Srambang Ngawi, Mengunjungi Keindahan Teladas Bidadari Khayangan

Lokasi wisata Srambang Ngawi mengusung konsep kombinasi keindahan teladas dengan pepohonan hutan. Kawasan juga diperkaya dengan berbagai spot-spot foto yang instagramable, yang disediakan pengelola bagi pengunjung yang hobi berfoto dan berselfie ria.

Lokasi wisata Srambang Ngawi mengusung konsep kombinasi keindahan air terjun dengan pepohonan hutan. Kawasan juga diperkaya dengan berbagai spot-spot foto yang instagramable
Srambang Ngawi. Image via: travel.detik.com

Srambang Ngawi dulu sempat terbengkalai, karena kurang terurus. Namun sesudah penataan yang baik dilakukan oleh pengelola pada tahun 2018, semua berubah. Air terjun srambang menyabet sertifikat sebagai penderasan dalam kawasan hutan terbaik ke 3 nasional.

Spot Air terjun Srambang ngawi merupakan hidangan utama yang membuat pengunjung dibuat takjub keindahannya. Suasana sangat sejuk sehingga membuat nyaman seseorang yang berada disekitar. Ditambah lagi dengan gugusan pohon rindang, semakin membuat suasana terasa asri.

Di lokasi wisata ini, pengunjung mampu melakukan aneka macam aktivitas mirip berjalan-jalan. Sembari menikmati keindahan alam, mencicipi kesejukan guyuran teladas Srambang. Merasakan mandi di jeram Srambang berasa badan dan pikiran menjadi lebih fresh. Juga mampu berfoto di aneka macam spot wisata.

Pengunjung dramang ngawi bisa berfoto di berbagai spot wisata
Berfoto di Papan nama. Image via: @afriliaeka96

Simak juga: 11 lokasi indah di Ngawi

Lokasi Srambang Ngawi

Wisata Srambang Park ini berada di tempat Hutan Jogorogo, tepatnya di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Berada di kaki gunung Lawu, menciptakan udara sekitar terasa begitu sejuk. Lokasi wisata Ngawi ini dapat ditempuh dari sentra kota Ngawi dengan jarak 30 kilometer dengan waktu tempuh 52 menit.

Rute Menuju Srambang Ngawi

Untuk pengunjung yang berangkat dari Ngawi, mampu mengarahkan kendaraan menuju hutan Jogorogo dengan rute Alun -Alun – Jl.Turnojoyo – Jl.Solo Ngawi -Jl,Siliwangi – Jl.Paron – Jl.Jogorogo – Lokasi. Rute ini kurang lebih 33 Km dengan waktu tempuh 56 Menit.

Jika pengunjung berangkat dari Magetan, Madiun, atau Ponorogo, mampu arahkan kendaraan menuju Panekan terus sampai pasar Jogorogo. Di pertigaan ambil kiri ke Jl, Mulyo Jaten ikuti jalan saja hingga ke Jl. Srambang nanti. Jika dari Magetan srambang ini malah erat walau dari alun alun magetan cuma berjarak 24 Km saja sebab lokasi srambang berada di sisi timur lawu dan sisi selatan ngawi.

Rute ke Air terjun srambnag ngawi dihias bagai berjalan di dalam taman bunga
Rute Setapak ke gerojokan. tripjalanjalan.com

Bagi pengunjung yang berangkat dari Karanganyar atau solo, bisa menuju arah kebun teh kemuning kemudian ambil jl,Trengguli – Jl.Imam Bonjol -Sine Wonosari – Sine Ngambe – Jogorogo – Lokasi. Dari kebun teh kemuning jaraknya kurang lebih 34 Km dengan waktu tempuh 70 menitan.

Jam Buka Srambang Ngawi

Srambang Ngawi Park mulai buka pukul 08.00 sampai 18.00. Walau bukans apai sore, ada baiknya datang di pagi hari. Suara alam seperti fatwa air dan kicauan burung yang terdengar lebih terperinci ketika pagi dan masih sepi pengunjung.

Tiket Srambang Ngawi

Tiket Masuk kawasan wisata Srambang Ngawi tidaklah mahal. Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 per orang. Dengan membayar biaya tiket Srambang park maka wisatawan pun dapat menikmati panorama alam serta aneka macam fasilitas yang telah disediakan.

Fasilitas Srambang Ngawi

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung kawasan wisata srambang ngawi ini, pengelola telah menyiapkan banyak sekali akomodasi.  Fasilitas Srambang Park antara lain mirip Rumah makan dengan sajian masakan kuliner khas Ngawi dan Jawa Timur.

Untuk fasilitas publik tersedia: Gazebo, Toilet umum, Tempat ibadah, Kamar Mandi, dan Area parkir yang luas dan aman.

Daya Tarik Srambang Ngawi

  1. Air Terjun dan Sungai

air terjun srambang ngawi yang mempesona
Air terjun yang elok. Image via: explorewisata.com

Simak juga: wisata keluarga Bhakti Alam

Pemandangan yang tersaji selama menuju ke jeram srambang ngawi yakni anak sungai di sebelah kanan dan kiri jalan. Mengalirkan air dingin dan sangat jernih. Udaranya sangat segar, sebab dikelilingi oleh hutan dan tebing yang tinggi.

Batu-batuan besar di sungai bisa diduduki, atau pengunjung mampu main air sambil mencipratkan air bersama keluarga. Pengunjung diperbolehkan untuk mandi di sungai, sebab arus sungainya tidak begitu deras.

Ketika hingga di jeram, lantai paving akan bertemu dengan bebatuan. Disela-sela watu ada ajaran sungai yang mengalir. Dari hempasan teladas mengalir ke sela-sela watu, lalu mengalir ke sungai-sungai di sekelilingnya.

Air terjun setinggi 25m ini sayangnya sangat ramai, sehingga agak repot mencari spot berfoto yang pas. Namun jangan khawatir, cukup menjauh sedikit dari hempasan air, maka sudah niscaya  mampu ambil foto yang instagramable.

Pengunjung juga disediakan kolam renang buatan dengan bentuk seperti anak tangga, yaitu kolam renang yang bertingkat 7 mengalirkan air higienis dari sungai. Air yang segar dijamin akan membuat belum dewasa jadi sangat betah berlama-lama di bak renang.

  1. Taman Wisata Alam ramah Selfie

Spot foto instagenic di Srambang ngawi tidak cuma kincir angin saja. Ada sangat banyak, mulai dari pintu masuk hingga menuju air terjun pun ada.
Jembatan dan Kincir. Image via: @SrambangJogorogo

Pada setiap sungai terdapat kincir air dari bambu yang akan menggerakkan alat semacam drum. Alat mekanik itu dipukul-pukulkan menggunakan tenaga air. Sehingga akan menciptakan bunyi-bunyi seperti pukulan drum.

Lalu ada juga pohon-pohon yang diberikan deskripsi yang menjelaskan pohon tersebut. Selain itu, ada sebuah kincir raksasa yang digerakkan oleh angin. Biasanya digunakan sebagai spot foto, alasannya memang sangat instagramable.

Pengunjung bisa naik ke lantai dua kincir air raksasa. Pada bagian belakangnya terdapat sebuah tebing dengan bunga-bunga yang disusun membentuk love raksasa dengan warna yang menyegarkan mata.

Spot foto instagenic di Srambang Park tidak cuma satu itu saja. Ada sangat banyak, mulai dari pintu masuk sampai menuju jeram pun ada. Spot foto keren yang bisa dicoba diantaranya Gate Srambang Park Ngawi, payung berwarna-warni, dekorasi jalan menuju gerojokan, jembatan cantik, sky tree, rumah pohon, bingkai cinta, dan rumah Nawang Wulan.

  1. Legenda dan Mitos

Wisata air terjun Srambang Ngawi dipercaya pengunjung memiliki mitos. Cerita legenda bahwa konon ada 40 bidadari yang pernah mandi di air terjun Srambang Ngawi
Kolam bidadari. Image via: bundanameera.com

Simak juga: Spot Surfing Terbaik Aceh, pantai Lhoknga

Wisata jeram Srambang Ngawi dipercaya pengunjung memiliki mitos. Cerita legenda bahwa konon ada 40 bidadari yang pernah mandi di jeram Srambang Ngawi. Sehingga pengunjung pun percaya jikalau mereka masih atau sekedar membasuh muka mampu bikin awet muda.

Selain membasuh muka tak jarang pengunjung yang membawa botol dan diisi dari air terjun Srambang Park untuk dibawa pulang. Demi menuju lokasi penderasan pengunjung rela berjalan kaki sejauh 1 kilometer.

Berdasarkan kepercayaan lokal, pengunjung Srambang Ngawi harus membasuh muka sebanyak 40 kali. Hal ini karena konon ada 40 bidadari yang mandi di gerojokan Srambang Park. Uutk mengingatkan legenda itu, dikala ini dibuatkan 7 buah patung bidadari di kolam yang bersusun 7.

Kolam renang 7 bidadari dilengkapi dengan seluncur membuat pengunjung anak dan remaja terasa kerasan. Jika anda ingin tau bisa mencoba berkunjung ke wisata teladas Srambang Park Ngawi.

  1. Objek Wisata Peraih Penghargaan

Objek wisata Srambang Ngawi meraih penghargaan di ajang bergengsi East Java Culture and Tourism Award 2019.
Pantas raih penghargaan. Image via: pesonawisataindonesia.com

Objek wisata Srambang Ngawi meraih penghargaan di ajang bergengsi East Java Culture and Tourism Award 2019. Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Hotel Harris Surabaya.

Keberhasilan Srambang NGawi Park dinilai dari sisi kemajuan pariwisata, jumlah pengunjung dan dominasi faktor alam serta kearifan lokal. Penghargaan di kategori wisata buatan juga diraih Kota Batu sebagai juara I dan Kabupaten Trenggalek menjadi juara III.

rumah nawang wulan, sa;lah satu spot foto di srambang ngawi
Rumah Nawang Wulan. Image via: @dian_rahmadani22

Simak juga: Danau Lau KAwar di Kaki SInabung

Tips Mengunjungi Srambang Ngawi

Agar kunjungan ke Srambang Park dalam rangka mengisi libur semakin berkesan dan menyenangkan, berikut ini yakni tips yang sebaknya diperhatikan.

  • Berangkat Pagi Hari

Kunjungan pun akan lebih baik dilakukan saat destinasi ini gres buka. Ketika masih pagi, jumlah pengunjung masih belum terlalu banyak. Berbagai spot berfoto mampu lebih leluasa untuk dinikmati tanpa gangguan.

  • Persiapkan Kondisi Kendaraan Lokasi

Srambang Park yang berada di ketinggian menciptakan pengunjung erat dengan tanjakan, turunan, dan tikungan ketika berkendara menuju ke sana. Oleh alasannya itu, pastikan kendaraan siap untuk melewati rute seperti itu.

Jalan beratapkan taburan payung warna warni, menajdi laar foto indah di srambang ngawi
Taman payung. Image via: inspirasijatim.com

  • Bawa Payung atau Jas Hujan Sebelum memasuki Srambang Park

Ada baiknya untuk membawa payung atau jas hujan. Hal itu penting karena hujan kerap kali turun di bulan Desember dan Januari. Terlebih destinasi Srambang Ngawi berada di pergunungan yang merupakan tempat tangkapan hujan.

  • Bawa Baju Ganti

Air sungai yang mengalir di Srambang Ngawi Park begitu segar. Pengunjung mampu menikmati kesegaran air yang pribadi bersumber dari Gunung Lawu itu. Agar tidak berair kuyup saat perjalanan kembali ke rumah, pakaian ganti tentu diperlukan.

  • Jangan Lupa Bawa Kamer

Keindahan Srambang Ngawi Park rasanya sangat disayangkan jikalau hanya dinikmati dengan kedua mata. Keindahan itu sangat layak untuk diabadikan sebagai kenang-kenangan dikala mengunjungi destinasi ini. Spot instagramable juga ada begitu banyak di sini.

Foto di Gazebo.
Foto di Gazebo. Image via: @dian_rahmadani22

Simak juga: Lembah HArau berpagar tebing 500 meter

Objek Wisata Dekat Srambang Ngawi

Pariwisata Ngawi bukan hanya air terjun Srambang Ngawi saja. Masiha da banyak pilihan objek lainnya. Salah satunya yang sangat terkenal ialah  Air Terjun Pengantin. Air terjun ini pernah menjadi lokasi utama dari film tersebut. Nama yang unik itu digunakan sebab ada sepasang penderasan dengan ketinggian yang sama ialah 12 meter.

Unutk yang suka wisata sejarah, Ngawi punya Museum Trinil. Ada spesies yang disebut Phitecantropus Erectus dan merupakan fosil populer yang ditemukan di kawasan Ngawi. Tak heran jika museum ini juga menjadi daya tarik bahkan untuk para peneliti.

Demikian itu cerita kisah kami soal Wisata Srambang Ngawi. Sudah saatnya kita galakkan kembali berwisata ke Alam, sebagaai salah satu bentuk wisata yang sehat. Sehat dalam artian menyenangkan dan juga edukatif.

Selamat berlibur!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni