Waduk Bajulmati, Mengingat Raja Ampat Di Pedalaman Jawa Timur

Waduk Bajulmati di banyuwangi dikenal orang alasannya adalah kabar soal penampilannya yang mengingatkan pada Raja Ampat. Efek ini timbul sebagai balasan adanya bukit bukit kecil yang tergenang di dalam area waduk seluas 100 hektar ini.

Waduk Bajulmati di banyuwangi dikenal orang karena kabar soal penampilannya yang mengingatkan pada Raja Ampat
Waduk Bajulmati. Image via: ihategreenjello.com

Waduk ini mampu menampung air hingga 10 juta meter kubik dan mampu mengairi sawah seluas 1.800 hektar. Waduk yang mulai dibangun pada tahun 2006 dan simpulan pada 2015, memanfaatkan aliran sungai bajulmati yang berhulu dari gunung ijen.

Waduk ini juga dikembangkan sebagai destinasi wisata sebab panoramanya memang sangat indah. Panorama air did alam waduk disempurnakan oleh adanya latar belakang kawah ijen dan gunung baluran serta tempat hutan disekelilingnya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Waduk Bajulmati adalah pagi atau sore hari. Ini alasannya adalah udara dan cuaca yang panas dikala siang hari agak kurang erat bagi wisatawan. Jika terpaksa harus berkunjung ketika siang hari, jangan lupa untuk membawa epilog kepala agar mengurangi efek panas matahari.

berfoto berlatar waduk bajulmati
Berlatar Waduk. Image via: datawisata.com

Simak juga: Lokasi wisata faforit di banyuwangi

Lokasi Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati adalah waduk yang terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Namun sebagian orang menganggap, waduk ini beralamat di Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Waduk Bajulmati yang terletak diantara Gunung Baluran dengan Pegunungan Ijen ini, dibuat dengan membendung Sungai Bajulmati sebagai sumber air utamanya

Rute Menuju Waduk Bajulmati

Waduk bajulmati berlokasi di desa wonorejo yang merupakan perbatasan banyuwangi dan situbondo, bersebelahan dengan tempat taman nasional baluran. Untuk menuju kesini pun searah dengan menuju taman nasional baluran.

Jika memakai kendaraan eksklusif dari arah kota banyuwangi, pengunjung bisa mengarahkan kendaraan anda ke keluar kota banyuwangi – pelabuhan ketapang-jalan lintas banyuwangi-situbondo-pasar bajulmati- pintu masuk taman nasional baluran-setelah melewati taman nasional sekitar 10 menit di kiri jalan akan melihat gapura dan gerbang masuk ke waduk.

Sepeda santai menimati panorama ke waduk bajulmati.
Sepeda kalem ke waduk. Image via: @ahmadfauzan9029

Jika pengunjung  menaiki transportasi umum, bisa menaiki bus jurusan yang menuju situbondo dari pelabuhan ketapang dan turun di depan pintu gerbang bajulmati. Jika dari arah situbondo, ambil arah ke banyuwangi atau pelabuhan ketapang.

Setelah memasuki kawasan taman nasional baluran nanti pengunjung akan menemukan gapura masuk menuju waduk bajulmati di sebelah kanan jalan.

Jam Buka Waduk Bajulmati

Lokasi wisata ini bukas etipa hari. Mulai jam 06.00 sampai tutup pada sore hari jam 16.00.

Tiket Waduk Bajulmati

Untuk memasuki areal waduk bajulmati tidak dikenakan biaya tiket masuk, anda hanya akan dikenakan biaya parkir yang cukup murah yaitu sebesar Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan beroda empat.

pintu air waduk bajulmati
Pintu Air. Image via: banyuwangibagus.com

Simak juga: Pesona Air terjun Kato Lampo Bali

Fasilitas Waduk Bajulmati

Untuk memfasilitasi kegiatan wisata para pengunjung waduk, pengelola telah menyiapkan beberapa kemudahan penunjang. Fasilitas dasar berupa Toilet, Parkir, dan toilet, tersedia dengan memadai dan dalam kondisi baik.

Di sekitar waduk juga dilengkapi dengan rest area seluar 4.000 meter persegi, yang dilengkapi dengan café, parkiran luas, dan toilet yang memadai. Berbagai wahana juga disediakan di area Waduk Bajumlati, mulai dari ATV, Speed Boat, hingga sarana Out bond.

Kegiatan hunting foto merupakan acara paling disenangi oleh wisatawan ketika berkunjung ke waduk Bajulmati. Sinyal itu ditangkap jelas oleh pengelola waduk dengan bukti positif terdapat beberapa spot foto corner kece.

Daya Tarik Waduk Bajulmati

  1. Menjejahi Area Waduk

Menjelajah waduk mencari spot foto ideal.
Menjelajah waduk. Image via: @life_sehat.happy

Simak juga: Ribuan Bunga Mekar di Kutabawa Flower Garden

Saat tiba di Waduk Bajulamti, untuk sejenak atau berlama-usang, biarkan sejauh pandangan mata menikmati lanskap alam yang mengagumkan. Hiruplah dalam-dalam sejuknya udara melalui semilir angin yang menyapa hingga tepat membalut sekujur badan.

Menjelajah, mencoba lebih dekat ialah ilham tepat dan pastikan juga menemukan spot terbaik, abadikanlah. Bisa memilih latarbelakang Gunung Marapi dan Pegunungan Ijen yang samar-samar menyatu dengan awan. Atau, mampu juga Gunung Baluran di sebelah timur yang terkesan gagah.

Usahakanlah tiba agak pagi atau sore hari. Karena jarang sekali pohon peneduh, siang hari terasa panas dan gersang. Ketika terik, umumnya pengunjung menuju balai Bengong, adalah balai beratapkan patung Tari Gandrung yang ada di sana.

Di balai itulah pengunjung biasanya menikmati suasana sambil menyantap perbekalan. Waduk ini juga sebagai daerah ideal untuk memancing. Hanya saja, sementara tidak bisa di sekitar bangunan waduk atau pintu air.

  1. Mengingatkan pada Raja Ampat

panorama yang dihadirkan waduk bajulmati dengan bubusan bukit kecil didtenah danau, engingtakan pada raja ampat papua
Ibu Bukan di Raja Ampat. Image via: phinemo.com

Saat menjejakkan kaki di Waduk Bajulmati, hal pertama yang akan pengunjung rasakan yaitu kesegaran alam dan suara aliran air dan semilir angin. Panoramanya penuh dengan panorama hijau. Karena lokasinya yang cukup atau mampu dibilang sangat lebar, perlu untuk menyusurinya dengan motor atau mobil.

Barulah, saat ingin naik ke perbukitan pengunjung harus menempuh nya dengan berjalan kaki. Panorama hijau, angin semilir dan waduk yang bening menjadi perpaduan yang apik untuk diabadikan ke dalam sebuah potret. Hasilnya tidak akan mengecewakan.

Dari atas bukit, lokasi ini disebut tampak bagai miniatur Raja Ampat. Karena memang banyak gundukan-gundukan perbukitan tidak terlalu besar yang tersebar di Waduk Bajulmati. Walau memang tidak sama persis, terutama dari sisi ukuran, tapi panorama ini cukup untuk membuai para wisatawan yang datang.

  1. Spot Foto

jalan waduk bajul mati di dekat pintu air bagus juga untuk lokasi pengambilan foto
Jalan Waduk. Image via: @uswah_elhasanah

Simak juga: Negeri Atas Awan, Pango-Pango

Ada beberapa spot di sekitar waduk bajulmati yang ideal untuk pengambilan foto. Sekilas bukit bukit yang tergenang did alam area waduk, memang sangat mirip dengan Area Wayag di Raja Ampat, Papua. Dari pintu masuk waduk, lokasi ini bsia dicapai dengan berjalan kaki sejauh 500 meter.

Selain spot bukit indah itu, pengunjung juga mampu berfoto di sepanjang jalan waduk sepanjang kurang lebih 100 meter. Jalan berpagar besi ini, ibarat lorong, terlihat tebing kerikil besar mirip di pantai pandawa Bali.

  1. Mancing

Waduk bajulmati juga disebut sebut sebagai sorga bagi para penggemar aktivitas Mancing. Para pemancing banyak memanfaatkan waduk ini untuk menyalurkan hobinya memancing ikan air tawar yang menghuni Waduk, sembari menikmati keindahan alam.

Mancing di sisi selatan waduk bajulmati.
Mancing di sisi selatan waduk. Image via: jatim.antaranews.com

Meski dikenal sebagai daerah yang menyenangkan untuk memancing, ada hukum untuk tidak memancing di sekitar bangunan waduk atau pintu air. Pemancing boleh memancing di sisi selatan, dan harus berputar mengelilingi waduk terlebih dahulu.

Tips Mengunjungi Waduk Bajulmati

  • Sebaiknya tiba pada sore hari atau pagi hari
  • Jika anda menetapkan untuk datang pada siang hari, sebaiknya membawa payung atau topi sebab sinar matahari sangat panas
  • Jika ingin berkunjung ke waduk bajulmati, jangan lupa mampir ke taman waisata baluran, alasannya letaknya berdekatan hanya berjarak 5 kilometer saja.
  • Sebaiknya anda membawa bekal kuliner dan minuman alasannya sulit menemukan warung makan disini.

Senja di Waduk bajulmati.
Senja di Waduk. Image via: @aisbillukusumanegara

Simak juga: Si Cantik Imut, Pantai Nguyahan

Objek Wisata Dekat Waduk Bajulmati

Selain mengunjungi waduk, pengunjung juga bisa sekaligus singgah ke taman nasional Baluran. Taman nasional yang berjarak hanya 5 km dari pintu masuk waduk ini, dikenal sebagai Little Africa In Java. Disini, pengunjung mampu berkenalan dengan hewan-binatang yang dilindungi seperti banteng, kerbau, rusa, simpanse berekor panjang. Dan sebuah padang rumput yang sangat luas.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 40 km, ada juga taman nasional lain, yakni Alas Purwo. Dengan luas 43.420 hektare Alas Purwo terbagi dalam 6 ekosistem. 6 ekosistem itu mencakup: hutan bambu, hutan mangrove, hutan pantai, hutan alam, hutan tumbuhan dan juga hutan padang rumput.

Itulah sedikit pembahasan yang mampu nativeindonesia.com share tentang Waduk Bajulmati banyuwangi. Semoga dengan apa yang kami sajikan ini membuat kita bisa mengerti betapa indahnya Kawasan Waduk ini, dan jadi tertarik untuk berkunjung eksklusif ke destinasi wisata yang satu ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni