Taman Putroe Phang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”13018″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh 23116

Map: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka Tutup: 08.00 – 18.00

Telepon: 0811 683 0909

Taman Putroe Phang disebut juga dengan Taman Ghairah merupakan salah satu bukti kejayaan kesultanan Aceh di periode lampau. Taman ini dibangun oleh Sutan Iskandar Muda sebagai perwujudan rasa cintanya pada permaisurinya yang berasal dari Malaysia, Kerajaan Pahang.

Disana, terdapat beberapa bangunan bersejarah, diantaranya mirip Gunongan, Pintu Khop dan kandang. Berkunjung kesana akan menawarkan pengetahuan sejarah tentang Aceh lebih dalam lagi. Tentu kamu pernah mendengar tentang kejayaan Kesultanan Aceh.

Dengan kepemimpinan Sultan Iskandar Muda bisa menakhlukkan kerajaan Pahang, Malaysia. Jika ingin mengetahui lebih lanjut perihal sejarahnya dan apa saja yang bisa anda peroleh ketika berkunjung ke tamannya, simak ulasan di bawah ini!

foto by instagram.com/darwati_agani/

Sejarah Singkat

Sultan Iskandar Mudah diperkirakan membangun Taman Putroe Phang pada tahun 1607 – 1636. Pada kawasan objek wisata ini terdapat bangunan-bangunan bersejarah yang megah seperti Pintu Khop, Gunongan dan Kandang.

Selain disebut dengan Taman Ghairah, juga dikenal dengan nama Kandang Taman Sari. Pada kurun kejayaan Sultan Iskandar muda periode itu, Kesultanan Aceh Darussalam mampu menakhlukkan kerajaan-kerajaan disekitarnya, termasuk Kerajaan Pahang, Malaysia.

Setelah dikalahkan oleh sultan, kerajaan ini harus merelakan semua hartanya, mulai dari wilayah sampai barang-barang berharga. Kerajaan Pahang ini memiliki putri elok berjulukan Putri Kamaliah dan mampu menciptakan Sultan Iskandar Muda jatuh cinta.

foto by instagram.com/muhammad_fahmi.96/

Sultan jatuh cinta pada putri tersebut, sampai kesudahannya dia menikahinya dan memboyong Putri Kamaliah ke Aceh. Selain Cantik, Putri Pahang memiliki sikap bijaksana dan dijadikan sebagai penasehat sultan dalam menyelesaikan suatu problem.

Meskipun sudah dibawa ke Aceh dan diperlakukan Istimewa, sang putri masih saja teringat dengan kawasan asalnya ialah Kerajaan pahang. Untuk menghibur sang istri, alhasil Sultan membangun taman kerajaan biar kerasan berada di Aceh.

Benar saja sang permaisuri suka dengan taman tersebut, bahkan disanalah daerah ia menghabiskan sebagian besar waktunya. Krueng Daroy meruapakan daerah mandinya permaisuri bersama sayang-sayangnya.

Taman putroe phang banda aceh artikel lokasi sejarah di ular alamat
foto by instagram.com/dewi_mandazeaerzu/

setelah mandi, permaisuri menuju Gunongan untuk ganti pakaian dan mengeringkan rambutnya dengan bantuan para dayang. Sementara Pintu Khop merupakan kawasan istirahat setelah beraktivitas.

Lokasi taman putri phang bersahabat sekali dengan istana kerajaan. Dulunya, Pintu Khop ialah pintu penghubung antara taman dengan istana. Di pintu khop ini terdapat lorong bawah tanah sebagai jalan ke istana kerajaan.

foto by instagram.com/deddycofa/

Tapi, sekarang dikala kamu kesana sudah tidak bisa menemukan jalan bawah tanah ini. Karena sejak ada pembangunan oleh pemerintah, jalan itu ditutup.

Daya Tarik

Saat memasuki taman putroe phang, kau akan disambut oleh bangunan seperti kubah yang berwarna putih dan itulah Pintu Khop. Di bangunan tersebut juga ada goresan pena wacana sejarah bangunan.

foto by instagram.com/mufadzallmollek/

Bangunan pintu khop ini dibangun di tengah-tengah dan pada bagian tengahnya ada lorong berhiaskan ornamen-ornamen sederhana. Lalu, anda akan melihat Krueng Daroy, daerah duduk dari beton dan selasar dengan tiang dibagian kanan kirinya.

Selasar itu mempunyai atap kanopi ungu, sehingga kelihatan anggun dan menarik. Suasana di taman ini sungguh asri dan teduh, cocok untuk bersantai. Pemandangannya pun indah memanjakan mata kau. Semilir anginnya menyediakan udara sejuk secara alami.

foto by instagram.com/fardelynhacky/

Warna-warni bunga, menciptakan taman ini semakin menyenangkan ditinggali. Untuk merasakan keseruan tersendiri, Kamu bisa menyebrangi jembatan gantung diatas Krueng Daroy. Goyang-goyang tapi mampu sebagai tantangan kecil menyenangkan.

Tak jauh dari sana, terdapat Taman Sari Gunongan adalah daerah dari bangunan Gunongan. Bentuk bangunannya seperti mahkota berwarna putih, terdapat lorong-lorong untuk petualangan para wisatawan.

foto by instagram.com/nuramyradiyana/

Gunongan terdiri atas 3 tingkat, dari tingkat paling atas, kamu akan menyaksikan pemandangan menawan. Selanjutnya, ada Kandang yang merupakan bangunan segi empat warna putih. Kandang ialah tempat Sultan Iskandar Muda bersama Putri Pahang makan bersama anggota kerajaan.

Fasilitas Yang Ada

Untuk mendukung kenyamanan para wisatawan, pengelola menyediakan beberapa kemudahan. Diantaranya, area parkir luas, toilet umum, tempat sampah dan mushola. Disana ada pula kawasan-tempat istirahat yang masing-masing dilengkapi payung.

foto by instagram.com/silwida_mella/

Tak hanya itu, ada juga area bermain bagi belum dewasa dengan beragam wahana permainan. Makara, sangat cocok untuk wisata keluarga. Jika lapar, kau mampu mampir ke warung ataupun restoran serta pedagang kaki lima di sekitar sana.

Kegiatan Menarik

Ada aneka macam aktivitas yang mampu anda lakukan di taman ini. Mulai dari berjalan-jalan menyusuri taman sembari melihat keindahan arsitekturnya serta membaca-baca cerita wacana sejarah taman putroe phang.

foto by instagram.com/komsul_insyia/

Jangan lupa untuk mencari latar foto yang anggun. Kamu bisa berfoto dengan bunga-bunganya, atau di Pintu Khop, Gunongan, jembatan gantung atau spot foto lainnya. Bahkan banyak pasangan akan menikah, menjadikan objek wisata ini sebagai kawasan pengambilan foto prewedding.

Harga Tiket Masuk

Agar bisa menikmati pemandangan serta mengetahui sejarahnya, kau bisa datang setiap hari pada jam 08.00 – 18.00 WIB. Harga tiket masuk nol rupiah alias tidak dipungut biaya sepeser pun.

Letak Dimana

Alamat Taman Putroe Phang di Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh 23116. Letaknya sangat strategis, gampang sekali ditemukan oleh para wisatawan dan erat dengan beberapa objek wisata di Aceh lainnya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni