Tlatar Boyolali, Wisata Rekreasi Sekaligus Edukasi

Tlatar Boyolali merupakan daerah wisata paling terkenal di Boyolali. Terdapat berbagai kemudahan serta kenyamanan bagi pengunjung. Selain tempatnya yang menyenangkan bagi liburan anak-anak, di tlatar mereka juga akan mendapatkan aneka macam macam pengetahuan lingkungan hidup dan ilmu-ilmu lainnya.

Tlatar Boyolali merupakan tempat wisata paling populer di Boyolali. Terdapat berbagai fasilitas serta kenyamanan bagi pengunjung
Tlatar Boyolali. Image via: harianpost.co.id

Lokasi Taman Air tersebut dibangun sekitar pada tahun 1997. Taman Air ini dibangun dengan tujuan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah disekitar area wisata tersebut. Dengan memiliki konsep pelestarian sumber daya air yang ada.

Sumber air di Umbul Tlatar yang tak pernah berhenti mengalir kemudian dimanfaatkan sebagai objek wisata yang sangat menyenangkan alasannya adalah suasana sejuk khas pegunungan yang terasa sangat nyaman.

Umbul Tlatar berada di kaki Gunung Merbabu, dengan ketinggian lokasi sekitar 350 meter di atas permukaan laut. Ini memebuat udara sejuk dan segar. Apalagi banyak pepohonan di sekeliling lokasi. Selain udara yang sejuk karena banyak pepohonan, taman-taman di Umbul Tlatar sangat indah sebab dilengkapi aneka kolam air dengan bebatuan alam.

tlatar Boyolali memiliki fasilitas ruang pertemuan
Ruang pertemuan. Image via: viva.co.id

Simak juga: 10 wisata unggulan Boyolali

Lokasi Tlatar Boyolali

Umbul Tlatar Boyolali terletak di Jl. Tentara Pelajar No. 2 Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Secara geografis, lokasinya berada di lereng Gunung Merbabu. Maka tak heran bila di tempat ini banyak terdapat mata air yang mengalir deras melalui lapisan bebatuan vulkanik di dalam tanah.

Rute Menuju Tlatar Boyolali

Lokasi wisata yang nyaman ini berjarak sekitar 5 kilometer dari sentra kota. Jika berangkat dari Semarang, pribadi saja mengambil rute menuju Solo. Dari Semarang, jarak tempuhnya sekitar 80 kilometer dan membutuhkan waktu 1 jam 30 menit.

Akses jalan menuju ke daerah wisata ini dari Kabupaten Salatiga berjalan ke arah jalur Salatiga menuju Solo. Sesampainya di perbatasan Salatiga, pengunjung berjalan menuju arah Boyolali sekitar 5 Kilometer  sampai ada pertigaan dengan sebuah plakat besar bertuliskan Umbul Tlatar Boyolali di bab kanan jalan.

Setelah itu ambil arah belok ke kiri dan berjalan lurus sekitar 4,5 Kilometer sampailah di lokasi objek wisata tersebut.

Makan tepi kolam merupakansa lah satu pengalaman menyenangan di tlatar boyolali
Makan tepi kolam. Image via: sanjayatour.com

Jam Buka Tlatar Boyolali

Wisata Umbul Tlatar buka setiap hari. Objek mulai dibuka pada jam 08.00. dan lalu tutup pada jam 17.00

Tiket Tlatar Boyolali

Harga Tiket Masuk Wisata Tlatar Boyolali yakni Rp. 10.000/orang dan gratis bagi anak diusia dibawah 5 Tahun. Tempatnya cukup unik nih. Dengan tiket masuk seharga Rp 10.000,-/ orang itu, banyak yang mampu kita dapatkan di tempat wisata Tlatar Boyolali ini, baik untuk akil balig cukup akal mau pun anak-anak.

Fasilitas Tlatar Boyolali

Fasilitas yang disediakan ada bak pemancingan, kolam renang cukup umur dan anak-anak, kolam kecil terapi ikan, belum dewasa juga bisa eksklusif menjaring ikan dalam bak (mereka menyebutnya pakecehan) dan tentu saja restoran.

Daya Tarik Tlatar Boyolali

  1. Kolam Renang Standar Nasional

Kolam renang dewasa di Taktar Boyolali, benar-benar berstandar nasional. Sesuai dengan ukuran dan satuan standar, yaitu 50x25x2 meter.
Kolam renang Olimpik. Image via: @boyolali_info

Simak juga: Slide terpanjang Asia di Kediri Water Park

Kolam renang akil balig cukup akal di Taktar Boyolali, benar-benar berstandar nasional. Sesuai dengan ukuran dan satuan standar,  adalah 50x25x2 meter. Dan yang tidka kalah penting, Air kolamnya juga segar tanpa kaporit.

Renang di sini rasanya segar, mata pun tidak merah walaupun tanpa mengenakan kacamata. Di bagian timur dan barat Kolam, terdapat semacam tribun mini terbuat dari keramik yang berudak dan atap berbahan polycarbonate. Kamar ganti dan mandi syariah laki-laki dan perempuan terdapat di sebelah utara.

Kolam renang di Tlatar ini hanya ramai di pinggir saja.  95% pengunjung hanya keceh di pinggir bak di kedalaman 1.4 meter atau kedinginan berjemur di tepi kolam. Sedangkan kedalaman 1.9 meter suasananya lengang.

Dengan komposisi pengunjung seperti itu, walau suasana sednag ramai, perennags erius tetap bis anyaman. Mereka bisa leluasa di tengah kolam yang berbentuk “V” ini.

  1. Wisata Air untuk Anak

Masih dalam satu kawasan Kolam Standar Nasional, juga terdapat kolam yang lebih kecil dan lebih cetek untuk anak-anak bermain dan keceh.
Kolam anak. Image via: reunismansa

Masih dalam satu tempat Kolam Standar Nasional, juga terdapat kolam yang lebih kecil dan lebih cetek untuk anak-anak bermain dan keceh. Kolam dengan ukuran 10 x 10 meter ini terdapat  2 buah perosotan kecil yang tampaknya panas jika tidak diguyur air terlebih dahulu.

Selain bak, untuk anak jug aada wahana Pakecehan. Dalam bahasa Jawa, Pakecehan berarti tempat bermain air dalam bahasa jawa. Wahana ini layaknya sungai dengan habitat ali berupa udang, kepiting kali, serangga air, ikan wader, sumpil, keong dan lain-lain.

Dasarnya berupa batuan keras sehingga tak perlu khawatir terpeleset. Air di pakecehan ini bening dan bersih. Berasal dari mata air lereng gunung Merbabu.

  1. Memancing

Pemancingan Tlatar Boyolali alamat yang satu ini masih berada di satu kawasan Ekowisata Tlatar ini.
Mancing di Tlatar. Image via: jatengnews.id

Simak juga: Air terjun dan hutan di Srambang Ngawi

Bagi pengunjung yang hobi memancing, lokasi ini cocok sekali bagi Anda. Pemancingan Tlatar Boyolali masih berada di satu tempat Ekowisata Tlatar ini. Kondisi alamnya yang sangat natural dan suasananya yang masih alami menimbulkan bak pemancingan disini sangat banyak ikan.

Ketika pengunjung memancing disini juga suasananya tidak terlalu panas, bahkan mampu dibilang sangat sejuk. Hal tersebut alasannya posisi pemancing ada di bawah pohon cemara sembari menunggu hasil ikan yang memakan umpan pancingan.

Memang jumlah strike tidak ‘banjir’, mengingat populasi ikan yang juga tidak berlimpah, namun size ikan-ikannya sangat menarik. Dan memang ini yang lebih penting alasannya adalah sensasi tarikan dan suasana pertarungan dengan ikan menjadi semarak.

Daripada jumlah ikannya seperti cendol dawet tapi sizenya setengah kiloan semua, ya mending agak harus menunggu sebentar (sebab populasi ikan yang terbatas) tetapi setiap kali strike minimal beratnya 3 kg.

Menurutmpara pemancing , umpan yang paling efektif adalah umpan kepiting kali (cuyu) dan cuilan daun kol (kubis). Umpan yang lain juga disambar, pellet dan bagian mentimun contohnya.

Makan di tepi kolam di tlatar boyolali.
Makan di tepi bak. Image via: @ayuukurniaw

  1. Wisata Sains Biologi

Di kawasan  wisata Tlatar Boyolali ada laboratorium Alam dan Taman Hidrologi. Di sini pengunjung diajak untuk menyadari bahwa Alam tidak seharusnya dieksploitasi secara berlebihan. Di laboratorium hidrologi ini pengunjung bisa melihat pribadi siklus perputaran air di alam.

Ada juga Pembangkit Listrik. Pembangkit listrik di wisata air tlatar merupakan salah satu wahana wisata iptek yang disediakan. Terdapat pembangkit listrik tenaga surya (sel surya) dan 5 unit mikrohidro yang memanfaatkan ajaran air dari pegunungan.

Unit mikrohidro tersebut bisa menghasilkan listrik sebanyak 20.000 Watt dan bisa dipakai untuk keperluan listrik di wisata air tlatar mirip penerangan, pengeringan, elektronika, dan lain-lain.

Ada juga Budidaya Alfalfa. Alfalfa yakni tumbuhan orisinil arab yang dibawa ke Andalusia di Spanyol hingga ke daratan Amerika. Manfaatnya sangat banyak mulai dari pakan ternak sampai pengobatan herbal. Di Cina, alfalfa sudah digunakan utnuk pengobatan semenjak abad 6 masehi.

Untuk pakan ternak, alfalfa sangat potensial jika dikembangkan. Di wisata air tlatar, pengunjung mampu mencar ilmu teknologi dan budidaya alfalfa

Senja di Tlatar Boyolali.
Senja di Tlatar. Image via: @dolanboyolali

Simak juga: Agro wisata Bhakti Alam

  1. Fasilitas Pertemuan

D Tlatar Boyolali, ada tempat Pertemuan yang elok. Fasilitas ini juga sekaligus menyediakan makan, bagi peserta pertemuan. Banyak hidangan masakan dengan sajian utama ikan mampu anda pesan, mirip ikan nila, bawal, gurameh, udang, lele, dan macam-macam dengan banyak sekali variasi bumbu menu.

Ditambah dengan view sesuai selera anda, wisata air tlatar memberikan keunikan tersendiri. Pengunjung mampu memilih view pakecehan, pasegaran, dan lain-lain. Untuk kebutuhan masal, disediakan ruang pertemuan berkapasitas 100-200 orang dengan banyak sekali pilihan lokasi dan view.

Tips Mengunjungi Tlatar Boyolali

  • Jangan tiba pada saat selesai pekan jikalau ingin menikmati suasana yang sepi
  • Bawa baju renang, alat mandi & baju ganti biar bisa leluasa main air
  • Pakai sunblock jikalau dirasa perlu

Pakecehan, salah satu spot yang paling disukai anak di tlatar boyolali
Pakecehan. Image via: bisnis.com

Objek Wisata Dekat Tlatar Boyolali

Bagi yang terlanjur jatuh cinta dengan wisata bertema air, boyolali juga memiliki Wisata Kampung Air Kragilan. Berjarak 5 km dari pusat kota Boyolali, destinasi ini menyuguhkan pemandangan alam yang hijau, asri ditambah gemericik air yang turun dari bukit-bukit yang ada di sekelilingnya.

Ada juga Umbul Tirto Marto Pengging. Dahulu ini merupakan daerah pemandian khusus untuk raja-raja Kasunanan Surakarta Hadingrat beserta anggota keluarganya. Tempat pemandian Pengging mempunyai tiga tempat pemandian berbeda, yakni Umbul Temanten, Umbul Ngabean dan Umbul Duda.

Itulah sedikit ulasan mengenai daerah wisata Air Tlatar Boyolali. Jangan lupa ajak keluarga atau sahabat-teman anda berkunjung ke wisata ini agar lebih asik menikmati keindahan alamnya.

Selamat Berlibur!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni