Sentra Bahari Donggala, Sumur Alami Raksasa Yang Menawan Hati

Pusat Laut Donggala, dikenal juga sebagai sumur raksasa karena memiliki lubang yang besar dengan diameter mencapai 10 meter. Kedalaman air yang berada di dalam sentra maritim ini sekitar lima meter, namun tidak pernah niscaya alasannya dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Pusat Laut Donggala, dikenal juga sebagai sumur raksasa karena memiliki lubang yang besar dengan diameter mencapai 10 meter
Pusat Laut Donggala. Image via: @pilottampan

Pusentasi, begitulah masyarakat sekitar mengenal obyek wisata yang satu ini. Pusentasi dalam Bahasa Indonesia berarti pusat laut. Dinamai pusat bahari alasannya terdapat lubang yang menghubungkan antara sumur raksasa ini dengan pantai yang kurang lebih berjarak seratus meter dari lokasi sumur.

Sumur raksasa Pusat Laut Donggala ini memiliki ukiran bebatuan di sekelilingnya, dengan diameter 10 meter serta kedalaman 7 meter. Terletak di dekat pantai, air yang mengisi sumur ini berwarna jernih kebiru – biruan dan terasa asin. Konon katanya, ada sebuah lubang yang menjadi penghubung antara pusat laut ini dengan Pantai Donggala.

Masyarakat setempat pun percaya bahwa air di dalam sumur ini mampu mengobati segala macam penyakit. Maka tak jarang, banyak pengunjung yang membawa pulang air ini sebagai buah tangan.

Melompat ke beningnya air sumur raksasa pusat laut Donggala
Melompat ke Sumur. Image via: antarafoto.com

Simak juga: Ragam wisata di Sulawesi Tengah

Lokasi Pusat Laut Donggala

Obyek wisata pantai Pusat Laut Donggala, terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Pusat Laut Donggala masih berada di kawasan Pantai Tanjung Karang, sebuah pantai yang juga cukup populer keindahannya. Lokasi ini ibu kota Kabupaten Donggala hanya berjarak 12 kilo meter. Sedangkan dari  ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah berjarak 46 kilo meter.

Rute Menuju Pusat Laut Donggala

Jika ditempuh darat menggunakan kendaraan bermotor, mirip sepeda motor dan kendaraan beroda empat dari Banawa ibu kota Kabupaten Donggala, Pusat Laut Donggala hanya berjarak 12 kilo meter.

Sedangkan kalau ditempuh dari Palu ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, dengan kendaraan langsung hanya berjarak 46 kilo meter, dengan durasi waktu yang anda perlukan tidak kurang dari 45 menit perjalanan.

air pusat laut Donggala yang biru bening
Biru bening. Image via: liputan6.com

Untuk menuju lokasi, pengunjung mampu mengikuti petunjuk arah yang menginformasikan lokasi Pantai Tanjung Karang Donggala. Dari pantai ini, lokasi Pusat Laut sudah sangat erat. Hanya sekitar 100 meter dari bibir Pantai.

Untuk angkutan umum, belu ada yang bisa melayani rute ke arah pantai tersebut.

Jam Buka Pusat Laut Donggala

Lokasi wisata Pusat Laut Donggala, terbuka sepanjang hari, 24 jam. Namuna da baiknya berkunjung hanya pada dikala terang saja. Pada malam hari kawatirnya terkendala dengan kondisi penerangan.

Tiket Pusat Laut Donggala

Biaya masuk ke Pusat Laut Donggala hanya Rp 5.000 untuk anak-anak, Rp 10.000 untuk akil balig cukup akal, dan Rp 15.000 untuk wisatawan aneh per orangnya. Biaya masuk itu, hanya berlaku kalau berkunjung di hari-hari libur. Seperti libur Idul Fitri, Natal, Tahun Baru dan di hari Minggu.

Sedangkan di hari-hari biasa, mulai Senin sampai Sabtu, bagi pengunjung yang masuk tidak dipungut biaya sepeser pun.

Pusat Laut Donggala berlokasi hanya sekitar 100 meter dari pantai
Dekat Pantai. Image via: @edy_birana

Simak juga: Pulau Tomia di Wakatobi

Fasilitas Pusat Laut Donggala

Di sekitar lokasi Pusat bahari Donggalas terdapat beberapa penginapan yang memudahkan para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di salah satu obyek wisata andalannya Provinsi Sulawesi Tengah ini.

Jika tidak membawa bekal dikala berkunjung, tidak perlu takut. Karena di Pusat Laut juga terdapat beberapa warung-warung makan kecil yang mampu anda cicipi masakannya. Tidak hanya itu, kalau anda ingin beristirahat seraya membaringkan tubuh, di Pusat Laut juga disediakan tempat istirahat berupa pondok-pondok kecil yang mampu menampung lima sampai enam orang pengunjung.

Pengunjung Pusat Laut Donggala tidak perlu merogoh kocek yang dalam kalau ingin merasakan masakan yang ada di warung kecil dan ingin menyewa pondok kecil yang ada di Pusat Laut, alasannya adalah dijamin harganya sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Daya Tarik Pusat Laut Donggala

  1. Sumur Alami Besar

pusat laut donggala merupakan Sumur alami
Sumur alami. Image via: @marwahadf

Kalau sumur biasanya terletak di dalam rumah dan dibuat dengan cara bor atau digali, Pusat Laut Donggala ini tidak demikian. Sumur yang memiliki lebar hingga 10 meter ini terbentuk secara alami dengan bab keliling berupa batuan yang sangat besar.

Masyarakat setempat menyebutnya Sumur alami ini dengan Pusentasi. Dalam bahasa lokal, kata ”pusen” berarti sentra dan ”tasi” berarti laut. Sesuai namanya, air dalam sumur raksasa ini berasal dari laut.

Konon, terdapat sebuah terowongan yang menghubungkan sumur ini dengan laut yang terletak tak jauh darinya.

Pusat Laut Donggala ini memiliki diameter sampai mencapai 10 meter, sementara kedalamannya sekitar 7 meter. Meski begitu, kedalaman sumur ini mampu berubah bergantung pada kondisi gelombang laut pada dikala itu.

  1. Pantai yang indah

Pantai Bonebula, lokasi tempat beradanya pusat laut donggala
Pantai Bonebula. Image via: flickr.com

Simak juga: Pulau Hoga di Wakatobi

Pantai yang menjadi lokasi Pusat Laut Donggala ini adalah pantai Bonebula. Pantai ini sendiri seakan menjadi bukti keindahan alam Sulteng. Pantai Bonebula menyuguhkan aneka macam panorama alam indah yang sayang untuk dilewatkan.

Biru bahari dan hamparan pasir putih di pantai ini menjadi panorama pertama yang akan menyambut kedatangan para pengunjung. Bebatuan karang yang berdekatan dengan bibir pantai menjadi suplemen keindahan alam di pantai ini.

Di muka pantai, juga terdapat pulau kecil, yang letaknya tak jauh dari bibir pantai. Jika air sedang surut pengunjung mampu menikmati keindahan laut Bonebula dari atas pulau tersebut.

Di pasir pantainya yang putih, pengunjung dapat berjemur menikmati sinaran surya yang hangat. Pepohonan yang rindang tentunya sangat sejuk untuk dinaungi ketika anda berkunjung ke sana.

Selain mempunyai hamparan pasir berwarna putih, pantai ini juga merupakan salah satu kawasan favorit untuk snorkeling maupun diving. Pantai Bonebula ini juga kaya akan ikan hias dan terumbu karang yang mampu dilihat dengan terperinci bila melakukan aktifitas menyelam atau snorkeling.

Pulau pantai BOnebula mempercantik pemandangan dis ekitar pusat laut donggala
Pulau kecil Pantai Bonebula. Image via: airyrooms.com

  1. Terhubung dengan maritim

Air di dalam sumur sentra laut Donggala selalu dalam kondisi jernih kebiruan, Kemilau menawan hati. Walaupun setiap hari ramai dikunjungi oleh wisatawan yang mandi serta berenang di dalam air sumur ini.

Menurut masyarakat sekitar, hal itu disebabkan sebab air sumur terhubung dengan air lautan lepas. Air lautan di di pantaiyang jaraknya mencapai sekitar  500 meter dari sumur.

Hal ini dikuatkan oleh kenyataan bahwa tinggi permukaan air dalam sumur sering berubah-ubah. Perubahan itu mengikuti kondisi pasang dan surut air laut di pantai. Ketika air surut, kedalaman air hanya sekitar 3 meter. Namun ketika pasang terjadi di pantai, air sumur mampu naik sampai kedalaman 5 meter.

pengunjung pusat laut donggala bisa menikmati kesegaran air sumur dengan berenang
Menikmati air sumur. Image via: @will_jonatan

Simak juga: Danau Paniai di Papua

Objek Wisata Dekat Pusat Laut Donggala

Di Kabupaten Donggala, juga terdapat objek wisata lain.  Salah satunya yaitu Air Terjun Loli Tasiburi. Selain teladas, di wilayah itu terdapat bak renang yang lokasinya agak di atas ketinggian bukit. Nuansa alamnya sangat sejuk ditambah suara gemuruh teladas dan kicauan burung, membuat pengunjung enggan beranjak.

Lokasi  wisata lain ialah Pantai Tanjung Karang mampu ditempuh selama kurang lebih satu jam perjalanan darat dari Palu.

Perairan Tanjung Karang menjadi habitat terumbu karam dan satwa bahari yang mampu disaksikan satu hingga dua meter dari bibir maritim. Kegiatan wisata seru mirip menumpang banana boat juga mampu dilakukan dengan harga terjangkau.

Nah, itulah beberapa aspek pesona dari Pusat Laut Donggala di Sulawesi Tengah. Ada tertarik untuk tahu lebih jauh? Segera jadwalkan kunjungan ke pulau Para Daeng ini.

Selamat Berlibur!!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni