Wanawisata Ciwaringin, Kombinasi Ketenangan Hutan Dan Ketegangan Motor Cross

Ciwaringin adalah tempat wisata hutan tanaman kayu putih yang daunnya semerbak mirip aroma minyak kayu putih. Kawasan pedesaan yang asri menghijau dengan hiasan gunung-gunung, bagai lukisan yang menangkan jiwa.

Wanawisata ciwaringin, sebuah hutan wisata di cirebon yang menawarkan berbagai pengalaman, mulai dari memancing hingga motor cross
Wanawisata ciwaringin. Image via: jurnal.kainusa.id

Lokasi Wanawisata Ciwaringin

Wisata di Wanawisata Ciwaringin Cirebon terletak di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Objek wisata ini kira-kira berjarak 27 Km dari kota Cirebon.

Akses Wanawisata Ciwaringin

Lokasi ini jikalau diakses dari kota Cirebon bisa ditempuh melalui Tol Kanci-Palimanan.  Masuk Jalan Tol Kanci – Palimanan di Ciperna.  Ikuti Jalan Tol Kanci – Palimanan ke Jl. DR. Setiabudi, kemudian  Keluar dari Jl. Tol Kanci – Palimanan masuk ke jalan Setiabudi.

Ikuti terus jalan in hingga menemukan pertigaan besar. Ambil arah Kanan mengikuti jalan raya Cirebon Bandung. Ikuti terus jalan in sampai melewati jembatan penyeberangand iatas Tol. Dari sana lokasi tidak lebih dari 1 km lagi.

Untuk tiba ke Cirebon, pengunjung mampu menggunakan transportasi umum, seperti kereta api, bus, atau pun travel. Namun, demi kenyamanan berwisata, sebaiknya menggunakan jasa travel sewa mobil.

Rute menuju lokasi wanawisata ciwaringin cirebon yang melalui indahnya daerah pedesaan
Rute menuju lokasi. Image via: donymagazine.com

Simak juga: Wisata di cirebon

Jam Buka Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin dibuka untuk pengunjung umum mulai jam 08.00 dan tutup jam 18.00.

Tiket Wanawisata Ciwaringin

Untuk bisa menikmati kesegaran dan ketenangan suasana di hutan wisata ini pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000. Harga tiket ini tidak berbeda antara hari biasa maupun simpulan pekan atau hari libur.

Fasilitas Wanawisata Ciwaringin

Object Wisata Ciwaringin di Cirebon Jawa Barat sudah dipersiapkan untuk menerima kunjungan wisata. Ini terbukti dari disediakan beberapa fasilitas penunjang. Beberapa kemudahan yang tersedia, meliputi: Parkir kendaraan, Mushola, Kamar mandi/MCK, Penginapan, Toilet umum, dan kawasan makan.

Aktivitas Menarik di Wanawisata Ciwaringin

  1. Jelajah alam

Salah satu sudut hutan wisata wanawisata ciwaringin yang mengasikkan untuk penjelajahan hutan.
Salah satu sudut hutan wisata. Image via: sarahannemarraffino

Bagi pengunjung yang mencintai olahraga outdoor, berjalan-jalan di dalam hutan dengan panorama yang indah serta suasana yang sejuk dan rindang tentu sangat menyenangkan. Pengalaman ini mendatangkan kepuasan yang tak ternilai dengan uang. Bagi pengunjung seperti itu, berada di dalam hutan dengan segala macam vegetasi nya yang alami jauh lebih menyenangkan daripada berada di dalam mall dengan keramaian insan manusianya yang berlalu-lalang.

Kebutuhan itu akan terpenuhi dengan melaksanakan susur hutan di daerah ini. DI Wanawisata Ciwaringin ini pengunjung mampu berjalan kaki menjelajah menikmati panorama, pohon-pohon, dan tanaman perdu yg tumbuh subur menghiasi dengan alami.

Di Kawasan wanawisata ini tanaman ikonik dari wanawisata Ciwaringin yakni pohon kayu putih. Pohon Kayu putih mempunyai batang tidak terlalu besar, namun lebih terkenal dengan daun yang unik berbentuk mendekati bulan sabit. Pohon ini dari zaman usang sudah populer sebagai salah satu tanaman obat.

Kepopuleran kayu putih sebagai tumbuhan obat bahkan bertahan sampai ketika ini. Hal ini terlihat dari hampir 100% rumah tangga di Indonesia mempunyai botol minyak kayu putih dalam persediaan minyak obatnya.  Minyak ini populer sebagai sahabat baik bagi bayi dan balita.

Secara keseluruh berjalan jalan did alam wanawisata Ciwaringin menyejukkan hati. Terlebih untuk pengunjung yang menginginkan sebatas melepas kepenatan, lokasi ini harus anda kunjungi.

  1. Memancing

Memancing di danau alam ciranca salah satu kegiatan paforit pengunjung di wanawisata ciwaringin.
Memancing di danau alam. Image via: infojakarta.net

Simak juga: Cirebon water land

Akhir-selesai ini olah raga memancing terkenal di banyak sekali kalangan. Bukan hanya di kalangan penghobi pancing yang memang memperoleh kenikmatan tersendiri dari kegiatan tersebut. Namun akhir-simpulan ini memancing juga populer di kalangan orang-orang bukan penghobi.

Mereka menganggap mancing sebagai sebuah teknik terapi untuk menenangkan jiwa, mungkin semacam yoga bagi sebagian masyarakat yang lain. Dengan memancing memang benar bisa menenangkan jiwa, paling tidak melatih kesabaran.

Bagi pengunjung yang memang hobi memancing atau ingin melaksanakan memancing sebagai rekreasi jiwa, wanawisata Ciwaringin menyediakan akomodasi alami untuk itu. Hal ini berbeda dengan Memancing di kolam di perkotaan yang tempatnya kaku berbentuk kotak dan selalu ramai berdasarkan.

Memancing di danau ciranca, suasana yann dirasakan sangat berbeda dengan itu. Danau yang alami dengan kontur berbatu dan flora rindang di tepian, menunjukkan suasana yang nyaman dan alami. Bagaikan kegiatan memancing di program-acara televisi yang sedang syuting di pedalaman hutan.

Memancing di danau ciranca pengunjung tidak dikenakan biaya suplemen. Namun demikian memancing di sini harus membawa peralatan sendiri termasuk umpan. Ketika menerima hasil pancingan tentu sangat menggembirakan, ikan yang diperoleh mampu dibawa pulang.

Saat di rumah memasak ikan hasil pancingan sendiri rasanya akan sangat berbeda. Masakan akan terasa jauh lebih nikmat daripada kuliner ikan yang dibeli di pasar. Walaupun jenis ikan sama dan teknik memasak sama. Itu alasannya dalam ikan yang dipancing ada rasa yang spesial, adalah rasa yang pernah ada. Rasa saat menarik ikan itu dari perairan.

  1. Motor cross

Lintasan motor cross di wanawisata ciwaringin kerap dijadikan arena berlefel nasional dan regional
Motor cross. Image via: m.jitunews.com

Selain sebagai daerah wisata yang menenangkan jiwa dengan cara menikmati ketenangan alam, wana wisata ciwaringin juga memfasilitasi cara lain. Wanawisata ini juga menyediakan kemudahan wisata yang menenangkan jiwa dengan cara membasuh hati dengan banjir Adrenalin.

Bagi sebagian orang yang mempunyai ketertarikan akan ketegangan, jiwa-jiwa yang telah dibasuh dengan banjir Adrenalin memang menciptakan mereka menjadi damai. Mereka menjadi merasa hening serta bisa lebih fokus dalam menjalani hidupnya.

Untuk itulah wisata Ciwaringin fasilitas lintasan motor cross. Sebuah olahraga ekstrem yang baik penerima maupun penonton akan dibuat banjir adrenalin di dalam aliran darahnya.

Kualitas lintasan motor cross di sini telah memenuhi standar nasional. Hal ini terbukti dari berapa kali event nasional digelar di lokasi ini. Makara jikalau tiba di saat yang sempurna, pengunjung bisa menerima tontonan balap motor cross yang menarik di lokasi ini.

  1. Danau

Danau Ciranca di area wanawisata ciwaringin cirebon.
Danau Ciranca. Image via: cireboncinnamon.com

Simak juga: Keraton Kasepuhan

Satu hal unik lain yang juga menarik dari wanawisata Ciwaringin yaitu keberadaan danau ciranca. Danau ini mungkin lebih tepat disebut lihat dari ukurannya yang tidak terlalu besar. Walau Danau Ciranca bukan danau yang besar, dengan ukuran panjang yang tidak lebih dari 300 meter dan lebar mungkin hanya 150 meter, namun keberadaan danau ini tetap menunjukkan makna.

Keberadaan Danau pada sebuah lokasi wisata hutan mirip ini, menambah kesejukan. Apalagi Danau ini memiliki air yang sangat bening, hingga seperti cermin yang mampu memantulkan bayangan pohon dan awan di dalamnya. Dengan sudut pengambilan gambar yang sempurna, Danau Ini bisa menunjukkan foto yang sangat indah.

Aktivitas favorit yang mampu dilakukan di danau ciranca tentu yaitu memancing. Sedangkan berperahu dan berenang tidak direkomendasikan. Kalau berperahu mungkin alasannya adalah faktor ukuran. Namun untuk berenang,  entah alasannya adalah hal apa. Namun paling tidak belum ada orang yang melakukan hal itu, jadi sebaiknya tidak mengambil resiko.

pengambilan foto danau ciranca dari sudut yang tepat, sia menghasilkan foto yang cukup dramatis.
Sudut lain danau. Image via: wisata-tanahair.com

Tips Mengunjungi Wanawisata Ciwaringin

Sebelumnya menuju ke tempat Object Wisata Ciwaringin di Cirebon Jawa Barat, ada baiknya memperhatikan dan menyiapkan beberapa hal. Berikut beberapa diantaranya.

  • Pastikan membawa kamera atau HP dengan kamera yang memadai. Juga tidak ada salahnya menyiapkan baterai cadangan untuk kamera dan power bank untuk HP.
  • Berhubung ini wisata alam terbuka, jangan lupa bawa peralatan kesehatan minimal, seperti sabun, tissue berair, shampo, antiseptik.
  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima anda biar berlibur anda jalan dengan lancar.
  • Jagalah keadaan diri anda serta senantiasa berhati – hati. Jangan mengambil foto dengan pose ekstrim, misalnya nyebur ke danau.
  • Jika mengajak pengunjung anak, selalu perhatikan mereka. Jangan hingga dibiarkan keluyuran sendirian agar tidak terjadi sesuatu yang tidak anda harapkan.
  • Tetap memperhatikan kebersihan tempat objek wisata ini, apalagi jikalau anda membawa bekal untuk disantap bersama keluarga anda.

salah satu sudat lain hutan wanawisata ciwaringin yang juga mneghadirkan kesejuakn air di dalam hutan
Sudut lain wanawisata. Image via: cireboncinnamon.com

Simak juga: Situ Sedong

Objek Wisata Dekat Wanawisata Ciwaringin

Setelah menghabiskan waktu dengan bersantai membasuh jiwa dengan ketenangan wanawisata ciwaringin, tentu akan menyenangkan jika melanjutkan kunjungan ke lokasi yang juga menenangkan hati namun lebih erat ke perkotaan. Pilihan mampu ditujukan pada Taman Goa Sunyaragi. Taman goa tinggalan kasunanan Cirebon ini berjarak 21 km dari Ciwaringin.

Untuk pengujung yang ingin kembali menikmati suasana alam dengan danau bis amencoba ke Telaga remis, yang berjarak 23 km dari Ciwaringin. Telaga yang konon merupakan lokas pertapaan prabu siliwangi ini, hadir rindang dengan ratusan jenis flora seperti pohon malaka, sonokeling, dan kosambi. Telaga Remis juga telah dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang seperti camping ground, kamar mandi, warung, gazebo.

Demikian pemaparan singkat kami mengenai wanawisata ciwaringin. Mari segera luangkan waktu dan menetapkan acara untuk membasuh hati di lokasi wanawisata ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni