Taman Bahari Olele, Keindahan Maestro Lukis Di Taman Bawah Air

Taman Laut Olele yang berpasir putih sangat bersahabat dengan permukiman warga. Tapi jarak yang bersahabat tersebut tidak menciptakan perairan di sekitarnya terkontaminasi. Airnya masih mempunyai visibility yang bagus, terumbu karangnya pun masih padat dan terjaga dengan baik.

Taman Laut Olele memilki kkarang yang unik, yaitu berupa dataran dan berupa tebing.
Dinding Pamer Taman Laut Olele. Image via: genpi.id

Karang yang warna-warni dengan bentuk yang beragam akan menyambut siapapun yang mencoba menceburkan diri ke perairan Taman Laut Olele. Di kedalaman dua meter, hamparan koral sudah bisa terlihat dengan terang.

Tempat ini sangat cocok untuk bersnorkeling, ditambah lagi perairan disini cukup hening alasannya berada di sebuah teluk, adalah Teluk Tomini. Jika merasa kurang puas dengan bersnorkeling, menyelam ialah pilihan sempurna saat anda bekunjung ke taman laut ini.

Terdapat banyak spot penyelaman dengan karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Spot tersebut yakni Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, dan Muck Dive, namun yang menjadi favorit para penyelam adalah Jinn Cave.

Perlu anda ketahui, di taman bahari ini terdapat sponge coral endemik yang tidak dapat ditemukan di perairan manapun. Keberadaannya dicari-cari para penyelam mancanegara. Keunikannya terdapat pada motif koral yang ibarat lukisan salah satu seniman dari Spanyol yang bernama Salvador Dali.

keindahan taman laut olele menarik keinginan pengantin baru untuk Preweding underwater
Preweding underwater. Image via: genpi.co

Simak juga: 11 wisata Gorontalo

Lokasi Taman Laut Olele

Taman Laut Olele yakni sebuah obyek wisata laut yang ada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Lokasi Olele ini berjarak hanya 20 kilometer dari pusat kota Gorontalo.

Rute Menuju Taman Laut Olele

Cukup mudah menuju Olele yang berjarak hanya 20 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Lewat jalur darat diharapkan waktu 40-50 menit menuju Pantai Olele.

Ada alternatif lain lewat bahari dengan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Gorontalo langsung menuju Olele. Waktu tempuh lebih cepat sekitar 10 menit ketimbang perjalanan lewat darat.

Sesampai di Olele disediakan bahtera menuju spot-spot terumbu karang yang indah nan memesona. Harga sewa Rp 250.000 untuk mengunjungi semua spot yang ada.

perairan yang bening di sekitar taman laut olele sesuai untuk snorkeling.
Laut yang bening. Image via: @katokkoyak

Jam Buka Taman Laut Olele

Taman Laut Olele terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Tiket Taman Laut Olele

Wisatawan yang ingin sekadar snorkeling di Olele disediakan penyewaan alat-alat snorkeling lengkap bertarif terjangkau, yaitu Rp 50.000 untuk satu orang yang terdiri dari snorkel, kaki katak, dan kacamata (masker).

Bagi yang gemar diving harus membawa alat dari Kota Gorontalo alasannya adalah di Olele tak disediakan perlengkapan diving. Ada beberapa kawasan penyewaan alat diving di Gorontalo yang tarifnya relatif sama, ialah Rp 250.000 per set lengkap.

Fasilitas Taman Laut Olele

Di Pantai Olele ini belum tersedia akomodasi penginapan. Jadi jika pengunjung ingin menginap mampu di kamar rumah – rumah penduduk lokal.

Kalau masalah harga tergantung hasil negoisasi antara pengunjung dengan sang pemilik rumah. Namun tidak perlu khawatir, karena harganya niscaya terjangkau. Selain itu penduduk sekitar juga sangat ramah terhadap wisatawan yang datang. Selamat berlibur.

Daya Tarik Taman Laut Olele

  1. Cocok bagi pemula

penyelam di taman laut olele di bawa oleh perahu ke tengah laut ke spot penyelaman
Titik penerjunan. Image via: @ganendraphotos

Simak juga: Pantai Namalatu

Taman Laut Olele, bab dari Teluk Tomini, merupakan tempat yang pas untuk berwisata dalam laut. Selain ombaknya relatif tenang, letak Olele yang terpencil dan jauh dari keramaian menambah nyaman suasana wisata di sana.

Olele menyimpan keunikan terumbu karang yang amat gampang dinikmati bahkan oleh seorang penyelam pemula sekalipun. Secara umum, ada dua tipe kedalaman terumbu karang di Olele, ialah terumbu karang dangkal dan dalam.

Pada terumbu karang yang dangkal hanya mempunyai kedalaman 0,5-1 meter dari permukaan air bahari. Dengan kedalaman mirip itu, sangat mudah menikmati pemandangan terumbu karang dengan memakai snorkel.

Salah satu spot di Olele yang menyajikan terumbu karang dangkal ada di spot berjulukan Goa Jin. Di lokasi ini, selain tersaji terumbu karang nan indah, ratusan ikan-ikan kecil aneka warna semakin mempercantik pemandangan di sana.

Namun, sesuai namanya, di spot Goa Jin sekaligus ada terumbu karang dalam.

  1. Terdiri dari Banyak Spot

Setidaknya ada sembilan spot di taman laut Olele yang semua punya keunikan masing-masing
Bunga karang. Image via: bisniswisata.co.id

Setidaknya ada sembilan spot di Olele yang semua punya keunikan masing-masing. Spot Gua Jin sendiri, selain mempunyai bab dangkal, juga mempunyai bagian dalam, yang sesuai untuk penyelam berpengalaman panjang.

Dinamai Goa Jin alasannya adalah memang berbentuk goa gelap yang mengarah tegak ke bawah dengan kedalaman mencapai 22 meter. Tentu saja harus menyelam (diving) untuk bisa menikmati panorama di dalamnya.

Selain Goa Jin, ada salah satu spot yang jadi favorit penggemar diving di Olele. Spot itu dinamai Salvador Dali yang mempunyai spons (rongga) terumbu karang menawan. Nama itu diambil dari nama pelukis ternama asal Spanyol yang dikenal beraliran surealis. Dinamai demikian karena rongga-rongga terumbu karang tersebut mirip karya lukisan Salvador Dali.

Ada lagi spot diving yang disukai turis, seperti coral pole (tiang karang), beehive (bunga karang berbentuk sarang lebah), atau traffic jam. Dinamai traffic jam, alasannya adalah siapa pun yang menyaksikan terumbu karang itu akan berhenti terpesona dan menyebabkan ’kemacetan’ bagi penyelam.

  1. Fotografi bawah air

taman laut olele memeiliki beberapa spot untuk fotografi bawah laut
Spot Foto underwater. Image via: phinemo.com

Simak juga: Sinka Island Park

Bagi penggemar fotografi dalam maritim, spot Gua Jin juga cukup menarik dijadikan obyek bidikan kamera. Selain dangkal, warna kontras terumbu karang dan aneka ikan warna-warni sudah cukup untuk diabadikan.

Spot Goa Jin sekaligus kerap jadi lokasi beristirahat bagi wisatawan alasannya letaknya yang agak menjorok ke darat dan ada watu karang untuk sekadar duduk melepas lelah.

Dibandingkan dengan Bunaken di Sulawesi Utara, Togean di Sulawesi Tengah, dan Tanjung Benoa di Bali, Olele mempunyai corak dan model terumbu yang lebih variatif. Di Bunaken dan Tanjung Benoa, terumbu karang secara umum dikuasai berbentuk dinding. Namun, tidak demikian di Olele.

Terumbu karang di Olele bervariasi. Mulai dari model dinding, sarang tawon, atau landai, dengan kondisi relatif dangkal. Terumbu karang Olele ibarat surga bagi penikmat fotografi di dalam maritim.

Spot Goa Jin yaitu spot favoritnya alasannya banyak bunga karang yang menawan.

  1. Desa Wisata.

taman laut olele berada di dekat desa
Dekat desa. Image via: harnas.co

Pemerintah Provinsi Gorontalo mencanangkan Desa Olele sebagai daerah wisata pada 2005. Setahun kemudian, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menetapkan Olele sebagai Kawasan Konservasi Laut Daerah.

Tahun 2013, pemerintah kawasan semakin menegaskan Desa Olele sebagai daerah wisata bahari. Penataan permukiman dan sarana-prasarana akan diperbaiki tahun ini, mirip penginapan dan kamar mandi untuk membersihkan tubuh setelah bermain di maritim.

Spot traffic jam, salahs atu spot primadona di taman laut olele.
Spot traffic jam. Image via: gorontaloprov.go.id

Simak juga: Bukit Langara

Objek Wisata Dekat Taman Laut Olele

Wisata pantai gorontalo, selain dinikmati dari dekat, juga bisa dinikmati dari kejauhand an ketinggian. Lokasi ideal utuk keperluan ini yaitu Bukit Cinta. Pengunjung bisa Melihat Teluk Tomini dari ketinggian. Bukit Cinta yaitu empat wisata di Gorontalo yang jadi favorit para anak muda.

Di sini terdapat fasilitas gardu pandang dengan latar belakang Teluk Tomini yang anggun. Selain Teluk Tomini kau juga mampu melihat pemandangan Kota Gorontalo lho.

Bukit Cinta gorontalo
Bukit Cinta gorontalo. Image via: https://tempatwisatapopuler.com/wisata-puncak-bukit-cinta-gorontalo/

Selain soal pantai, berlokasi sekitar 17 km dari Kota Gorontalo, pengunjung  juga bisa menemukan pemandian air panas Lombongo. Disini terdapat dua kolam alami dengan air panas dan air masbodoh. Kolam air panasnya dipercaya dapat menyembuhkan aneka macam macam penyakit

Nah, itulah beberapa hal menarik di taman maritim Olele yang perlu kau ketahui. Perhatikan beberapa hal penting juga tetap jaga barang bawaan kau, ya.

Jangan lupa membawa kamera favorit kamu untuk mengabdikan moment menarik, biar artikel ini bermanfaat dan selamat menghabiskan hari liburmu.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni