar Madinah dan Mekah bekerjsama berasal dari Saudi Arabia serta Turki. Bahannya yang lebih tebal membuatnya bisa tahan usang. Tak sedikit para jamaah haji menjadikannya sebagai buah tangan.

Variasi harga serta bahannya bisa kamu sesuaikan dengan isi kantongmu. Untuk sajadah Masjid Nabawi dan Masjidil Haram yang dikenal akan keindahan motif kaligrafinya ini, biasanya dipatok dengan harga kisaran mulai dari Rp.35.000 sampai Rp.350.000.

Jika ingin harga yang jauh lebih murah, sajadah mini atau panjang bisa jadi pilihan. Para pelancong biasanya lebih senang berburu jenis musafir dengan desain unik dan elok. Tidak sulit menemukannya, cari saja di Pasar Bab Mekah, Suhaifa, kota Jeddah.

2. Kosmetik

Foto By @gerai.haramain

Kamu jangan pernah samakan alat rias atau kosmetik produk Arab Saudi dengan yang ada di Indonesia. Keunikannya membuat banyak kaum hawa bahagia menjadikannya sebagai buah tangan, dari mulai kuteks, parfum, lipstik hingga celak matanya.

Harganya pun terjangkau, membuatmu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Untuk celak mata saja, hanya dibanderol mulai Rp.3.500 sampai Rp.17.000. Jauh lebih murah kan jikalau dibandingkan dengan yang ada di toko-toko besar?

Kamu juga tak perlu mengkhawatirkan bahan-bahan pembuatannya, karena dijamin halal dan berkualitas. Untuk mendapatkannya, datanglah ke toko Ali Murah di pasar Al-Balad.

3. Kacang Arab

Foto By @oleholehhajidanumroh_sugema

Kacang Arab juga merupakan buah tangan paling gampang untuk dicari karena biasanya dibentuk sepaket dengan air zam-zam dan kurma. Jenis kacang ini dikenal dengan nama Chickpea.

Chickpea tidak keras mirip kacang pada umumnya. Sehingga tak heran kalau banyak orang senang menjadikannya sebagai kudapan ketika santai. Soal harga, biasanya jenis makanan ringan satu ini dibanderol sekitar 35 sampai 175 ribu per kilogramnya.

Selain berwarna kuning, chickpea juga tersedia dalam banyak sekali warna mirip coklat, merah serta hitam. Menyantap kacang Arab secara teratur dipercaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan badan, meringankan nyeri haid para wanita contohnya.

4. Abaya

Foto By @shopiaraniy

Sejak beberapa waktu terakhir, abaya menjadi salah satu jenis pakaian favorit para kaum hawa untuk dipakai pada hari raya besar keagamaan ataupun acara formal lainnya.

Desain one piece, membuat jenis pakaian satu ini mudah untuk dikenakan. Variasi model dan warnanya yang beragam, membuatnya semakin cantik saat dipadupadankan dengan kerudung.

Popularitas abaya yang kian menanjak, membuat pakaian ini menjadi salah satu buah tangan khas Arab paling sering diburu oleh para jamaah haji. Tak hanya untuk wanita, ada juga buat laki-laki, namun dengan nama berbeda, ialah thobe dan dishdasha.

Harganya beragam, paling murah mulai dari 28 ribuan saja. Tidak sulit untuk menemukannya, alasannya banyak dijual di pertokoan Madinah dan para pedagang kaki lima.

5. Mukena

Foto By @royalepremium.id

Seperti sajadah, mukena yang diproduksi di Arab Saudi juga berbeda dengan di Indonesia. Perbedaannya cukup mencolok, corak dan warnanya lebih beragam.

Jenis kain untuk mukena yang ada di Arab Saudi lebih lembut dan sejuk dikala menyentuh kulit. Di Jeddah, kamu mampu mendapatkannya di sejumlah sentra perbelanjaan di sekitar Al-Balad maupun di Bab Shareef.

Semua muslimah, butuh yang namanya mukenah untuk salat. Maka menjadikannya sebagai oleh-oleh niscaya akan sangat bermanfaat bagi si akseptor. Jenis apapun yang kau beli, pastikan untuk menentukan mukena berbahan adem dan berkualitas manis ya!

6. Kacang Almond

Oleh-oleh khas arab saudi oleh dari harga
Foto By @nabawiherbalofficial

Kacang yakni salah satu komoditas utama di wilayah Timur Tengah. Selain menjadi materi dasar sebagian besar masakan disana, kacang almond khas Arab Saudi ini juga dijual dengan harga sangat terjangkau.

Tak sedikit jamaah haji sengaja memborongnya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jenisnya ada dua, ada yang sudah dan belum dikupas. Almond khas Arab ini juga dipercaya mempunyai banyak manfaat.

Harganya pun terjangkau, sekitar Rp.35.000-Rp.175.000 saja. Nah, murah kan? Karena itulah banyak jamaah haji yang memburunya. Kamu mampu membelinya di toko-toko di bersahabat Masjid Nabawi atau Masjidil Haram.

7. Kismis

Foto By @buatoranglapo

Sama halnya mirip kurma, mukenah dan sajadah, Kismis khas Arab Saudi ini juga memiliki perbedaan mencolok dengan yang ada di negara-negara lain.

Alih-alih berwarna coklat kehitaman, kismis khas Arab warnanya lebih kekuningan dan bentuknya pun sedikit kisut. Penduduk sekitar kerap menjadikannya sebagai bahan pembuatan kue atau pelengkap nasi kebuli.

Namun, kau harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mampu membawanya pulang. Karena 1 kilogramnya dibanderol kisaran 140 sampai 200 ribuan. Tak susah mencarinya, alasannya toko yang menjual kurma, niscaya menjual kismis juga.

8. Air Zam-zam

Foto By @kurmamuda_sidoarjo

Air yang dianggap sakral bagi umat muslim ini dipercaya bisa menyembuhkan serta memperkokoh kekuatan jasmani maupun rohani, asal mengikuti aturan doa-doa sebelum meminumnya.

Kamu tak perlu takut tidak kebagian, alasannya adalah buah tangan khas Arab satu ini mempunyai sumber yang tak akan pernah berhenti mengalir. Untuk mendapatkannya, kamu cuma perlu bawa botol kosong untuk diisi air zam-zam di sekitar Masjidil Haram ataupun Masjid Nabawi.

Jika tidak ingin repot-repot, kau bisa membeli air zam-zam yang sudah dikemas dengan harga mulai dari Rp.52.000 sampai Rp.87.000/botol.

9. Kopiah

Foto By @abuukasyahcollections

Kopiah bisa dibilang sebagai salah satu atribut penting bagi masyarakat muslim di Indonesia, terutama pria. Tak sedikit jamaah haji, yang kerap membelinya sebagai oleh-oleh. Menurut mereka, peci khas Arab Saudi ini berbeda dari yang ada di Tanah Air.

Untuk mencari kopiah dengan harga murah, datanglah ke pinggir jalan di sekitar Masjid Nabawi. Disini, harganya per satuan dijual hanya kisaran Rp.7.000 sampai Rp.17.000 saja.

10. Lokum

Foto By @canoglulokum

Kamu mencari kuliner yang bisa dijadikan buah tangan sekaligus makanan ringan selama berkeliling di Arab Saudi? Maka Turkish Delight atau lokum mampu menjadi solusinya.

Penganan unik khas Arab Saudi ini bentuknya unik. Bahan utamanya terbuat dari gula dan gel pati. Bentuknya sekilas terlihat mirip malban. Hanya saja, jikalau lokum menggunakan gula tepung atau parutan kelapa dibagian luarnya.

Lokum juga mudah ditemui dan harganya sangat terjangkau. Kamu wajib memboyongnya dalam jumlah banyak saat pulang dari Arab Saudi.

Itu dia 10 daftar buah tangan khas Arab Saudi yang mampu kau jadikan pilihan. Makara kalau kesana, jangan melulu beli kurma ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni