Waduk Sidodadi Glenmore

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6370″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68466

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 2.000 per Orang

Operasional: 24 Jam

Nomor Telepon: –

Indah dan Eksotis

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang menjadi destinasi wisata di Jawa Timur selain Kota Batu, Malang dan Surabaya.

Mengapa tidak? Banyak sekali pilihan tempat wisata yang sangat indah dan eksotis untuk dikunjungi. Tentu sayang jika tidak kita sempatkan waktu untuk tiba ke sini.

foto by instagram.com/yanti__0

Beberapa diantaranya sudah dikenal sampai kalangan internasional seperti Kawah Ijen, Pulau Merah dan Green Bay. Tak kalah dari itu, di Banyuwangi juga ada daerah wisata yang sayang utnuk dilewatkan, Waduk Sidodadi.

Waduk Sidodadi sendiri mempunyai konsep taman dengan nuansa alam. Ya, artikel kali ini akan membahas secara detail mengenai daerah wisata yang ada di Kecamatan Glenmore ini. Kami akan membahas mulai dari rute jalan, fasilitas apa saja hingga berapa tiket masuk ke sini. Simak secara lengkap ya.

Keindahan Potensi

foto by instagram.com/yanti__0

Tempat wisata ini masih di dalam area PTPN XII dan tepatnya di Afdelling Sidodadi. Ini merupakan masih dalam kawasan perkebunan Kalirejo Glenmore. Memang Waduk Sidodadi sendiri yaitu tempat wisata baru, tetapi pengunjung yang tiba terbilang sudah ramai.

Tadinya tidak ada rencana untuk dibangunnya sebuah tempat wisata, karena awalnya tempat ini dibangun untuk fungsi dari perairan dari kebun tebu di PTPN XII. Tetapi pengelola alhasil merubahnya alasannya adalah masih terdapat lahan yang kosong.

Selain itu potensi keindahan alam disini juga sangat indah jadi pengelola menilai sangat sayang untuk dimanfaatkan untuk masyarakat.

foto by instagram.com/sansan_0211

Berbeda dengan bentuk waduk lainnya, di sini mempunyai bentuk yang bisa dibilang tidak beraturan maka ini menjadikan sebuah lengkungan dan kana-kanal dengan gundukan. Ini menciptakan kondisi gres adalah terlihat mirip pulau-pulau kecil yang berada di tengah.

Saat siang hari memang matahari sangat menyengat di badan kita. Tetapi di sini kau bisa menikmati kesejukan hijaunya pepohonan dan flora lainnya. Di sini juga ditumbuhi dengan pohon-pohon yang biasanya digunakan oleh pengunjung sebagai daerah berteduh.

Banyak sekali acara yang bisa dilakukan di sini. Bahkan untuk kau yang hanya sekedar menikmati pemandangan juga akan terasa mirip terhipnotis bagaimana keindahan alam di sini.

foto by instagram.com/viirda

Kamu bisa mengendarai ATV yang sudah disediakan, serta menaiki perahu mengelilingi waduk. Bisa juga kau balapan gokart atau yang memiliki hobi memancing di sini yaitu daerah yang tepat untuk kau. Sudah disediakan daerah pemancingan dan alatnya loh.

Permainan air lainnya yaitu kamu mampu naik belibis air yang kemudian kamu kayuh supaya bisa berjalan. Dengan menaiki bebek air ini kau juga bisa mengelilingi dan menelusuri waduk sidodadi dengan puas hati. Tetapi meski begitu kau harus tetap berhati-hati ya.

foto by instagram.com/yanti__0

Untuk kau yang menyukai permainan lebih menantang bisa mencoba permainan lain mirip Flying Fox. Hal unik dari flying fox ini adalah ketika sampai di pendaratan nanti. Saat mendarat kau akan berada di sebuah pulau kecil di Waduk Sidodadi. Cukup menyenangkan bukan?

Selain mampu menikmati beberapa akomodasi dan permainan di sini, kamu akan bisa menimbulkan Waduk Sidodadi sebagai area hunting foto. Banyak sekali spot yang bagus untuk dilakukan foto bersama atau selfie.

foto by instagram.com/yanti__0

Sering kali di sini didatangi oleh beberapa komunitas foto alasannya adalah spot foto favorit di sini yaitu jembatan gantung. Jembatan gantung ini eksklusif memiliki latar belakang dengan pemandangan indah di sini. Bahkan dikala menaiki perahu atau angsa tak sedikit yang mengambil foto ini.

Makara jangan lupa ya untuk membawa kamera ketika pergi ke sini. Setelah itu eksklusif di upload di media umum langsung kamu. Dengan begini kamu juga ikut mempromosikan tempat wisata lokal di Banyuwangi.

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk kamu saat sedang berlibur ke sini. Yang pertama, siapkan topi jika kau tiba pada ketika siang hari sebab terik matahari mampu menciptakan wajah kamu panas jikalau tidak memakai pelindung.

foto by instagram.com/yanti__0

Untuk menghemat saat berlibur, kamu mampu membawa bekal masakan atau minuman. Meski disediakan untuk toko dan penjual makanan di sini ada baiknya membawa dari rumah untuk menghemat biaya liburan kamu.

Tempat ini memang menjadi favorit untuk pengunjung ketika berfoto. Mengambil gambar dan foto dikala berada di jembatan gantung biasanya berbagai dilakukan oleh beberapa wisatawan yang datang. Tetapi kamu harus berhati-hati karena jembatan ini berada diatas sungai yang cukup dalam.

Saat membawa anak kecil kau harus menjaganya dengan baik sebab keramaian pengunjung bisanya anak kecil selalu terlepas dari pantauan orang tua. Banyak sekali kejadian mirip ini. Selanjutnya ialah jaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan ya.

foto by instagram.com/chellyanadiahpitaloka

Rute Menuju Lokasi

Letak kawasan wisata ini sangat mudah ditemui, tenang saja kami akan menawarkan petunjuk rute jalan menuju waduk Sidodadi dengan mudah. Ada petunjuk yang bisa kamu gunakan ialah dengan titik koordinat kemudian disambungkan langsung dengan Google Maps.

Cara ini sebetulnya paling mudah alasannya adalah pribadi akan muncul rute melalui peta online di hp kau. Kamu tinggal mengikuti arah yang diberikan dengan tanda biru di peta tersebut maka akan sampai ke daerah tujuan.

Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Glenmore. Letaknya hanya berada 2 km dari alan raya provinsi yakni Banyuwangi – Jember. Jika kamu berangkat dari arah Jember maka akan melewati Gumitir, Kalibari kemudian ke Glenmore.

Bahkan transportasi umum juga bisa dilalui untuk mampu sampai ke sini. Ada angkutan kota dan ojek. Makara untuk kau yang pergi ke Banyuwangi menggunakan bus umum eksklusif saja turun di Terminal Glenmore kemudian mencari angkutan kota atau ojek.

Buka Jam Berapa

foto by instagram.com/lizalie8383

Sama mirip halnya waduk yang ada di Indonesia lainnya, di Banyuwangi juga dibuka selama 24 jam. Untuk itu kau bisa datang kapan saja ke sini sesuai keinginan. Bisa tiba pagi, siang atau malam. Tetapi bila kau tiba pada saat liburan atau final pekan pasti ramai pengunjung.

Harga Tiket Masuk

Untuk informasi harga tiket masuk di sini tentu sangat akrab di kantong. Harganya yakni 2.000 rupiah per orang. Ditambah dengan membayar biaya parkir kendaraan yang kamu bawa, untuk roda dua seharga 2.000 dan roda empat 5.000 rupiah.

Sangat murah bukan? Dengan harga semurah itu kamu mampu berlibur dan merasakan keindahan alam dan akomodasi wahana dengan sepuasnya. Selamat berlibur ya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni