Tak Melulu Thai Tea, 10 Minuman Khas Thailand Ini Juga Patut Kamu Coba

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”68182″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Saat berlibur ke luar negeri, salah satu acara yang dihentikan dilewatkan begitu saja yaitu wisata kulinernya, termasuk saat bertandang ke Negeri Gajah Putih, Thailand.

Bukan cuma masakan, Thailand juga punya beraneka macam minuman yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan dan rasanya semua menyegarkan serta menggoda selera.

Jika kau belum tahu, JejakPiknik akan memberimu beberapa jenis minuman khas Thailand, selain dari Thai Tea. Penasaran? Dibawah ini adalah ulasan selengkapnya. Disimak baik-baik ya!

1. King Mango Tea

Minuman khas thailand halal adalah keras alkohol resep negara nama aneka cha yen cara membuat dingin dan es macam thai tea tradisional
Foto By @razeenapalekar

Mangga memang terbilang sangat mudah ditemui di Thailand. Tak heran jika ada banyak menu khas negara tersebut yang bahannya terbuat dari buah manis ini, salah satu contohnya yakni King Mango Tea.

King Mango Tea ini tak hanya populer di negara asalnya, tapi juga di Indonesia. Hal tersebut tentu tak terlepas dari kelezatan yang terkandung di dalam sajiannya. Sesuai namanya, bahan utamanya ialah buah mangga.

Salah satu tempat paling populer akan minuman ini di Thailand yaitu MangoTango. Saking populernya, spot tersebut tak pernah sepi dari pengunjung.

Semua sajian berbahan dasar mangga mampu kamu temui disini, termasuk King Mango Tea. Dan harganya kisaran 60-185 baht atau setara dengan Rp.25.500-Rp.79.550.

2. Oliang

Foto By @lucky_foods

Es kopi hitam khas Thailand yang dikenal dengan nama oliang ini juga termasuk salah satu minuman hambar yg cukup terkenal di Negeri Gajah Putih.

Tapi es kopi hitam ini hanya bisa dinikmati sebagian orang saja. Pasalnya, paling banyak ditemui ketika sedang bulan rahmat. Menurut resep, bahan-bahan cukup mudah ditemukan mirip jagung, kedelai, biji wijen, beras, kapulaga serta es watu.

Selain bahannya mudah didapat, cara menciptakan oliang juga cukup gampang. Jika kamu yang suka menikmati kopi anggun, bisa menambahkan sirup atau susu ke dalam campurannya.

Kerap dijadikan menu buka puasa, tak menciptakan oliang sulit untuk ditemui sebab sudah tersedia di warung-warung kopi. Jadi, jika ada kesempatan untuk mencicipinya, jangan sampai dilewatkan ya!

3. Cha Manao

Foto By @dots_kohphangan

Kamu tahu apa itu cha manao? Mendengar nama minuman satu ini mungkin terasa sangat ganjil, alasannya jarang ditemui di negara-negara lain, tidak seperti thai tea yang sangat terkenal. Namun begitu, sajian segar tersebut rasanya tak kalah menggoda lho.

Cha manao sendiri merupakan sebutan untuk minuman khas Negeri Gajah Putih yang terbuat dari teh dan lemon. Bisa dibilang, ini ialah lemontea-nya orang Thailand.

Cha manao ini sangat cocok diminum dikala siang hari dan akan terasa sangat menyegarkan di tenggorokan. Perpaduan bahannya memberi rasa begitu khas.

Untuk mendapatkan cha manao juga tidak sulit alasannya adalah banyak dijajakan baik di kedai pinggir jalan ataupun di sejumlah restoran. Soal harganya, cukup akrab dengan kantong.

4. Nom Yen

Foto By @rafcarlosaid

Sajian segar dengan penampilan yang elok dan menggoda ini namanya yakni Nom Yen. Minuman tersebut gampang sekali ditemukan di warung pinggir jalan. Makara, jika kau ke Thailand jangan lupa untuk mencicipinya ya!

Nom Yen sendiri merupakan menu perpaduan antara susu dengan sirup dan mempunyai banyak sekali warna bagus, sehingga membuatnya semakin terasa menarik hati.

Selain gampang ditemui di sepanjang jalan, harga nom yen juga murah meriah mulai dari 15-25 baht atau setara dengan Rp.6.929-Rp.11.549. Jika ingin perhiasan roti, cukup membayar 30-60 baht saja.

5. Lao Kao

Foto By @pattaya_insider

Lao Kao ini materi utamanya terbuat dari beras dan termasuk salah satu jenis minuman keras. Untuk cara pembuatannya sendiri yaitu dengan disuling.

Secara umum, orang-orang Thailand lebih suka mengkonsumsi wiskey atau bir ketimbang anggur. Hal tersebut dikarenakan wine mempunyai harga yang cukup mahal.

Dan minuman tradisional yang mengandung alkohol satu ini rasanya tidak berbeda jauh dengan anggur. Nah, buat kamu yg ingin atau sedang berlibur ke Thailand, jangan lupa icip-icip Lao Kao ya!

Satu botol lao kao ini biasanya dihargai sekitar 60 baht atau setara dengan Rp.27.717. Tidak sulit untuk mendapatkannya, karena banyak dijajakan di supermarket di Thailand.

6. Nam Manao

Foto By @inspirander

Minuman khas Thailand satu ini berbeda jauh dengan lao kao dan termasuk halal. Sebab bahan utama pembuatannya terbuat dari perasan jeruk nipis yang lalu diberi adonan gula, garam serta es batu.

Nam manao sangat populer saat demam isu panas, para wisatawan sangat suka berburu minuman ini alasannya adalah cocok buat melepas dahaga dan bahkan selalu menjadi sajian yang wajib ada dikala bulan puasa.

Untuk mendapatkannya juga tidak sulit. Tak hanya menyegarkan, tapi harganya pun sangat ramah dikantong. Gimana, tertarik mencobanya?

7. Nam Dang-Mu Pan

Foto By @kopigajah.yk

Resep belakang layar dari minuman khas Thailand yang dikenal dengan nama Nam Dang-Mu Pan ini adalah cuilan buah semangka yg diblender hingga halus bersama es batu.

Sekilas, tampilannya sama seperti jus semangka tapi nam dang-mu pan ini teksturnya lebih berangasan. Rasanya pun sangat menggoda dan menyegarkan di tenggorokan.

Nam Dang-Mu Pan ini juga banyak disajikan pada menu-menu di restoran atau rumah makan. Tak perlu khawatir soal harga, karena dibanderol dengan sangat terjangkau.

8. Nam Som

Foto By @md206_photography

Nam Som juga merupakan salah satu minuman khas yang sangat populer di Negeri Gajah Putih. Menurut para wisatawan, ini adalah jus jeruknya orang Thailand.

Rasanya manis dan segar, sangat cocok untuk melepas dahaga di abad suasana sedang panas terik. Sama mirip di Indonesia, Nam son juga gampang ditemui baik di gerai makan pinggir jalan ataupun restoran dan harganya pun relatif murah.

9. Nam Bi Tua

Nam Bi Tua, gambar By @ria_andika

Nah, untuk jenis minuman yang dikenal dengan nama Nam Bi Tua ini termasuk menu herbal alasannya materi dasarnya terbuat dari alang-alang.

Warnanya yang hijau alami membuatnya semakin tampil menarik hati. Apalagi jikalau dicampur dengan es batu dan gula, akan membuatnya makin menyegarkan.

Cara menciptakan nam bi tua ini juga tergolong gampang, cukup merebus daun alang-alang kemudian tambahkan gula dan es. Untuk mendapatkannya juga tidak sulit, kamu mampu menikmatinya di warung-warung makan. Meskipun murah tapi rasanya tak murahan.

10. Tom Yum Siam

Foto By @micarose81

Memiliki nama sama seperti sup khas Thailand, jangan menduga ini sop ya! Tom Yum Siam ialah sejenis minuman koktail.

Rasa tom yum siam ini juga sangat menyegarkan. Untuk bahan-bahanya sendiri terbuat dari vodka, rum malibu, sirup leci, jeruk nipis, sereh, daun limau dan cabai merah sebagai hiasan.

Tom Yum Siam mampu ditemui di café atau bar-kafe di Thailand. Soal harga, banyak yang bilang cukup bersahabat dengan dompet.

Nah, menarik hati semua kan referensinya? Makara, dari aneka minuman khas Thailand diatas, mana nih yang pengen banget kamu cobain atau semuanya?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni