Taman Batu Purwakarta, Kolam Berbatu Yang Indah Untuk Selfie

Taman Batu Purwakarta nan-unik ini mampu menjadi pilihan destinasi wisata wahana air keluarga dengan nuansa asri yang alami. Wisatawan bisa berenang sekaligus menikmati panorama di sekelilingnya yang memberi efek relaksasi.

Taman rekreasi unik ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata wahana air keluarga dengan nuansa asri yang alami.
Taman Batu Purwakarta. Image via: nuswantari.com

Sejarah Taman Batu Purwakarta

Stone Garden yakni bak pemandian yang airnya berasal dari mata air Cijanun, dimana dahulunya sumber mata air ini dijadikan PDAM untuk kebutuhan masyarakat baik kebutuhan sehari-hari maupun pengairan.

Entah apa karena proyek PDAM ini dihentikan dan selanjutnya air yang mengalir ditampung di sebuah wadah berukuran 10 x 20 meter yang berjulukan bak penampungan YANG kini menjadi sebuah nama Stone Garden Cijanun.

Pemilihan nama Stone Garden berasal dari keberadaan bak renang ini yang memang berada diantara banyak bebatuan di sekitarnya. Maklum saja kawasan ini berada di Kecamatan Bojong yang notabene sebagai daerah formasi gunung Burangrang sangat identik dengan bebatuan dapat ditemukan hampir diberbagai pelosok.

Air terjun di taman batu purwakrta dibuat untuk menghubungkan natar kolam pada kolam bertingkat
Air terjun. Image via: backpackerjakarta.com

Simak juga: daerah wisata di Purwakarta

Lokasi Taman Batu Purwakarta

Lokasi objek wisata taman batu cijanun ini terletak di Desa Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta Jawa Barat. Lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Purwakarta menyebabkan objek wisata ini gampang untuk dicapai.

Objek wisata ini berjarak kurang lebih 32KM dari Pusat Kota Purwakarta dan Anda dapat menempuh perjalanan dalam waktu 1 jam.

Rute Menuju Taman Batu Purwakarta

Rute wisata taman Batu Purwakarta jalannya sudah berkualitas baik dan mampu ditempuh dengan mobil maupun sepeda motor. Pengunjung  dapat melalui situs Wanayasa kemudian lurus arah bojong. Setelah melalui pasar Bojong masih lurus sampai sampai di kantor polisi Bojong.

Beberapa ratus meter sehabis kantor polsek, terdapat pertigaan dengan tugu ditengah nya. Ambil ke kanan lurus hingga hingga di sekolah dasar cipeundeuy. Dekat SD cipeundeuy terdapat pertigaan ambil ke arah kanan. Dari situ tinggal lurus hingga sampai ke daerah wisata taman Batu.

kolam di taman batu purwakarta dipenuhi bebatuan alam yang jsutru menjadi ciri khas dan keunikan dari lokasi wisata ini
Berbatu. Image via: inspiradata.com

Jam Buka Taman Batu Purwakarta

Pemandian taman watu purwakarta terbuka untuk dikunjungi setiap hari, sepanjang pekan. Taman mulai buka jam 08.00 pagi, hingga tutup pada jam 17.00 sore.

Tiket Taman Batu Purwakarta

Harga Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta ditawarkan dengan harga terbilang sangat murah. Pengunjung cukup membayar Rp 10.000 saja per orang. Sabtu – Minggu dan Hari Libur harga berkembang menjadi Rp 20.000. Harga ini merupakan harga semua usia dari balita hingga orang bau tanah.

Pengunjung juga perlu membayar parkir sebesar Rp 3.000 per motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan beroda empat.

bebatuan alam di taman batu purwakarta sekaligus dapat menajdi latar foto yang indah
Taman Batu. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: bak ar panas Lejja

Fasilitas Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta, seperti halnya sebuah tempat wisata yang disepakkan dengan matang,  telah menyediakan akomodasi yang cukup memadai di areanya. Pengelola menyediakan akomodasi toilet, ruang bilas, dan ruang ganti. Saung dan pendopo di tepi bak mampu dipakai sebagai daerah bersantai dan istirahat.

Pengunjung yang ingin berwisata sambil makan-makan bersama, dapat menemukan kawasan makan di sekitar lokasi wisata ini. Sajian hidangan yang tersedia beraneka ragam. Salah satu yang paling terkenal  tentu saja Sate Maranggi. Di sekitar lokasi juga ditawarkan beberapa penginapan dan kawasan hammock.

Aktivitas Menarik di Taman Batu Purwakarta

  1. Berenang

Taman Batu Purwakarta memiliki beberapa kolam renang yang disusun bertangga. Hamparan batu-batu aneka ukuran bertebaran di area kolam menjadi keunikan wahana air ini
Berendam. Image via: keepo.me

Taman Batu Purwakarta mempunyai beberapa bak renang yang disusun bertangga. Hamparan batu-kerikil aneka ukuran bertebaran di area kolam menjadi keunikan wahana air ini. Kolam-bak yang ada di taman wisata ini berasal dari mata air Cijanun yang dibendung.

Kolam renangnya sendiri terdiri dari dua, satu paling atas yang memiliki kedalaman 1,5 meter. Biasanya yang paling atas untuk mandinya orang akil balig cukup akal. Satu lagi di bawah, khusus untuk anak-anak dengan kedalaman 40 cm sampai 50 cm.

Airnya yang alami khas pegunungan masih bersih, cuek, dan sejernih air mineral. Air tersebut tidak mengandung materi kimia mirip kaporit dan tidak perih di mata.

Masing-masing kolam renang berukuran 10 x 6 meter. Kedalaman bak bervariasi diubahsuaikan dengan usia wisatawan yang biasanya datang bersama keluarga dan belum dewasa. Kolam-kolam renang tersebut memiliki kedalaman mulai dari semata kaki hingga 4 meter.

  1. Menikmati Panorama

Lokasi taman batu purwakarta yang berada di ketinggian membuat view di sekitar jelas terlihat
Panorama. Image via: @mfarqialiredlo

Simak juga: Kolam Giri Tirtha Kahuripan

Lokasi taman batu purwakarta Cijanun berada di “pinggiran” purwakarta, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Oleh karena itu kawasan ini memang pas buat menghilangkan penat melalui acara berenang sambal menikmati pemandangan yang indah di sekitar.

Lokasi taman batu purwakarta yang berada di ketinggian menciptakan view di sekitar jelas terlihat. Di sekitar area kolam juga terdapat pohon-pohon kelapa sehingga suasana menjadi cukup teduh. Karena berasal dari mata air alami, tentu saja airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Lokasi Wisata Mata Air Cijanun berdampingan dengan tempat hutan yang dikelola Perhutani KPH Purwakarta. Akses jalan menuju lokasi melewati perkampungan warga dan kebun teh yang ada di kecamatan Bojong Purwakarta.

Kolam renang di taman rekreasi ini terletak di lereng perbukitan dikelilingi hutan alami dan perkebunan. Sambil berenang, pengunjung dapat melihat keindahan bukit, hutan, dan persawahan. Letaknya di ketinggian memperlihatkan panorama alam yang begitu eksotis dengan udara yang sejuk.

  1. Area Foto Menawan

Di setiap tepian kolam renang terdapat batu-batu yang dapat digunakan untuk duduk sekaligus ber-swafoto.
Spot Foto romantis. Image via: @gilangbahrudin

Dengan penataan yang unik, taman rekreasi ini menjadi tempat berburu spot instagramable bagi Pengunjung. Di setiap tepian kolam renang terdapat kerikil-kerikil yang dapat digunakan untuk duduk sekaligus ber-swafoto.

Di area ini banyak terdapat saung-saung dan pendopo-pendopo kecil di tepi kolam renang. Saung dan pendopo tersebut juga merupakan salah satu spot menarik untuk mengabadikan momen liburan.

Panorama di sekeliling kolam renang pun tak luput menjadi latar foto wisatawan. Dengan latar hijau perbukitan dan hamparan sawah menawarkan kesan eksotis.

  1. Mandi di Bawah Guyuran Air Terjun Buatan

Pengelola tempat wisata sengaja membuat penderasan buatan di area wisata ini. Wisatawan biasa memanfaatkan guyuran teladas ini untuk bermain air. Berbasah-basahan bermandikan guyuran air menawarkan keseruan tersendiri.

Spot air terjun buatan ini juga menjadi salah satu titik favorit untuk berfoto.

Wisatawan biasa memanfaatkan guyuran air terjun ini untuk bermain air.
Air terjun bertingkat. Image via: @inarianiff

Simak juga: Taman Herbal Insani

Objek Wisata Dekat Taman Batu Purwakarta

Berjalan jalan ke Purwakarta, tentu tidak lengkap kalau hanya mengunjungi 1 objek wisata saja. Tidak jauh dari Taman batu Purwakarta, tepatnya di sentra kota terdapat taman air mancur legendaris, Sri Baduga.  Taman air mancur yang berjarak 30 km ini merupakan land mark kebanggaan Purwakarta.

Tiap malam ahad, antara pukul 19.30 WIB sampai pukul 22.00 WIB, ada tiga kali pertunjukan. Dengan durasi sekitar 25 menit setiap satu kali pertunjukan. Di jam tersebut ada rangkaian air mancur yang indah terlihat memancarkan cahaya berwarna warni.

Jika ingin relaksasi dengan berendam air panas, dalam jarak 40 km terdapat pemandian air panas Ciater. Bagi pengunjung yang ingin mandi dengan menjaga privasi, di pemandian air panas ini Bandung juga disediakan kamar – kamar pemandian yang mampu kau sewa. Makara pengunjung bisa mandi seorang diri untuk menikmati segarnya air panas Sari Ater.

Demikian ulasan Kami mengenai lokasi, rute dan harga tiket masuk taman batu cijanun purwakarta jawa barat yang dapat dikunjungi bersama keluarga di final pekan. Semoga info ini memberi manfaat bagi Anda

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni