Wisata Alam Capolaga Subang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11884″
data-slug=””>

4.4
/
5
(
33

votes

)

Lokasi: Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282

Map: Klik Disini

HTM: Rp.10.000 per Orang

Jam Buka: 09:00 – 17:00

Telepon: (0260) 470 941

Wisata Alam Capolaga

foto by instagram.com/kurnia_wandi

Objek wisata alam Capolaga Subang, atau yang dikenal dengan Capolaga Adventur Camp merupakan salah satu daerah wisata di Kabupaten Subang tepatnya berada di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Surganya daerah wisata kedua di Subang Jawa Barat ini merupakan julukan Wisata Alam Capolagga setelah Tangkuban Perahu. Karena di Capolaga ini banyak keindahan yang mampu dirasakan oleh pengunjung untuk menikmati waktu liburan.

foto by instagram.com/sanyhtbrt

Sejarah Singkat

Kabarnya, tempat yang sekarang dikenal dengan Wisata Alam Capolaga ini dibuat oleh salah seorang dari Bandung yang mempunyai lahan sekitar 10 hektar ini.

Hingga hasilnya pada tahun 2001 mulailah perbaikan untuk dibuat sebagai daerah wisata Capolaga ini dengan memperkerjakan masyarakat sekitar untuk membentuk bukit-bukit indah menjulang.

Sampai jadinya. Pada tahun 2004 selesailah pembangunan kawasan wisata diatas lahan 10 hektar ini yang kemudian diberi nama Capolaga Adventure Camp Kota Subang.

foto by instagram.com/wonderfulsagalaherang

Gembira Bersama Alam

Wisata alam Subang yang mempunyai ciri khas kutipan kalimat yang berbunyi “Gembira Bersama Alam” ini mempunyai suasana alam yang sangat eksotik berdiri di area seluas 10 hektar. Dengan disajikan 3 buah penderasan ( curug ) sekaligus yang sangat alami dalam satu daerah obejk wisata.

Tiga curug yang berada dalam Capolaga Adventure Camp ini antara lain Curug Karembong, Curug Sawe, dan Curug Goa Badak yang akan menciptakan para wisatawan terpukau dengan indahan alami daerah wisata di Panaruban ini.

Selain pesona yang disajikan oleh 3 Curug tersebut, di tempat wisata alam ini, para pengunjung akan dimanjakan oleh fatwa air sungai yang cukup jernih. Di tepian sungai terdapat tempat untuk berkemah dan juga are bermain yang cukup luas.

foto by instagram.com/johan.anez

Ada Kebun Teh

Di tempat Capolaga ini juga terdapat hamparan kebun teh yang cukup luas dengan nuansa hijau alam pegunungan menghasilkan suasana dan udara yang sejuk dan segar saat berada di tempat Wisata ini.

Fasilitas yang disajikan oleh Capolaga Adventure Camp ini sangat cocok dijadikan pilihan bagi para penikmat wisata alam terbuka. Karena suasana perbukitan ditambah dengan sejuknya udara yang dihasilkan dari pepohonan dan hamparan perkebunan teh ini, menghasilkan suasana asri yang sangat berkesan.

foto by instagram.com/wisatacapolaga

Di area wahana Camping Ground Capolaga. Para wisatawan mampu berkemah dengan menyewa tenda yang disediakan oleh pengelola di sekitar Camping Ground. Sajian alam yang mampu dinikmati ketika mendirikan tenda yaitu terdapat ajaran Sungai Cimuja dan dan Sungai Cikoneng yang menambah kesegaran suasana sekitar pendirian tenda.

Di tempat Outbond juga banyak wahana yang bisa dipakai oleh pengunjung untuk melakukan acara komunitas, gathering, ataupun wisata keluarga.

foto by instagram.com/wisatacapolaga

Di tempat outbond ini ditunjang dengan adanya kolam renang, toilet umum, mushola, saung-saung, adventure spot, Flying fox tracking, bird watching, tea walk, rafting, spot fotografi, terapi air, hingga kolam pemancingan.

Wisata 3 Air Terjun yang terdapat di Capolaga ini juga menyebabkan keindahan dan keistemawaan tersendiri bagi satu tempat objek wisata. Selain Curug Karendong, Curug Sawer, dan Curug Goa Badak. Curug Karembong.

Curug Karembong atau Selendang ini menyajikan keindahan fatwa air yang mirip selendang. Dibawah tumpahan riam Sawer terdapat sebuah kolam yang cukup lebar sehingga cocok untuk dipakai bermain-main dengn air.

foto by instagram.com/_binjori16

Selain itu, menu yang dapat dinikmati dari Goa Badak ialah ketinggian yang dimiliknya ialah sekitar 8 Meter yang terdapat kolam untuk penampungan air. Dan di Curug inilah lokasi yang cocok untuk berenang dan berendam dari 3 jenis Curug lainnya.

Selain beberapa kemudahan tersebut, tersedia juga kemudahan penunjang lain untuk melengkapi beberapa wahana yang disediakan. Diantaranya area parkir kendaraan yang luas, homestay, catering, lampu penerangan untuk camping, meja, sound system, matras, sleepingbag, dispenser, terpal serta masih banyak kelengkapan kemudahan lainnya.

foto by instagram.com/mametsan

Dari bebrapa kemudahan yang disediakan dengan sangat lengkap tersebut, tentunya dikenakan biaya jika ingin menggunakannya, namun biayaya penyewaan tersebut tergolong cukup murah dan lebih terjangkau.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ke lokasi wisata Capolaga ini. Bila dari arah Ubang, maka akan menempuh jarak selama 35 Km. Bila dari arah Jakarta melalui tol Sadang jarak tempuh ke lokasi wisata kurang lebih 190 Km. Namun, bila dari arah Bandung. Maka akan menempuh jarah kurang lebih 45 Km.

foto by instagram.com/kurnia_wandi

Lokasi Wisata Alam Capolaga ini letaknya sebelum kawasan wisata Ciater. Sebelum hingga di kawasan wisata Ciater ini terdapat pertigaan pasa. Ikuti arah jalan menurun dan jangan mengikuti jalan raya. Jalan menurun itulah yang nantinya akan membawa ke arah lokasi Wisata Capolaga.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni