Taman Wisata Alam Cadas Gantung

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”10124″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Mirat, Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45473

Map: Klik Disini

HTM: Rp.3.000 per Orang

Buka Tutup: 07.00 – 17.00

Telepon:

Waktu Berlibur

Isn’t it amazing how much stuff we get done the day before vacation.” – Zig Ziglar

Zig Ziglar, seorang penulis dari Negeri Paman Sam pernah berkata, “bukannya mengherankan, bagaimana kita mampu menuntaskan banyak hal sehari sebelum waktu libur?”. Apakah pembaca juga merasa demikian?

Ketika sadar bahwa hari besok yaitu waktu berlibur, beberapa pekerjaan kantor ataupun peran sekolah atau kuliah mampu diselesaikan lebih banyak dari biasanya. Mungkin berlibur menjadi motivasi besar untuk hari esoknya ya.

Berbicara perihal berlibur, bagaimana cara menikmati hari libur itu sendiri mungkin para pembaca memiliki cara berbeda – beda untuk menikmatinya.

Mungkin ada sebagian dari pembaca menikmati berlibur cukup dengan menonton tv atau film favorit seharian dirumah atau bioskop, bermain game di PC atau konsol game lainnya, hiking ke gunung, atau berjalan – jalan menyusuri pantai. Hal tersebut bergantung dengan passion para pembaca.

foto by instagram.com/majalengkaviral

Untuk pembaca dengan hobi suka berpergian ke suatu tempat dan galau mau kemana, ada satu tempat wisata tergolong gres dan berlokasi di Jawa Barat. Lebih tepatnya di Majalengka, di Desa Mirat Leuwimunding.

Destinasi wisata tersebut sebut saja Tebing Cadas Gantung. Cadas Gantung mulai dikenal sebagai destinasi wisata pada tahun 2016, dan sudah mulai terkenal hingga ketika sekarang ini. Makara dapat dibilang destinasi wisata ini masih tergolong baru untuk para wisatawan domestik.

Cadas Gantung memiliki pesona eksotis dan menawan. Hal ini membuat kawasan ini mampu ditawarkan sebagai destinasi murah tetapi berkelas. Di daerah ini, pengunjung dapat dimanjakan dengan pemandangan alam terhampar luas mirip tidak ada habisnya.

Dengan pemandangan menawan tersebut, tidak heran lokasi ini mampu dijadikan kawasan mengambil poto atau video dengan latar belakang langit dan hamparan hijau yang luas. Walaupun dengan ketinggian yang cukup rendah, tetapi lokasi ini dapat memberikan pengalaman berlibur sulit untuk dilupakan.

Akses Lokasi

Untuk menuju lokasi atau rute ke Cadas Gantung, dapat terbilang mempunyai medan yang cukup menguras tenaga untuk hingga ke puncaknya. Tetapi damai saja, para pembaca nantinya disuguhkan dengan pemandangan tiada duanya. Semua rasa lelah dan keringat yang bercucuran akan terbayarkan dikala sudah mencapai bagian tertinggi dari Cadas Gantung.

Tebing Cadas Gantung beralamat di Desa Mirat Leuwimunding, Kab. Majalengka, Provinsi Jabar, Indonesia. Untuk ke lokasi Cadas Gantung dapat dilalui dari beberapa cara dan menghabiskan waktu kurang dari satu jam bila dengan motor.

foto by instagram.com/lilis_aisyah31

Pertama ialah jika dari arah Cirebon, dapat dengan mobil kendaraan umum dengan jurusan Bandung/Rajagaluh. Jika pembaca ingin memakai motor, dari arah Cirebon mampu mengambil ke arah Sumber.

Dari Sumber lalu menuju Majalengka via Bobos. Ketika sudah sampai di pertigaan terminal Rajagaluh, ambil arah menuju kecamatan Leuwimunding. Sekitar kurang lebih 10 menit dari pertigaan tersebut, disebelah kanan jalan dapat terlihat bukit yang menjadi lokasi Cadas Gantung. Ataupun bisa juga mengandalkan peta online dan GPS dengan Google Maps (maps.google.com).

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/amr.ah125fi

Untuk biaya masuk ke daerah Cadas Gantung di Majalengka ini, para pengunjung dikenakan biaya tarif yang sudah ditentukan. Untuk tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp. 3000/orang.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan akan dikenakan Rp. 2000/kendaraan. Harga tersebut merupakan harga tiket masuk dan kendaraan per 2020. Harga tersebut juga dapat berubah sewaktu-waktu. Cukup murah bukan? Memang fasilitas pariwisatanya terbilang minim, namun seiring dengan berjalannya waktu kemungkinan besar akan ditingkatkan.

foto by instagram.com/latiefshafi

Dengan harga sangat murah, bukan hanya pengalaman berada dipuncak bukit Cadas Gantung, tetapi juga pengalaman selama menuju puncak bukit. Perjalanan yang cukup menguras tenaga akan menjadi ingatan tersendiri bagi para pengunjung yang mengunjungi kawasan tersebut.

Mungkin sebagian pengunjung akan merasakan “ogah” untuk ke lokasi tersebut kembali, dikarenakan rasa lelah sebelum menuju ke puncak. Tapi percayalah, hal dirindukan bukan ketika di atas. Tetapi proses perjalanannya.

Keindahan

Pesona dari Cadas Gantung tidak perlu dipertanyakan lagi. Walaupun dikatakan sebagai daerah wisata yang terbilang gres, tetapi dalam dua tahun terakhir daerah ini melejit menjadi lokasi wisata yang didambakan bukan hanya dari para wisatawan tempat Majalengka, tetapi juga dari luar Kabupaten Majalengka.

Pengunjung bisa jadi berasal dari sekitar tempat ini mirip dari Ciwaru, Cibaringkeng, Cipanas, Cirahayu, Citundun, Sumedang, Sumedang, Luragung, Rancakalong, Sinapeul, Soreang, Subang, Maja, Manglayang dan mungkin saja dari bab Timur Indonesia hingga bagian baratnya.

foto by instagram.com/foresttour.mjlk

Ketinggian Tebing Cadas Gantung diperkirakan 500 – 750 mdpl. Tinggi yang dapat dikatakan tidak mengecewakan untuk ukuran sebuah bukit. Karena hal itu, untuk mencapai bab tertinggi dari Cadas Gantung tidaklah mudah.

Diperlukan usaha besar dan fisik mumpuni. Jalan berkelok – kelok, curam, dan menanjak akan menjadi tantangan dan pengalaman sulit dilupakan. Hanya orang – orang dengan usaha lebih mampu mencapai lokasi kawasan indah ini.

Tetapi damai saja, adonan antara eksotisme dan pesona tiada tara saat sudah sampai di kerikil tertinggi Cadas Gantung akan membayar semua rasa letih dan lelah para pengunjung.

foto by instagram.com/kurniawan93ifandi

Keindahan sunset di Cadas Gantung menjadi primadona momen yang ditawarkan oleh kawasan wisata ini. Dengan latar belakang langit luas seperti tidak ada ujungnya, dan pemandangan persawahan sengkedan menjadikan spot foto yang tidak boleh dilewati oleh para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Tak hanya itu, di Cadas Gantung juga terdapat lokasi perkemahan yang mampu dipakai oleh para wisatawan jikalau gemar dengan kegiatan berkemah atau camping. Lokasi untuk kawasan berkemah mampu terbilang cukup aman karena berada di kawasan landai dan luas. Bahkan dari lokasi tersebut, para pengunjung mampu menjelajah lebih jauh lokasi di sekitar tebing Cadas Gantung.

foto by instagram.com/_ayunaa17

Keanekaragaman flora di sekitar Cadas Gantung juga merupakan salah satu hal unik dari area wisata ini. Dengan banyaknya pepohonan, menimbulkan hutan di daerah tersebut mampu terbilang cukup asri dan menenangkan.

Belum lagi kalau malam sudah mulai tiba, para pengunjung yang mempunyai kesempatan untuk berkemah di area tersebut akan disuguhkan dengan pemandangan indah langit malam yang dipenuhi dengan bintang – bintang, dikarenakan dilokasi tersebut polusi masih belum terlalu banyak.

Bukan hanya menunjukkan pesona dari segi keindahan alamnya saja, Cadas Gantung juga konon memiliki banyak misteri. Konon hutan diatas tebing terdapat gerombolan monyet yang tidak pernah mengganggu warga sekitar. Konon menurut dongeng warga sekitar, terdapat monyet putih bertugas menjaga area tersebut.

foto by instagram.com/potretkuningan

Biasanya hal ini sangat berkaitan dengan mistis dan penampakan. Mungkin saja ada ‘dua dunia’ yang bercampur disini dan memang jembatan di daerah ini pernah dijadikan kawasan syuting program Dua Dunia. Asal permintaan maupun sejarah inovasi tempat indah ini juga belum diketahui, namun biasanya ada warga lokal yang mempromosikannya.

Terlepas dari berbagai kisah misteri yang ada di area tempat Cadas Gantung tetap tidak akan mampu mengalahkan keindahan dari Cadas Gantung itu sendiri. Dimana hal ini menjadi daya tarik terkuat dari tempat wisata ini.

Harmonisasi antara pemandangan alam membentang luas, langit malam indah dan tidak dipenuhi dengan polusi, serta sekitaran hutan akan menjadi pengalaman unik para pengunjung setelah mengunjungi daerah ini. Tetapi perlu diingat ya, tetap selalu berhati – hati dan tetap menjaga kebersihan selama kita mengunjungi ke suatu tempat.

Nama Yang Sama

foto by instagram.com/cirebonsuara

Sebenarnya lokasi Cadas Gantung ada dua, ialah disini dan satunya di Citundun, Ciwaru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45583. Jika di Kabupaten Kuningan terlihat hamparan rumput nan hijau dengan pemandangan tak kalah manis dari yang berada di Kabupaten Majalengka dan ada Curug Walet di sana.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni