Wisata Alam Sikembang, Si Kembang Hutan Yang Bersolek Gaya Milenial

Wisata Alam Sikembang Batang, dengan udara yang sejuk, suasana yang nyaman ialah poin-poin penting untuk relaksasi. Menggelar tikar dibawah pohon pinus yang rindang sambil menikmati makanan khas Kabupaten Batang, membuat pengalaman berlibur di Sikembang Park begitu terkesan.

Wisata Alam Sikembang Batang, dengan udara yang sejuk, suasana yang nyaman adalah poin-poin penting untuk relaksasi. Menggelar tikar dibawah pohon pinus yang rindang sambil menikmati makanan khas Kabupaten Batang
Wisata Alam Sikembang. Image via: inibaru.id

Sikembang Park ini merupakan destinasi wisata yang mengusung konsep alam yang dipadukan dengan wisata kekinian. Memang bisa dibilang konsep alam yang dipadukan dengan berbagai spot kekinian. Hal itu menciptakan lokasi ini populer di kalangan generasi millennial, yang kebanyakan traveling untuk memperbanyak foto.

Fasilitas yang di Sikembang Park juga terawat dengan baik, mulai dari area kuliner, toilet, daerah untuk menggelar tikar sambil menikmati alam.

Fasilitas di Agro Wisata Si Kembang terus di update. Dalam tahun 2019  saja, ada sekitar 7 perhiasan akomodasi yang menjadi daya tarik. Diantaranya : Bravo kid warior, agro out bond center, kolam renang anak, homestay Abirawa dua lantai, Pinus Kopi Si Kembang Cafe, Gerbang Loket Utama, Fun Trip Offroad Adventure.

 

Sikembang Park ini merupakan destinasi wisata yang mengusung konsep alam yang dipadukan dengan wisata kekinian
Kembang Hutan. Image via: radarpekalongan.co.id

Simak juga: Ragam Wisata Kabupaten Batang

Lokasi Wisata Alam Sikembang

Sikembang Park ini berada di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di Dukuh Kebaturan, Desa Kembanglangit, Kecamatan Blado.

Lokasinya berada di pinggir jalan, jadi pengunjung tidak akan kesulitan dikala mencarinya

Rute Menuju Wisata Alam Sikembang

Buat pengunjung yanga kan tiba ke daerah ini, tidak perlu galau dan khawatir. Akses untuk menuju ke Sikembang Park tebilang lumayan mudah. Pengunjung hanya perlu berjalan dari alun-alun batang menuju selatan arah Bandar ke Pesantren Tazaka.

Jika sudah bertemu dengan Pesantren Tazaka ambil arah lurus menuju Omah Tani. Saat nanti sudah melewati Desa Kembangan, pengunjung akan menemukan jembayan Sibiting lurus yang menuju eksklusif ke Desa Kebaturan.

Total perjalanan dari Laun Alun batang, menempuh jarak sekitar 27 km, dengan waktu kisaran 40 menit sampai 1 Jam.
Jip Wisata. Image via: medianasional.id

Lokasi dari Sikembang park ini berada sehabis jalur letter S, bila anda sudah melewati jalur letter S tersebut maka anda akan segera sampai di lokasi Agrowisata Sikembang Park ini. Jalur ini merupakan jalan alternatif menuju ke Dieng dan juga menuju ke Sikembang Park.

Total perjalanan dari Laun Alun batang, menempuh jarak sekitar 27 km, dengan waktu kisaran 40 menit sampai 1 Jam.

Jam Buka Wisata Alam Sikembang

Jam buka wisata Alam Sikembang Park ini mulai pukul 08.00 hingga dengan pukul 17.00 dan buka setiap hari.

Biasanya para pengunjung menghabiskan waktunya di tempat wisata Sikembang Park ini kurang lebih 1 jam. Jam kunjungan tertinggi wisatawan antara pukul 11.00 hingga dengan pukul 14.00 pada hari minggu.

Untuk Homestay semua sudah bisa dipergunakan. Untuk yang tiga kamar berjejejer bisa di huni dengan merogoh kocek Rp 150.000, 00 per kamar, dan Homestay susun dua lantai dengan tarif Rp 300.000,00 per kamar
Homestay Tingkat. Image via: dreamstime.com

Simak juga: Panta Ngurtafur Maluku, dengan gosong 2 km

Tiket Wisata Alam Sikembang

Sikembang Park yang merupakan surganya pecinta selfie ini, tiket masuknya sangat murah. Tiket masuk Rp 5,000 dan biaya parkir mobil Rp 5,000. Sementara untuk parkir motor tidak dikenakan biaya alias gratis.

Fasilitas Wisata Alam Sikembang

Fasilitas yang ada di Agro Wisata Sikembang mencakup Jembatan Bambu Canopy Bridge Agro Wisata, Tempat Santai bersama keluarga di Hammok Agro Wisata, Gardu Pandang, Kursi Kayu, Saung Agro Wisata, dan lain sebagainya.

Untuk Homestay semua sudah bisa dipergunakan. Untuk yang tiga kamar berjejejer bisa di huni dengan merogoh kocek Rp 150.000, 00 per kamar, dan Homestay susun dua lantai dengan tarif Rp 300.000,00 per kamar

Daya Tarik Wisata Alam Sikembang

Daya Tarik wisata di Wisata Alam Sikembang Park terjadwal dan terawat dengan baik. Mulai dari area kuliner, tempat untuk menggelar tikar sambil menikmati alam, hingga spot spot foto instagramable. Berikut ini beberapa spot instagramable yang terkenal di kalangan pengunjung.

  1. Gardu Pandang Wisata Alam Sikembang Batang

Gardu Pandang merupakan salah satu tempat yang sangat cocok untuk menikmati pemandangan di alam sekitar Sikembang Park
Gardu Pandang. Image via: aslibatang.com

Gardu Pandang merupakan salah satu kawasan yang sangat cocok untuk menikmati pemandangan di alam sekitar Sikembang Park. Dengan naik ke Gardu Pandang ini, pengunjung akan dengan leluasa melihat pemandangan hijau serta barisan pohon pinus.

Jangan lupa, ketika kalian naik ke Gardu Pandang Sikembang Park untuk melakukan foto selfie atau berfoto dengan meminta perlindungan dari para pengunjung lain.

  1. Jembatan Bambu Sikembang Park

Pengelola Wisata Alam Sikembang, membangun sebuah spot inovatif, yang berwujud sebuah Jembatan. Jembatan Bambu Zig Zag dengan background pemandangan alam Sikembang Park. Jembatan Bambu ini merupakan salah satu tempat yang instagramable.

Sama mirip spot Gardu Pandang, dari Jembatan Bambu ini pengunjung juga bisa menikmati Wisata Sikembang Park dari ketinggian. Selain itu, di sini pengunjung juga mampu seflie ceria dengan latar belakang jalan leter S dan hutan pinus yang rindang.

Sama seperti spot Gardu Pandang, dari Jembatan Bambu ini pengunjung juga bisa menikmati Wisata Sikembang Park dari ketinggian.
Antara pucuk dan Ranting. Image via: aslibatang.com

Simak juga: Telaga Bidadari di tengah kota industri Batam

Jembatan ini dibangun dengan ketinggian 10 meter dan mempunyai latar belakangan pemandangan hutan pinus.

  1. Rumah Pohon

Selain Gardu Pandang dan Jembatan Bambu,  rasanya belum lengkap jikalau kamu ke sini belum selfie di Rumah Pohon. Spot Rumah Pohon ini bentuknya sangat instagramble. Jadi, recommeded sekali buat para pecinta selfie.

Rumah pohon juga tidak kalah bagusnya dari jembatan bambu dan Gardu Pandang. Karena di rumah Pohon wisata alam Sikembang, pengunjung bisa menikmati sensasi menaiki pohon yang di atasnya terdapat bangunan mirip rumah mini untuk ber-swafoto.

  1. Spot I Love U

Spot foto konsep I Love U sekarang menjamur menjadi populer di kalangan kaum milenial. Karena para pemuda-pemudi yang sedang mabuk cinta, selalu menyempatkan untuk berfoto di spot ini dan pastinya eksklusif di unggah di media umum mereka.

Sikembang Park juga tak mau ketinggalan. Di sini, hadir juga spot I Love U yang kini sedang banyak menjadi incaran para pecinta selfie.
Ada Cinta di Sikembang. Image via: destenasi.com

Rata-rata kawasan wisata dengan konsep kekinian selalu ada spot foto I Love U.

Seperti sejumlah spot wisata alam lainnya yang memberikan beragam spot selfie kece nan instagramable, Sikembang Park juga tak mau ketinggalan. Di sini, hadir juga spot I Love U yang kini sedang banyak menjadi incaran para pecinta selfie.

  1. Selfie di bawah payung warna-warni

Sikembang Park ini dipenuhi gugusan hutan pinus yang rindang. Menariknya, pengelola setempat menghiasi hutan pinus tersebut dengan sejumlah payung berwarna-warni. Buat kau yang masih belum kenyang selfie, foto-foto di bawah payung warna-warni pasti keren jikalau di posting di instagram.

Berfoto dibawah rindangnya pohon pinus serta Payung Warna Warni sangat menarik untuk diabadikan. Sebab di tempat spot ini pengunjung bisa terlihat seperti sangat bagus, apalagi jika angle foto diambil dari bawah.

Jika badan terasa pegal dan lelah setelah berkeliling area wisata, ingin rasanya merebahkan badan sejenak. Bila hal demikian terjadi saat mengunjungi Wisata Alam Sikembang, pengunjung bisa langsung rebahan di Hammock.
RT Hammock, RW Pinus. Image via: reservasi.com

Simak juga: Keindahan Bukit Selong di Lombok

  1. Hammock

Jika tubuh terasa pegal dan lelah sehabis berkeliling area wisata, ingin rasanya merebahkan badan sejenak. Bila hal demikian terjadi ketika mengunjungi Wisata Alam Sikembang, pengunjung mampu pribadi rebahan di Hammock.

Pengelola setempat memang sengaja menyediakan akomodasi hammock untuk para wisatawan yang sedang ingin sejenak merebahkan badan. Wahana Hammock ini yakni salah satu tempat yang menyenangkan. Di sini pengunjung akan bergelantung di sela-sela pepohonan pinus yang sudah diberi tempat untuk berselonjoran tubuh.

wisata alam sikembang juga dilengkapai fasilitas permainan bagi anak
Sudut Anak. Image via: radarpekalongan.co.id

Tips Mengunjungi Wisata Alam Sikembang

Sebelum berangkat ke wisata Alam Sikembang, ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan:

  • Karena lokasinya yang berada di pegunungan, jangan lupa pake baju hangat.
  • Pake ganjal kaki yang nyaman.
  • Wisata ini yakni area outdoor, kalo kalian datang di isu terkini hujan, jangan lupa bawa payung ya.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Sikembang Park ini dipenuhi deretan hutan pinus yang rindang. Menariknya, pengelola setempat menghiasi hutan pinus tersebut dengan sejumlah payung berwarna-warni
Peneduh Hati. Image via: ranselperi.com

Simak juga: Puncak Widosari Jogja, setinggi 1000 mdpl

Objek Wisata Dekat Wisata Alam Sikembang

Seperti halnya daerah dataran tinggi lain Batang juga memiliki riam. Salah satunya curug sijeglong. Air terjun sijeglong memiliki ciri khas terdapat 4 macam tingkatan riam yang masing masing dari tingkatan tersebut terdapat kolam atau genangan air yang mampu di gunakan untuk berenang.

Wisata Air terjun lainnya di Batang, yakni curug agung yang berlokasi di Dk Pagedigan Ds Pasusukan. Air terjun yang mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter ini bisa juga di gunakan untuk berenang dan airnya juga sangat jernih.

Secara keseluruhan wisata Alam Sikmebang ini cocok buat dikunjungi dikala selesai pekan atau saat liburan bersama keluarga, sahabat hingga pasangan. Udaranya yang sejuk khas pegunungan cocok sekali untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran dari jenuhnya acara sehari-hari.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni