The Legend Star Jatim Park 3

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6130″
data-slug=””>

3.4
/
5
(
8

votes

)

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65236

Map: Klik Disini

HTM: Rp.50.000

Buka Tutup: 14.00 – 22.00

Telepon: 0341 – 597777

Wisata Kekinian

Setelah sukses dengan Jatim Park 1 dan 2 lewat Eco Green Park, Batu Secret Zoo dan Museum Satwa, disusul BNS (Batu Night Spectacular), Museum Angkut, Predator Park, dan Museum Tubuh, Jatim Park Group kembali menghadirkan destinasi wisata gres di Kota Batu yang diberi nama Jatim Park 3.

Salah satu wahana yang disuguhkan di Jatim Park 3 yakni wisata kekinian berupa spot-spot unik untuk latar belakang foto yang membawa pengunjung berkeliling dunia dan bertemu tokoh-tokoh ternama, baik dari dalam maupun luar negeri. Destinasi wisata tersebut diberi nama The Legend Star.

foto by instagram.com/windapiglet

Hadirnya sejumlah patung lilin berbentuk tokoh-tokoh ternama dengan bentuk dan ukuran yang presisi dengan tokoh aslinya disertai berbagai macam properti orisinil dari sang tokoh, mengingatkan kita pada Museum Wax Madame Tussaud yang ada di london, Amsterdam, Whasington D.C., Berlin, Shanghai, Singapura dan di 14 tempat lainnya di seluruh dunia.

Menariknya, The Legend Star tidak hanya sekedar menghadirkan patung lilin plus propertinya, melainkan juga menempatkan patung-patung tersebut di dalam bangunan-bangunan berbentuk replika dari bangunan-bangunan ternama di dunia mirip Istana Negara, Gedung Putih, Forbidden City, Taj Mahal dan sejumlah replika bangunan lainnya.

Gambaran sekilas wacana Jatim Park 3 dengan salah satu destinasinya yang berjulukan The Legend Star tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu indikator, betapa seriusnya Jatim Park Group dalam membuatkan objek wisata kelas dunia di Kota Batu.

foto by instagram.com/yunni_wulann25

Upaya untuk terus menambah objek pariwisata tersebut tidak terlepas dari peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu semenjak dilakukannya penambahan objek wisata gres, dari hanya sejumlah 3,3 juta wisatawan pada tahun 2014, meningkat menjadi 3,9 juta di tahun 2015 dan melonjak sebanyak 4,2 juta pada tahun 2016 sampai tembus di angka 6 juta wisatawan sepanjang tahun 2017.

Mampukan Jatim Park 3 dengan The Legend Star dan beberapa wahana gres lainnya menawarkan dampak yang signifikan terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Mengenal Lokasi

Menempati area seluas 2,3 hektar , The Legend Star yang merupakan salah satu wahana dari Jatim Park 3 secara administratif berada di JL. Ir. Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, 65236.

foto by instagram.com/yunni_wulann25

Karena lokasi objek wisata ini berada di jalur utama Kota Batu, maka dapat diakses dengan gampang, baik dengan memakai kendaraan langsung maupun angkutan umum. Bagi pengunjung yang berangkat dari sentra Kota Malang, tinggal menyusuri Jalan Raya Tlogomas dan Anda akan pribadi hingga di lokasi yang letaknya sempurna di depan KUD Batu.

Di atas lahan seluas 16 hektar itulah bangun Jatim Park 3 yang memiliki beberapa wahana, yaitu Dinopark, Jurasic Action, Dino Down Town, Galeri Musik, Funtech, Infinite World, 6-D Cinema, Virtual Arena, XD, House of Zombie, Sniper Zone & Dino Bazar, Red Carpet untuk pertunjukan, Gedung Teater dengan kapasitas 2.000 penonton serta The Legend Star.

Khusus untuk The Legend Star, wahana ini terbagi atas 12 zona yang mencakup: Istana Negara, Istana Bogor, White House, Gladiator Colloseum, Hollywood, Taj Mahal, Forbidden City, Sipol Netherland Airport, Zona Korea, Zona Jepang, Lorong Harry Potter, Kerajaan Majapahit, ditambah Zona Super Hero.

foto by instagram.com/yunni_wulann25

Di sejumlah replika bangunan itulah pengunjung mampu menyaksikan 120 patung lilin dan patung gipsum dari tokoh-tokoh ternama di dunia, mulai dari pemimpin dunia, tokoh agama, artis, ilmuwan, atlit serta tokoh-tokoh lain yang namanya tidak asing lagi di dunia.

Patung-patung tersebut dibentuk dengan bentuk dan ukuran yang sama persis dengan tokoh aslinya, bahkan dilengkapi dengan aksesoris orisinil milik sang tokoh, mirip sepatu dan bola. Sebagian besar dari patung-patung tersebut dipesan dari China, untuk patung-patung Super Hero dibeli dan mendapat lisensi dari Marevell dan DC Comics, sebagian lainnya dibuat sendiri oleh seniman tanah air.

Dengan total patung sejumlah 120 buah serta menempati lahan seluas 2,3 hektar menyebabkan The Legend Star sebagai wahana patung terbesar dan dengan koleksi terbanyak se-Asia Tenggara, alasannya ukuran dan koleksinya memang lebih luas dan lebih banyak dibandingkan wahana yang sama yang terdapat di Singapura, Malaysia serta Thailand.

Berkeliling Dunia

foto by instagram.com/ragil_trader

Tidak hanya sekedar replika, bangunan-bangunan dan patung-patung yang ada di lokasi dibentuk semirip mungkin dengan bentuk aslinya, sehingga pengunjung tidak hanya akan dibuat kagum dan terpesona serta tertarik untuk mengakibatkan bangunan dan patung-patung tersebut sebagai latar belakang foto, melainkan juga menerima suplemen wawasan dan pengetahuan usai berkunjung ke The Legend Star.

Replika Bangunan Istana Negara misalnya, mulai dari eksterior hingga interiornya dibentuk sama persis dengan yang ada di Jakarta kecuali dari sisi ukuran, sehingga saat berada di depan maupun di dalam replika bangunan tersebut, pengunjung seolah berada di area Istana Negara.

Di dalam replika bangunan, pengunjung dapat menjumpai ruangan perjamuan kenegaraan, hall untuk melantik pejabat negara hingga dengan ruang kerja presiden. Detail dari ruangan-ruangan tersebut dibuat sama persis dengan aslinya, termasuk motif karpet yang terpasang. Agar mampu menyuguhkan suasana yang mendekati aslinya, budget untuk pembelian karpet saja memakan anggaran sebesar Rp.400 juta.

foto by instagram.com/ariska_dew

Selain mampu menikmati ruangan dengan suasana yang sama persis dengan Istana Negara dan Istana Bogor, pengunjung juga mampu berfoto dengan patung-patung tujuh presiden yang pernah memimpin Indonesia. Begitu pula saat memasuki replika White House, di dalamnya mampu ditemui patung Donald Trump dan Barack Obama yang bisa diajak berfoto bersama.

Sementara di Zona Hollywood, sejumlah patung artis papan atas dunia yang siap menjadi teman berfoto diantaranya adalah Will Smith, Brad Pitt bersama Angelina Jolie, Leonardo D’Caprio, Julia Robert, Tom Cruise, Johnny Deep saat berperan sebagai Jack Sparrow, serta 30 artis papan atas lainnya.

Atlit-atlit olah raga yang dibuatkan patungnya di The Legend Star diantaranya ialah Lionel Messi, Christiano Ronaldo, Mike Tyson, Mohammad Ali, Tiger Wood dan sejumlah atlit lainnya. Sedang patung dari tokoh-tokoh lainnya yang ikut meramaikan destinasi ini diantaranya adalah Patung Albert Einstein, Bunda teresa, Mahatma Ghandi, Fransiscus Paus ke-266, Pangeran William dan Kate Midleton, serta sejumlah tokoh yang lain.

foto by instagram.com/lella.lisza9

Memasuki zona super hero, beberapa tokoh yang tergabung dalam Avengers dan Justice League menjadi pendamping menarik untuk dijadikan sahabat berfoto, mirip Hulk, Captain America, Iron Man, Thor, Superman, Batman, Spiderman, Wolverine, Wonder Woman dan beberapa super satria yang lain.

Kunjungi pula zona-zona yang lain untuk menerima lebih banyak lagi objek foto yang menarik, mirip Zona Jepang yang mempunyai Rumah Tradisional Jepang bernama Minka serta lampion-lampion dan ornamen-ornamen khas Jepang dilengkapi patung wanita yang mengenakan kimono. Di sini pengunjung dapat menyewa Baju Yukata dan berdandan kolam perempuan Jepang.

Susuri lorong-lorong Kota Hogwarts sebagaimana yang ada dalam film Harry Potter, kunjungi Forbidden City mirip yang ada di film-film Kungfu China, bawa imajinasi ke India dengan mengunjungi Zona Taj Mahall atau ke era keemasan Kerajaan Majapahit, serta nikmati eksotisnya Amsterdam dan Korea. Semua mampu dilakukan dengan cukup mengunjungi satu daerah, ialah di The legend Star yang ada di Jatim Park 3, Kota Batu, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/lella.lisza9

Berbagai wahana yang ada di Jatim Park 3, masing-masing mempunyai harga tiket sendiri yang tidak sama antara satu wahana dengan wahana yang lain. Untuk harga tiket masuk The Legend Star, HTM yang dikenakan sebesar Rp.50.000.

Dengan harga tiket yang tidak murah tersebut, pengunjung tidak hanya dapat menikmati beragam replika dan patung-patung dari tokoh-tokoh ternama, tapi juga bebas untuk berfoto ria tanpa dikenakan biaya perhiasan.

Fasilitas Yang Ada

Sedangkan untuk fasilitas yang tersedia, tidak jauh berbeda dengan yang ada di Jatim Park 1 dan 2 serta objek-objek wisata lainnya yang berada di bawah managemen Jatim Park Group. Kamar mandi dan toilet contohnya, tersedia di beberapa titik, sehingga memudahkan bagi pengunjung yang membutuhkannya, bahkan, tersedia pula toilet khusus untuk penyandang disabilitas.

foto by instagram.com/mgirl83

Untuk yang membutuhkan berbagai macam isu, mampu menuju ke Information Center. Bagi yang ingin menjalankan sholat 5 waktu, mushollah yang representatif berikut tempat wudlu juga telah dipersiapkan. Pengunjung lansia dan difable tidak akan kesulitan dikala mengelilingi 12 zona yang ada, alasannya tersedia e-bike dan kursi roda serta jalur khusus yang minim tangga dikala berkeliling lokasi.

Begitu juga ibu-ibu yang berkunjung dengan membawa bayi, telah disiapkan Baby Care Room sebagai kawasan privasi biar leluasa dalam merawat buah hati. Hal yang sama juga disediakan untuk para perokok dengan tersedianya Smoking Area yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Sejumlah food court dan cafe menjadi perhiasan kemudahan yang ada di The Legend Star. Jadi tidak perlu membawa bekal makanan pada dikala berkunjung. Karena berbagai hidangan enak mampu Anda pilih sesuai dengan selera.

Karena masih seumur jagung, untuk fasilitas penginapan belum tersedia di area Jatim Park 3, sebagaimana Jatim park 1 dengan Pondok Jatim Park Hotel & Cafe serta Jatim Partk 1 dengan Pohon Inn-nya. Namun ke depan, pihak pengelola sudah berencana untuk mendirikan hotel berbintang 5 di sekitar area wisata.

Termasuk membangun jalur monorel yang menghubungkan seluruh tempat wisata yang berada di bawah managemen Jatim Park Group, guna mengurai kemacetan di wilayah Kota Batu, utamanya pada ketika high season adalah ketika animo liburan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni