The Great Asia Africa Lembang, 1 Gerbang Menuju 7 Negara

The Great Asia Africa Lembang yaitu destinasi wisata yang menggabungkan edukasi dengan artistik yang mengusung konsep edukasi budaya. Kawasan wisata ini mencoba menawarkan pengalaman kultural dari berbagai negara tanpa perlu beranjak dari Indonesia.

The Great Asia Africa adalah destinasi wisata yang menggabungkan edukasi dengan artistik yang mengusung konsep edukasi budaya. Kawasan wisata ini mencoba memberikan pengalaman kultural dari berbagai negara tanpa perlu beranjak dari Indonesia.
The Great Asia Africa Lembang. Image via: travelspromo.com

Wisata ini dibangun di lahan seluas 5 hektar dan berada di daerah lembah dengan suasana alami yang khas ala pegunungan dan perbukitan. Suasana-nya sangat nyaman, sejuk dan asri. Tentu kawasan wisata seperti ini sangat pas sekali sebagai tempat rekreasi untuk keluarga.

The Great Asia Africa terbagi menjadi beberapa area yang ditandai oleh bangunan representatif masing-masing negara. Konsep wisata ini adalah edukasi bagi wisatawan mengenal budaya dan ciri khas 7 negara di Asia dan Afrika.

Ketujuh kompleks ini dibuat semirip mungkin dengan keadaan dari setiap negeri aslinya. Sehingga pengunjung yang tiba ke The Great Asia Arfica mampu mencicipi perbedaan ketika memasuki setiap kompleks miniatur negara-negara tersebut.

Tempat wisata seperti ini sangat pas sekali sebagai daerah rekreasi untuk keluarga. Berbagai tujuan berlibur bisa ditemukan di sini, mulai dari spot berfoto, wisata masakan, belanja, sejarah, sampai edukasi.

The Great Asia Africa terbagi menjadi beberapa area yang ditandai oleh bangunan representatif masing-masing negara
Anjungan India. Image via: tripasik.com

Simak juga:  26 wisata keren di Lembang

Lokasi The Great Asia Africa Lembang

The Great Asia Africa terletak di Jalan Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Rute Menuju The Great Asia Africa Lembang

Pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan kendaraan umum dengan menyimak rute berikut.

Bagi pengunjung yang turun di Stasiun Bandung bisa naik angkutan jurusan ke Lembang dan turun di depan Farm House Lembang. Sedangkan kalau turun di Terminal Cicaheum atau Terminal Leuwipanjang bisa lanjut perjalanan dengan naik bus Damri ke Terminal Ledeng. Sampai di Terminal Ledeng, lanjut naik angkot ke Lembang.

Tapi bagi pengunjung yang nggak mau ribet mampu memakai jasa transportasi online.

di masing masing paviliun negara di The great asia afrika, [engunjung bsia menyewa pakaian khas masing masing nagara
2 Putri Bollywood KW BAndung. Image via: @bellaaindri

Jam Buka The Great Asia Africa Lembang

Jam buka The Great Asia Africa Lembang ini mulai pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB. Namun ada pembagian jam operasional antar area.

Untuk area Korea, Timur Tengah, India, Indonesia, Jepang, Afrika dan Animal Park buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Sementara itu, untuk area atas buka dari pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Tiket The Great Asia Africa Lembang

Informasi harga tiket masuk The Great Asia Africa Lembang Tahun Baru 2020, Pengunjung akan dikenakan tarif harga tiket masuk The Great Asia Africa Lembang sebesar Rp 50.000 per orang. Anak dengan usia di atas 2 tahun akan dikenakan biaya masuk.

Harga tiket masuk The Great Asia Africa Lembang berlaku untuk semua hari dan sudah termasuk voucher minuman. Penukaran voucher minuman hanya bisa pengunjung lakukan sebanyak 1 kali saja.

Pengunjung juga bisa mencoba kopi khas Turki serta melihat proses pembuatannya yang tidak biasa.
Kopi turki. Image via: @hadiwibowooo

Simak juga:  Jembatan Perenungan GUnung Bongkok

Fasilitas The Great Asia Africa Lembang

Untuk kenyamanan pengunjung mengeksplorasi daerah ini, pengelola The Great Asia Africa Lembang telah menyediakan berbagai kemudahan dasar, seperti playgorund, toilet, mushola, kemudian ada juga tempat bersantai dan berintarahat seperti gazebo dan yang lainnya.

Bahkan ada kemudahan spesifik, adalah fasilitas jembatan, tangga, dan lift. Bahkan pengelola pun menyediakan kendaraan khusus pengunjung.

Fasilitas wisata lainnya yang ada di The Great Asia Africa Lembang adalah tersedianya tempat makan sekelas resto dan Café.

Daya Tarik The Great Asia Africa Lembang

Pada goresan pena singkat ini, kita coba lihat satu persatu berbagai anjungan yang ada di The Great Asia Africa Lembang.

Kampung Belakang kuil suasana khas jepang
Kampung belakang kuil di Jepang. Image via: pesonawisataindonesia.com

  1. Indonesia

Dari sekian anjungan negara di taman ini, anjungan negara kita Indonesia tercinta, tentu menjadi wahana yang wajib ada di wisata ini. Di ataman wisata ini pengunjung diajak untuk melihat citra bagaimana dan seperti apa ada ciri khas budaya Indonesia, mulai dari budpekerti sampai masakan khas daerah.

Secara fungsionak, area ini diperuntukkan sebagai foodcourt. Area daerah duduknya bermacam-macam dan menempati gazebo-gazebo yang nyaman. Gaya arsitekturnya menyerupai saung-saung yang biasa ditemukan di Indonesia.

  1. Jepang

Anjungan kedua yang kmai bahas, yaitu anjungan negara Negeri Sakura. Di wahana Jepang di Taman wisata ini, pengunjung mampu melihat adanya spot-spot yang kental dengan nuansa Jejepangan. Misalnya saja mirip: Pavillion Jepang, Gerbang Fushimi, Lampion-Lampion yang tergantung ala Jepang, Kaligrafi dengan Huruf Kanji, Kakigori, dan lain-lain.

berfoto denganlatar belakang bnagunan khas dan pakaian kahs negara tersebut tentu sangat menyenangkan
Berkimono Jepang. Image via: piknikdong.com

Simak juga:  berguru dan rekreasi di Lembang Park and Zoo 

Jepang menjadi salah satu destinasi pengunjung yang paling ramai. Kawasan ini dilengkapi bak dengan jembatan, pertokoan dengan arsitektur Jepang kuno, terowongan gerbang kuil, serta aneka dekorasi.

Di Anjungan Jepang tersedia penyewaan pakaian tradisional berupa “Kimono”, “Yukata”, dan “Hakama” untuk berbagai kalangan usia. Bagi pengunjung yang tertarik, bisa mencoba menyewa kostum tersebut dan dipakai untuk berfoto di wahana Jepang.

Jajaran gerai masakan khas pun ada, mulai dari Takoyaki hingga Yaki Imo alias ubi panggang. Yang membedakan dari area lainnya adalah booth permainan tradisional, adalah menangkap ikan dengan memakai jaring kertas.

  1. Korea

Diantara tujuh anjungan negara, anjungan pertama yang bisa ditemukan dengan berjalan kaki ialah Korea. Di anjungan area Negeri Ginseng ini, terdapat kedai, rumah tradisional Korea lengkap dengan dapurnya.

The Prince Of Joseon From Lembang.
The Prince Of Joseon From Lembang. Image via: @designitystudio

Jika pengunjung masuk ke dalam, pengunjung akan menemukan etalase berisi replika makanan khas Korea mirip kimchi. Pengelola juga memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mencoba dan berfoto mengenakan pakaian tradisional Korea yang berjulukan Hanbok.

  1. India

Anjungan india yaitu area yang menjadi favorit di hampir semua kalangan. Ini alasannya penyajiannya yang berwarna-warni. Di wahana ini terdapat rumah tradisional India. Negara India direpresentasikan dengan replika bangunan dari Jaipur yang dikenal sebagai “The Pink City”.

Setiap bangunan dihiasi warna dan dekorasi yang dijamin mencuri perhatian. Pengunjung mampu mengabadikan momen dengan aneka macam latar belakang yang instagrammable. Patung tangan raksasa dan gajah yang unik biasa menjadi pilihan yang favorit.

Pengunjung mampu menikmati kuliner khas seperti roti canai di area ini. Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba mengenakan pakaian tradisional India (Kurti Salwar) untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Paviliun India
Paviliun India. Image via: pesonawisataindonesia.com

Simak juga:  Berburu foto instagram di Pule payung

  1. Thailand

Area Thailand berada sempurna di dekat miniatur desa Korea Selatan. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus menyusuri dua kali jalan menurun. Di jalanan menurun kedua, pengunjung akan melihat beberapa dekorasi pintu di sebelah kiri sebelum menemukan area Thailand.

Wahana ini memperlihatkan suasana yang khas mirip di Thailand. Terdapat miniatur bangunan dengan kombinasi warna putih dan emas yang menjadi ciri khas Thailand. Selain itu, ada juga masakan khas Thailand yang mampu pengunjung nikmati.

  1. Afrika

Menuju area selanjutnya, pengunjung akan melewati sungai kecil dengan jembatan berwarna-warni. Dengan lahan rumput dan latar belakang tebing, pengunjung seolah menginjakkan kaki di sabana Afrika yang luas dan memukau.

Suasana khas  Afrika. dnegan bangunan berbahand asar kayu dan ranting
Suasana Afrika. Image via: @egie_jhon

Bangunannya didominasi bebatuan, atap rumput, dan dekorasi ornamen grafis yang unik.

Jika sudah hingga di anjungan Afrika, jangan lupa untuk merasakan Sate Afrika. Meski bertajuk sate, namun kuliner ini tidak disajikan dengan ditusuk, melainkan di piring layaknya steak daging dan disandingkan bersama pisang goreng.

Pengunjung juga mampu mencoba kopi khas Turki serta melihat proses pembuatannya yang tidak biasa.

  1. Animal Park

Setelah beres menjelajahi berbagai negara, istirahatkan kaki di kawasan Animal Park. Di sini, pengunjung bisa berinteraksi dengan binatang menggemaskan nan unik. Kelinci, kambing, dan iguana adalah beberapa di antaranya.

Selain memberi makan dan mengajak bermain, pengunjung juga mampu berkesempatan untuk berfoto bersama para reptil.

Belajar bikin Kimchi di lembang
Belajar bikin Kimchi di lembang. Image via: destinasibandung.co.id

Simak juga:  Berburu foto di puncak bangku

Objek Wisata Dekat The Great Asia Africa Lembang

Lembang memang kaya akan objek wisata taman yang ramah lingkungan. Salah satu yang terkenal semenjak tahun 2014, yakni Dusun Bambu. Di Area Tersedia area masakan, restoran unik, banyak sekali permainan, kawasan menginap berupa villa dan glamping, dan juga taman terbuka yang luas. Semuanya terkonsep dengan baik.

Bagi yang ingin merasakan wisata berbau Eropa, lembang memiliki Farmhouse. Dengan desain atmosfer eropa, banyak spot unik yang pastinya bakal menarik untuk swafoto/selfie, dan di posting di media umum. memang, Farmhouse Lembang sejauh ini memperlihatkan ‘wisata foto’ sebagai daya tarik utamanya. Mirip-mirip dengan Dago Dream Park, hanya berbeda konsep tempatnya saja.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni