Situ Wanayasa

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6688″
data-slug=””>

4.3
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Jl. Raya Wanayasa No.36, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41174

Koordinat: Klik Disini

HTM: Gratis

Operasional: 24 Jam

Nomor Telepon: –

Tempat Unik

Berlibur memang tak hanya selalu di daerah yang memiliki banyak fasilitasnya. Tetapi mendatangi kawasan yang belum pernah dikunjungi dan penuh tantangan juga merupakan sebuah pengalaman baru. Di Kabupaten Purwakarta ternyata mempunyai daerah wisata seperti ini.

foto by instagram.com/ceuceu.ri

Kali ini kami dari tim jejakpiknik.com akan menciptakan sebuah artikel tentang salah satu kawasan wisata yang unik di Kabupaten Purwakarta yaitu Situ Wanayasa. Bagi kamu yang masih terdengar abnormal tentang wisata ini maka wajib untuk membaca artikel ini ya.

Kami akan membahas lengkap perihal situ ini mulai dari asal permintaan, bahkan sampai kisah misteri dan mitos apa saja yang ada di sini. Maka dari itu kamu jangan sampai ada yang tertinggal ya. Selamat membaca.

Potensi Yang Ada

foto by instagram.com/ceuceu.sri

Situ Wanayasa yakni sebuah sebuah danau yang etaknya di dalam sebuah pulau. Unik bukan? Ya, di sini juga terdapat sebuah makam tua. Konom katanya ini yakni makan seorang R.A Suriawinata. Tanah ini memiliki luas sekitar 7 hektar dan ada di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut.

Suriawinata sendiri adalah salah satu dari orang yang dikenal ikut mendirikan Purwakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Bupati Karwang yang ke 9 dan wafat di tahun 1827 lalu lalu dimakamkan di sini.

foto by instagram.com/ceuceu.sri

Maka dari itu selain kawasan ini yakni sebuah destinasi liburan juga dijadikan sebagai berziarah kepada salah seorang tokoh masyarakat.

Pulau kecil ini ditumbuhi oleh sederetan pepohonan pinus. Tentu pohon-pohon ini menimbulkan Situ Wanayasa mempunyai udara yang sangat sejuk dan segar. Tempat ini sangat cocok dengan kau yang ingin menghabiskan waktu berlibur dan menghilangkan kepenatan dalam rutinitas.

Pemandangan indah juga mampu didapatkan di sini. Bisa mengambil gambar atau foto dengan latar belakang Gunung Burangang denga ketinggian yang menjulang hampir sekitar 2.064 meter. Tentu ini menambah keindahan Situ Wanayasa.

foto by instagram.com/razkaail_

Sedikit cerita tentang asal ajakan dari Situ Wanayasa yaitu nama yang berasal dari kata Wana dengan arti bahasa Sunda adalah “Leuweung” atau “Hutan”. Yasa sendiri dalam bahasa Sunda yakni “didamel lembur” yang artinya yakni “dijadikan perkampungan”. Kaprikornus Wanayasa mempunyai artik Hutan yang dijadikan perkampungan.

Banyak sekali versi yang menceritakan tentang asal permintaan daerah ini tetapi lepas dari semua kisah yang ada tempat ini aneka macam dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan wisatawan dari warga setempat tidak pernah sepi.

foto by instagram.com/syaifulloh.aef

Masyarakat sekitar sendiri sempat menceritakan wacana dongeng misteri dan mitos-mitos di sini. Banyak yang menyampaikan bahwa di Situ Wanayasa sendiri menyeramkan. Meski demikian dengan adanya dongeng-kisah mirip tidak menciptakan pengunjung tetap tiba ke sini.

Bahkan di sekitar daerah wisata ini aneka macam terdapat sebuah villa atau penginapan. Wisatawan bila tiba dari luar kota dan ingin bermalam mampu memesan villa di bersahabat tempat wisata ini. Tentu saja villa di sini mempunyai fasilitas yang sudah lengkap.

Rute Menuju Lokasi

foto by instagram.com/misterjalanjalan.id

Untuk rute yang harus dilalui di sini sangatlah mudah. Kamu mampu memakai kendaraan umu atau eksklusif. Kami akan menunjukkan beberapa petunjuk untuk kau yang akan ke sini ya. Jadi jangan khawatir, baca dengan lengkap dan seksama.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum baik dari arah Jakarta atau Bandung maka akan keluar ke Tol Jatiluhur. Setelah itu turun menuju arah Ciganea yang erat dengan trafict light atau lampu merah di sekitar sana.

Turunlah di sana kemudian lanjutkan menggunakan kendaraan umu adalah angkutan dalam kota. Naik angkot dengan arahan 04 yang menuju Pasar Rebo. Setelah itu turun lanjutkan lagi naik angkutan kota yang berwarna kuning kemudian kau mampu turun langsung di Situ Wanayasa.

foto by instagram.com/shiddiq_ynwa

Jika menggunakan kendaraan eksklusif makan ini akan lebih gampang tentunya. Selain bisa mengikuti petunjuk arah jalan kamu juga bisa memakai map, peta atau bagan online di dengan mengunduh aplikasi Google Maps.

Kami juga sudah memberikan titik koordinat untuk eksklusif disambungkan dengan aplikasi tersebut. Tetapi kamu perlu sambungan internet yang cukup ya untuk mampu petunjuk ini.

Secara administratif alamat Situ Wanayasa sendiri memiliki lokasi di Jalan Raya Wanayasa Nomor 36 Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tentu gampang skali untuk dilalui menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atau empat.

foto by instagram.com/shiddiq_ynwa

Kamu akan masuk ke tol Purbaleunyi maka akan keluar ke Tol Jatiluhur. Setelah itu akan menemukan pertigaan lampu merah yang biasanya disebut Ciganea oleh masyarakat setempat. Lalu ambil belok ke kiri menuju kota di Kabupaten Purwakarta.

Setelah itu akan menemukan kembali perempatan Combro. Tetap ambil arah lurus saja ya, alan ini akan menuju Pasar Rebo. Setelah itu lanjutkan menuju arah terminal Wanayasa maka tidak lama lagi akan hingga ke Situ Wanayasa.

Sebetulnya rute ini sangat mudah. Jadi pengunjung yang akan tiba ke sini akan lebih gampang dan ketika sampai di kawasan tujuan tidak terlalu lelah. Selamat mencoba ya.

Buka Jam Berapa

foto by instagram.com/shiddiq_ynwa

Untuk mampu tiba ke sini kau tidak perlu khawatir perihal jam buka di Situ Wanayasa. Di sini dibuka selama 24 jam penuh. Jadi mampu datang kapan saja mulai pagi hingga malam hari. Tetapi sampai dikala ini pengunjung biasanya datang pada siang sampai petang.

Tetapi tak jarang juga pengunjung datang pagi hari ingin merasakan sejuknya hawa yang ada di isni. Biasanya ketika pagi hari udara sejuk dipakai bagi warga setempat untuk releksasi dan berolahraga. kau juga mampu datang di pagi hari.

foto by instagram.com/_sinengnur

Harga Tiket Masuk

Sedangkan untuk biaya masuk di tahun 2020 ini tidak dikenakan alias gratis. Ya, kamu tidak perlu membayar tiket masuk alasannya di sini belum ada loket penjualan tiket. Tentu ini ialah kabar yang begitu baik ya untuk kita yang berlibur dengan modal backpacker.

Lalu mau menunggu apalagi? Segera bentuk agenda untuk datang ke Situ Wanayasa. Ajak semua teman, sahabat atau keluarga kau agar mereka bisa merasakan sensasi berbeda dikala berlibur ke sini. Jangan lupa membawa kamera juga ya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni