Telaga Biru Cisoka Indah Tapi Berbahaya, Benarkah?

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”7367″
data-slug=””>

3.8
/
5
(
11

votes

)

Alamat: Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kec. Cisoka, Kab. Tangerang, Provinsi Banten 15730

Map: Klik Disini

HTM: Rp.7.000

Jam Buka: Setiap hari 07.00-18.00 WIB

Kawan, terutama bagi kalian yang berdomisili di area Jabodetabek ataupun sekitarnya, niscaya memanfaatkan hari libur ataupun weekend untuk berlibur.

Keluar sejenak dari padatnya kegiatan serta menikmati ketenangan. Liburan tentu menjadi salah satu kegiatan yang penting kita lakukan bukan untuk mencegah stress?

Pastinya beberapa orang akan mencari lokasi liburan yang tidak jauh dari kawasan mereka tinggal bukan? Untuk menghemat waktu sehingga tidak terlalu usang berada di jalan raya, juga untuk menghindari kemacetan bila terlalu jauh.

Nah, kali ini kita akan sedikit membahas ihwal suatu kawasan wisata yang bisa menjadi salah satu opsi pilihan bagi kalian yang berada di kawasan Jabodetabek. Penasaran dimana letaknya? Yuk, simak dongeng ringkasnya.

Letak Lokasi

Destinasi wisata kita kali ini berada di tempat Tangerang. Ternyata, sekalipun Tangerang ialah suatu tempat yang padat dengan penduduk ataupun pabrik industri, tempat satu ini masih mempunyai pesona penampakan alam yang patut diacungi jempol alasannya adalah keindahannya.

Salah satu lokasi wisata itu namanya yaitu Telaga Biru Cisoka.

Namanya juga sering dikenal dengan Telaga Biru Cigaru. Beberapa orang menyebutkan lokasi ini sebagai Danau Biru Cigaru.

Rekan-rekan mau memanggilnya manapun, terserah, yang penting lokasinya yakni di tempat Sukatani, Tangerang. Tepatnya di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

foto by teluklove.com

Rute Perjalanan

Rekan traveler, ada banyak rute untuk menuju ke lokasi Telaga Biru Cisoka. Bila rekan-rekan tiba dari pusat kota Tangerang, kalian mampu menempuh jalur Jalan Pemda Tigaraksa. Jaraknya hanya sekitar 9 km dari lokasi Telaga Biru Cisoka.

Wisatawan yang tiba dari Jakarta biasanya lebih menentukan menggunakan kereta api untuk menghindari kemacetan. Kalian bisa menaiki KRL dan turun di Stasiun Tigaraksa lalu menaiki transportasi umum baik angkot ataupun ojek.

Daya Tarik

Beberapa turis, baik dari tempat Jabodetabek ataupun di luar, bisa menikmati banyak sekali pengalaman menarik loh dikala berkunjung ke tempat ini.

Di sepanjang jalan menuju Telaga Biru, rekan-rekan akan disuguhi pemandangan hamparan sawah yang dimiliki oleh masyarakat. Ternyata tempat Tangerang juga masih mempunyai sawah kawan.

Apalagi bila rekan-rekan berkunjung saat suasana cerah dan tidak mendung. Kalian akan mampu menikmati panorama alam dengan berbagai warna ini.

Hamparan sawah berwarna hijau segar dengan bulir-bulir padi kekuningan ini akan dihiasi dengan warna putih dan biru dari awan.

foto by gotravelly.com

Sesampainya di daerah wisata Telaga Biru, kalian juga mampu menikmati berkeliling danau dengan sampan ataupun floating pod.

Di tengah-tengah danau terdapat floating dengan memberikan keleluasaan pengunjung untuk berfoto di depannya dengan lambang love atau cinta. Lokasi floating ini juga ialah sebagai salah satu spot foto terbaik di Telaga Biru loh.

foto by travpackerindonesia.com

Setelah final berfoto, kalian mampu menyewa sampan atau perahu kecil untuk mengelilingi danau.

Rekan-rekan akan menerima kesempatan melihat keseluruhan sisi Telaga Biru sambil mengambil gambar, video ataupun foto. Di sekitar danau juga terdapat area bersantai yang terdiri dari kursi ataupun ayunan.

foto by wisatabaru.com

Salah satu daya Tarik Telaga Biru yakni alasannya adalah warna airnya bisa berubah-ubah sendiri. Masyarakat mengenal Telaga Biru memiliki warna hijau, biru, serta biru toska.

Pergantian warna ini disebabkan alasannya adalah lokasi ini ialah bekas daerah tambang. Sisa pertambangan ini mempunyai kadar keasaman tinggi sehingga akan membuat telaga berganti-ganti warna.

Selain merupakan sisa daerah pertambangan, Telaga Biru juga yakni suatu ekosistem bagi alga ganggang untuk hidup dan berkembang biak di dasar danau. Ketika tanaman ini terkena cahaya matahari, sinarnya akan membuat alga ganggang berubah warna.

Secara ilmiah, kondisi danau Cisoka bisa dijabarkan mirip di atas kawan.

Indah Tapi Berbahaya

Tapi kembali lagi, masyarakat kita sepertinya masih suka membuat dan memberitakan kisah serta cerita misteri yang menjadi legenda keberadaan suatu tempat. Hal yang sama juga terjadi di Telaga Biru Cisoka.

Banyak dongeng mistis, serta mitos sejarah asal seruan muasal yang berkembang di daerah wisata ini. Beberapa juga menyatakan bahwa lokasi ini indah tapi cukup berbahaya. Ada juga yang menceritakan perihal asal mula fenomena menakutkan lengkap dengan kisah mereka.

Fasilitas

Selain mirip yang disebutkan di atas, kalian mampu bersantai-santai di sekitar Telaga Biru sebab pemandangannya yang indah.

Pintu wisata akan dibuka mulai pukul 07.00-18.00 dengan tanpa dipungut biaya tiket masuk kawan. Bukankah menyenangkan menghabiskan waktu liburan di tempat wisata alam yang gratis begini?

foto by nayadini.com

Pihak pengelola wisata hanya memberlakukan tarif tiket untuk parkir kendaraan. Bila menggunakan motor maka akan diminta membayar parkir dengan harga Rp2.000 sedangkan kendaraan roda empat akan diminta membayar Rp10.000.

Semenjak tahun 2016 yang lalu, daerah bekas galian pasir yang sudah ditinggalkan bertahun-tahun dan balasannya terisi dengan air ini mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Pihak pengelola juga mulai menambahkan beberapa akomodasi pemanis untuk mendukung pariwisata.

foto by kabar-banten.com

Selain mengambil beberapa foto dokumentasi, seperti disebutkan di atas, rekan-rekan mampu mengelilingi danau dengan menyewa sampan seharga Rp20.000.

Bila ingin tetap tidak mengeluarkan biaya, juga mampu kok menikmati keindahan ini dengan duduk di sekitar danau, di gazebo yang sudah ditempatkan.

foto by instagram.com/taufik_juni0r/

Kawan, bagi pecinta masakan, tidak perlu khawatir kelaparan karena di sekitar Telaga Biru Cisoka sudah banyak terdapat warung makanan.

Kalian bisa menikmati kuliner khas sekitar Telaga Biru Cisoka sambil mengagumi keindahan alamnya. Biaya untuk berkuliner di sekitarnya juga tergolong murah kawan.

Bagi rekan-rekan yang berasal dari daerah luar kawasan juga bisa dengan mudah menerima penginapan atau hotel.

Kalian bisa memsannya melalui aplikasi booking hotel mirip traveloka, hotels, pegi-pegi, agoda, dan beberapa situs lain. Bisa juga dengan menikmati kesederhanaan dengan memilih homestay maupun guest house.

Tidak perlu khawatir mitra alasannya kawasan ini juga bukan merupakan tempat terpencil yang jarang penduduk. Kalian bisa dengan mudah menemukan atau membeli barang-barang serta keperluan berlibur.

Silakan datang ke tempat Cisoka, Tangeran, Banten dan nikmati sendiri pemandangan alam yang luar biasa ini.

foto by sisternet.co.id

Jangan lupa untuk tetap menjaga keindahan serta kebersihan lokasi wisata ya kawan. Tetaplah membuang sampah di kawasan yang sudah disediakan.

Juga bila rekan-rekan kebetulan melihat beberapa sampah acak-acakan di jalan, sudilah kiranya untuk memulai menunjukkan contoh yang baik dengan memungut sampah tersebut dan membuangnya ke tong.

foto by ngadem.com

Kalau bukan kita yang menjaga tempat wisata di Indonesia ini, mitra, maka siapa lagi?

Tentu kita akan lebih bangga untuk menampilkan foto di facebook, twitter, Instagram atau path di tempat yang bersih dan indah bukan? Yuk gotong royong memajukan pariwisata kita.

Selamat berlibur dan jangan lupa untuk menceritakan dongeng kalian di internet ya. Salam traveler.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni