Taman Potret, Spot Liburan Kece Untuk Foto-Foto

Taman potret awalnya berjulukan Taman Selfie. namun sehabis simpulan pembangunan, pemerintah mengubah namanya menjadi  potret. Pertimbangan pemilihan nama Potret, alasannya kata “Potret” merupakan padanan kata untuk kata Selfie.

taman potret dengan patung icon penari tari tradisional banten
Taman Potret. Image via: jakarta.tribunnews.com

Taman ini merupakan 1 dari 26 taman yang ada di dalam kota tangerang. Taman ini sangat aktif di kunjungi pengunjung lokal mulai dari bawah umur, keluarga, muda mudi dan lansia. Taman biasanya mulai rame pengunjung pada sore hari.

Taman Potret adalah taman tematik yang penuh ikon spot untuk foto biar terlihat Instagramable

Di Taman indah ini pengunjung di sambut oleh patung penari lenggang dengan dominasi warna merah. Patung ini sekaligus sebagai penanda area taman ini. Tepat di depan penari Lenggang tersebut terdapat sederet karakter yang bertuliskan Taman Potret.

Banyak diantara pengunjung tiba dengan keluarga ataupun anak sampaumur dengan sobat sebayanya. Taman ini menjadi alternatif untuk wisata keluarga yang murah meriah di Tangerang. Tidak jarang terlihat keluarga makan bersama di selasar rumput sambil menggelar tikar.

Pameran Potret di Taman Potret Banten
Potret di Taman Potret. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Tujuan Wisata di Banten.

Lokasi Taman Potret

Alamat Taman Potret Tangerang berada di Jalan Sudirman, Babakan, Kota Tangerang, Banten.

Untuk menuju kesana sangat mudah alasannya adalah lokasi taman yang berada di pinggir jalan yang ramai.

Rute Menuju Taman Potret

Objek wisata ini mampu ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan langsung. Namun kurang disarankan kalau memakai mobil, alasannya parkiran mobil di sini susah, alasannya tidak ada kawasan parkir khusus kendaraan roda empat.

Namun ini bisa diakali dengan memarkir kendaraan di Tangcity Mall, walaupun memang harus berjalan kaki lagi jika ingin ke kawasan ini.

Karena lokasi yang ada di tengah kota, Rute menuju Taman Potret sudah tersedia di peta online mirip Google Maps. Jadi pengunjung cukup gunakan GPS untuk menawarkan rute ke kawasan hiburan warga Tangerang ini.

Jika menggunakan kendaraan umum, mirip bus maupun angkutan umum, pemberhentian terdekat di Terminal Bus Kota Tangerang. Sesampai di terminal, perjalanan mampu dilanjutkan dengan memakai ojek menuju objek wisata ini.

Fasilitas kuliner taman potret, menjamin pengunjung bsia menikmati lburan dengan tenang tanpa ancaman perut lapar dan haus..
Fasilitas masakan. Image via: wartakota.tribunnews.com

Jam Buka Taman Potret

Untuk mengunjungi Taman Potret Tanggerang, pengunjung mampu datang ke lokasi ini 24 jam penuh.

Tiket Taman Potret

Untuk berkunjung ke Taman Potret Banten, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Gratis.

Fasilitas Taman Potret

Fasilitas pendukung bagi pengunjung untuk menikmati bersantai di taman potret telah tersedia dengan baik. Terdapat toilet di sisi selatan di bab belakang. Kemudian terdapat tempat parkir roda dua di sudut utara bagian belakang.

Satu hal yang istimewa, di taman ini terdapat akomodasi wifi gratis.

Daya Tarik Taman Potret

  1. Patung Artistik

kuda nil Taman potret, sebuah karya seni yang dibuat menyatu dengan lingkungan taman
3 kuda nil. Image via: jakarta.tribunnews.com

Simak Juga: Taman Kambang Iwak

Di Taman KOta ini pengunjung disambut oleh patung perempuan menari lenggang dengan dominasi warna merah yang menjadi penanda area taman ini. Tepat di depan penari Lenggang tersebut terdapat sederet abjad yang bertuliskan Taman Potret.

Selanjutnya di bagian belakang goresan pena dan penari lenggang. Terdapat replika bahtera layar yang merupakan replika miniatur kapal pinisi yang populer. Kapal tersebut di hiasi dengan warna secara umum dikuasai coklat, dengan layar yang berkibar.

Jika pengunjung terus berjalan ke belakang bahtera, akan menemukan patung artistik 3 ekor kuda nil yang sedang berendam. 3 ekor kuda nil ini seakan sedang berendam di sungai, yang sesungguhnya yaitu pedestrian taman. Sungguh penempatan yang sangat artistik. Pengunjung anak bisa berfoto naik dan duduk dengan kalem di atasnya.

  1. Jembatan elok

jembatan merah di dalam taman potret, mengingatkan pentingnya makna sungai bagi kehidupan kota tanggerang
Jembatan indah. Image via: @thecappuccinoman83

Jika pengunjung melanjutkan perjalanan, di belakang 3 ekor kuda nil berendam, terdapat sebuah jembatan bergaya klasik dengan lengkung pilar pembatas di bagian samping. Tepat di sisi kanan dan kiri pembatas jembatan ini, terdapat tugu mirip anak catur. Tingginya kurang lebih 5 meter dengan mahkota  menara benteng.

Ikon benteng ini benteng ini tidak lepas dari nama julukan tangerang. Tangerang terkenal dengan nama Kota Benteng. Julukan ini akrab kaitan dengan eksistensi komunitas keturunan Tionghoa yang juga populer dengan sebutan China Benteng.

Dari keturunan dinasti Tang ini lah nama Tangerang lahir. Konon, nama Tangerang berasal dari kata Tang dan Gerang. Arti kedua kata tersebut ialah orang-orang Tang.

Sisi belakang taman terdapat fatwa air yang cukup lebar dan dalam. Bentangan kali kecil yang dilintasi jembatan, menandakan adanya sungai Cisadane. Sungai Cisadane selain menjadi ikon juga termasuk urat nadi kehidupan masyarakat Tangerang.

Spot Love, salah satu sudut foto instagramable di taman potret, disamping puluhan spot lain
Spot Love. Image via: wisatanegeri.com

Simak Juga: Punti Kayu

  1. Pendopo

Di ujung jembatan dan seberang sungai berdiri kokoh sebuah bangunan pendopo dengan gaya khas Betawi. Sebagai mana kita tau bahwa penyebaran budaya Betawi mulai dari sungai citarum di sisi sampai cisadane di barat.

Suku Betawi merupakan salah satu etnik yang memberi warna cukup besar pada perkembangan kebudayaan di Tangerang.

  1. Play Ground

play ground taman potret dengan jamur raksasa dan perosotan warna warni
Playground. Image via: metro.tempo.co

Selain hidangan replika dan monumen yang berada di tengah taman. Di bab sisi utara dan selatan terdapat banyak sekali wahana permainan bawah umur. Ada 3 prosotan untuk bawah umur. Jembatan seperti jamur.

Terdapat beberapa jamur raksasa yang benar-benar menghadirkan suasana keakraban bagi anak-anak. Adapun di sudut selatan Taman terdapat sebuah patung raksasa yang dikayuh oleh dua orang super gemuk yang terengah-engah.

  1. Taman yang Bersih

Untuk menjaga kebersihan kenyamanan Taman Potret ini, tersedia banyak daerah sampah di bab-bagian taman yang diperkirakan akan menghasilkan banyak sampah. Tempat sampah di taman sudah terbagi menjadi tiga jenis.

Ada tempat sampah khusus organik untuk sisa buah, sayur, dan dedaunan. Ada daerah sampah jenis non organik mirip plastik, kertas, kardus. Ada juga kawasan sampah khusus B3 yakni baterai bekas, perban, diapers.

Taman potret terkenal dengan kualitas kebersihan lingkungan yang baik.
Taman yang higienis. Image via: news.detik.com

Simak Juga: Taman Hutan Raya Juanda

Taman yang merupakan miniatur alam ini selalu di jaga kebersihan dan kelestarian-nya. Hal ini tentu nya juga sebagai wahana pendidikan bagi masyarakat Tanggerang, mirip bawah umur, pemuda maupun orang tua. Hal ini dapat membiasakan untuk hidup dengan rapi dan bersih.

  1. Spot Foto

Di taman potret terdapat aneka macam bentuk karya seni yang mampu dijadikan objek foto bagi para fotografer. Bisa juga bagi yang suka selfie sangat cocok sekali datang ke sini. Bahkan sering juga di taman ini di jadikan tepat favorit bagi para calon pengantin baru.

Taman Potret ini sering di gunakan untuk foto pre wedding. Keberadaan latar setiap sudut yang unik dan indah-indah memenuhi kebutuhan untuk foto prewedding. Untuk pengambilan foto prewedding di sini gratis tanpa perhiasan biaya. Hanya ijin terlebih dahulu saja dengan pengurus Taman, biar proses foto tidak terganggu dengan pengunjung lain.

Spot I Love TNG di taman potret mengajak warga kota Tanggerang untuk selalu mencintai dan merawat kotanya.
Spot I Love TNG. Image via: vikaoctavia.com

Objek Wisata Dekat Taman Potret

Jika ingin melanjutkan kunjungan di Tanggerang dengan mengunjungi daerah instagramable namun sekaligus bernilai religius, Masjid Raya Al A’zhom bisa menjadi pilihan. Mesjid indah ini berjarak 5 km dari taman potret.  Kubah masjid ini terdiri dari lima buah kubah berwarna biru yang saling bertumpuk satu sama lainnya menghasilkan semacam karya seni yang indah luar biasa.

Selain wisata religi Muslim, ada juga lokasi wisata relgi untuk umat Tri Dharma. Kelenteng Boen San Bio yang berjarak 5 km, ialah salah satu kelenteng tua di Indonesia. Yang paling banyak menyita perhatian ialah patung Dewi Kwan Im setinggi sekitar 3 meter yang letaknya berada di bagian belakang kelenteng.

Itulah beberapa info mengenai Taman Potret  Tangerang. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin berkunjung kesana.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni