Taman Wisata Pusuk Sembalun, Spot Instagramable Di Ketinggian 1.250 Mdpl

Taman Wisata Pusuk Sembalun merupakan spot terbaik untuk menikmati keindahan Lombok dari ketinggian. Hal ini sebab lokasi tempat wisata ini berada di ketinggian 1.250 m dpl.

Taman Wisata Pusuk Sembalun, lokasi terbaik menikmati lombok dari dataran tinggi
Taman Wisata Pusuk Sembalun . Image via: phinemo.com

Ketinggian lokasi wisata ini membuat udara di sini begitu sejuk. Spot selfie yang ada di Taman Wisata Pusuk Sembalun menyuguhkan pemandangan yang sangat menawan hati.

Sejauh mata memandang, pengunjung akan dimanjakan dengan aneka macam pemandangan Gunung Rinjani yang begitu gagah. Banyaknya perbukitan hijau, pepohonan rindang dan kabut tipis yang menyelimuti pemandangan tersebut.

Ketika langit dan cuaca sedang cerah, pemandangan dari taman wisata pusuk sembalun akan semakin terlihat epic dan sangat instagramable.

Taman wisata ini mampu dibilang sebagai gerbang pertama untuk menuju daerah wisata Rinjani. Tempat wisata pegunungan dan juga perbukitan yang berada di kawasan Gunung Rinjani.

Di tempat ini disediakan beberapa gazebo untuk menikmati pemandangan dan bersantai. Di dasar lembah, pengunjung mampu melihat view desa Sembalun dari atas. Di sekitar taman ada monyet-monyet yang berkeliaran. Keberadaan monyet ini semakin menambah keasrian pemandangan alam di tempat ini.

Later nama lokasi Taman Wisata Pusuk Sembalun
Later nama lokasi. Image via: warnalomboktour.com

Simak juga: 12 objek indah di lombok.

Lokasi Taman Wisata Pusuk Sembalun

Lokasi Spot Selfie Taman Wisata  Pusuk Sembalun ada di kawasan lereng Gunung Rinjani, tepatnya di Jl. Wisata Gn. Rinjani, Ds. Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Rute Menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun

Rute untuk bisa menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun ini, dari ibu kota Lombok atau Kota Mataram. Pengunjung harus menuju Kabupaten Lombok Timur terlebih dahulu. Jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 82 km.

Terdapat dua rute yang bisa ditempuh untuk mampu hingga ke tempat taman wisata ini. Dari Mataram rute jalur timur memang lebih cepat dan lebih erat. Waktu tempuh melalui rute ini ialah sekitar 2,5 jam perjalanan. Namun, rute ini tidak menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona, hanya berupa teras sering sawah saja.

Spot foto menara pandang Taman Wisata Pusuk Sembalun
Spot Foto. Image via: @charma_gunawan

Jika berangkat melalui rute utara, jarak tempuh agak jauh. Namun, itu semua akan terbayar dengan adanya berbagai spot singgahan yang cukup menarik. Deretan pantai utara, rumah tradisional Bayan, Masjid kuno Bayan, serta desa cagar budaya mampu Anda jadikan kawasan singgahan yang sangat menarik.

Jam Buka Taman Wisata Pusuk Sembalun

Lokasi ini terbuka 24 jam, mendapatkan pengunjung.

Tiket Taman Wisata Pusuk Sembalun

Untuk mampu menikmati liburan di taman ini, Pengunjung cukup membayar tiket retribusi sebesar Rp 5.000.

Fasilitas Taman Wisata Pusuk Sembalun

Fasilitas di taman Wisata Pusuk Sembalun ini yang paling terkenal tentu yakni spot foto yang sangat menarik dan mempesona. Untuk akomodasi pendukung tersedia area parkir yang luas, toilet umum, warung makan. Juga tersedia petugas untuk menjaga keamanan serta kebersihan daerah Taman Wisata Pusuk Sembalun.

Di atas bukit banyak tersedia gazebo yang mampu anda gunakan untuk kalem dan beristirahat sambil menikmati pemandangan.

Daya Tarik Taman Wisata Pusuk Sembalun

  1. Spot Foto Instagramable

lokasi paforit Spot Love Taman Wisata Pusuk Sembalun
Spot Love. Image via: duniaindra.com

Simak juga: Bukit Pangonan

Spot Selfie Pusuk Sembalun memberikan view yang bisa menciptakan hati meleleh. Spot ini salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Lombok dari sisi yang berbeda, ialah dari ketinggian. Lokasi taman yang berada di ketinggian 1.250 mdpl membuat udara di sini sangat sejuk.

Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Rinjani yang gagah, deretan perbukitan hijau, kabut tipis dan pepohonan rindang. Ditambah lagi jika langit sedang cerah, pemandangan di sini tentu akan semakin tampak epic dan Instagramable sekali.

Pengelola menyediakan beberapa menara pandang yang menjorok di atas tebing. Selain untuk mampu menikmati pemandangan dengan lebih leluasa, berfoto di menara pandang mirip itu menawarkan kesan yang lebih dramatis.

  1. Keindahan panorama

MOnyet, salahs atu daya tarik di taman wisata pusuk sembalun
Monyet sadar kesehatan. Image via: duniaindra.com

Pusuk Sembalun istimewa dengan keindahan panorama alamnya. Selama berada di Lokasi taman wisata Pusuk Sembalun ini, pengunjung mampu menyaksikan panorama indah. Mulai dari hijau pegunungan, petak sawah, dan rimbun pepohonan.

Selain suasana hijau itu, pengunjung juga mampu mengamati deretan tebing-tebing curam yang nampak indah dari Pusuk Sembalun. Di bab berbeda, pengunjung juga mampu melihat keindahan Bukit Pergasingan, Bukit Anak Dara, Bukit Nanggi, juga Bukit Selong. Pengunjung tidak perlu khawatir terhadap keamanan dan kenyamanan saat berkunjung.

Lokasi taman wisata Pusuk Sembalun ini cuacanya didominasi udara hambar yang segar. Sepanjang tahun cuaca di Pusuk Sembalun cenderung berubah-ubah, namun tetap dalam katagori sejuk. Menurut penuturan warga lokal, di animo kemarau suhu normal mencapai 7 sampai 12 celsius, sedangkan di isu terkini hujan sekitar 20 celsius.

  1. Desa Tradisional

Desa Adat Sembalun bsia terlihat dari kejauhan dari taman wisata pusuk sembalun
Rumah etika Sembalun. Image via: indah-haya

Simak juga: Desa tradisional pengelipuran Bali.

Bukan hanya keindahan alam semata. Berkunjung ke Taman Wsiata Pusuk Sembalun, Pengunjung mampu menikmati keindahan budaya Tradisonal lombok, khususnya dari sisi arsitektur. Dari ketinggian, Pengunjung mampu memandang dengan terang desa-desa tradisional Sasak yang berada di lembah dan diapit oleh perbukitan. Salah satunya desa tertua di Pulau Lombok, Desa Sembalun.

Pada desa tradisional itu terdapat rumah tradisional suku Sasak, yaitu suku orisinil dari Nusa Tenggara Barat. Rumah tersebut ialah rumah yang pertama didirikan dan tertua di desa Sembalun, maka dari itu dinamakan desa belek artinya desa besar.

Di desa itu ada sebuah rumah tenun yang dimiliki desa Sembalun. Rumah itu yang mampu dijadikan wisata budaya oleh pengunjung. Ditempat tersebut pengunjung  bisa melihat dan mencoba menenun kain khas Lombok.

  1. Jelajah alam

di puncak bukit Taman Wisata Pusuk Sembalun
Di puncak bukit. Image via: @dydy_an

Selain menikmati pemandangan Desa Sembalun dari ketinggian, Pengunjung juga dapat mencoba menaiki bukit-bukit hijau di sekitar taman wisata Pusuk Sembalun. Bersantai di puncak bukit, sangat tepat sembari menikmati kopi dan jagung bakar. Bisa juga diselingi dengan bermain bersama sekawanan kera.

Bagi pengunjung taman wisata Pusuk Sembalun yang menyukai jalan kaki mampu mencoba mencari pengalaman trekking berbeda. Pengunjung dapat memanjat bukit Pusuk yang berada di sisi kanan dan kiri jalan. Jalur menuju bukit tersebut terbilang cukup ekstrem dan menguji adrenalin. Namun, semakin tinggi daerah yang pengunjung panjat, semakin indah pemandangan yang bisa pengunjung temukan.

Di puncak bukit Pusuk, tersedia gazebo. Gazebo ini telah lama dibentuk oleh warga sekitar untuk melayani pengunjung. Pengunjung dapat menikmati udara segar kaki Gunung Rinjani, sekaligus tempat bersantai menikmati pemandangan dari ketinggian.

Gerbang Taman wisata pusuk sembalun yang didesain unik dan Atraktif
Gerbang yang Atraktif. Image via: indah-haya

Simak juga: Kampung Naga Jabar.

Tips Mengunjungi Taman Wisata Pusuk Sembalun

Mengingat lokasi wisata Taman Wisata Pusuk Sembalun yakni lokasi wisata instagramable yang masuk kategori alam bebas, maka pengunjung sebaiknya tetap berhati hati. Jangan berlebih dan dan sampai mengabaikan ancaman dalam mengambil foto. Berikut beberapa tips yang bisa kami berikan.

  • Cek lokasi Sebelum berfoto. Jika ingin berfoto, cari kawasan yang aman. Cari tahu spot untuk berfoto dengan angle terbaik tanpa mencelakakan diri.
  • Patuhi aturan Saat medan yang ditempuh membutuhkan ekstra kewaspadaan, simpan dulu perangkat selfie. Jangan memanjat watu/tebing sembarangan dan ikutilah aba-aba yang diberikan.
  • Waspada dikala berfoto hitung setiap langkah ketika ingin berfoto. Jangan mengabaikan larangan, rasa takut dan insting Anda. Pilih kawasan yang datar, tidak licin dan curam.

monyet ekor panjang, salahs atu daya tarik wisata di taman wisata pusuk sembalun
Menyapa sepupu jauh. Image via: @wahdian_93

  • Ukur kemampuan fisik dalam setiap langkah dan pilihan yang dijalani. Kendalikan emosi agar tidak berlebihan. Abadikan setiap momen tanpa perlu membahayakan diri sendiri. Ketika Anda berlebihan, konsentrasi untuk peka terhadap ancaman sekitar akan berkurang.
  • Hindari pose ekstrem dan mainkan kreativitas Berfoto dengan cepat dan aman. Foto anti-mainstream memang diincar para wisatawan, namun keselamatan diri tetap prioritas pertama.
  • Gunakan kreativitas untuk mengambil sudut sederhana namun foto tetap terlihat elok. Ambil foto yang kondusif pada perjalanan menuju tempat tujuan yang biasanya menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indah.
  • Unggah foto di kawasan yang aman. Jangan hingga lengah terhadap keselamatan diri walau sebentar saja. Mengunggah foto di tempat yang kurang aman mampu memalingkan konsentrasi Anda terhadap sekitar.
  • Pahami berharganya keselamatan diri. Pahami bahwa keselamatan Anda jauh lebih penting dibandingkan momen yang didapatkan dalam kamera.

Rekreasi Keluarga di taman wisata pusuk sembalun
Keluarga Berencana. Image via: @echayang

Objek Wisata Dekat Taman Wisata Pusuk Sembalun

Pengunjung yang terlanjur ketagihan pada wisata dataran tinggi, dapat mencoba objek lain di erat Taman Wisata Pusuk Sembalun. Dalam jarak 9 km terdapat Bukit Selong yang sama-sama di kaki gunung rinjani. Bukit ini memiliki daya tarik yang sayang jikalau dilewatkan alasannya pengunjung dapat melihat pemandangan luar biasa ketika berada di sini.

Masih di area Sembalun, dalam jarak 23 km terdapat objek wisata alam riam mangku sakti. Air terjun ini tidak begitu tinggi tapi beberapa spot di air terjun ini sangat unik sehingga berbagai pasangan memilih daerah ini menjadi tempat foto pra wedding. Di air terjun pengunjung juga mampu menyegarkan diri mirip berenang dan main air.

Demikian ulasan nativeindonesia.com mengenai panorama keindahan alam Taman Wisata Pusuk Sembalun Pulau Lombok, NTB. Semoga goresan pena dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat untuk Anda.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni