Suasana Lebaran Di Malaysia, Tidak Ada Takbir Keliling?

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”12133″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Perayaan idul fitri atau lebaran bukan hanya dilakukan di negara kita saja. Tetapi, di negara-negara muslim lainnya juga merayakannya seperti Malaysia. Negera dengan julukan negeri Jiran ini memiliki sekitar 61%. Sehingga, antusiasme masyarakat dalam menyambut hari raya idul fitri tinggi.

Walaupun masih satu rumpun, tapi ada perbedaan antara suasana lebaran di Malaysia dan Indonesia. Tradisi lebaran ini mampu tergantung pada kebudayaan dan akidah masing-masing kelompok masyarakat.

Perayaan idul fitri sebenarnya hanya wujud kebahagiaan dalam menyambut datangnya hari nan fitri setelah sebulan berpuasa. Jadi, masuk akal saja bila daerah satu dengan kawasan lainnya mempunyai perbedaan dalam merayakannya. Nah, berikut suasana lebaran di Malaysia!

Tidak Ada Takbir Keliling

Malam Takbiran di Malaysia, foto: anekainfounik.net

Tidak seperti di Indonesia yang setiap malam idul fitri selalu ramai dengan takbir keliling. Mulai dari keliling dengan berjalan kaki sampai dengan kendaraan mirip truk. Takbir keliling ini biasanya menggunakan pengeras suara, bedug serta peralatan lainnya.

Sementara di Malaysia, kebiasaan takbir keliling tidak dilakukan. Jalan-jalan besar bisa dilewati tanpa macet. Bagi kamu yang berlebaran di Malaysia, mungkin akan sangat merindukan Indonesia.

Mudik

Warga Malaysia Mendapatkan Trasportasi Yang Nyaman Untuk Mudik, foto: merdeka.com

Perbedaan suasana lebaran di Malaysia adalah tidak ada tradisi pulang kampung. Jika di Indonesia seminggu sebelum idul fitri jalan-jalan raya sudah ramai kendaraan yang mengantarkan pemudik, hal itu sama di negeri Jiran. Tapi, tentunya tidak seramai Indonesia.

Jika di Indonesia menyebutnya mudik, sedangkan di Malaysia disebut bali kampung. Bali kampung dilakukan mulai dari seminggu sebelum lebaran tiba. Orang-orang yang tinggal di kota besar, kembali ke kampung halaman.

Takbiran Hanya Sebentar

Meriahnya Perayaan Idulfitri di Malaysia, foto: panduanwisata.id

Kalau di negeri kita takbiran dilakukan dari habis isyak sampai pagi. Bahkan kebanggaan sholat pun mengumandangkan takbir. Sedangkan di negeri Jiran Malaysia, takbiran hanya dilakukan sebentar saja sehabis sholat isyak berjamaah, bukannya semalam suntuk.

Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Kue dan Biskuit Popiler di Saat Idulfitri di Malaysia, foto: gomuslim.co.id

Menjelang hari raya idul fitri, biasanya harga kebutuhan pokok di Indonesia mengalami kenaikan. Budget keperluan rumah tangga ketika puasa dan lebaran menjadi lebih tinggi. Namun, kondisi mirip itu tidak dialami masyarakat Malaysia.

Sebab, toko-toko besar disana justru berlomba-lomba mengadakan diskon besar-besaran menjelang idul fitri. Sehingga, tak pusing memikirkan kenaikan bahan kebutuhan pokok. Bisa dibilang periode menjelang lebaran yaitu waktu yang sempurna untuk berbagi dan mencari pahala sebesar-besarnya.

Kaum Dhuafa dan Anak Yatim Dimuliakan

Suasana Idulfitri di Malaysia, foto: panduanwisata.id

Ketika idul fitri tiba, anak yatim dan kalangan tidak bisa sangat dimuliakan. Pemerintah serta para penduduk negeri Jiran berlomba-lomba menawarkan santunan secara terhormat kepada bawah umur yatim dan kaum dhuafa.

Mereka tidak disuruh mengantri berpanas-panasan menunggu pemberian itu. Akan tetapi, masyarakat yang memiliki rejeki eksklusif mendatangi dari rumah ke rumah. Besarnya dukungan tersebut juga cukup banyak.

Salah satunya seperti kaum dhuafa dan anak-anak yatim diberikan kesempatan dan jaminan mampu bersekolah gratis. Tentunya sekolah-sekolah yang dikelola oleh kerajaan atau pemerintah. Nampaknya, kita sebagai warga Indonesia bisa mencontoh pertolongan pertolongan itu.

Jamuan Raya

Lebaran di Malaysia Juga Makan Ketupat, foto: lifestyle.okezone.com

Orang-orang di Malaysia selalu melakukan open house atau disebut dengan jamuan raya. Jamuan raya ini mengundang kerabat, tetangga serta teman-sahabat maupun rekan-rekan kerja untuk makan di rumahnya.

Disediakan menu lebaran yang lezat dan nikmat. Bahkan bisa sampai sebulan penuh mereka mengadakan usul jamuan raya. Pastilah menyenangkan mampu makan enak sebulan penuh bersama orang-orang terdekat.

Open house, bantu-membantu juga boleh diikuti siapapun. Pintu rumah dibuka lebar-lebar, siapa saja boleh masuk, meski bukan beragama islam sekalipun. Tujuannya ialah mempererat tali silaturahmi dengan menghargai perbedaan.

Kuliner Khas Idulfitri

Membuat Lemang, foto: gomuslim.co.id

Sama mirip Indonesia, Malaysia juga memiliki masakan khas lebaran. Satu hari sebelum hari raya idul fitri datang, menu sudah disiapkan. Diantaranya mirip ketupan, lemang, rendang hingga beragam kudapan manis kering. Kue tersebut dikenal dengan Kuih Raya.

Baju Idulfitri

Pakasian Ketika Idulfitri, foto: gomuslim.co.id

Kalau di lingkungan kita biasanya lebaran identik dengan baju baru. Toko-toko pakaian, sandal sepatu dan aksesoris selalu ramai menjelang idul fitri. Namun, di negeri Jiran tidak begitu, mereka menyambut idul fitri tidak harus mengenakan baju gres.

Mereka justru mengenakan baju tempat mirip Baju Melayu untuk pria dan Baju Kurung bagi perempuan. Jadi, tidak ada budget tertentu untuk membeli baju serta perlengkapan lainnya.

Berkunjung ke Makam Leluhur

sholat idul fitri di malaysia, foto: sudirmansetiono.blogspot.com

Suasana lebaran di Malaysia juga dihiasi dengan berziarah ke makam orang-orang terdekat yang sudah meninggal. Mereka melaksanakan itu sesudah sholat ied. Tradisi itu juga sama yang kita lakukan selama ini.

Rasanya tak jauh beda suasana lebaran di Indonesia dan Malaysia. Kamu mungkin bisa menimbulkan Malaysia sebagai destinasi menghabiskan libur lebaran bersama keluarga. Terdapat beberapa titik daerah wisata yang mampu meningkatkan quality time bersama keluarga.

Kuala Lumpur Bird Park merupakan tempat wisata yang paling sering dikunjungi. Tempat ini merupakan kebun hewan tapi khusus merawat dan memelihara burung serta sebangsa unggas. Bagi kamu pecinta burung mampu kesana untuk menyaksikan keindahan berbagai jenis burung.

Tujuan libur lebaran berikutnya yang menarik yakni Aquaria KLCC. Aquaria KLCC merupakan daerah wisata dengan akuarium raksasa. Aquarium tersebut berisi berbagai macam ikan. Disana kaku bersama keluarga bisa melihat kehidupan laut, ikan-ikan menarik hingga memberi makan ikan itu.

Suka dengan permainan lego, kau bisa datang ke Legoland Malaysia ketika libur lebaran. Lego memang permaianan menyenangkan bagi semua kalangan alasannya adalah bisa dimainkan oleh bawah umur hingga orang akil balig cukup akal. Terdapat 40 wahana permainan di Legoland Malaysia.

Tak hanya itu, disana pun ada waterpark yang mampu menciptakan kamu bermain-main air. Disana juga ada hotel-hotel berfasilitas lengkap sebagai tempat bermalam.

Demikianlah suasana libaran di Malaysia serta beberapa destinasi wisata untuk menghabiskan libur lebaran.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni