Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6608″
data-slug=””>

4.3
/
5
(
7

votes

)

Lokasi: Negeri Kidul, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111

Maps: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka Tutup: 06.00 – 09.00 WIB dan 16.00 – 18.00 WIB

Telepon:

Purwakarta memang sekarang ini menjadi salah satu destinasi wisata di daerah Jawa Barat. Cukup masuk logika mengingat banyak kawasan wisata menarik di sini. Mulai dari Waduk Jatiluhur, Wisata Alam Ciracas sampai Giri Tirta Kahuripan.

foto by instagram.com/fujjisu

Ketiga daerah wisata ini memang merupakan daerah-tempat wajib yang biasa dikunjungi oleh para turis kala menginjakkan kaki ke Purwakarta. Apalagi sekarang ini banyak lokasi wisata dengan keunikan serta daya tarik tersendiri.

Purwakarta mempunyai banyak kawasan wisata yg menarik. Sekarang ini salah satu alternatif destinasi yg wajib dikunjungi adalah Taman Air Sri Baduga. Salah satu lokasi wisata dengan konsep dan juga tampilan menarik.

foto by instagram.com/errikprastyo

Menilik Lokasi

Taman wisata air mancur ini kini ini menjadi incaran para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal saja. Para turis mancanegara juga tertarik untuk mengunjungi Purwakarta untuk melihat keindahan taman ini.

Apalagi banyak yang mensejajarkan Taman Air Mancur Sri Baduga ini dengan Time of Wings dari Singapura. Bahkan ada yg percaya bahwa kehebatan dan keunikannya melebihi taman air di Singapura tersebut.

Taman Air Sri Baduga ini dibangun secara sedikit demi sedikit. Yaitu tahap I dan II. Setelah rampung alhasil taman wisata ini resmi merupakan air mancur terbesar yang ada di tempat Asia Tenggara.

foto by instagram.com/squadsakram.13

Praktis hal ini membuat warga Purwakarta patut berbangga dengan adanya taman wisata air mancur tersebut. Apalagi pelantikan Taman Air Mancur Sri Baduga ini yakni tonggak sejarah gres di Indonesia. Merupakan karya anak bangsa yg luar biasa.

Dalam pelantikan tahap II, Taman Air Sri Baduga ini sudah dilengkapi dengan adanya air mancur yg bisa menari dengan tinggi mencapai enam meter. Selain itu ada papan dengan bentuk “T” di area tengah danau.

Papan atau stage ini di tujukan untuk pementasan tari yang ditampilkan diantara pertunjukkan air mancur tersebut. Guna menciptakan suasana menjadi lebih menarik, tentu saja sudah ada sorotan lampu laser guna memperlihatkan imbas lebih maksimal.

foto by instagram.com/aisyahdiyo

Keindahannya

Kawasan wisata ini dahulu memang dikenal dengan nama Taman Situ Buleud. Obyek wisata tersebut pada awalnya dipakai untuk berolahraga pagi. Selain itu digunakan untuk masyarakat Purwakarta untuk duduk kalem.

Sekarang ini Sri Baduga sudah menjadi salah satu lokasi air mancur dengan bentuk dan tampilan sangat seperti dengan air mancur di Danau Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab. Meski begitu masih belum bisa menandingi Taman Air Mancur di Dubai tersebut.

Air mancur yg ada di Danau Burj Khalifa ini memang memegang rekor sebagai taman terbaik dan juga terbesar di dunia. Apalagi dengan aneka imbas serta tampilan yg luar biasa menawan.

foto by instagram.com/asrhyl_017

Taman Air Mancur Sri Baduga ini memiliki sekitar 100 pipa dimana memiliki fungsi untuk memancarkan air hingga mencapai ketinggian 10 meter. Pipa ini mengelilingi dan juga memenuhi area taman air dengan luas 2 hektar.

Di sekitar taman ini akan muncul kerlap-kerlip lampu dan juga paduan warna yang menarik dan juga cantik. Selain itu ada perhiasan musik guna menciptakan pertunjukkan menjadi lebih Istimewa. Tentu saja kawasan wisata ini mampu dikunjungi untuk umum.

Apalagi bagi para pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis guna menyaksikan dan menikmati pertunjukan tarian air mancur tersebut. Tidak heran bila para pengunjung terutama belum dewasa dan keluarga sangat tertarik melihatya.

foto by instagram.com/asep_risnandi

Jadwal Pertunjukkan

Bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan dan menikmati pertunjukan air mancur di kawasan wisata ini disarankan untuk mengatur waktu. Pasalnya menjelang dimulainya pertunjukkan tersebut, di obyek wisata ini akan penuh dengan para pengunjung

Pertunjukan air mancur ini biasanya digelar setiap hari Sabtu malam mulai jam 19.30 WIB dan berakhir pada pukul 22.30 WIB. Sangat masuk akal kalau di tamat pekan ini tempat wisata ini akan penuh para turis.

Jika hanya ingin menikmati suasana taman, area taman wisata ini bisa dikunjungi secara umum dan dibuka setiap hari. Pada pagi hari taman ini dibuka sejak pukul 6 pagi hingga jam 9 pagi. Sementara untuk malam atau sore hari, dibuka pada pukul 4 sore sampai 8 malam. Meski begitu pada hari Sabtu taman akan dibuka sampai malam hari.

foto by instagram.com/diannovtsr

Aktifitas Menarik

Ada banyak aktifitas yg bisa dilakukan di sini. Ketika pagi hari tidak jarang warga sekitar berolahraga di sekitar taman. Ada yg berlari, jogging, sampai senam. Selain itu ada pula warga sekitar yg melakukan olahraga mirip bermain bola.

Para warga sekitar juga kerap menggunakan area ini untuk bersantai sembari menikmati pemandangan dan juga panorama yg ada di sekitar atau sekeliling dari kota Purwakarta tersebut. Menjadi salah satu daya tarik tersendiri tentunya.

foto by instagram.com/hamdan_chan

Begitu pula di sore hari. Banyak warga dan juga turis berolahraga di sekitar area ini. Ada pula yg duduk kalem sembari menikmati sore hari. Ditambah lagi suasana di sore hari sekitar taman tersebut memiliki suasana menarik.

Di final pekan tentu saja warga sekitar sampai wisatawan lokal dari Purwakarta, Bandung, Subang dan kawasan lainnya mengunjungi taman tersebut guna menyaksikan pertunjukkan di Sri Baduga ini.

Tidak perlu heran jikalau semenjak sore hari di sekitar taman tersebut sudah penuh oleh para pengunjung. Jika ingin menikmati pertunjukkan tersebut, disarankan untuk berada di taman tersebut semenjak sore hari.

foto by instagram.com/andinafebriani

Fasilitas Yang Ada

Fasilitas yg disediakan oleh pemerintah sentra Purwakarta untuk area wisata ini sudah cukup memadai. Di sini sudah ada aneka macam macam fasilitas pendukung. Mulai dari area parkir yg sudah sangat luas sampai akomodasi lainnya.

Untuk kawasan ibadah seperti musholla sudah ada di akrab taman. Begitu juga dengan toilet umum. Di sini juga sudah ada jalur khusus untuk para warga yg ingin berolahraga jogging dan lari serta bersepeda.

Untuk menikmati hidangan pertunjukkan air mancur, sudah ada kawasan duduk bagi para wisatawan yg ingin bersantai sembari menikmati pertunjukkan tersebut.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni