Wisata Pantai Grajagan

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6426″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Grajagan, Purwoharjo, Banyuwangi Regency, East Java 68483

Maps: Klik Disini

HTM: Rp. 7.500

Buka Tutup: 08.00 – 16.00 WIB

Telepon: –

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yg cukup eksotis di daerah Jawa Timur. Ada banyak cerita dan juga mitos serta sejarah yg menyelimuti kota ini.

Kota yang berada di ujung timur dari pulau Jawa ini memang menawarkan kepuasan tersendiri. Ada banyak daerah wisata yg siap memanjakan para turis yg datang ke sini.

Di daerah ini sangat subur dengan populasi penduduk cukup tinggi. Meski belum terlalu populer untuk tujuan wisata bagi para turis, Kabupaten Banyuwangi ini banyak diam-diam alam yang siap memanjakan para turis saat menginjakkan kaki ke kota Banyuwangi tersebut.

Salah satu lokasi wisata yg cukup terkenal yaitu area pantai.

Mengenal Lokasi

foto by instagram.com/zoulbemzv__

Di sini sudah ada beberapa area pantai dimana siap memanjakan para turis. Pantai-pantai ini menjadi salah satu sejarah perkembangan kota Banyuwangi tersebut. Di sini sudah ada Pantai Plengkung dengan sebutan terkenal lainnya adalah G-Land, Pantai Pulau Merah dan juga Pantai Pesanggaran.

Dan salah satu pantai dengan pasir hitam yaitu Pantai Grajagan dimana menjadi salah satu bagian dari garis pantai yang menunjukkan pemandangan mempesona dan juga sangat eksotis.

Pantai ini memiliki dongeng misteri dan legenda tersendiri yang dideskripsikan oleh masyarakat sekitar. Apalagi di sini ada salah satu obyek foto ialah kepala kerikil ulo atau kepala ular.

Area ini menjadi tempat para turis untuk selfie atau mengambil foto, gambar dan mengabadikan momen liburan mereka. Meski dongeng sejarah dan misteri yg ada di sini cukup membuat ngeri, tetapi tidak mengurangi minat para turis untuk menginjakkan kaki ke sini.

foto by instagram.com/alumni.smapetra386

Kepopuleran pantai yang kerap di sebut gradjangan ini memang sudah cukup terkenal diseluruh dunia. Bahkan penyanyi dangdut Lilis Karlina memiliki lagu berjudul pantai tersebut.

Dan hal ini semakin terkenal dengan banyaknya para penggemar surfing di kalangan dunia yg tertarik untuk menaklukkan ombak di sepanjang area tersebut.

Lokasi dari salah satu pantai di Indonesia ini sekitar 52 km di sebelah selatan dari sentra kota Banyuwangi. Dan obye wisata ini termasuk ke dalam area pemanfaatan Hutan Banyuwangi dengan luas sekitar 314 hektar atau KPH dan terletak di Taman Nasional Alas Purwo.

Pantai ini berada di distrik Purwoharjo. Selain menyajikan keindahan alam, lokasi ini juga berfungsi untuk pintu gerbang ke area selancar besar lainnya dimana mencakup daerah G-land yang sudah lebih dahulu populer di kalangan para surfer.

foto by instagram.com/pesonaid_trave

Eksotisme Grajagan

Pesona utama dari area ini yakni panorama serta pemandangan dengan hiasan pasir hitam nan eksotis. Tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para turis yang menginjakkan kaki di sini. Di sini juga sudah ada gua dan perbukitan hijau di sekitar area pantai tersebut.

Para turis akan disambut dengan panorama serta pemandangan pantai yang eksotis. Suasana tenang serta formasi bukit nan indah mampu ditemukan di sini.

Apalagi dengan bunyi deru ombak yang deras menciptakan suasana di sini semakin intim. Seperti sudah disebutkan di awal bahwa terdapat 3 gua dimana dahulu digunakan oleh tentara Jepang pada Perang Dunia II.

Keindahan pantai ini yaitu dengan adanya panorama dan juga pemandangan menawan. Di sini para turis mampu melihat nelayan tradisional yg sedang berlayar menuju area maritim.

Sementara di sore hari kapal-kapal nelayan ini kembali datang ke pantai. Bukan hanya itu saja, para wisatawan mampu membeli ikan dari nelayan-nelayan tersebut. Sebuah pengalaman menarik tentunya bagi para turis yg tiba.

Pantai Grajagan ini ialah pantai incaran para turis. Hamparan pasir higienis dan berpadu dengan air laut nan jernih, menjadi daya tarik utama dari pantai tersebut.

Ditambah lagi dengan adanya bukit menarik di bab belakang dari pantai tersebut. Para wisatawan juga mampu mengunjungi area gua bekas peninggalan Jepang.

foto by instagram.com/arya_gunarso

Aktifitas Menarik

Para pelancong mampu melakukan rekreasi di alam terbuka di sekitar area hutan, pegunungan, danau dan juga bibir pantai di kawasan tersebut. Kombinasi gelombang bahari dengan perpaduan antara pasir serta hutan lebat menjadi daya tarik tersendiri.

Para turis juga mampu menikmati keindahan desa nelayan yang terdapat di Grajagan. Di area hutan tersebut seperti yang disebutkan di awal para pengunjung mampu melihat lebih detail mengenai gua Jepang. Meski sedikit menyeramkan dan penuh aura mistis, tetap saja menjadi daya tarik tersendiri.

Sementara bagi para penggemar dunia surfing, pantai ini menjadi pilihan yang sempurna. Gelombang ombak di sini memang siap memanjakan para surfer.

Apalagi ombak di area ini memang sangat rideable dan juga konsisten sehingga menjadi incaran para peselancar profesional di dunia. Sementara area bibir lautnya sendiri menyajikan pesona luar biasa.

foto by instagram.com/alumni.smapetra386

Sebuah daerah nyaman dan juga sangat asri. Para turis mampu menghindari hiruk pikuk kota dan juga lepas dari bisingnya kota. Menikmati panorama air lautnya yang biru dan juga barisan gunung-gunung dari kejauhan tentu saja menjadi daya tarik tersendiri periode berlibur ke Banyuwangi ini.

Aktifitas lainnya yg mampu dilakukan di sini adalah hunting foto. Dengan panorama dan juga pemandangan nan eksotis, menciptakan para wisatawan bisa menikmati dan memandangi keindahan suasana di sekitar area obyek wisata tersebut.

Ombak di sini juga memungkinkan para wisatawan bermain bersama pasir dan juga air maritim. Jangan lupa untuk membawa kamera yang memadai.

foto by instagram.com/arya_gunarso

Fasilitas Komplit

Fasilitas di lokasi wisata ini memang belum terlalu komplit. Meski begitu untuk akomodasi umum sudah tersedia seperti kamar mandi umum hingga area parkir yang luas dan juga adem.

Di sini sudah ada banyak pepopohan, kursi-kursi untuk para wisatawan duduk-duduk dan menikmati keindahan di sekitar lokasi wisata. Tidak lupa pula warung di sekitar area Grajagan guna memenuhi hasrat lapar dan juga haus.

foto by instagram.com/lucky_okt

Sedangkan bagi para pelancing yg ingin menginap di sekitar area tersebut sudah ada penginapan dimana letaknya tidak jauh dari obyek wisata tersebut. Penginapan ini sudah tersedia sekitar 10 kamar dan juga 2 rumah.

Dengan bentuk bungalow, penginapan ini memperlihatkan pemandangan langsung ke bahari. Di pagi hari para wisatawan mampu melihat langsung pemandangan di sekitar bahari. Apalagi tarifnya sangat murah.

foto by instagram.com/anifaridatul_musliha

Akses Menuju Lokasi

Bagi para turis yg ingin mengunjungi tempat wisata ini, mampu memakai kendaraan langsung dan juga angkutan umum. Dari sentra kota Banyuwangi ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam saja menuju ke Grajagan. Ditambah lagi jalur utama sangat lebar dan bisa dipakai untuk bus jika ingin tiba secara rombongan.

Untuk jam operasional dari pantai ini sendiri dibuka sejak pukul 8 pagi sampai 4 sore WIB. Sehingga cukup sulit untuk menerima momen matahari terbenam di erat bibir laut. Para turis hanya mampu melihatnya dari kejauhan.

Sementara untuk tiket masuknya sendiri cukup membayar harga sebesar 7.500 saja. Cukup murah tentunya. Dan sudah termasuk biaya parkir.

foto by instagram.com/sittazumala

Tips Mengunjungi

Disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Meski di sekitar area wisata ini sudah banyak warung makan, akan tetapi harganya memang berbeda dengan harga-harga di luar.

Tentu saja ada baiknya membawa sendiri. Jangan lupa juga untuk membawa topi Dan kacamata biar terlindungi dari sinar matahari.

Kala mengunjungi area liburan ini juga disarankan untuk menggunakan krim sunblock supaya kulit tidak terbakar akibat terkena sinar matahari. Dan terakhir jangan lupa untuk membawa kamera.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni