Wisata Pabangbon, Mencetak Kenangan Merajut Cita-Cita

Wisata Pabangbon Bogor berlokasi di kawasan hutan pinus dan hutan penelitian meranti milik Perhutani. Tempat wisata ini berada di atas ketinggian sekitar 720 meter di atas permukaan maritim, menyajikan panorama alam perbukitan yang hijau dan asri. Tempat yang sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dari segala kejenuhan rutinitas sehari-hari.

Wisata Pabangbon Bogor berlokasi di kawasan hutan pinus dan hutan penelitian meranti milik Perhutani.  Tempat yang sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dari segala kejenuhan rutinitas sehari-hari.
Wisata Pabangbon. Image via: @sakinah.23

Wisata Panorama Pabangbon berada di Leuwiliang Bogor. Objek wisata ini menjadi idola baru pengunjung untuk berlibur. Karena, tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang memukau, tapi juga spot foto menarik.

Memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang begitu memukau. Pegunungan dan pepohonan hijau menjadi pemandangan secara umum dikuasai yang dalam pandangan mata pengunjung. Ditambah lagi, pohon pinus yang kokoh bangun mengakibatkan pemandangan semakin segar.

Pengunjung  wisata Pabangbon mampu mencicipi sejuknya udara di setiap langkah. Menghirup udara dalam-dalam akan menciptakan rongga di paru-paru semakin segar. Tak heran, lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat udara di sekitar sangat bersih.

Di sini, pengunjung akan melihat banyak sekali spot foto menarik. Ada gardu pandang, landmark keren sebagai objek foto, dan wahana lainnya. Dijamin tidak akan bosan berada di sini.

Foto foto yang diambil di lokasi wisata ini, tidak akan aib-maluin, bahkan membanggakan saat di pajang di Instagram.

ayunan di tepi tebing wisata pabangbon memberikan ketegangan dan juga pengalaman
Ayunan Langit. Image via: @itaa_rostiana

Simak juga: Lokasi wisata Menawan di Bogor

Lokasi Wisata Pabangbon

Lokasi Wisata Pabangbon ini terletak di desa Pabangbon, kecamatan Leuwiliang, kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi wisata ini berjarak sekitar 32 km dari sentra kota Bogor atau membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Rute Menuju Wisata Pabangbon

Karena berada di ketinggian 700-1n mdpl, tentu saja jalan untuk menuju area wisata Pabangbon Bogor ini juga cukup menanjak.

Pengunjung yang ingin berlibur ke area wisata ini mampu berangkat melalui Jalan Dramaga dan mengambil jalur ke arah Leuwiliang. Jika sudah bertemu dengan apotek Leuwiliang sebelum STKIP Muhammadiyah Leuwiliang maka wisatawan bisa berbelok ke kiri mengambil Jalan M.Noh Nut. Ikuti jalan kemudian temukan petunjuk yang mengarah ke SMP 4 Leuwiliang.

Dari Sekolah Menengah Pertama 4 Leuwiliang pengunjung cukup berjalan lurus mengikuti jalan menanjak sampai bertemu dengan gerbang daerah wisata Gunung Benteng, hutan penelitian meranti dan hutan pinus. Masuk saja ke area tersebut, dan dari sini sudah semakin bersahabat dengan area wisata Pabangbon Bogor.

wisata pabangbon Cocok untuk wisata keluarga.
Cocok untuk wisata keluarga. Image via: @koko_setiawan83

Jam Buka Wisata Pabangbon

Wisata Pabangbon buka sepanjang minggu, dari Senin hingga Minggu. Untuk jam operasional mulai jam 08.00 pagi sampai tutup jam 17.00 sore hari.

Namun, jika cuaca sedang buruk, pengunjung diaharapkan turun lebih awal. Karena daerah ini berada di dataran tinggi dan rawan petir.

Tiket Wisata Pabangbon

Tiket masuk objek wisata Pabangbon tergolong terjangkau, hanya Rp 15.000. Di sini selain menyajikan wisata alam, juga menyediakan banyak sekali wahana. Untuk menikmati wahana pengunjung diminta membayar dengan biaya perhiasan Rp 5.000 sampai Rp 15.000.

Wahana paling mahal yakni sepeda gantung. Untuk mencoba wahana ini, pengunjung dikenai biaya Rp 25.000.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan langsung, ada Biaya parkir Rp 5000,-.

foto berdua dnegan pasangan di wisata pabangbon memang bisa menghasilkan foto romantis yang bisa dikenang selama usia
Kau Aku dan Luasnya kala depan kita. Image via: @j.frans_

Simak juga: Desa Wisata Tembi

Fasilitas Wisata Pabangbon

Pengelola Wisata Pabangbon sangat memperhatikan ketersediaan fasilitas pendukung wisata. Pengelola telah menyediakan Fasilitas seperti toilet, musholla, dan tempat makan. Semua itu untuk menambah kenyamanan pengunjung yang tiba.

Bagi yang ingin bermalam, di bersahabat lokasi ini juga telah tersedia banyak sekali hotel dan vila. Selain itu Desa Wisata Pabangbon ini ada Bumi Perkemahan untuk yang suka menyatu dengan alam.

Daya Tarik Wisata Pabangbon

  1. Spot Foto

Spot Sayap malaikat, satu diantara banyak spot foto di wisata pabangon
Sayap Bidadari. Image via: @ltvannny

Banyak spot menarik untuk berfoto di wisata Pabangbon ini. Diantaranya spot sarang burung, papan kayu hati, papan kayu kupu-kupu. Ditambah lagi tangan raksasa, jembatan cinta, ayunan ekstrem, hammock, dan banyak lagi.

Pengunjung tidak perlu khawatir untuk mencoba aneka macam wahana. Karena, pengelola telah menyiapkan wahana dengan standar keamanan tinggi. Meskipun terbuat dari kayu, namun keamanannya tetap terjaga.

  1. Rumah Pohon

rumah pohon di wisata pabangbon didesain melingkar seperti canopy bridge ukuran kecil
Rumah pohon rasa Canopy Bridge. Image via: sukita.info

Simak juga: Desa Wisata Pulesari

Di Wisata Alam Pabangbon, ada satu kawasan yang disebut sebagai tree house. Di sini terdapat rangkaian kayu yang berada di atas pohon. Lengkap dengan tangga yang dipakai sebagai terusan naik dan turun.

Tree house atau rumah pohon ini berbentuk memanjang. Sepintas bentuknya mirip jembatan yang berada di atas pohon. Diapit oleh jajaran pohon pinus di sekitarnya.

Rumah pohon ini aman alasannya adalah banyak kawasan untuk berpijak. Bahkan, rumah pohon ini siap menampung 5 orang sekaligus di atasnya. Dari sini, pengunjung mampu berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

  1. Gardu Pandang Bibir Tebing

Gardu pandang di pinggir tebing wisata pabangbon bogor
Di bibir Tebing. Image via: piknikdong.com

Di ujung tebing, terdapat satu spot yang menjorok keluar dari tebing. Spot ini digunakan sebagai spot foto. Tentunya objek utama yaitu pemandangan pegunungan dan pohon di belakangnya.

Pegunungan di belakang ditambah pepohonan tampak rapi berjajar. Seolah paham jikalau tengah menjadi objek foto. Ditambah lagi, pengunjung mampu berfoto di depan sayap seolah sayap menyatu dengan tubuh.

Untuk menuju spot di tebing ini, pengunjung harus melewati jembatan kayu. Memang tidak terlalu panjang, namun sangat tinggi. Beberapa pengunjung mungkin akan takut dikala melintas di sini.

  1. Sepedan Layang

Sepeda layang di wisata pabangbon bisa dinaiki dengan berpasangan dan menghasilkan foto super romantis
Sepeda angkasa. Image via: @ademustabrana97

Simak juga: Pesona Panta Galesong

Wahana yang satu cukup ekstrem. Pengunjung akan mengendarai sepeda pada seutas kawat besi di ketinggian. Melintasi jurang yang terbentang diantara 2 pepohonan.

Namun tidak perlu khawatir untuk keamanan. Pengunjung yang akan mencoba wahana sepeda layang ini akan diberikan alat pengaman diri. Ketika menaiki sepeda ini sangat bagus kalau ingin menghasilkan foto ekstrem dengan latar perbukitan.

  1. Bersantai di Hammock

Hammock bertingkat. wisata pabangbon
Hammock bertingkat. Image via: jurnaland.com

Pengunjung dapat menikmati bersantai di atas hammock. Di sini, tersedia 4 hammock yang dapat dinaiki pengunjung. Namun, tentu saja ada batasan waktu untuk menaiki hammock ini.

Waktu yang tersedia untuk berada di atas hammock hanya diperbolehkan beberapa menit saja. Hal ini dikarenakan banyak pengunjung yang antre ingin naik juga. Setelah difoto, sebaiknya langsung turun. Dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya ketika berfoto.

Spot foto unik didesain lucu oleh pengelola wisata pabangbon.
Spot foto unik. Image via: @nurulfadhilah758

Tips Mengunjungi Wisata Pabangbon

Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Kondisi jalan yang cukup ekstrem menjadi medan untuk menuju ke destinasi wisata Pabangbon. Maka pengunjung harus mengecek kondisi kendaraan bermotor terlebih dahulu. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik, terutama rem.

Untuk pengguna kendaraan motor roda dua, biar lebih kondusif hindari motor matic. Motor matic cenderung lebih mudah mengalami rem blong, sehingga lebih aman menggunakan motor manual.

Jika ingin tiba lebih cepat di area wisata, maka kendaraan bermotor roda dua lebih efektif. Ini karena kondisi jalanan Dramaga selalu macet, sehingga memakai kendaraan beroda empat hanya akan menghambat pergerakan pengunjung.

Pastikan juga badan dalam kondisi fit, sebab pengunjung harus berjalan dari parkiran menuju spot wisata. Meski tidak terlalu menanjak, namun bagi pengunjung yang kurang fit bisa saja mengalami kelelahan.

Spot foto ala Sailor Moon di loaksi wisata pabangbon
Sailor Moon aja ngiri liat ini. Image via: @ragilsagara

SImak juga: Indahnya Pulau Kayangan Makasar

Objek Wisata Dekat Wisata Pabangbon

Bagi pengunjung yang memang suka dengan wisata alam, selepas menikmati keindahan panorama wisata pabangbon bisa melanjutkan ke curug Cigamea. Curug indah ini berjarak 28 km dari Wisata Pabangbon.

Daya tarik pertama yang mampu Anda jumpai di Curug Cigamea ini adalah air terjunnya yang berjumlah dua buah. Sebenarnya penderasan ini tidak sepenuhnya kembar, alasannya adalah letaknya tak bersebelahan dan mempunyai abjad cukup berbeda.

Masih dalam jarak yang relatif sama, yak ni 31 km terdapat juga Curug nangka. Airnya cukup hening dan teduh, sehingga gampang untuk dilalui. Tidak terlalu jauh dari Curug Nangka, ada dua curug lagi, namanya yaitu Curug Kawung dan Curug Daun. Keduanya memiliki debit yang lebih kecil.

Itulah gambaran keindahan dan isu lengkap mengenai wisata Pabangbon yang ada di Bogor. Datanglah bersama sanak saudara, keluarga, maupun para sobat. Jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan obyek wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selamat berlibur!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni