Telaga Merdada Yang Memanjakan Mata

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”14202″
data-slug=””>

3.7
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Pauan, Karangtengah, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

HTM: Rp.5.000

Buka Tutup: 07.00 – 16.00 WIB

Telepon:

Telaga Merdada Wonosobo masih berada di tempat Dieng dan merupakan telaga terluas daripada yang lainnya. Objek wisata ini selalu ramai pengunjung, terutama saat akhir pekan dan animo liburan. Tempatnya beegitu indah, mampu menawarkan kesegaran pada hati maupun pikiran.

Memang di kawasan Dieng ada banyak telaga atau danau, tapi telaga merdada mempunyai pesona tersendiri. Tak hanya menampilkan keindahan wilayah perairan saja, melainkan juga keindahan area perbukitan hijau nan sejuk dimata.

Berkunjung ke kawasan ini bisa menghilangkan kepenatan alasannya acara harian. Kamu bisa menghabiskan waktu liburan dengan suguhan alam yang masih sangat asri. Berbeda dikala di kota yang penuh dengan asap kendaraan. Inilah Telaga Merdada Dieng Wonosobo!

Tentang Lokasi

foto by instagram.com/nikiesawinarso/

Pesona keindahan objek wisata telaga merdada tidak ada duanya disertai warga setempat yang ramah tamah terhadap semua wisatawan. Luas telaga ini kurang lebih 25 ha. Walaupun paling luas, tapi tidak memiliki sumber air sendiri.

Karena dikelilingi dua bukit nan indah yakni bukit pangonan dan bukit semurup. Bukit semurup, dulunya bernama Summer Up sebab tanahnya berwarna merah dan kerap terjadi kebakaran. Namun, akhir salah pengucapan oleh warga sekitar, sehingga kini namanya bukit semurup.

Telaga merdada wonosobo cerita gambar legenda dieng letak lokasi misteri camping sejarah banjarnegara wisata
foto by instagram.com/septyanaayu23/

Sedangkan nama merdada itu berasal dari kata dada yang bermakna luas atau lapang. Asal permintaan nama ini juga berkaitan dengan dongeng misteri atau mitos Dewi Anjani yang merupakan tokoh pewayangan di Jawa.

Mitos menyebutkan bahwa Telaga Merdada ialah penjelmaan dari Cupu Manik Astagina (tokoh pewayangan. Namun, mengenai kisah legenda tersebut, masih belum diketahui kebenarannya.

foto by instagram.com/instadiengplateau/

Terlepas dari benar atau tidaknya, sebaiknya sebagai wisatawan kita selalu bersikap baik saat berkunjung ke telaga ini. Dulu sekitar tahun 1950 – 1998, telaga ini dipakai untuk daerah pembibitan jamur oleh PT Dieng Jaya. Namun ketika krisis ekonomi, pembibitan jamur ditutup.

Meskipun sebagai danau yang cukup luas, akan tetapi tidak memiliki sumber mata air sendiri. Semua air dalam telaga berasal dari tampungan air hujan dan sangat penting bagi petani sekitar. Lahan-lahan atau ladang-ladang milik petani setempat, bergantung pada debit airnya.

foto by instagram.com/dian_ismyama/

Telaga Merdada terbentuk alasannya adalah letusan gunung Dieng semenjak ribuan tahun silam. Aktivitas vulkanin gunung dieng yang sangat dahsyat meninggalkan kawah besar yang hasilnya membentuk cerukan luas. Cerukan ini periode musim hujan digenangi air hujan.

Daya Tarik

Pemandangan telaga merdada sungguh indah, airnya jernih sekali serta dikelilingi area perbukitan dengan pepohonan hijau menjadikan suasananya asri nan sejuk. Bentuknya seperti mangkuk besar, lebih unik dibandingkan danau lain di sekitar Dieng.

foto by instagram.com/dpdhpibanten/

Areanya yang begitu luas, menciptakan para pengunjung bisa leluasa dalam menikmati alam sekitar. Melihat menu alami, menghirup udara segar serta menyaksikan acara para petani kentang, mampu memperlihatkan penyegaran kembali pada otak. Selain itu, kamupun bisa camping disana.

Bagi yang ingin menenangkan diri danau merdada dieng bisa menjadi kawasan ideal. Hawa dinginnya serta kesejukan udaranya bisa menyehatkan paru-paru. Tempatnya juga anggun sekali sebagai background foto. Abadikan setiap momen supaya liburan semakin berkesan.

foto by instagram.com/wonosobohitz/

Waktu terbaik mengunjungi objek wisata telaga merdada, dikala demam isu hujan. Sebab, saat demam isu kemarau, tidak ada airnya alias kering. Namun, bukan berarti kau bisa pribadi turun ke dasar alasannya adalah danaunya dipenuhi lumpur. Jangan sekali-kali turun ya, atau dihadapkan pada ancaman.

Fasilitas

Sebagai wisata alam yang terdapat di kawasan dataran tinggi dieng, membuat telaga merdada memiliki beberapa fasilitas cukup lengkap. Sehingga, dapat mendukung aktivitas serta memperlihatkan pelayanan nyaman bagi semua pengunjung.

foto by instagram.com/sodiki_pandawa/

Di sekitar daerah wisata, tersedia area parkir yang luas, kamar mandi, mushola, warung makan, daerah istirahat, area camping dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk

Objek wisata telagar merdada buka pada jam 07.00 – 16.00 WIB setiap hari. Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang. Biaya yang sangat murah untuk menikmati kekayaan dan keindahan alam tak ada duanya.

foto by instagram.com/aryadidarwanto/

Cara Menuju Lokasi

Alamat telaga merdada di Pauan, Karangtengah, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Tapi, banyak beranggapan jika danau ini berada di Wonosobo sebab masih satu tempat dengan wisata Dieng. Bagi para warga wonosobo, pastilah sudah tahu dimana letak lokasinya.

Kalau orang luar Wonosobo, bisa memakai google maps untuk memperlihatkan arah yang tepat. Untuk terusan, kamu mampu memakai kendaraan langsung maupun umum. Jika menentukan angkutan umum, berhentulah di kecamatan batur.

foto by instagram.com/muprikhah/

Sesampainya di Batur, kau bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek ke Desa Karangtengah hingga di lokasi. Kalau dari jalan raya Dieng, memerlukan waktu sekitar 15 menit agar sampai di danau.

Saat berlibur ke telaga merdada siapkan fisik sebaik mungkin dan aneka macam perlengkapan sebagai penunjang aktivitas disana.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni