Taman Wisata Pasir Putih

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”8678″
data-slug=””>

4.7
/
5
(
4

votes

)

Lokasi: Jl. Rw. Geni Raya No.1, RT.1/RW.7, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519

Map: Klik Disini

HTM: Rp.15.000 – Rp.25.000 per Orang

Buka Tutup: 09.00 – 17.00, Jum’at Tutup

Telepon: (021) 29434479

Lebih Segar

Kata wisata identik dengan sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Semua orang pasti pernah melakukannya. Dengan berwisata pikiran kita mampu menjadi lebih segar dan menambah pengetahuan kita akan kawasan-kawasan gres.

Manfaat lain wisata yakni dapat mempererat rasa kebersamaan di dalam keluarga ataupun dalam kekerabatan sosial lainnya.

Wisata merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditampik dari kehidupan generasi millenial. Berbagai alasan mulai dari hal dasar seperti sekedar melepas kejenuhan sampai yang ingin eksis di media sosial merupakan alasan seseorang melakukan kegiatan wisata.

Di Indonesia, aneka macam pilihan tempat hiburan yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya mirip objek-objek wisata yang ada di Depok

foto by instagram.com/ikekhansagunawan

Wilayah Termuda

Depok merupakan wilayah termuda di Jawa Barat. Lokasinya strategis, yaitu berada di antara Kota Jakarta dan Kota Bogor. Berdasarkan RTRW Kota Depok Tahun 2012-2032, wilayah Depok yang memiliki acara utama pariwisata ialah Cinere dan Sawangan. Pariwisata di Depok dikelompokkan menjadi tiga, ialah budaya, alam, dan buatan.

Pariwisata budaya diantaranya seperti Kawasan Heritage Depok Lama di Kelurahan Pancoran Mas dan Kawasan Seni & Budaya Kukusan di Kelurahan Kukusan.

Sementara itu pariwisata alam mirip Taman Hutan Raya di Kelurahan Pancoran Mas, Hutan Kota UI di Kelurahan Pondok Cina, Situ Pengasinan di Kelurah Pengasinan, Situ Rawa Besar di Kelurahan Depok, Situ Asih Pulo di Kelurahan Rangkapan Jaya, Situ Citayam di Kelurahan Citayam, dan Situ Cilodong di Kelurahan Cilodong.

foto by instagram.com/hafizhzffn_

Terakhir ialah pariwisata buatan mirip Studio Alam TVRI di Jl. Raden Saleh Kecamatan Sukmajaya, Margo City di Jl. Margonda Raya Kecamatan Beji, ITC Depok di Jl. Margonda Raya Kecamatan Pancoran Mas, Masjid Kubah Emas di Kecamatan Limo, Taman Wiladatika Kecamatan Cimanggis, dan Wisata Agro Belimbing & Taman Hias di Kawasan Bedahan, dan masih banyak lainnya.

Bagi para pemburu lokasi daerah indah di wilayah Depok, objek wisata lain yang wajib untuk dicoba diantaranya Taman Wisata Pasir Putih. Baik dalam rangka reuni, aktivitas komunitas, pesta ulang tahun, perpisahan sekolah, atau sekedar rekreasi dengan teman ataupun keluarga.

foto by instagram.com/abhy_agham

Apa saja sih yang mampu kita nikmati jikalau berkunjung ke sana? Disini kita bisa menikmati permainan air di bak renang, water slider, clay workshop, tong tumpah, bungee trampolin, outbound, ATV, playground, dan lainnya seperti pada gambar berikut.

Meskipun objek wisata ini berjulukan Taman Wisata Pasir Putih, bukan berarti kita mampu menjumpai pantai berpasir putih. Jika kita ingin berwisata ke pasir putih yang “sesungguhnya”, kita dapat berkunjung ke pantai-pantai yang memiliki pasir putih.

Seperti Pantai Carita di Kabupaten Pandeglang-Banten, Pantai Pasir Putih Situbondo, Pantai Pasir Putih Probolinggo, Pantai Pasir Putih Anyer, Pantai Pasir Putih Remen-Tuban, Pantai Dalegan di Gresik, Pantai Kutang di Lamongan, Pantai Pasir Putih Pangandaran, dan Pasir Putih Trenggalek, Jawa Timur.

Sementara itu, untuk wisata pasir putih yang terletak di Pulau Sumatra dan sekitarnya kita dapat mengunjungi Pasir Putih Samosir-Danau Toba di Sumatera Utara (wisata alam Medan yang berjarak 179,5 km dari Parapat), Pantai Pasir Putih Lampung, dan Boombara Waterpark di Pasir Putih, Pekanbaru.

foto by instagram.com/daudvidhian

Kembali lagi pada Taman Wisata Pasir Putih Depok, Kita mampu melihat adanya gerbang masuk yang bertuliskan kata “Selamat Datang di Taman Wisata Pasir Putih” saat hingga di lokasi.

Sebelum masuk, pengunjung harus membeli tiket terlebih dahulu. Pada loket pembelian tiket, kita dapat melihat spanduk yang bertuliskan daftar harga tiket. Apabila tiket telah di dapatkan maka kita hanya perlu menyerahkannya pada petugas di pintu masuk.

Setelah masuk area wisata ini, pengunjung mampu duduk bersantai di atas bantalan yang mampu dibawa sendiri. Banyaknya pohon menambah kenyamanan karena menciptakan tempat yang rindang.

foto by instagram.com/annyasih

Sejauh mata memandang, kita bisa mengetahui bahwa tempat tersebut cukup bersih karena adanya petugas yang rutin membersihkan. Terdapat juga tong-tong sampah untuk mencegah pengunjung membuang sampah sembarangan.

Ketika bermain di bak, kita tidak perlu khawatir dengan peraturan yang mewajibkan untuk memakai pakaian renang. Faktanya pengunjung boleh berenang dengan pakaian kaos biasa.

Hanya saja jangan membawa kuliner dan minuman atau merokok di sekitar kolam. Apabila telah selesai bermain-main dan merasa lapar, kita dapat membeli jajanan di penjual-penjual kecil.

Lokasi Dimana

Taman Wisata Pasir Putih beralamat tepatnya di Jl. Raya Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519. Wisata ini hanya berjarak 3,1 km dari Pasar Citayam.

Lokasinya yang jauh dari keramaian mengharuskan kita untuk melewati perumahan Sawangan Permai. Meskipun demikian, taman wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

foto by instagram.com/daudvidhian

Jika ingin ke sana, kita dapat memakai angkutan umum ataupun langsung. Apabila kita menaiki angkutan umum maka pilih angkot nomor D28 yang berangkat dari sub Terminal Sawangan.

Namun, jika memakai kendaraan langsung maka rute jalan yang harus dilewati berbeda-beda. Hal ini tergantung pada lokasi awal dari mana kita beragkat.

foto by instagram.com/daudvidhian

Misal jikalau berangkat dari Bogor, maka rute yang harus dilewati menurut peta Google adalah Tegallega – Cibinong – Pakansari – Jl.Tegar Beriman – Jl. Raya Pabuaran – Jl. Raya Cipayung Jaya – Jl. H. Muhidin – Jl. Kekupu – Jl. Garuda Raya. Perjalanan ini berjarak 29,1 Km dan membutuhkan waktu tempuh ±1 jam.

Apabila berangkat dari Bandung, maka rute yang harus diambil exit Jl. Raya Bogor – JL. Ir H. Juanda – Jl. Margonda Raya – Jl. Arif Rahman Hakim – Jl. Nusantara Raya – Jl. Raya Cipayung Jaya – Jl. Garuda Raya. Perjalanan ini berjarak 171 Km dan dapat ditempuh dalam waktu ±4 jam.

Buka Jam Berapa

Pertama-tama, penting untuk diketahui sebelum pergi wisata yakni kapan kita dapat berkunjung. Pada hari Senin sampai Kamis, Taman Wisata Pasir Putih buka dari jam 09.00–17.00 WIB, sedangkan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, kita mampu berkunjung dari pukul 08.00–17.00 WIB.

foto by instagram.com/annaschoennia12

Jangan hingga kita berkunjung di hari Jumat, alasannya lokasi wisata ini niscaya tutup. Informasi lebih lanjut mampu kita peroleh melalui kontak No. telepon (021)29434479.

Harga Tiket Masuk

Kedua, harus tahu htm atau harga tiket masuk. Harga tiket waterpark bagi remaja ialah Rp. 25.000,- sedangkan anak–anak adalah Rp. 20.000,- untuk hari Senin-kamis. Hari Sabtu-Minggu harga tiket masing-masing naik RP. 5.000,- baik untuk tiket sampaumur maupun tiket belum dewasa.

foto by instagram.com/jaytona_abidin

Sementara saat public holiday mirip pekan lebaran dan tahun gres, harga tiket cukup umur dan belum dewasa secara berurutan yakni Rp. 40.000,- dan Rp. 30.000,-.

Setelah kita mengetahui hal-hal penting mengenai Taman Wisata Pasir Putih mirip kegiatan yang dapat kita lakukan, alamat, rute, jam buka & tutup, serta harga tiket, maka kita tinggal memilih dengan siapa akan pergi.

Sekarang tinggal ajak keluarga, sahabat atau pasangan untuk berkunjung ke sana. Dijamin kalian tidak akan kecewa. Recommended terutama untuk mahasiswa.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni