Speedy Karting, Tempat Main Gokart Di Jakarta

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”4390″
data-slug=””>

5
/
5
(
4

votes

)

Location: Plaza Semanggi, Gedung Parkir Lt. 8A, Jl. Jend. Sudirman No. 50, Karet Semanggi, Jakarta Selatan 12930

Map: Klik Disini

Ticket Price: Rp. 70.000 per 6 menit (Reguler)

Open Close Hours: 14.00-21.00 (hari kerja), 10.00-21.00 (weekend/hari libur)

Telephone: 0877-8051-0008

Permainan Gokart sebagai salah satu hiburan memang sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang di Ibukota.

Speedy Karting Jakarta yakni pionir rental Gokart di Jakarta yang didirikan oleh Djembar Kartasasmita, selaku kreator sekaligus founder Speedy Karting.

Foto By @ayou_chaninx

Awalnya tokoh otomotif senior itu mendirikan Speedy Karting di Hanggar teras Pancoran, Gatot Subroto, dekat dengan MT. Haryono Jakarta Selatan.

Sejak 16 tahun lalu ini dijadikan sebagai daerah untuk berlatih calon Pegokart sebelum berlaga di sirkuit bekerjsama.

Nyatanya, seiring dengan berjalannya waktu Speedy Karting tidak hanya dijadikan kawasan berlatih Gokart saja, melainkan juga untuk aktivitas studi banding, gathering, program komunitas otomotif hingga shooting iklan ataupun sinetron televisi.

Foto By @chalifahnandita13

Tetapi sangat disayangkan bahwa rental bermain Gokart Speedy Karting ini harus tutup dan berpindah lokasi karena terkena gusuran stasiun LRT (Light Rail Transit).

Speedy Karting akan segera dibuka kembali di alamat yang berbeda, namun hingga dikala ini pihak manajemen masih belum mampu mempublikasikan tentang lokasi Speedy Karting yang baru alasannya ada beberapa deal yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Untuk mengetahui lebih update perihal pemberitahuan lokasi Speedy Karting yang gres, bisa dilihat di instagram @speedykarting.

Tapi bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang hobi dengan permainan Gokart tidak perlu khawatir. Karena kalian masih bisa melakukan permainan ini di rental Gokart atau sirkuit lain yang berada di Jakarta. Diantaranya:

1. Pitstop Karting PIK

Foto By @marchelsa

Pitstop Karting ini berlokasi di Pantai Indah Kapuk (PIK), lebih tepatnya di pintu keluar tol PIK, Jakarta utara.

Open hours mulai pukul 14.00 – 21.00 (hari kerja), 10.00 – 21.00 (Akhir pekan / Hari libur), 14.00 – 18.00 hari kerja (Happy hour).

Untuk tarifnya ialah, Reguler: Rp. 40.000 / 5 menit (non member), Rp. 30.000/5 menit (member), Promo happy hour: Rp. 35.000/5 menit (member) dan Rp. 25.000/5 menit (non member)

Lintasan di Pitstop Karting ini ialah aspal, jadi grip-nya cekat. Tapi jenis lintasan seperti ini bisa membuat kendali (handling) terasa berat.

Para pemilik daerah gokart cenderung menghindari trek aspal dikarenakan cepat menghabiskan ban.

Tapi sebagai konsekuensinya, pembalap mendapat kecepatan yang maksimal. Sebab trek Pitstop Karting ini cenderung panjang, untuk G-force juga sangat terasa disini.

2. Redline AXC Kelapa Gading

Foto By @ayiayia88

Selain di Pantai Indah Kapuk, pilihan rental Gokart lainnya juga ada di Redline AXC, Kelapa Gading. Dulu kawasan ini berada di daerah Pondok Indah, namun kini pindah ke AX ‘n’ C, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Jam operasional Gokart di sini mulai pukul 14.00 – 21.00 (hari kerja), 10.00 – 21.00 (final pekan/Hari libur).

Untuk tarif masuknya yaitu Rp. 40.000/ 5 menit (regular), Rp. 1.250.000 (main sepuasnya selama 1 bulan), lisensi: Rp. 30.000.

Kelebihan daerah ini yaitu posisinya indoor, jadi walaupun datang kesini ketika hujan tetap dapat pribadi melakukan balapan.

Foto By @nichoiskandar

Tapi ada juga kekurangan yang terdapat pada lintasannya yang terbuat dari semen, terbukti lebih ringan, tapi alhasil licin sekali sehingga kendaraan beroda empat mudah melintir.

Karakter sirkuit Redline yang pendek, penuh dengan tikungan membuat pembalap cukup kelelahan. Kelebihannya ialah, ada lap timer, kondisi gokart rata-rata prima.

Dan bentuk treknya dapat diganti-ganti jadi makin membuat suasana kompetitif yang sangat terasa.

3. BSD Xtreme Park

Di tempat BSD juga ada daerah bermain Gokart yang didirikan oleh Sinarmas land. Tempat ini resmi menghadirkan Arena bermain bagi masyarakat yang menyukai kegiatan di luar ruangan yang menantang dan memacu adrenalin.

Tempat ini diberi nama BSD Xtreme Park, Alamat lengkapnya ada di Jalan Damai Foresta desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Tangerang, Banten.

Ticket price untuk gokart ialah Rp. 60.000 / 5 menit. Dibuka setiap hari mulai pukul 15.00 – 20.00 WIB, khusus hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 06.30 – 19.30 WIB.

Selain menyediakan akomodasi untuk bermain gokart, BSD xtreme park juga mempunyai arena untuk bermain paint ball, Bike Park, dan Rock & Rope.

4. Sirkuit Lippo Village Karawaci

Foto By @perform

Lippo Village International Circuit ini terletak di Lippo village mall Karawaci, kabupaten Tangerang. Dibangun pada tahun 2008 dan menjadi sirkuit jalan raya pertama berstandar internasional di Indonesia.

Dengan memberikan konsep family entertainment, sirkuit sepanjang 3,2 kilometer ini awalnya direncanakan menjadi arena balap A1 dan F1.

Tetapi hal ini dibatalkan alasannya manajer proyek pembangunan sirkuit ini tidak memenuhi syarat FIA sehingga sirkuit tersebut tidak bertahan usang.

Sempat digunakan untuk beberapa kejuaraan lokal tapi setelah itu tidak pernah digunakan lagi hingga kini. Sementara bab jalan sirkuit yang masih terpakai dijadikan tempat seperti lahan parkir, sampai dibiarkan tidak aktif.

5. Sirkuit International Karting Sentul

Foto By @haridarma_manoppo

Kalau ingin mencari tempat bermain Gokart yang mirip mirip sirkuit sungguhan, Sirkuit International Karting atau yang biasa disebut Sirkuit kecil Sentul ini mampu menjadi pilihan.

Berlokasi di Sentul city, Bogor, Jawa barat, kawasan ini dapat dijadikan sebagai trek untuk memacu adrenalin bagi para pembalap.

Untuk area balapannya sendiri dibagi menjadi dua, adalah area balap besar dan area balap kecil. Namun khusus untuk gokart, biasanya yang lebih sering digunakan yaitu area sirkuit kecil.

Foto By @wirawandito

Tarif yang dipasang disini cukup terjangkau, ialah berkisar Rp. 200.000 / orang untuk main seharian. Kalau ingin ke Sirkuit sentul kecil ini dari Jakarta, kamu bisa masuk tol jagorawi kemudian keluar di gerbang tol Sentul Selatan (South Sentul).

Berbicara soal Mobil dan balapan, kompetisi balapan F1 tahun 2020 ini tidak akan diselenggarakan di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dengan alasan penontonnya semakin lama semakin menurun, ditambah lagi Negara tetangga Malaysia ialah Singapura juga menggelar perlombaan F1.

Sementara itu Malaysia akan mengalihkan dana untuk event lain seperti MotoGP dan balapan Go-Kart.

Setelah Malaysia menyatakan mundur dari penyelenggaraan F1, Turki disebut-sebut sebagai calon pengganti terkuat untuk F1 2020 nanti.

Negara yang ber-ibukota Ankara, dekat dengan Batikent ini terakhir kali menggelar balapan pada tahun 2011 yang saat itu dimenangi oleh Sebastian Vettel.

Foto By @herrigunawan27

Selain membahas soal sirkuit yang akan menjadi arena balapan, kemungkinan besar mobil pabrikan Audi yang akan dipakai pada pertandingan F1 tahun depan.

Pabrik otomotif yang berpusat di Ingolstadt, Jerman ini sudah menunjuk wakilnya untuk menghadiri rapat yang membahas formula mesin gres untuk F1, di Paris.

Itu tadi beberapa daerah bermain gokart dan juga sirkuit untuk balapan yang ada di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni