Suka Berpetualang? 10 Gunung Di Bogor Ini Wajib Buat Kamu Sambangi

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67483″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Berbicara tentang pesona wisata kota Bogor, niscaya tidak jauh-jauh dari yang namanya Puncak. Ya, ketika weekend tiba, areal ini akan selalu dibanjiri para pengunjung dari Jakarta.

Memiliki pemandangan yang begitu memanjakan mata serta dibalut dengan udara cenderung sejuk, mengakibatkan puncak sebagai salah satu spot paling terkenal di kota Bogor.

Selain kawasan puncak, Bogor juga diberkahi sederet gunung elok dengan segudang keindahan alam oleh Sang Pencipta. Tidak hanya tanahnya yang subur, namun konturnya juga begitu mempesona.

Dengan banyaknya gunung bertebaran di Bogor, tak heran kalau kota ini pun kerap menjadi incaran para pendaki, baik dari yang pemula hingga professional.

Kalau kita search di google tentang “gunung di Bogor” mungkin akan ada banyak artikel berbeda yang muncul terkait kata kunci, mirip alamat pabrik, rumah kontrakan atau dijual, panti pijat, toko jual perlengkapan dan lain sebagainya.

Tapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini, melainkan perihal objek wisata pegunungan yang ada di kota Bogor, Jawa barat. Maka untuk itu, JejakPiknik akan ulas secara lengkap melalui artikel dibawah.

Dan berikut ialah 10 daftar gunung dengan pemandangan indah di kota Bogor yang tak pernah luput dari pandangan para pendaki.

1. Gunung Gede

Foto By @exploregunung_

Semua orang pasti sudah sangat kenal dengan objek wisata ini. Ya, Mount Gede merupakan salah satu spot pendakian paling laku manis di Indonesia. Mengapa?

Karena letak dari puncak berketinggian 2.958 mdpl ini bersahabat dengan Jakarta dan Bandung, jadi sangat masuk akal bila banyak pekerja-pekerja perusahaan memilihnya sebagai daerah untuk refreshing sesudah sepekan dikejar deadline.

Selain itu, Gede mountain juga punya Alun-alun surya kencana, adalah sebuah spot terbaik buat menikmati keindahan bunga Edelweiss. Untuk menuju lokasinya, ada 3 jalur yang mampu kau pilih, yakni via Gunung Putri, Cibodas dan Salabintana.

2. Gunung Pangrango

Foto By @yunitasfau

Kalau yang satu ini bisa dibilang masih sepaket dengan Mount Gede, karena untuk jalur pendakian menuju puncaknya sama, hanya beda di belokan pertigaan saja.

Sama seperti Gede, Pangarango juga punya satu spot istimewa, namanya adalah Lembah Mandalawangi. Ini disebut-sebut sebagai daerah fenomenal, dimana dulu ada seorang penyair fenomenal yang sering menghabiskan waktunya disini.

Menurut catatan, gunung setinggi 3.019 mdpl ini belum pernah meletus, oleh alasannya tak heran jika puncaknya yang berbentuk kerucut masih terlihat begitu mulus.

Selain lembahnya, di sekitar Pangarango ini kau juga mampu menemui beberapa objek wisata terkenal lainnya mirip Telaga Biru dan Canopy Trail.

3. Gunung Munara Rumpin

Foto By @krisna.asfiz

Spot berketinggian 300 meter diatas permukaan maritim ini sebenarnya lebih mirip sebuah bukit. Namun begitu, ia menjadi salah satu daerah yang cocok didaki oleh para pemula.

Secara geografis, Munara terletak di daerah Kampung Sawah, Rumpin, kabupaten Bogor. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun trek menuju area puncaknya cukup menantang.

Hal menarik dari Munara ini yaitu udara di sepanjang perjalanan menuju puncaknya cenderung sejuk. Selain itu, pemandangan di sekitar juga begitu unik, terdapat goa-goa yang dipenuhi oleh akar-akar berukuran raksasa.

4. Gunung Bunder

Foto By @ufauzar10

Kawasan wisata yang merupakan bagian dari Taman Nasional Halimun Salak dan dikenal dengan nama Mount Bunder ini termasuk salah satu objek wisata antimainstream di Bogor.

Pepohonan yang tumbuh disekitarnya begitu rapat, sehingga sulit ditembus matahari. Meski begitu, Mount Bunder di kawasan Pamijahan ini menjadi salah satu daerah favorit warga Bogor untuk menghabiskan simpulan pekan.

Cukup menempuh waktu sekitar 1,5 jam dari kota Jakarta, menjadi alasan kuat bagi warga ibukota untuk mengunjunginya. Ditambah lagi, di Gunung Bunder banyak terdapat curug-curug tersembunyi mirip Cigame, Pangerang, Seribu, dll.

5. Gunung Kencana

Foto By @fidyaa.mel

Berada di erat Gede Pangarango, Mount Kencana juga hadir sebagai salah satu destinasi wisata yang mengagumkan di kota Bogor. Dengan panorama yang tak kalah indah dari Bukit Geulis, membuatnya kerap dijadikan tujuan liburan oleh warga Jakarta.

Kencana sendiri terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kec.Cisarua. Ketinggiannya sekitar 1.802 meter diatas permukaan bahari dan memiliki trek yang cukup menantang. Pemula sangat tidak disarankan naik ke gunung ini.

6. Gunung Pancar

Foto By @isamazharisme

Salah satu daerah yang paling disukai orang-orang atau perusahaan di Bogor ialah Gunung Pancar. Pasalnya, banyak spot foto dan kegiatan menarik yang mampu kamu lakukan disini seperti camping sampai hiking.

Selain itu, di sekitar gunung yang pernah diberitakan retak ini terdapat sebuah kawasan pemandian air panas berupa kolam renang. Makara cocok buat kamu yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

View yang ditawarkan pun tak kalah menarik dari Gunung Mas. Namun untuk menikmati keindahannya, kamu akan dikenai tarif. Tak perlu khawatir, harga tiketnya murah kok hanya sekitar 5 ribu per orang.

7. Gunung Salak Endah

Foto By @salakmountain

Gunung berapi yang namanya kerap dijadikan soal TTS ini termasuk salah satu kawasan yang dikeramatkan di kota Bogor alasannya kemistisannya.

Terletak diantara 2 kabupaten yaitu Bogor dan Sukabumi, Mount Salak Endah berada pada ketinggian 2.211 mdpl. Selain sebab penuh misteri, ia juga memiliki trek yang cukup terjal, sehingga tak heran bila banyak pendaki tertarik menaklukkannya.

Diberi nama demikian, sebenarnya ia tidak mempunyai korelasi sama sekali dengan buah salak. Menurut beberapa sumber, penamaannya diambil dari bahasa Sanskerta yakni Salaka yang berarti “Perak”.

8. Gunung Batu Jonggol

Foto By [email protected]

Berbicara perihal daya tarik, spot 875 mdpl ini memang populer memiliki pemandangan begitu indah dan dengan ketinggiannya yang tergolong rendah, membuatnya gampang untuk didaki oleh siapa saja.

Untuk mencapai puncaknya, kamu cuma perlu berjalan kaki sekitar 45-90 menit saja. Namun begitu, harus tetap berhati-hati karena jalur pendakiannya cukup menantang. Lokasi dari spot ini ialah berada di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

9. Gunung Eusing

Foto By @laesarilaesari

Menikmati wisata trekking di Bogor, Mount Eusing di desa Gobang, Kecamatan Rumpin juga mampu dijadikan alternatif. Memiliki ketinggian sekitar 360 mdpl, spot ini juga sangat cocok didaki para pemula.

Walau tergolong pendek, namun jalur menuju puncak diharapkan tenaga lebih. Dibalik perjalanan yang menguras keringat, Eusing juga mempunyai panorama begitu mengagumkan.

10. Gunung Alesano

Foto By @chicarito_

Biar liburanmu di kota Bogor makin seru, buang dulu jauh-jauh niatmu untuk sewa penginapan, hotel melati, villa atau resort, sesekali cobalah camping di Gunung Alesano.

Area perbukitan yang terletak di Desa Cipelang, Cijeruk ini terkenal sebagai salah satu daerah berkemah paling hits di kota Bogor dengan hamparan kerlip bintang dan lampu-lampu perkotaan.

Satu hal yg selalu dinanti-nantikan disini ialah keindahan sunrise-nya. Bertandang ke Alesano, jangan lupa bawa outfit kece ya buat foto-foto!

Demikianlah informasi mengenai gugusan gunung yg ada di Bogor. Semoga mampu membantu dan salam JejakPiknik!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni